MMM 1-Konsep manajemen dan manajemen pemasaran.pptx

download MMM 1-Konsep manajemen dan manajemen pemasaran.pptx

of 19

  • date post

    07-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    216
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of MMM 1-Konsep manajemen dan manajemen pemasaran.pptx

Konsep manajemen dan manajemen pemasaran

Konsep manajemen dan manajemen pemasaranManajemen Media Massa, UT KOREA SEMESTER 6

Perkenalan MatakuliahBuku Pegangan : Manajemen Media Massa, Yosal Iriantara, Universitas Terbuka 2011.Buku ini terdiri dari 9 modul, Modul 1 : Konsep manajemen dan manajemen pemasaranModul 2 : Bauran pemasaranModul 3 : Konsep media massaModul 4 : Proses manajemen media massaModul 5 : Manajemen media massaModul 6 : Manajemen media cetakModul 7 : Manajemen media elektronikModul 8 : Manajemen media baruModul 9 : Riset manajemen media massaMetode Pembelajaran : Tutorial Online dan Tatap MukaKomponen PenilaianTugas 1, Tugas 2 dan Tugas 3 Partisipasi (keaktifan)Ujian Akhir

2MateriPerbedaan dan keterkaitan antara manajemen, administrasi, dan organisasiAnalisis dan evaluasi fungsi dasar manajemen (perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, pengendalian)Menjelaskan konsep dasar manajemen pemasaran sebagai bagian penting dalam organisasi bisnisKonsep dasar manajemenKeberhasilan suatu organisasi lebih banyak ditentukan faktor manusianyaOrganisasiPandangan tentang hubungan manusia dan organisasiPandangan klasik : manusia hanya sebagai mesinHuman relations : manusia dapat mengontrol proses produksi dan pada dasarnya kebutuhan organisasi sejalan dengan kebutuhan individuOrganisasi sebagai suatu sistem sosial : perilaku individu untuk mencapai tujuan organisasiLihat bagan hal 1.6Gibson et. al. : ciri organisasi adalah perilaku yang terarah pada tujuan. Sekelompom orang bekerja sama (ada pembagian tugas dan peran) untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Organisasi pada umumnya merupakan kumpulan manusia yang memiliki struktur tertentu dengan masing-masing bagian memiliki tugas dan perannya masing-masing yang dipersatukan untuk mencapai tujuan tertentu. B. ManajemenPengelolaan semua sumber daya dalam organisasi (SDM, produksi, keuangan, pemasaran).

Manajemen awalnya hanya berpusat pada internal organisasi Namun belakangan, manajemen SDM berusaha untuk memperhatikan pula lingkungan eksternal di luar organisasi. Penggabungan internal dan eksternal organisasi dalam manajemen strategis; memperhatikan SWOT organisasiDalam industri media massa lingkungan eksternal bergantung pada jenis dan cakupan media tersebut. C. AdministrasiArtinya melayani, membantu, memenuhi (ada semangat pelayanan)Memiliki cakupan arti yang lebih luas dari manajemen dan organisasiMenurut Atmosudarmo pengertian administrasi dapat dilihat dari 3 sisi :Sisi kelembagaanSisi fungsionalSisi prosesManajemen PemasaranDefinisi menurut (Swastha) :Pemasaran dilakukan individuTujuan pemasaran adalah memberi kemungkinan, memudahkan dan mendorong adanya pertukaranTujuan pertukaran adalah memuaskan kebutuhan dan keinginan manusiaPemasaran dilakukan oleh penjual dan pembeliPerbedaan konsep penjualan (berpusat pada keinginan organisasi) dan konsep pemasaran (berpusat pada pemenuhan keinginan konsumen) lihat halaman 1.21A. Perkembangan pemasaranAwalnya persaingan tidak terlalu ketat, apapun yang diproduksi akan dibeli. Keinginan konsumen tidak diperhatikan.Setelah produksi massal, penawaran dan jumlah barang berlebih. Fokus pada jumlah barang yang terjual, bukan pada labaPada era pemasaran, produsen mulai memperhatikan kebutuhan konsumen.Akhirnya saat ini perusahaan tidak hanya berfokus pada penjualan tetapi peningkatan kualitas hidup masyarakat. Marketing MixMedia di seluruh dunia berusaha untuk menyesuaikan diri dengan perubahan struktur eksternal dan internal (berkurangnya khalayak tradisional dan tradisional, pola dominasi pasar, dsb).Penerapan marketing mix atau bauran pemasaran untuk membuat strategi pemasaran yang lebih komprehensifPemasaran beruapa produkProduk yang berupa jasa (3 P)Penyempurnaan 4PSIVA (berfokus pada permintaan konsumen)Solution : seberapa jauh produk tersebut merupakan solusi bagi masalah atau kebutuhan yang dirasakan pelanggan.Information : darimana pelanggan tahu tentang produk kitaValue : nilai kebermanfaatan yang dirasakan konsumenAccess : kemudahan pelanggan untuk mendapatkan produkPemasaran dan perubahanSemakin kompetitifnya dunia usaha seiring dengan perkembangan teknologi informasiPerkembangan media baru ternyata saat ini mengancam keberadaan media-media tradisionalIndustri media dituntut untuk mengembangkan strategi pemasaran sendiri yang unik sesuai dengan karakter media Pengaruh perubahan pasar dan strategi perusahaanSiklus pemasaranLihat bagan 1.10Perlunya identifikasi pada aspek konsumen dan pasar, juga pada prospek perubahan masa depan. Perubahan teknologi dan gaya hidup akan mempengaruhi kepuasa konsumen.