Modul Fisika Umam Update Terbaru

download Modul Fisika Umam Update Terbaru

of 46

  • date post

    05-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    488
  • download

    3

Embed Size (px)

Transcript of Modul Fisika Umam Update Terbaru

MODUL FISIKA UTS KINEMATIKA Kinematika dapat dikatakan sebagai bagian dari mekanika yang mempelajari gerak tanpa memperdulikan keberadaan penyebab gerak itu sendiri. Dalam kinematika ada empat besaran yang terlibat terdiri dari sebuah besaran yang merupakan peubah bebas yaitu waktu dan tiga buah besaran yang bergantung pada waktu yaitu posisi, kecepatan, dan percepatan. Jarak adalah panjang lintasan yang telah dilalui. Perpindahan adalah panjang lintasan dari titik awal hingga titik akhir suatu lintasan atau sering disebut panjang perubahan posisi suatu benda.

A. LajuKata Laju berkenaan dengan berapa jauh sebuah benda bergerak dalam selang waktu yang diberikan. Jika orang berjalan sejauh 80 meter dalam waktu 20 detik, kita katakana laju rata-ratanya adalah 4 m/s. Sehingga dapat di rumuskan dengan :

Contoh Soal : 1. Jika Ka Gonggo mengendarai mobil selama 6 jam, dan menempuh jarak216 km. Berapakah kecepatan rata-rata yang dilakukan oleh ka Gonggo, nyatakan dalam satuan SI? Diketahui :Waktu tempuh = 6 jam = 6 x 3600 = 21600 detik Jarak yang ditempuh = 216 km = 216000 meter Ditanya : Laju rata-rata = m/s Jawab :

B. KecepatanIstilah kecepatan dan laju sering digunakan secara saling bertukar dalam bahasa sehari-hari. Tetapi dalam fisika kita membuat perbedaan diantara keduanya. Yang terpenting, kata kecepatan digunakan untuk menandakan besar kecepatan baik (nilai numerik) seberapa cepat sebuah benda sedang bergerak, maupun arah gerak benda. Kecepatan dapat di definisika sebagai perpindahan di bagi waktu tempuh. Kecepatan di bagi menjadi 2 kategori yaitu : 1. Kecepatan Sesaat : Kecepatan pada saat waktu t sekon. 2. Kecepatan rata-rata : Kecepatan yang di dapat dari perpindahan di bagi waktu tempuh seluruh perjalanan Dari 2 kategori tersebut rumusnya sama yaitu :

Bimbingan Belajar REC (Real Education Center)

1

Contoh Soal : 1. Ibu Nur Wi i berj l ke ut ra dari ruang guru sejauh 30 meter menuju kelas XII IPA1, kemudian setelah sampai di kelas ternyata ada buku yang tertinggal di ruang guru, dan Ibu Nur Widi kembali ke ruang guru dan lekas kembali ke kelas XII IPA 1, ternyata waktu belajar yang seharusnya 50 menit telah bersisah menjadi 45 menit karena buku yang tertinggal di ruang guru tadi. Berapakah kecepatan rata-rata berjalan Ibu Nur Widi, nyatakan dalam satuan SI Diketahui : Perpindahan = 30 meter Waktu tempuh = 50 45 = 5 menit = 5 x 60 = 300 detik Ditanya : ecepatan rata-rata = m/s Jawab :

C. ercepatanIstilah Percepatan adalah perubahan kecepatan di bagi waktu tempuh. Percepatan dapat di bagi menjadi 2 yaitu : 1. Percepatan Sesaat : Perubahan pada saat waktu t sekon. 2. Percepatan rata-rata : Perubahan yang didapat dari seluruh kecepatan yang dijumlahkan dan dibagi oleh waktu yang diperlukan untuk seluruh menempuh perjalanan tersebut. Dari 2 kategori tersebut rumusnya yaitu :

Contoh Soal : 1. Sebuah mobil yang diam di tepi jalan tiba-iba berjalan karena ingin pergi ke sesuatu tempat. Setelah berjalan selama setengah menit, kemudian mobil tersebut berjalan dengan kecepatan konstan yaitu 60 m/s. Berapakah percepatan yang dilakukan mobil tersebut Diketahui : ecepatan awal = 0 m/s Waktu = 30 detik ecepatan Setelah 30 detik = 60 m/s Ditanya : Percepatan : ? Jawab :

B

Be j

REC (Rea du a on Cen er)

2

D. Gerak Lurus Beraturan (GLB)Yaitu suatu gerakan yang memiliki kecepatan konstan atau tidak mengalami percepatan. GLB dapat dirumuskan : Karena tidak mengalami percepatan atau dengan kecepatan konstan, GLB dapat digambarkan dengan grafik.

G. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)Yaitu gerak yang memiliki percepatan konstan, artinya setiap detik benda yang bergerak bertambah kecepatannya sama. GLBB dapat dirumuskan :

Karena GLBB memiliki percepatan konstan, maka dapat digambar grafik dengan berupa grafik linier.

Bimbingan Belajar REC (Real Education Center)

3

SOAL LATIHAN KINEMATIKAA. Untuk soal No. 1 s/d 10 pilihlah satu jawaban ( x ) dari lima pilihan yang diberikan.1. Sebuah mobil berjalan dari kota A ke kota B yang berjarak 180 km dalam waktu 3 jam. Jika pada satu jam pertama kelajuannya sebesar 90 km/jam, maka kelajuan rata-rata pada dua jam berikutnya adalah a. 60 km/jam d. 40 km/jam b. 55 km/jam e. 45 km/jam c. 50 km/jam 2. Kecepatan yang harus dimiliki sebuah bola ketika dilemparkan ke atas agar bola mencapai ketinggian 5 m adalah a. 5 m/s d. 5 2 m/s b. 10 m/s e. 10 2 m/s c. 20 m/s 3. Sebuah benda dijatuhkan bebas sedangkan benda kedua pada waktu dan ketinggian yang sama dilemparkan vertikal kebawah dengan kecepatan awal 4 m/s. Setelah berapa sekonkah jarak antara kedua benda sejauh 12 meter d. 6 sekon a. 3 sekon e. 1 sekon b. 4 sekon c. 10 sekon 4. Kecepatan awal yang harus dimiliki peluru atas agar mencapai ketinggian maksimum 10 a. 10 m/s b. 5 m/s c. 20 m/s ketika peluru ditembakan vertikal ke meter adalah d. 10 2 m/s e. 2 m/s

5. Bola A terletak pada ketinggian 20 m vertikal diatas bola B. Pada saat yang bersamaan, A dilepas dan B dilempar vertikal ke atas dengan kelajuan awal bola B 40 m/s. Berapa jarak yang telah ditempuh A ketika bertemu B a. 3,5 m d. 5,15 m b. 5,5 m e. 1,25 m c. 2,25 m 6. Jarak kota Bandung dan kota Bogor adalah 130 km. Jika Umam berangkat dari bandung pukul 07.00 menuju kota Bogor dengan memakai sebuah bis dengan kelajuan rata-rata 60 km/jam. Setengah jam kemudian Nida berangkat dari kota Bogor menuju Bandung dengan memakai mobil trevel sewaan sehingga bertemu

Bimbingan Belajar REC (Real Education Center)

4

Umam pada jarak 40 km dari kota Bogor. Nida adalah a. 50 km/jam b. 40 km/jam c. 30 km/jam

7. Jarak Jakarta dengan Yogyakarta adalah sekitar 600 km. Jika seseorang mengendarai mobil dengan kelajuan rata-rata 40 km/jam, maka Jakarta Yogyakarta tersebut dapat ditempuh dalam waktu d. 19 jam a. 15 jam b. 18 jam e. 16 jam c. 20 jam 8. Setelah melalui sebuah tikungan, sebuah mobil balap bergerak dipercepat dari 20 m/s menjadi 60 m/s dalam selang waktu 5 sekon. Percepatan rata-rata mobil tersebut dalam selang waktu itu adalah d. 8 m/s2 a. 5 m/s2 e. 4 m/s2 b. 10 m/s2 2 c. 20 m/s 9. Jika t adalah waktu dan s adalah posisi, Satuan SI untuk konstanta A yang sesuai dengan persamaan a. b. c. adalah d. e.

10. Sebuah pertikel bergerak sepanjang sumbu x dengan persamaan lintasanya dengan x dalam meter dan t dalam detik. Percepatan rata-rata antara t = 2 detik dan t = 4 detik, adalah a. 30 m/s2 d. 25 m/s2 2 b. 15 m/s e. m/s2 c. 20 m/s2

B. Untuk Soal no. 11 s/d no. 15 pilihlah a) Jika pernyataan benar, alasan benar dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat b) Jika pernyataan benar alasan benar tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat c) Jika pernyataan benar dan alasan salah d) Jika pernyataan salah dan alasan benar e) Jika pernyataan dan alasan keduanya salah11. Sebuah benda yang bergerak dengan kelujan konstan bisa memiliki percepatan. SEBAB elajuan dan percepatan merupakan besaran vektor yang dipengaruhi oleh perubahan pergerakan benda.'

$

%$

#

" !

B

&

ecepatan mobil trevel yang di tumpangi d. 70 km/jam e. 110 km/jam

Be j

REC (Rea du a on Cen er)

5

12. Bila sebuah benda bergerak dengan percepatan maka kecepatannya pasti berubah akan tetapi kelajuannya bisa tetap. SEBAB Jika arah percepatan tegak lurus arah kecepatan, sementara besar percepatannya adalah konstan, maka besar kecepatan akan tetap sementara arak kecepatannya berubah-ubah.

13. Sebuah benda yang percepatannya tidak nol tidak mungkin mempunyai kecepatan sesaat nol. SEBAB Percepatan suatu benda merupakan perubahan kecepatan tiap satuan waktu .

14. Dalam suatu interval waktu tertentu besar kecepatan rata-rata sebuah benda yang bergerak akan selalu sama sengan kelajuan rata-ratanya. SEBAB Untuk selang waktu tertentu besar perpindahan suatu benda sama dengan panjang lintasan yang ditempuh oleh benda tersebut.

15. Benda yang percepatannya nol pasti tidak bergerak. SEBAB Jika percepatannya nol, maka benda yang semula diam akan tetap diam.

C. Untuk Soal no. 16 s/d no.20 Pilihlah : a) Jika (1), (2), dan (3) benar b) Jika (1) dan (3) benar c) Jika (2) dan (4) benar d) Jika hanya (4) yang benar e) Jika semuanya benar16. Sebuah benda bergerak dalam suatu garis lurus. Pada gerak tersebut adalah tidak mungkin 1. Pada suatu saat benda memiliki kecepatan ke timur dan percepatan ke barat. 2. Pada suatu saat kecepatan benda sama dengan nol tetapi percepatannya tidak nol. 3. Pada suatu interval waktu benda memiliki percepatan konstan dan kecepatan berubah-ubah 4. Pada suatu interval waktu benda memiliki kecepatan konstan dan percepatan berubah-ubah. 17. Grafik disamping menunjukan gerak lurus yang dilakukan oleh sebuah mobil. Pernyataan yang benar adalah 1. 2. 3. 4. Mobil bergerak mundur dengan v = 0,6 m/s Mobil tidak mengalami percepatan Jarak mobil setelah 7,5 s adalah 4,5 m Saat t = 8 s, mobil memiliki v = 0,4 m/s

9

@9

8

7 6

53 34

1321(0)(

B

Be j

REC (Rea du a on Cen er)

6

18. Sebuah mobil yang sedang diam kemudian melaju dengan percepatan 2 m/s2 . Setelah berjalan selama 10 s, mobil tersebut ternyata melaju dengan kelajuan konstan. Pernyataan yang benar adalah 1. ecepatan mobil setelah berjalan 10 s adalah 20,5 m/s 2. ecepatan konstan mobil pada saat t = 11 s adalah 21 m/s 3. Setelah melaju selama 10 detik, mobil telah berjalan sejauh 110 meter 4. Setelah melaju selama 10 detik, mobil telah berjalan sejauh 100 meter 19. Manakah pernyataan yang benar, jika sebuah benda yang bergerak pada bidang datar yang licin dengan kecepatan 10 m/s. 1. 2. 3. 4. Benda tersebut akan mengalami percepatan sebesar gaya gravitasi Benda tersebut akan mengalami perlambatan sebesar gaya gravitasi Benda tersebut lama-kelamaan a