MODUL B. Indo kls XI

download MODUL B. Indo kls XI

of 68

  • date post

    21-Jun-2015
  • Category

    Documents

  • view

    4.380
  • download

    0

Embed Size (px)

description

modul bahasa Indonesia kelas xi SMK Paramitha 1 yang sudah disesuaikan dengan kisi-kisi UN dan waktu efektif belajar SMK Paramitha 1.

Transcript of MODUL B. Indo kls XI

MODUL PEMBELAJARAN

BAHASA INDONESIAKELAS XI (SEBELAS)

MENENGAH KEJURUAN PARIWISATA

SMK PARAMITHAKompleks Depdagri No. 68 Curug Pondok Kelapa, Jl. Raya Kalimalang Jakarta Timur 13450 Telp.8650377, Fax 86902386

1

BAB I INFORMASI LISAN YANG TIDAK BERSIFAT PERINTAHIndikator: 1. Mengubah informasi dari bentuk lisan ke bentuk non verbal (bagan/tabel/diagram/grafik/denah/matriks). 2. Menyampaikan pendapat/opini dengan menggunakan teknik penyampaian simpulan dan pendapat yang akurat secara deduktif dan induktif. 3. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menyampaikan suatu informasi.

1. INFORMASI VERBAL DAN NONVERBAL Informasi hasil simakan dapat dikemukakan atau disampaikan dalam bentuk verbal maupun nonverbal. Informasi verbal berwujud uraian, ulasan, atau penjelasan dan dapat disampaikan secara lisan maupun tulisan. Informasi ini dianggap lebih mudah dicerna dan dipahami. Informasi berbentuk nonverbal cenderung bersifat visual, berupa bentuk atau gambar serta garis-garis yang memiliki ciri-ciri tersendiri dan cenderung perlu pengamatan lebih khusus. Contohnya: grafik, denah, bagan, diagram, atau matriks. Berikut ini pengertian dan contoh bentuk informasi nonverbal. 1.1 Grafik Grafik adalah gambaran pasang surutnya suatu keadaan atau data yang ada dengan garis atau gambar. Grafik dibedakan menjadi tiga macam, yaitu grafik batang, grafik garis, dan grafik lingkaran. A. Grafik batang adalah lukisan naik turunnya data berupa batang atau balok dan dipakai untuk menekankan adanya perbedaan tingkatan atau nilai berupa aspek. Contoh Grafik Batang :Grafik Pekerjaan Orangtua Siswa SMK Suka Maju Tahun 2009

B. Grafik garis adalah lukisan naik turunnya data berupa garis yang dihubungkan dari titik-titik data secara berurutan. Grafik ini dipakai untuk menggambarkan perkembangan atau perubahan dari waktu ke waktu.

2

Contoh grafik garis: Grafik Pengunjung Perpustakaan SMK Nurul Islam Tahun 2007

C. Grafik lingkaran adalah gambaran naik turunnya data berupa lingkaran untuk menggambarkan persentase dari nilai total atau seluruhnya. Contoh grafik lingkaran:

1.2 Diagram Diagram adalah (gambaran buram, sketsa) untuk memperlihatkan atau menerangkan sesuatu. Bentuk-bentuk diagram antara lain adalah diagram arus (bagan alur), diagram balok, diagram gambar, diagram garis, diagram lingkaran, diagram cabar, dan diagram pohon. Contoh diagram:

3

1.3 Tabel Tabel adalah da_ar yang berisi ikhtisar dan sejumlah data informasi, biasanya berupa kata-kata dan bilangan yang tersusun secara bersistem, urut ke bawah dalam lajur dan deret tertentu dengan garis pembatas sehingga dapat dengan mudah disimak. Contoh:

1.4 Bagan Bagan adalah gambaran secara analisis atau terurai tentang proses yang terjadi di alam, teknologi, dan masyarakat manusia. Bagan digunakan untuk membantu memperjelas proses kerja.

1. 5 Peta Peta adalah gambar atau lukisan pada kertas yang menunjukkan letak tanah, laut, sungai, gunung-gunung, dan sebagainya atau representasi melalui gambar dari suatu daerah yang menyatakan sifat, batas, sifat permukaan, dan sebagainya.

4

6. Denah Denah adalah gambar yang menunjukkan letak kota, jalan, peta, atau gambar rancangan bangunan.

7. Matriks Matriks adalah tabel yang disusun dalam lajur dan jajaran sehingga butir-butir uraian yang diisikan dapat dibaca dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan. Contoh:

2. PENGALIHAN INFORMASI VERBAL MENJADI NONVERBAL Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mengalihkan atau mengubah informasi verbal ke informasi nonverbal, adalah sebagai berikut. 1. Perhatikan dengan saksama isi informasi verbal yang ingin diubah. 2. Perhatikan data-data berupa lambang, satuan atau angka-angka serta perbandingannya untuk menentukan bentuk visual yang efektif, apakah grafik, tabel, diagram dan yang lainnya. 3. Catatlah hal-hal pokok atau inti dari informasi yang disimak.

5

4. Buatlah bentuk nonverbal yang tepat untuk mengungkapkan informasi tersebut. 5. Gambar, bagan, atau grafik dibuat dengan baik, benar, tepat, dan seimbang dengan isi. 6. Tentukan warna, lambang, atau bentuk untuk menggambarkan atau membedakan data-datanya. 3. SIMPULAN SECARA DEDUKTIF DAN INDUKTIF Dalam mengarang, ada dua cara menarik kesimpulan, yaitu sebagai berikut 1. Deduksi adalah penarikan simpulan dari hal umum pada hal-hal khusus. Khusu Umu m Khusu Khusu 2. Induksi adalah penarikan simpulan dari hal-hal khusus pada hal-hal yang umum. Penalaran ini mencakup cara generalisasi, sebab-akibat, analogi dan akibat-sebab. Khusu s Khusu s Khusu s Umu m

6

EVALUASI 11. Mengubah bentuk bahasa ke bentuk bahasa yang lain dengan tidak mengubah pengertiannya disebut .... a. majas d. parafrasa b. gaya bahasa e paragraf c. ungkapan 2. Hal yang dapat diparafrasa adalah di bawah ini kecuali.... a. puisi prosa b. prosa puisi c. kalimat pasifkalimat aktif d. kalimat langsung kalimat tidak langsung e. fonemsuku kata 3. Kami menunggu nenek di bandara. Kalimat pasif dari kalimat di atas adalah .... a. Bandara menunggu kami dan nenek. b. Nenek menunggu kami di bandara. c. Kami ditunggu nenek di bandara d. Nenek ditunggu kami di bandara. e. Di bandara nenek dan kami saling menunggu. 4. Pohon durian ini ditanami oleh paman. Kalimat aktif dari kalimat pasif di atas adalah... a. Pohon durian yang nanam paman. b. Yang nanam pohon durian paman. c. Paman menanam pohon durian ini. d. Ini pohon durian ditanam paman. e. Pohon durian menanam paman. 5. Kepala sekolah mengatakan bahwa kelas kami paling bersih. Kalimat langsung dari kalimat di atas adalah .... a. Kepala sekolah berkata, Kelas kami paling bersih. b. Kepala sekolah berkata, Kelas kalian paling bersih. c. Kepala sekolah mengatakan, Kalau kelas kami paling bersih. d. Kepala sekolah berkata, Kelas kalian paling bersih. e. Kelas kami paling bersih, Kata kepala sekolah. 6. Dokter berkata, Bapak harus banyak istirahat. Kalimat tidak langsungnya adalah .... a. Dokter mengatakan bahwa Bapak harus banyak istirahat. b. Dokter mengatakan kalau pasiennya harus banyak istirahat. c. Dokter memerintahkan Bapak supaya banyak istirahat. d. Dokter berkata bahwa Bapak istirahatlah. e. Bapak disuruh istirahat oleh dokter sebanyakbanyaknya. 7. Di bawah ini adalah contoh kalimat aktif .... 7

a. Buku itu dibelinya di toko Gramedia. b. Ribuan petasan disita oleh polisi dari para pedagangnya. c. Air susu dibalas dengan air tuba. d. Lulus dari luar negeri ia segera melamar kekasihnya. e. Pepohonan itu seperti hantu. 8. Pihaknya diminta untuk ... agar persoalannya dapat cepat selesai. Ungkapan yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah .... a. jatuh bangun d. buah tangan b. makan angin e. kaki tangan c. campur tangan 9. Pada akhir tahun, perusahaannya sibuk membuat perhitungan terakhir dari pengeluaran keuangan selama setahun. Para karyawan juga banyak yang lembur. Uraian kondisi perusahaan di atas dapat dipersingkat dengan ungkapan .... a. jatuh bangun d. tutup buku b. gulung tikar e. batas tempo c. tutup tangan 10. Sinonim kata manajer adalah di bawah ini, kecuali ..... a. penyuluh d. pengawas b. pengelola e. pembimbing c. pengatur 11. Bagus mengatakan bahwa ia lulus ujian pegawai negeri. Kalimat langsungnya ialah... a. Aku lulus ujian pegawai negri, kata Bagus.

b. Bagus mengatakan, saya telah lulus pegawai negeri. c. Bagus berkata Aku lulus ujian pegawai negeri. d. Kata Bagus, Ia lulus jadi pegawai negeri. e. Bagus mengatakan,Bahwa ia telah lulus pegawai negeri. 12. Di bawah ini merupakan karya sastra, kecuali... a. puisi prosa b. prosa puisi c. drama prosa d. prosa drama e. puisi drama parafrasa menjadi menjadi menjadi menjadi menjadi

13. Perubahan puisi ke prosa harus memerhatikan ..... a. tema puisi b. persajakan c. simbol dan majas yang dipakai d. tipografi e. pilihan kata atau susunan kalimatnya 14. Buku-buku itu dualnya ke tukang loak. Perubahan pola kalimat yang tidak mengubah makna, kecuali... a. Ke tukang loak ia menjual buku-buku itu. b. Dualnya ke tukang loak buku-buku itu. c. Dualnya bukubuku itu ke tukang loak. d. Tukang loak dualnya ke buku-buku itu. e. Buku-buku itu ke tukang loak dualnya.

8

15. Parafrasa wacana harus memerhatikan halhal di bawah ini, kecuali... a. mempertahanka n ide pokok b. membuang atau mengabaikan penjelasan tambahan c. mengabaikan segala bentuk ilustrasi d. menggunakan simbol dan ungkapan e. menyajikan kembali dalam bentuk ringkas 16. Karena bermasalah perusahaan itu tidak dapat melanjutkan produksinya dan mulai mengadakan pengurangan pegawai sebelum akhirnya pailit. Kalimat di atas dapat diparafrasakan dengan menggunakan ungkapan .... a. naik daun d. naik ranjang b. gulung tikar e. unjuk gigi c. jatuh bangun 17. Subhan selalu menolong temannya di saat sekolah dulu. Setelah lulus SLTA, mereka sama-sama masuk ke perguruan tinggi yang sama. Namun, saat menjadi mahasiswa, temannya tak pernah lagi mau bertegur sapa bahkan seperti tak mengenal Subhan. Uraian di atas dapat dipersingkat dengan menggunakan ungkapan .... a. air cucuran atap jatuhnya ke pelimbahan juga b. Subhan makan kulit kacang c. habis manis sepah dibuang d. siapa menabur angin ia menuai badai

e. bagai dengan kucing

anjing

18. Ketika tahu usahanya gagal untuk menjadi staf akunting di perusahaan itu, Nani membuang semua buku sekolahnya dulu, bahkan azahnya di buang ke tong sampah. Tapi, ayahnya mengatakan kalau Nani tidak boleh ... harus .... Ungkapan yang tepat untuk pengisi titik-titik adalah .... a. putus asa dan patah arang b. kerja keras dan gali lubang c. putus asa dan sambung nyawa d. putus asa dan patah semangat e. gelap mata dan kerja keras 19. Mengalihkan naskah drama ke dalam bentuk prosa, yakni prosa berbentuk... a. argumentasi b. deskripsi c. novel d. cerpen e. rangkuman 20. Parafrasa sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dalam hal di bawah ini, kecuali... a. m enc