mini_blok_12-2015

3
Panduan pelaksanaan blok 12 TA 2015-2016 1. Mahasiswa yang telah mendaftar di MEU pada awal semester terkait rincian nilai yang akan diulang mengikuti kegiatan sebagai berikut: a. Nilai ujian: mahasiswa wajib hadir dan mengikuti 4x diskusi kelompok sebagai pengganti kuliah pakar dan persyaratan mengikuti ujian. Ujian blok akan dilaksanakan pada hari Senin, 14 Desember 2015 pkl 8.00 WIB. b. Nilai tutorial: mahasiswa wajib hadir dan mengikuti diskusi kelompok dengan ketentuan pelaksanaan seperti pada poin a. Nilai yang dipergunakan sebagai perhitungan nilai akhir adalah nilai tutorial terbaik. c. Nilai praktikum/OSCE: mahasiswa dipersilakan berkoordinasi dengan instruktur/bagian terkait. 2. Jalannya diskusi kelompok: a. Mahasiswa wajib mengumpulkan resume pembelajaran berisi ringkasan materi yang dipelajari sesuai dengan tujuan pembelajaran pada hari itu. b. Jalannya pertemuan/diskusi kelompok sama seperti pelaksanaan tutorial step 7. c. Tutor memberi nilai sesuai dengan lembar penilaian yang tersedia. Aspek yang dinilai Nilai maksimal 1 Kedisiplinan: datang/pulang tepat waktu 2 2 Penampilan: rapi & sopan sesuai ketentuan FK UKDW 2 3 Angkat tangan ketika mau berpendapat 2 4 Menyimak dan menghargai pembicaraan orang lain 2 5 Berpendapat minimal 3 x 2 6 Isi pembicaraan relevan dengan materi tutorial 2 7 Parafrase ide 2 8 Mengemukakan sumber yang digunakan 2 9 Empati: menghargai tutor dan teman 2 10 Ringkasan materi yang dipelajari 12 Kepemimpinan ketua 2 Melaksanakan tugas sekretaris dengan baik

description

nn

Transcript of mini_blok_12-2015

Page 1: mini_blok_12-2015

Panduan pelaksanaan blok 12 TA 2015-2016

1. Mahasiswa yang telah mendaftar di MEU pada awal semester terkait rincian nilai yang akan diulang mengikuti kegiatan sebagai berikut:

a. Nilai ujian: mahasiswa wajib hadir dan mengikuti 4x diskusi kelompok sebagai pengganti kuliah pakar dan persyaratan mengikuti ujian. Ujian blok akan dilaksanakan pada hari Senin, 14 Desember 2015 pkl 8.00 WIB.

b. Nilai tutorial: mahasiswa wajib hadir dan mengikuti diskusi kelompok dengan ketentuan pelaksanaan seperti pada poin a. Nilai yang dipergunakan sebagai perhitungan nilai akhir adalah nilai tutorial terbaik.

c. Nilai praktikum/OSCE: mahasiswa dipersilakan berkoordinasi dengan instruktur/bagian terkait.

2. Jalannya diskusi kelompok:a. Mahasiswa wajib mengumpulkan resume pembelajaran berisi ringkasan materi yang

dipelajari sesuai dengan tujuan pembelajaran pada hari itu.b. Jalannya pertemuan/diskusi kelompok sama seperti pelaksanaan tutorial step 7. c. Tutor memberi nilai sesuai dengan lembar penilaian yang tersedia.

Aspek yang dinilai Nilai maksimal1 Kedisiplinan: datang/pulang tepat waktu 22 Penampilan: rapi & sopan sesuai ketentuan FK UKDW 23 Angkat tangan ketika mau berpendapat 24 Menyimak dan menghargai pembicaraan orang lain 25 Berpendapat minimal 3 x 26 Isi pembicaraan relevan dengan materi tutorial 27 Parafrase ide 28 Mengemukakan sumber yang digunakan 29 Empati: menghargai tutor dan teman 210 Ringkasan materi yang dipelajari 12

Kepemimpinan ketua 2Melaksanakan tugas sekretaris dengan baik

Keterangan penilaian:0: kurang baik1: cukup baik2: baik

Page 2: mini_blok_12-2015

BLOK 12 Sistem Respirasi

TUJUAN PEMBELAJARAN BLOK 12 TA 2015/2016

1Transaksi Udara-Darah

Memahami anatomi, embryologi, histologi sistem respirasiMemahami fisiologi pernapasan s.d dapat menginterpretasikan hasil spirometriMemahami asam basa darah s.d dapat menginterpretasikan hasil analisa gas darahMenjelaskan cara melakukan fisik diagnostik paru

2 Radang-Infeksi

Menjelaskan tuberkulosis anak dan dewasa (meliputi kausa, predisposisi, faktor risiko, patogenesis, patofisiologi, penegakan diagnosis [anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang], tatalaksana, rehabilitasi).Menjelaskan beberapa penyakit lain: ISPA, bronkiolitis, pneumonia

3Obstruksi-Kongesti-Neoplasma

Menjelaskan PPOK, bronkiektasis, asma (meliputi kausa, predisposisi, faktor risiko, patogenesis, patofisiologi, penegakan diagnosis [anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang], tatalaksana, rehabilitasi).

4 Kegawatdaruratan

Menjelaskan kegawatdaruratan paru (meliputi kausa, predisposisi, faktor risiko, patogenesis, patofisiologi, penegakan diagnosis [anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang], tatalaksana) terutama pneumothoraks & status asmatikus, tambahkan kegawatdaruratan lain.