Modul Alpro 10a Array Kompleks Dan Fungsi (Bagian 2) by Ronal (2014)

13
[ Array Kompleks dan Fungsi ] (Bagian 2) Algoritma dan Pemrograman 2014 [ minggu ke-10b ]

description

adfasd

Transcript of Modul Alpro 10a Array Kompleks Dan Fungsi (Bagian 2) by Ronal (2014)

[ Array Kompleks dan Fungsi ](Bagian 2)

Algoritma dan Pemrograman 2014

[ minggu ke-10b ]

Modul ini mempelajari tentang Array kompleks dan fungsi bagian 2. Array kompleks merupakan array 2 dimensi yang terdiri lebih dari 1 baris dan 1 kolom yang berisi beberapa data yang semuanya memiliki tipe data yang sama.Tujuan Praktikan dapat lebih mengerti tentang array komplex dan membuat program yang berkaitan dengan Array kompleks dan fungsi bagian 1, menggunakan array 2 dimensi dan fungsi.

Tools Dev C++

Waktu 150 menit

PengantarKemarin kita sudah mempelajari cara membuat array kompleks dan mengirimkannya kefungsi, sebagai bahan acuan, lihat kembali penjelasan dibawah ini- Array 2 dimesi memiliki baris dan kolom yang dapat dideklarasikan dengan cara berikut:Tipe-data nama-array[jumlahbaris][jumlahkolom]Contoh: int arrayqu[4][4]

- Array yang kita gunakan juga dapat di kelolah dalam suatu fungsi dengan mengirimkan nilainya dengan cara:nama- fungsi(nama-array)Contoh: hitung(arrayqu)

- Pengiriman nilai array ke fungsi cukup dengan mengirimkan nama-array nya saja.

PraktikumA. Guided1. Ini adalah sebuah foto pacuan kuda. Kita akan bersama-sama membuat program yang menampilkan arena pacuan kuda.

Huruf A hingga D menggambarkan 4 kuda dan penunggangnya. Anggap saja kecepatan mereka sama. Mereka akan bergerak dari kolom 0 hingga kolom 6. Kita akan menggunakan metode 1.

Apa itu metode 1?

Kita akan membuat array 2 Dimensi, dan letakkan tiap kuda pada 1 row. Bentuk penyimpanan datanya sama dengan gambar di atas. Coba pahami dan jalankan source code di bawah ini. Source Code:

2. Dalam suatu perkumpulan, setiap orang mengenekan pin yang berbeda-beda. Mereka melakukan baris berbaris setiap bertemu. Karena iseng Supriadi menghitung total dari pin semua orang. Nilai total ini didapat dari menjumlahkan nilai pin dari setiap orang yang berada pada baris genap dan mengurangi nilai tersebut dengan total nilai pin dari orang-orang pada baris ganjil.

Output:

3. Supriadi sekarang iseng lagi ingin mengurutkan setiap matrik di tiap barisnya. Dia ingin mengurutkan dengan menggunakan bubble short.contoh: diketahui matriks di urutkan sehingga menjadi Source:

B. Unguided1. Joko memiliki 2 buah matriks, yaitu matrixA dan matrixB. Joko ingin mengkopi ini matrixA ke matrizB. Bantulah joko dengan membuatkan program untuk mengkopi matrixA ke matrix B. Output:

2. Pesan rahasia CIA dapat dipecahkan oleh seorang hacker dari Perancis. Untuk menyelamatkan data-data penting CIA, maka kepala divisi keamanan mendatangkan ahli enkripsi dari UKDW. Tugasnya yaitu membuat enkripsi untuk pesan-pesan yang sangat rahasia. Seorang ahli enkripsi tersebut telah menemukan pola enkripsi yang sulit untuk dipecahkan, yaitu dengan cara mengubah karakter dengan jumlah selisih lokasi dari karakter sebelumnya.

Contoh: Jika sebelumnya ada karakter f dan mengetik karakter j maka yang tercetak adalah angka 3, karena jarak dari f ke j adalah 3 karakter. Jika dari j ke b maka yang tercetak adalah 7 Lokasi karakter awal ditentukan sebagai karakter kunci yang akan diinputkan oleh user. Output: User memasukkan karakter kunci, misal: q

Setelah memilih karakter kunci, misal user mengetikkan werpax maka yang keluar adalahKetika user memasukkan karakter kunci, misal: t Setelah memilih karakter kunci, misal user mengetikkan yoogjaistimewa maka yang keluar adalah

3. Denice merupakan seorang designer dari prodi Despro, dia akan membuat poster dengan tulisan spiral searah jarum jam dan ke arah dalam. Sebagai teman Denice, bantulah dia untuk mengkonversi kalimat (array 1 dimensi) menjadi tampilan spiral (array 2 dimensi). Ketentuan: - Spiral dengan ukuran n x n - Karakter spasi diganti dengan karakter * - Jika ada tempat kosong diletakan di bagian paling dalam spiral.

4. Sebuah induk bilangan memiliki 2 anak yang masing-masing adalah setengah dari induknya, dan setiap anaknya memiliki 2 anak lagi yg masing-masing juga memiliki 2 anak lagi dan begitu seterusnya.. Jika induknya adalah bil ganjil maka ada salah satu anaknya yang lebih besar dari anak satunya. Untuk lebih jelasnya lihatlah pada output, besarnya induk bilangan puncak adalah sesuai input user

C. ChallengeSi Komo dan si Kimi, dua kuda yang sudah sering ikut pertandingan merasa kurang bisa bersaing. Mereka ingin berlatih. Supaya lebih jago dari pada kuda-kuda lainnya mereka ingin berlatih di arena yang tidak hanya lurus saja, melainkan melingkar. Gambarnya seperti ini.

Mengapa gambarnya seperti itu? Karena harus adil antara kedua kuda. Dengan posisi seperti itu jarak yang harus ditempuh kedua kuda sama. Jika arena berukuran A*A, dan A merupakan inputan user. Buatlah program simulasi latihan kedua kuda dengan detil seperti Unguided 1 hanya saja arenanya berganti. Bisakah diselesaikan hanya dengan array 1 Dimensi? Anda bisa mengganti angka 0 pada tampilan program sebelumnya dengan (spasi)

Pemenangnya adalah kuda pertama. Kuda kedua masih harus menempuh 5 step lagi untuk sampai garis finishnya