Modul Workshop Vb

download Modul Workshop Vb

of 20

  • date post

    24-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    151
  • download

    4

Embed Size (px)

Transcript of Modul Workshop Vb

Pengantar VB.NET1. Mengenal VB.NET Adanya perubahan besar yang dibawa oleh Internet telah dapat menembus segala aspek kehidupan manusia. Hal ini membuat Microsoft mengubah pandangannya tentang masa depan, dari orientasi yang berpusat pada PC ke orientasi yang berpusat pada Internet khususnya masalah service / layanan. Untuk mewujudkan konsep All Internet Based ini, Microsoft mengembangkan kumpulan teknologi baru yang mereka sebut Microsoft.NET. Sebuah hasil survey menjelaskan bahwa untuk membuktikan keseriusan Microsoft dalam melaksanakan konsep ini, mereka membelanjakan jutaan dolar AS yang mewakili 80% dari anggaran Research and Development mereka. Platform .NET tidak hanya dikhususkan bagi aplikasi yang dibuat menggunakan Visual Studio.NET (VS.NET) saja, tapi nantinya semua produk-produk Microsoft kedepannya akan berbasiskan .NET. Contohnya yang telah kita nikmati adalah Microsoft Office 2003, menggunakan format file XML (Extensible Markup Language) untuk penyimpanan datanya. Juga sistem operasi Windows dengan kode Longhorn. Alasan dibuat .NET adalah memberikan pemakai akses ke informasi, file atau program, setiap tempat, setiap saat, setiap platform dan setiap perangkat. Pemakai tidak perlu tahu dimana informasi berada atau detail bagaimana cara memanggilnya. a. Sejarah Singkat Visual Basic versi sebelumnya adalah Visual Basic 6 yang diluncurkan Microsoft tahun 1998. kemudian pada bulan Juli 2000, Microsoft memaparkan pengembangan Microsoft.NET dalam PDC (Proffesional Developer Conference) di Orlando, Florida, AS. Setelah dilakukan pengembangan cukup lama, akan pada Februari 2002 secara resmi Microsoft merilis VS.NET di mana salah satu bahasa pemrogramannya adalah VB.NET. Lalu pada tahun 2003, Microsoft merilis VS.NET 2003 yang memperbaiki performa dan aspek keamanan dari VS.NET 2002. Pada VS.NET 2003 telah menggunakan .NET Framework 1.1 yang terbaru. Pada awal tahun ini Microsoft juga telah merilis VS.NET 2005 dengan menggunakan .NET Framework 2.0.

b.

Edisi Visual Studio.NET Microsoft umumnya dalam setiap versi membuat empat edisi Visual Studio.NET, dimulai dari edisi paling dasar sampai paling lengkap sbb : VS.NET Proffesional Merupakan produk dasar yang terdiri dari VB.NET, Visual C++ .NET, Visual C# .NET dan Visual J# .NET. Dapat untuk membuat dan menggunakan layanan Web XML (XML Web Services), membangun aplikasi web, windows dan mobile menggunakan WML, pada telepon seluler menggunakan basis WAP dan XHTML untuk Pocket PC, Palm dan sejenisnya. VS.NET Academic Memiliki semua fitur yang ada pada edisi Proffesional ditambah dengan beberapa fitur instruksional yang didesain untuk menyedrhanakan pengolahan mata kuliah dan memudahkan pengembangan aplikasi baik untuk fakultas maupun mahasiswa. Terdapat tool untuk fakultas seperti pengelolaan tugas dan code extraction, pembuatan dokumentasi dan contoh kode. VS.NET Enterprise Developer Memiliki fitur standar pada Proffesional ditambah kemampuan untuk mengembangkan aplikasi enterprise seperti : Memungkinkan kerja sama tim developer untuk aplikasi windows dan web. Tim developer dapat berbagi kode sumber dan proyek menggunakan Visual SourceSafe. Disediakan tool untuk membangun aplikasi enterprise. Terdapat Server Explorer dan Visual Component Designer. Adanya Visual Database Tool untuk bekerja secara langsung dengan lapisan data dari berbagai sumber database termasuk SQL Server dan Oracle. Terdapat versi penuh dari SQL Server 2000, Windows Server 2000, Exchange Server, ECommerce Server dan Microsoft Host Integration Server. Developer dapat menggunakan template proyek enterprise dan frameworks yang berisi petunjuk arsitektural terpasang untuk membangun aplikasi.

1

VS.NET Enterprise Architect Memiliki fitur pada enterprise developer ditambah kemampuan untuk mendesain, menentukan dan mengkomunikasikan arsitektur dan fungsionalitas aplikasi. Diantaranya : Mendesain XML Web Services dan aplikasi secara Visual. Terdapat software modeling Visio berbasis UML (Unified Modelling Language) untuk membuat aplikasi arsitektur, bisnis dan desain database. Juga terdapat model untuk membuat class, fungsi dan method. Disediakan database modelling berbasis Visio. Untuk Business Process terdapat BizTalkServer 2000 Developer Edition. Disediakan fitur untuk membuat Enterprise Template dan Frameworks menggunakan Template Description Language.

2.

Mengapa Menggunakan VB.NET Setiap generasi baru dari perangkat lunak bahasa pemrograman datang karena adanya keterbatasan dari generasi sebelumnya. Teknologi Mobile Device, Hardware, Network dan Internet menyebabkan bahasa pemrograman sekarang kurang ideal untuk bisa maksimal menggunakan teknologi tersebut. a. Keterbatasan VB 6 Dalam pengembangan aplikasi, VB 6 menggunakan dua model yaitu VB Client berbasis form dan komponen COM ( Component Object Model ). Sedangkan untuk client dan server digunakan DCOM ( Distributed COM ). Keterbasan VB 6 : Masalah Deployment Aplikasi Mungkin beberapa dari kita pernah mengalami peristiwa ketika menginstal suatu aplikasi baru, akan menyebabkan beberapa aplikasi yang menggunakan komponen yang sama (file .dll) menjadi rusak atau tidak jalan. Masalah ini disebut DLL Hell atau petaka DLL. Masalah deployment lainnya adalah semua komponen berbasiskan COM memerlukan registrasi dari Class ID-nya ke mesin client lokal. Hal ini menyebabkan sulitnya dan lamanya jika proses tersebut harus dilakukan pada client yang banyak. Kekurangan Interoperability dengan platform lainnya COM akan bekerja secara baik khusus pada platform Microsoft, tetapi COM tidak menyediakan kemampuan untuk mengaktifkan komponen atau interoperate dengannya jika berada dalam platform lain seperti Unix. Ketika aplikasi Microsoft menjadi level enterprise, hal ini akan menjadi masalah. Organisasi yang besar pada umumnya sering kali memiliki platform sistem operasi yang bervariasi sehingga membutuhkan interoperability. Interoperability adalah kemampuan aplikasi untuk berkomunikasi dan bekerja secara berdampingan dengan aplikasi lainnya yang berbeda platform. Kekurangan dalam OOP Teknologi perangkat lunak sekarang ini cenderung berbasiskan Object Oriented. VB 6 belum dikatakan bersifat OOP karena belum memiliki fitur inheritance / pewarisan. Inheritance memudahkan developer untuk memakai ulang fungsi yang ada tanpa harus menulis kembali kodenya. Keterbatasan dalam pengembangan aplikasi berbasiskan Internet VB 6 belum memiliki fitur untuk mendesain form web. Untuk web menggunakan ASP. Antara ASP dan VB memiliki interface dan teknik pemrograman yang sama sekali berbeda. Hal ini menyebabkan developer harus belajar banyak model pemrograman, dan kode yang dikembangkan untuk satu tipe interface, umumnya tidak dapat digunakan oleh tipe interface yang lain. Windows API (Application Interface Programming) yang menyusahkan dan merugikan Banyak developer mengalami kesulitan dalam membuat program Windows API dengan berbagai alasan. API bukan berbasiskan objek sehingga pengembang harus mempelajari pemanggilan fungsi yang kompleks dengan daftar argumen / parameter yang panjang. Keterbatasan lain Diantaranya penerapan multithreading sehingga aplikasi vb 6 tidak bisa digunakan untuk menulis aplikasi service type NT.

2

Penanganan kesalahan / error handling yang tidak terstruktur menyebabkan developer kesulitan dalam melakukan debugging. b. Alasan Memilih VB.NET Diantaranya : Menyederhanakan Deployment VB.NET mengatasi masalah seputar deployment atau instalasi dari aplikasi berbasis windows yaitu DLL Hell dan registrasi COM. Deployment .NET bersifat XCOPY yaitu cukup memungkinkan untuk pengembang menginstal aplikasi berbasis Windows ke mesin client dengan cara kopi / menyalin file. Tidak perlu lagi registrasi dll dan prosedur instalasi yang berbelit. Fitur auto-downloading, akan mempermudah deployment aplikasi berbasis Windows melalui Internet karena aplikasi dapat diinstal dan dijalankan melalui browser Web. Menyederhanakan Pengembangan Perangkat Lunak VB.NET memiliki fitur compiler yang bekerja secara background real time dan daftar task untuk penanganan bug / error program sehingga pengembang dapat langsung memperbaiki kesalahan kode yang terjadi. Adanya Option Strict On dapat menampilkan kesalahan sintaks jika kita membuat konversi tipe data secara eksplisit yang bisa menyebabkan hilangnya data. Adanya fitur try..catch..finally (exception) diharapkan menjadi bentuk debugging yang lebih terstruktur dibandingkan vb versi sebelumnya. Pada pemrograman database disediakan teknologi ADO.NET (ActiveX Data Objects untuk .NET Framework) yang merupakan kumpulan class dan berisi komponen untuk melakukan koneksi, akses dan manipulasi database. Dalam ADO.NET terdapat provider data SQL Server dan OLEDB. Di VS.NET 2003 ditambah engan Oracle dan ODBC. Untuk membuat laporan disediakan Crystal Report (CR) yang diintegrasikan dalam lingkungan VB.NET. CR dapat digunakan untuk membuat laporan secara grafikal dan interaktif pada laporan data secara relasional. Laporan dapat dibuat untuk aplikasi Windows, Web dan mobile. Kemampuan lain adalah fasilitas threading. Fasilitas ini dapat membuat pengembang membuat aplikasi seperti Service di NT. Threading adalah dimana satu tugas / task dapat dikerjakan secara real time oleh lebih dari satu proses. Mendukung Penuh OOP Dalam VB.NET, anda dapat membuat kode class yang menggunakan secara penuh konstruksi berbasis objek. Class-class tersebut reusable / dapat digunakan kembali. Implementasinya pun berorientasi objek seperti inheritance / pewarisan, encapsulation / pembungkusan, dan polymorphism / banyak bentuk. Mempermudah Pengembangan Aplikasi Berbasis Web Untuk mengembangkan aplikasi Web disediakan desainer form Web, dimana digunakan mekanisme Drag and Drop. Bentuk pemrograman pun bersifat event -driven atau berdasarkan kejadian. Menggunakan Webform, anda dapat membuat aplikasi berbasis Web Thin-Client (Proses bisnis dilakukan disisi server) yang secara cerdas dapat