Modul-5 APLIKOM

of 14/14
 Page 1 of 13 Modul-5 Aplikom PKK UMB-Menteng Efan’sFILE  Microsoft Word 2007 (Bagian 3 From 3) Modul-5 Pertemuan-5 On-Line Bagian Akhir MS Word 2007 Picture (Gambar) Picture adalah perintah untuk meng-impor file gambar kedalam dokumen . Word 2007 mendukung banyak format gambar antara lain JPEG, dsb. Langkah-langkahnya : Klik Insert Klik Picture  Tentukan dimana gambar akan diambil, misalnya di flash disk, maka setelah Klik Picture , Klik My Computer Selanjutnya pilih judul gambar yang anda inginkan Jika gambar mau dihapus, klik saja ditengah gambar, kemudian klik mouse sebelah kanan dan klik cut.  Lihat tampilan Insert Picture dibawah ini :  
  • date post

    21-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    69
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Modul-5 APLIKOM

Page 1 of 13

Microsoft Word 2007 (Bagian 3 From 3)Modul-5 Pertemuan-5 On-Line Bagian Akhir MS Word 2007

Picture (Gambar)Picture adalah perintah untuk meng-impor file gambar kedalam dokumen . Word 2007 mendukung banyak format gambar antara lain JPEG, dsb.

Langkah-langkahnya : Klik Insert Klik Picture Tentukan dimana gambar akan diambil, misalnya di flash disk, maka setelah Klik Picture, Klik My Computer Selanjutnya pilih judul gambar yang anda inginkan Jika gambar mau dihapus, klik saja ditengah gambar, kemudian klik mouse sebelah kanan dan klik cut. Lihat tampilan Insert Picture dibawah ini :

Modul-5 Aplikom PKK UMB-Menteng EfansFILE

Page 2 of 13

Clip Art

Clip Art berguna untuk mengambil klip gambar, movie atau suara yang telah disediakan oleh office 2007. Untuk menempatkan objek gambar anda dapat mengambil dari Clip Art Gallery.

Langkah-langkahnya : Tentukan tempat dimana kita akan menyisip clip art Klik Insert Klik Clip Art, lihat disebelah kanan keluar tabel Clip Art, Klik Go, pada kolom Results pilih All Media (atau terserah pilihan anda), selanjutnya pilih

gambar yang diinginkan, misalnya gambar seperti ini

Sama halnya pada Picture, jika gambar mau dihapus, klik saja ditengah gambar, kemudian klik mouse sebelah kanan dan klik cut. Lihat tampilan Insert clip Art dibawah ini :

Gambar Kotak Jendela Clip Art

Modul-5 Aplikom PKK UMB-Menteng EfansFILE

Page 3 of 13

Picture Effect dan Text Wraping Text Wraping berguna untuk menempatkan objek gambar kedalam baris teks, hal ini dilakukan untuk memperindah tampilan dokumen yang sedang anda kerjakan.

Langkah-langkah untuk Picture Effect : Pilih Objek gambar Pastikan Objek masih aktif, jika tidak aktif, klik ditengah gambar Klik menu Format Pilih Picture Effect Selanjutnya sebagai contoh kita pilih : Klik 3-D Rotation, pada kolom Parallel pilih gambar off axis 2 Right (untuk melihat tulisan off axis 2 right, saat anda menggerakkan kursor diamkan saja beberapa detik, maka akan keluar nama dari gambar tersebut) Lihat hasilnya dibawahModul-5 Aplikom PKK UMB-Menteng EfansFILE

Page 4 of 13

Gambar Sebelum

Gambar Sesudah diberi effect off axis 2 righ

Langkah-langkah untuk Text Wrapping : Klik Gambar Sesudah diberi effect off axis 2 right yang ada diatas Klik menu Format Klik tulisan Text Wraping Klik Square, lihat perubahannya dilayar anda (anda bisa mencoba yang lainnya)

Modul-5 Aplikom PKK UMB-Menteng EfansFILE

Page 5 of 13

Langkah-langkah untuk Rotasi Gambar / Rotate: Klik Gambar Sesudah diberi effect off axis 2 right yang ada diatas Klik menu Format Klik Kota Ratate yang ada disebelah kanan (nempel) dengan Text Wrapping Klik Flip Vertical, lihat perubahannya dilayar anda (anda bisa mencoba yang lainnya).

Word Art WordArt berfungsi untuk membuat teks artistik Biasanya WordArt digunakan untuk membuat judul dokumen. Word 2007 menyediakan lebih kurang 30variasi teks artistik yang dapat diakses dengan mudah melalui Group text pada Tab Insert Langkah-langkahnya : Siapkan tempat yang mau anda sisip WordArt Pilih Insert, Klik WordArt, lihat tampilan seperti dibawah :

Modul-5 Aplikom PKK UMB-Menteng EfansFILE

Page 6 of 13

Pilih salah satu, misalnya WordArt Style 28 Tulisan Your Text Here kita ganti Aplikom M508, lihat hasil dibawah Anda bisa melakukan pengeditan text misalnya besar dan type huruf, dengan klik mouse sebelah kanan atau menggunakan icon-icon yang ada diatas (dalam kota ribbon)

WordArt Style 28

ShapesShapes merupakan kumpulan objek dasar seperti kotak. lingkaran, panah dan sebagainya. Anda dapat membuat bermacam-macam skema dari yang sederhana sampai yang kompleks, llihat gambar dibawah :

Modul-5 Aplikom PKK UMB-Menteng EfansFILE

Page 7 of 13

Contoh Menggunakan Shapes Pilih Menu Insert, Klik Shapes Sort Kolom Flowchart, klik Flowchart Document, dan Klik dilembaran kerja anda, hasilnya seperti ini

Untuk memformat shape tersebut, bisa dengan cara, klik gambar tersebut kemudian klik menu Format yang ada diatas, atau klik mouse sebelah kanan untuk add text Ilmu Adalah Harta, memberikan shadow effects seperti contoh dibawah ini :

Ilmu Adalah Harta Format warna, type huruf, font size, selain klik Format dan mouse sebelah kanan, bisa juga dilakukan dengan cara umum pada pengetikan seperti biasanya, pilih menu Home.

Smart Art Smart Art adalah fasilitas baru dalam Word 2007 yang berguna untuk membuat diagram. Dengan Smart Art anda dapat menyampaikan informasi secara visual dengan beragam pilihan diagram yang telah disediakan seperti list, cycle, dsb.

Berikut kita akan buat contoh Smart Art dengan type Hierarchy Pilih Insert Klik Smart Artt Klik Hierarchy, pilih Hierarchy, klik Ok (hasilnya lihat gambar dibawah)

Modul-5 Aplikom PKK UMB-Menteng EfansFILE

Page 8 of 13

Untuk memasuki/merubah kotak Text, bisa klik dikotaknya langsung, lihat contoh dibawah, kotak atas berubah jadi Direktur., dan dibawah ada satu kotak bertuliskan STAF.

Direktur

STAFModul-5 Aplikom PKK UMB-Menteng EfansFILE

Page 9 of 13

Kotak STAF akan kita hapus, bisa dengan cara klik kotak STAF, kemudian klik cut (gambar gunting) pada kotak clip-board yang ada dikiri atas layar anda dan posisi pada menu Home Atau dengan cara cepat klik langsung didalam kotaknya, lalu klik mouse sebelah kanan dan klik cut, hasilnya seperti dibawah

Direktur

Untuk menambah, kotak, lakukan hal yang sama, setelah klik mouse sebelah kanan lalu pilih copy dan klik kanan lagi lalu pilih paste, gerakkan kemana kita mau menenmpatkannya.

Chart / GrafikChart berguna untuk membuat grafik yang mengilustrasikan perbandingan data. Berbagai type Chart yang tersedia, dalam word 2007 antara lain Line, Pie, Bar, dsb

Modul-5 Aplikom PKK UMB-Menteng EfansFILE

Page 10 of 13

Sepert contoh diatas : Klik Insert, kemudian Klik Chart, seterusnya Klik Pie, pilih type Pie dikolom pertama, hasilnya :

Sales1st Qtr 2nd Qtr 3rd Qtr 4th Qtr

Untuk melakukan peng-editan secara keseluruhan, klik kotak gambar grafik, selanjutnya bisa pilih Layout, Design, format dsb yang ada diatas, sesuai dengan apa yang akan kita lakukan atau bisa klik mouse sebelah kanan untuk edit data atau juga merubah type grafik, dsb. Untuk mengedit bagian tertentu, misalnya Sales mau diganti Penjualan, silahkan klik dulu di salesnya, lalu hapus dan ketik Penjualan, hasilnya seperti dibawah :

Penjualan1st Qtr 2nd Qtr 3rd Qtr 4th Qtr

Dan seterusnya.

Modul-5 Aplikom PKK UMB-Menteng EfansFILE

Page 11 of 13

Encrypt Document. / Protect Dokumen Encrypt Document berguna untuk memproteksi dokumen agar tidak dapat dibuka oleh orang lain yang tidak berkepentingan. Langkah-langkahnya : Masuk dalam word 2007 Ketik atau buka sebuah dokumen, lalu disimpan (save) Klik Office Button yang ada dipojok kiri atas Gerakkan ke Prepare, Klik Encrypt Doument Masukkan Password dua kali, lalu oke. (password harus di-ingat selalu).

Klik tombol Office Button >> pilih Prepare >> pilih Encrypt Document.

Pada Kotak dialog Encrypt Document ketik kode proteksi untuk membukakan dokumen, misal 12345

Modul-5 Aplikom PKK UMB-Menteng EfansFILE

Page 12 of 13

Table Of ContentsTable of Contents berguna untuk membuat daftar isi secara otomatis. Fasilitas ini akan berfungsi dengan baik apabila sebelumnya judul bab atau judul sub bab harus ditandai terlebih dahu;lu dengan menggunakan style level yang telah disiapkan..

Langkah-langkahnya : Aktifkan file word 2007, misalkan pada Bab I Pengenalan Komputer, kemudian pilih Tab References Tekan Ctrl F lalu ketik Pengenalan Komputer dibagian Find what kemudian klik Find Next dan Cancel Setelah Teks sub judul Pengenalan Komputer dimasukkan dan disorot, klik tombol Add Text pada Group Table of Comments kemudian pilih level 1. Sorot dan Ranges sub Judul Pendahuluan kemudian klik tombol add text, pilih level 2. Lakukan pada sub judul Definisi dan masuk juga dalam level 2 Selanjutnya tempatkan kursor dihalaman terakhir yang masih kosong. Klik Table Of Contents lalu pilih Automatic Table 2. Hasilnya otomatis akan tampil daftar isi Dari dokumen Pengenalan Komputer berdasarkan sub judul dan anak sub judul dengan setting dari style level..

Modul-5 Aplikom PKK UMB-Menteng EfansFILE

Page 13 of 13

Mencetak DokumenUntuk mencetak dokumen, mungkin semua mahasiswa sudah pernah melakukan ini. Langkah-langkahnya adalah : Aktifkan file / dokumen word 2007 yang sudah dibuat Klik office button dipojok kiri atas Pilih print, pilih type printer dan masukkan apa yang perlu kita sesuaikan dalam kotak print seperti dibawah ini :

Semoga Sukses Semuanya

Modul-5 Aplikom PKK UMB-Menteng EfansFILE