Modfifokasi Tingkah Laku

download Modfifokasi Tingkah Laku

of 10

  • date post

    25-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    23
  • download

    8

Embed Size (px)

description

modifikasi tingkah laku bagi anak hiperaktif

Transcript of Modfifokasi Tingkah Laku

Modfifokasi Tingkah Laku

Modifikasi Tingkah Laku Sebagai Upaya Penanganan Anak HiperaktifIndra Setyaningsih

Pengertian Hiperaktif

Menurut AhliEric Taylor (1992) mgemukakan hiperaktivitas sebagai pola perilaku seseorang yang menunjukan sikap tidak mau diam, tidak menaruh perhatian, dan impulsif.

Karakterisitik Anak HiperaktifDi dalam Diagnostic And Statistical Manual Of Mental Disorder-DSM III (1980), dikatakan bahwa yang dimaksud anak hiperaktif, jika memilki sedikitnya dua gejala berikut :Lari berkeliaran atau memanjat secara berlebihanSulit untuk duduk diam atau terlalu banyak bergerakSulit untuk disuruh dudukTerlalu banyak bergerak pada waktu tidurSelalu bergerak, seakan-seakan dikendalikan oleh mesin

Pengertian Modifikasi Tingkah Laku

Teknik yang Digunakan untuk Modifikasi Tingkah Laku

Peniruan ModelProses penerapan peniruan model (Tin Suharmini, 2005) sebagai berikut :Guru memahami dulu tentang siapa anak hiperaktif.Guru sengaja bersikap baik pada anak yang mengalami hiperaktif, kemudian guru mengenalkan pada teman-temannya, atau anak-anak lain yang ada di kelas atau di sekolah tersebut, tentang kelebihan dan kekurangan anak hiperaktif tersbut. Mengembangkan persepsi yang positif siswa kepada anak hiperaktif. Bahwa anak hiperaktif ini anak yang mengalami gangguan (sakit) perlu kasih sayang dibantu penyembuhannya (ditolong bukan dibenci).

Operant ConditioningPendekatan operant conditioning (Tin Suharmini, 2005) sebagai berikut :Pahami tentang perilaku hiperaktifTentukan perilaku, aktivitas atau keterampilan yang akan diubahMembagi perilaku yang akan diubah dalam unit-unit kecil.Tentukan reinforcement.Rubahlah, atau ajarkan perilaku pembagian secara sistematik, terstruktur dan dapat dinilai.Berikan bimbingan (bantuan + reinforcement), sedikit dei sedikit bantuan itu ditiadakan. Terus menerus dilakukan sampai aktivitas yang dikehendaki terwujud.

Terima Kasih !