Metro Banjar Minggu, 18 Mei 2014

16

Click here to load reader

description

NO 5.001 TAHUN XIV ISSN 0215-2987

Transcript of Metro Banjar Minggu, 18 Mei 2014

Page 1: Metro Banjar Minggu, 18 Mei 2014

Eceran Rp 2.000 Langganan Rp 55.000 http://metrobanjar.banjarmasinpost.co.id NO 5.001 TAHUN XIII ISSN 0215-298716 Halaman MINGGU 18 MEI 2014

Halaman 13

LIHUM

BPOST GROUP/ANJAR WULANDARI

Belanja di Senwell Bisa Dapat Motor

BERSAMBUNG KE HAL 8

BERBELANJA namun bisa mendapat-kan hadiah sepeda motor. Kesempatan ituada saat Anda bertransaksidi Senwell Jalan A Yani Km12 Kecamatan Gambut,Kabupaten Banjar. Di tempatyang menyediakan berbagaimacam keperluan rumahtangga termasuk peralatan dapur itu,semua pembeli berpeluang membawapulang grand prize tadi.

“Caranya, tiap transaksi minimal Rp200 ribu, konsumen mendapatkan 1kupon undian. Hadiahnya dua unit

BERSAMBUNG KE HAL 8

BERSAMBUNG KE HAL 8

Ilham Tak NyesalDitangkap Polisi

BANJARBARU - Ilham (56) terlihat santaidi ruang penyidik Satuan Reserse NarkobaPolres Banjarbaru, Sabtu (17/5). Padahaldia menjadi tersangka kasus sabu danterancam hukuman penjara untuk waktuyang cukup lama.

Di wajahnya tak tampak penyesalan.

BERSAMBUNG KE HAL 8

KAMERA FEBRIMEMBAWA

PETAKA BERSAMBUNG KE HAL 8

BANJARMASIN - Febrian (24) hanya bisapasrah ketika diperiksa petugas diPolsekta Banjarmasin Utara, Sabtu (17/5). Pemuda warga Jalan PramukaKompleks Siaga tersebutditangkap polisi karenamembeli barang curian.

Barang panasyang diberi Febriberupa kameraCanon E04 550D.Aslinya itu milikRahmat Rahmayudi(21) warga Jalan AwangBahagia Gang Rahim II No 38 KelurahanKuin Utara Kecamatan BanjarmasinUtara, yang hilang pada Kamis (15/5)

BERSAMBUNG KE HAL 8

Manfaatdan

BahayaSabu

Halaman 8Halaman 8Halaman 8Halaman 8Halaman 8

Suami Erna SeringDiganggu Fadli

BANJARMASIN - Erna menangis di samping jenazahsuaminya, Fitriyadi, di ruang IGD RSUD Ulin Banjarmasin,Sabtu (17/5) malam. Orang yang dikasihnya tersebut tewassecara menggenaskan setelah terlibat duel lawan Fadli aliasGondok di kawasan Antasan Raden, kemarin sekitar pukul19.30 Wita.

Fitriyadi (25) yang warga Kompleks Perumahan GerilyaPematang Indah Kecamatan Gambut Kabupaten Banjartersebut mengalami luka parah di leher dan perut.

Info Mitra

BPOST GROUP/M RISMAN NOOR

BPOST GROUP/BURHANI YUNUS

FEBRIANFEBRIANFEBRIANFEBRIANFEBRIAN (kanan) tak sengaja membeli kamera curian yangdijual Udin (kiri).

Persik 4 Vs 1 BaritoPersik 4 Vs 1 BaritoPersik 4 Vs 1 BaritoPersik 4 Vs 1 BaritoPersik 4 Vs 1 Barito

Udo sang MomokSTRIKER asal Nigeria, Fortune Udo kembali menjadi

momok bagi Barito Putera. Dua gol yang dicetaknya,membuat Barito kalah telak 4-1 oleh Persik Kediri dalamlanjutan laga Indonesia SuperLeague (ISL) Grup Barat di StadionBrawijaya, Kediri, Jawa Timur,Sabtu (17/5). Dua gol lainnyadibikin bomber Kamerun, NgounMamoun. Sedangkan satu-satunyagol Barito diciptakan Syahroni.

Barito yang memakai kaus putihbiru, sempat membungkam pendukung tuan rumah. Padamenit kelima, bola tendangan kiper Syamsidar diheadingJames Koko Lomell ke arah Dedy Hartono di sayap kanan.Kontrol sesaat, pemain baru saja memperkuat TimnasIndonesia senior itu mengoper si kulit bundar kepada Rizky

Otong Ngotot

BERSAMBUNG KE HAL 8

Rahasiakan BosnyaMARTAPURA - Kepalanya plontos, tatapannyatajam. Begitulah sosok Ahmad Jauhari alias Otong(34). Warga Desa Pematang Danau, KecamatanMataraman, Kabupaten Banjar itu pekerjaannyaserabutan.

Namun, untuk saat ini Otong tak bisa bekerja.Dia ditahan di Polsek Mataraman karena polisimenemukan tujuh paket narkoba jenis sabu di

Isnan AliUston Nawawi

Fortune Udo

PERSIK

KED

IRIO

NLI

NE

BPOST GROUP/NURHOLIS HUDA

Ahmad Jauhari alias Otong

INDEKS

HEBOHNYAPENDUKUNG FINALISNAGA KAB BANJAR

Halaman 8

Halaman 15

MarMarMarMarMartapura FCtapura FCtapura FCtapura FCtapura FC Vs Vs Vs Vs Vs PPPPPererererersidasidasidasidasida

Sihir SeniorAKSI pemain senior bakal mewarnai

laga Martapura FC kontra PersidaSidoarjo dalampartai terakhir putaranpertama Grup 6 DivisiUtama 2014 di

Stadion DemangLehman, Martapura, Minggu(18/5) sore ini.

Di kubu tuan rumah, kapten

DOK BPOST GROUP/NET

Poster JadwalLaga Piala Dunia

1805/M1

Page 2: Metro Banjar Minggu, 18 Mei 2014

Banjar SpotMINGGU 18 MEI 20142 Metro Banjar

1805/M2

Rizky Satria Raih Top PoinBANJARBARU - Rizky Satria Dewangga dari Mapala Pira-nha Banjarbaru yang tampil perdana di kelompoknya, secaracekatan memanjat dinding. Ia langsung meraih top poin.

Jari tangannya yang kuat menempel pada poin demikianpula diimbangi dengan pergerakan gaya kakinya, melaluipapan demi papan jalur sampai ke puncak top. Begitumelalui jalur papan roof 90 derajat, aplaus penonton punmenyemangatinya sampai Rizky akhirnya berhasilmenguasai.

“Tingkat kesulitannya ada pada papan empat dan tujuhkarena jarak poin jauh jadi agak sedikit harus maneuvermeloncat,” ucap Rizky yang juga pernah sebagai atlet PONpanjat tebing pada 2012.

Banjarbaru Wall Climbing Competition sebagairangkaian perayaan hari jadi ke-15 Kota Banjarbaru digelaroleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan OlahragaKota Banjarbaru di Lapangan KS Tubun, Banjarbaru 17-18Mei 2014.

Kegiatan itu digelar bersama Federasi Panjat Tebing In-donesia (FPTI), KONI Banjarbaru dan panitia pelaksana,Mapala Green Technic ATPN Banjarbaru ternyata mendapatanimo kuat para peserta climber dari dalam dan luar Kalselbahkan sampai Palangkaraya Kalteng.

Ketua Panitia Pelaksana, Hairuni, menjelaskan totalpeserta climber ada sebanyak 81 orang dari berbagaikelompok. Masing-masing terbagi untuk kelompok umumputra ada 23 peserta, kelompok umum putrid 17 pesertadan terbanyak kelompok mahasiswa pencinta alam (mapala)dan siswa pencinta alam (sispala) sebanyak 43 peserta.

Taufik Kong Mubarok panitia perwakilan dari FPTI KotaBanjarbaru, menjelaskan teknis lomba setiap peserta diberiwaktu selama 6 menit untuk dapat menuntaskan panjatdinding dengan jalur sebanyak 13 papan.

“Tingkat kesulitan jalur panjat kita atur sedemikian rupasehingga baik kelas pemula ataupun yang sudahberpengalaman masing-masing mendapat tantangantersendiri,”ucap Taufik alumnus Fakultas KehutananUnlam yang di kalangan mapala akrab disapa Kong ini.

Tingkat kesulitan jalur panjat kali ini tampaknyamemang benar-benar berat dan menantang. Jalur rintisanpanjat dinding ini diatur dengan karakter dinding panjathang dari 15 derajat hingga 45 derajat) kemudian roof (90derajat). Pada karakter roof, peserta climber hanya bisamengandalkan kekuatan cengkaman jari tangannya dengangaya menggantung layaknya seperti menggantung di atasdinding plapon dengan kaki menjuntai.

Bahkan kelompok umum putri semuanya bertumbangansebelum meraih poin pada papan top 13. Bahkan yangmendapat poin tertinggi hanya mampu memanjat jalur padalevel papan 10 dari 13 papan jalur yang harus dikuasai. (sar/*)

■ Banjarbaru Wall Climbing Competition

BANJARMASIN POST GROUP/SYAIFUL AKHYAR

SEORANGSEORANGSEORANGSEORANGSEORANG peserta menunjukkan kemampuannya dalamBanjarbaru Wall Climbing Competition sebagai rangkaianperayaan hari jadi ke-15 Kota Banjarbaru, Sabtu (17/5).

HARIS MINTA POHONYANG RINDANG

BANJARBARU - Ada yangbeda dari dengan hari sebe-lumnya, median Jalan TrikoraBanjarbaru dari bundaran Pa-lam hingga depan GOR RudyResnawan ditanami pepohon-an.

Sejumlah petugas mena-nam pohon Palam Putri,hanya berjarak sekitar 3 meterdari pohon ke pohon.

Penanaman pohon itu se-cara langsung membuat jalanterlihat asri dan indah. Na-mun, pemilihan pohon terse-but dirasa kurang pas dengankondisi median jalan di Jalantrikora. Menurut warga, di ja-lan tersebut cukup lurus danseharusnya didukung dengantanaman yang tumbuh besar.

Terlebih lagi di bawah me-dian jalan tersebut merupa-kan aspal dan tidak tembusdengan tanah langsung. Me-lainkan terhalang aspal.

Menurut seorang warga,pohon tersebut kurang pasdengan kondisinya. Akan le-bih baik bila tanaman yangtumbuh besar dan hijau danberdaun rimbun.

“Bagusnya pohon yangrimbun, jadi selain jalannyasejuk kalau sudah besar jugaudaranya segar,” ujar Hariswarga sekitar dan sekaliguspengguna jalan.

Menurut dia, di median ja-lan tersebut perlu adanya po-hon yang rindang. Sehinggamampu menyerap air banyak.Terlebih lagi di Jalan Trikorasering terjadi banjir.

“Kan sering banjir, jadi le-bih baik tambah lagi pohon-nya supaya bisa meresap airyang banyak,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Ba-dan lingkungan Hidup KotaBanjarbaru, Fahruddin, saatdikonfirmasi mengaku jugaterkejut. Saat dia melewati ja-lan Trikora melihat sudah adabeberapa tanam palam putridi median jalan.

“Terkejut juga saya perta-ma kali liat, tapi bagus lah su-dah kalau sudah ditanami po-hon dimedian itu,” ujar Fah-rudiin, Jumat kemarin.

Dia mengaku bukan daripihaknya yang melakukan pe-nanaman pohon. Sebab itu ke-wenangan Dinas PU ProvinsiKalsel. Mungkin menurutnya

pihak pelaksana satu paketdengan pembuatan medianjalan tersebut.

Menurut dia, penanamanitu sudah bagus namun dirasamasih kurang pas. Sebab, ta-nam palm putri tersebut tidakrindang. Apalagi di dalamnyamedian tersebut memang ti-dak tembus tanah karena ma-sih ada aspal.

“Lebih bagusnya itu,

dibor terlebih dahulu jadiakarnya bisa langsung ke ta-nah. Tapi nanti kami akancoba sarankan untukmenambah tanamannyakarena siapa tahu dariprovinsi akan menambah lagidan ini baru awal,” terang dia.

Untuk penanaman pohonselanjutnya, dia akan meng-ajukan dengan cara berkoor-dinasi untuk menambah tana-man lagi. Karena itu bukankewenangan dia melainkanpunya Provinsi kalsel.

Akan lebih baik bila dita-nami pohon subur sepertitrambesi dan beberapa pohonyang nantinya rindang dan te-duh atau pucuk merah. Jugabila disetujua dia ingin me-nanm pohon sepatu dea yangtumbuhnya rindang dan subur.

“Pada dasarnya kami siapsaja membantu. Tapi karena

itu milik PU Provinsi tidakmungkin kami asal serobotsaja. Apalagi tanahnya itu ter-lihat tidak terlalu mendukungmakanya kita sarankan me-makai pupuk kandang,” ujardia.

Dia juga sudah minta izin

“Bagusnya pohonyang rimbun, jadiselain jalannya

sejuk kalau sudahbesar juga

udaranya segar”

HARISHARISHARISHARISHARISWarga Trikora

■ Median Jalan Trikora Ditanami Palamdengan PU provinsi untukdaerah Guntungmanggis daripalam yang memiliki medianjalan yang cukup lebar akanditnaminya beberapa pohon.Di sana dia akan menanampohon yang cukup rindangdan sudah disetujui. (aa)

BPOST/DOK

POHONPOHONPOHONPOHONPOHON besar dan rindang di Pasar Martapura yang memberikanrasa sejuk dan nyaman.

Page 3: Metro Banjar Minggu, 18 Mei 2014

1805/M3

3Metro BanjarMINGGU 18 MEI 2014

Page 4: Metro Banjar Minggu, 18 Mei 2014

CurhatMINGGU 18 MEI 20144 Metro Banjar

SEANDAINYA menda-patkan adik baru, pastiawalnya akan kaget juga.Apalagi saya sudah besar.Rupanya itu hanya sesaat,karena sebagai saudarapasti akan menyayangicalon adik.

Pengalaman sewaktuakan punya adik, sempat

LUPA SUNTIK KBSEBELUM BERHUBUNGAN Suami Istri Panik Bakal Punya Anak Lagi

ternyata diuji Tuhan berta-hun-tahun baru mendapat-kan buah hati. Ada juga yangingin menunda kehamilan,tapi saat bulan pertamapernikahan malah hasil tespack positif berbadan dua.

Bagi yang menundakehamilan, mungkin diantaranya ada yang beralasanbelum siap secara finansialkarena masih tinggal menum-pang orangtua atau inginberkarir. Bisa juga anak yangpertama atau kedua masihkecil, sehingga kehamilanberikutnya ditunda dulu hinggaanak mulai beranjak balita.

Kehamilan memang bisaterjadi kapan saja. Pasangansuami-istri mestinya menya-dari bahwa bahwa kehamilanbisa direncanakan, tetapi jugabisa terjadi di luar rencana.Jadi meskipun punya rencanabahwa tahun depan baruhamil atau tidak punya anaklagi untuk jangka waktutertentu, bisa saja malah ditahun ini hamil.

Menurut Leha, wargaKertak Hanyar, KabupatenBanjar, sebagai pasanganbaru menikah, dirinya dan

suami maunya masih dalamsuasana seperti pacaran. Jadi,merasa belum siap jika harushamil. Sementara, usianyayang sudah 20 tahundianggapnya masih mudauntuk hamil.

“Tapi Allah SWT berke-hendak lain. Kami sudahmengikuti program KB,kenyataannya tetap sajahamil. Awalnya kaget danbingung. Namun yangtadinya menolak, akhirnyaberbalik menginginkannya.Saya pun bersyukur, apalagimelihat ada teman yangsudah dua tahun menikahbelum juga dikaruniai anak,”ungkap ibu rumah tangga ini.

Leha menyiapkan mental.Berusaha beradaptasi dengankehamilannya, selalu ingintahu perkembangan keha-milan dengan memperbanyakliteratur atau membaca bukukehamilan.

Sedangkan Tika, wargaSungai Andai, Banjarmasin,sempat belum ingin hamil lagikarena ingin fokus padapekerjaan. Sedangkan anakpertamanya baru berusia duatahun dan saat ini seringdiasuh sang nenek.

Namun keputusan itutidak bisa bertahan lama.Sebab, dirinya hamil karenakelupaan suntik KB. Sebenar-nya, ia mengaku belum siap.

“Jujur, saya repot hamil lagi.Karena, harus siap mengurussatu bayi lagi. Mengurus danmerawat satu anak sajamasih kerepotan, apalagi adadua?” alasannya.

Berbeda dengan Sariah,warga Pramuka. Awalnyasempat tidak ingin hamilsebelum anaknya berusia limatahun. Tetapiia bimbang ketika adatemannya yang memberinasihat bahwa mumpungsedang mengurus anak yangmasih kecil, sekalian sajacapeknya. Dari pada hamilsetelah anak besar, nantirepot lagi.

Dipikir-pikir, benar jugakata temannya itu. Belum lagisegala kebutuhan si calonbayi, misal pakaian, alat-alatmandi, peralatan makan dansebagainya bisa memanfaat-kan dari sang calon kakak inidengan kondisi barang yangmasih bagus.

“Makanya, waktu sayahamil tanpa direncanakan,kaget juga. Tapi, ya terimasaja dengan memasrahkandiri kepada Tuhan,” tandasSariah. (dea)

KEHADIRAN buah hati merupakananugerah bagi orangtua. Sudah sepatut-nya orangtua merasakan kebahagiaanakan lahirnya keturunan yang merekaharapkan.

Namun berbeda dengan pasangansuami istri yang memperoleh anak diluar rencana mereka. Kebanyakanorangtua yang merasa ‘kebobolan’cenderung akan mengalami perasaankebingungan, yaitu perasaan bahagiasekaligus cemas di awal-awal kehamilan.

Orangtua yang lebih ekstrem,bahkan benar-benar merasa tidakmenerima kehamilan. Penyebabnya.berbagai macam. Seperti, kondisiekonomi keluarga yang pas-pasan, ibubekerja penuh waktu, jumlah anaksebelumnya, kesulitan mengasuh anak,trauma kehamilan akibat kondisi medisdan lainnya.

Apabila perasaan di atas dirasakanpasangan suami dan istri, tentunyaakan lebih memperburuk rasa penolakanterhadap calon bayi. Jika dibiarkansampai pascapersalinan, maka rasa

NEKA ERLNEKA ERLNEKA ERLNEKA ERLNEKA ERLYYYYYANIANIANIANIANI, MPsi PsikologDosen Fakultas Kedokteran

Unlam Prodi PsikologBANJARMASIN POST GROUP/ISTIMEWA

Tiga Cara...penolakan akan mempengaruhi kereka-tan ibu dan bayi. Malah, bisa menja-dikan seorang ibu lebih mudah menga-lami baby blues atau semacam depresi.Bagaimana menyikapi hal tersebut?Pertama, orangtua belajar mencobamemahami makna bahwa peristiwakehamilan merupakan rezeki dari AllahSWT yang telah mempercayakanamanah kepada kita sebagai orangtua.Kedua, menumbuhkan kepercayaan dirisebagai orangtua yg mampu merawatdan menafkahi anak-anaknya.

Ketiga, menumbuhkan rasa cintadan menerima kehamilan dengan tulusikhlas sehingga membantu mempereratkelekatan dengan calon bayi. Keempat,meningkatkan kualitas komunikasidengan suami dan keluarga sehingga ibumemperoleh dukungan selama masakehamilan dan pasca persalinan.

Apabila hal tersebut dapat diaplika-sikan dengan bijak oleh orangtua, makaperasaan cemas dan penolakan terhadapkehadiran calon bayi tentunya dapatdiminimalisir dan dihilangkan. (dea)

BANJARMASIN POST GROUP/ISTIMEWA

RINA AGUSTINIRINA AGUSTINIRINA AGUSTINIRINA AGUSTINIRINA AGUSTINIMahasiswi STIKIP PGRI

Banjarmasin

Mendukung Ibucemburu, karena takuttidak disayang orangtualagi. Tetapi ternyata hari-hari bersama adik membuatsaya semakin menyayangi-nya. Malah sekarang,walaupun sudah terbilangdewasa, kalau diberikanadik lagi, pasti akansenang dan sayang.

Bahkan akan mendukungdan memberikan semangatibu saya untuk memberikanyang terbaik bagi adik.

Tentu ada berkahterindah, apalagi seorangmanusia yang terlahir kedunia adalah rezeki yangdiberikan Maha Pencipta.(dea)

NET

MUNGKIN ada pasangansuami istri yang sujud syukursaat mengetahui dirinyahamil, tapi mungkin juga adayang sedih. Ya, kehamilanbisa dianggap anugerah ataumalah menimbulkan ‘kepan-kan’ jika dianggap situasi dankondisinya tidak pas.

Demikian pula ada yangingin segera hamil, namun

1805/M4

Page 5: Metro Banjar Minggu, 18 Mei 2014

InteriorMINGGU 18 MEI 2014 5Metro Banjar

Cukup DapatPencahayaan

RuangBercengkerama

JIKA kesehatan dapur anda tidak diperhatikan, makadapat mengancam kesehatankeluarga anda. berikut adalahhal-hal yang harus di perha-tikan untuk menciptakan da-pur yang sehat dan aman dirumah anda, antara lain :1. Pencahayaan

Pastikan area dapur andacukup mendapatkan cahayamatahari. Pencahayaan ala-mi penting peranannya bagidapur. Selain di perlukanuntuk penerangan dan mem-bunuh bibit-bibit bakteri, jugadapat menghindarkan dapurdari binatang penggangu.seperti, tikus, kecoa, ,semut,yang menyenagi sudut-sudutruangan yang gelap dan lem-bab.

Dapur juga sebaiknya me-miliki pencahayaan buatanapabila penerangan alami tidakmemungkinkan karena terha-lang rumah tetangga yang lebihtinggi dari rumah kita. Pene-rangan buatan harus memadaitidak asal cahaya,harus mema-dai dengan kapasitas ruangantersebut, dan juga jangan ter-lalu terang hingga akan me-nyebabkan mata tegang danruangan menjadi panas.2. Penghawaan

Pastikan area dapur memi-liki ventilasi bukan jendela ataupintu, yang baik untuk kelan-caran sirkulasi udara. Bukantidak hanya pada satu sisi sajamelainkin pada dua sisi ataulebih, supaya tercipta ventilasisilang.

Asap dan uap dari hasilproses memasak harus segeradi alirkan keluar dan digan-tikan dengan udara segar.Udara yang berputar ini di-maksudkan untuk menghin-dari timbulnya bau tak sedapdan timbulnya keracunan gas-gas yang keluar dari asapmaupun gas kompor. (net)

BANYAK orang menganggap bahwa dapur adalah suatutempat yang harus dihindari, karena kotor dan sebagainya.Padahal, kalau pemilik rumah jeli dapur tak hanya bisamenjadi tempat memasak saja, tetapi juga bisa menjadiruangan bercengkrama yang nyaman.

Biasanya, ruang dapur dianggap sebagai bagian yang tidakmenarik, makanya jangan heran kalau banyak yang me-letakkannya di belakang rumah. Sebab, dapur identik dengankepulan asap, suasana berantakan dan sebagainya. Sehinggadesain ruang dapur di masa lalu selalu terpisah dengan ruang-an lainnya.

Namun kini berbeda, banyak orang telah menghabiskanbanyak waktunya didapur, tidak hanya memasak saja, namundapur dijadikan banyak orang menjadi suatu tempat yangmenyenangkan, entah itu berkumpul atau hanya sekedartempat mengobrol.

Desain ruang dapur modern tak hanya membuat orangaman memandang, namun juga desain-desain ruang dapurmasa kini bahkan sering digabungkan dengan ruangan-ruangan lainnya seperti ruangan keluarga, ruang makan dansebagainya.

Tentunya jika Anda bisa menjamin kualitas desain ruangdapur di rumah Anda. Alhasil, saat memasak Anda bisa sem-bari menonton televisi, berbincang dengan keluarga atau me-rebahkan badan di sofa. Inilah konsep desain dapur modernyang memiliki beragam fungsi. (net)

MENATA DAPUR JADITEMPAT MENYENANGKAN

Pertukaran UdaraHarus LancarDARI sekian banyaknya desain dapur yang

tersedia, nampaknya desain ruang dapur rumahminimalis adalah yang paling populer saat ini.Bagaimana tidak, desain ruang dapur rumahminimalis menawarkan anda sebuah dapuryang tak hanya nyaman, namun juga indah danmodern. namun, jika berhubungan dengandesain ruang dapur rumah minimalis, anda ha-rus dengan total mengerjakannya agar kelak da-pur yang anda bangun dapat memenuhi stan-dar sebuah dapur yang nyaman dan higienis.

Untuk menekan jumlah bakteri ataupunkuman yang hidup di dapur anda, maka andaharus memperhatikan beberapa hal. Yangpertama, pastikan desain ruang dapur rumahminimalis anda memiliki ventilasi udara yangbaik. Hal ini berguna untuk mengurangi asapmasakan yang kerap berkumpul pada dapuranda, dan juga baik untuk sistem sirkulasi udarapada dapur anda. Lalu, anda bisa melanjutkanke tahap sistem pencahayaan dapur anda.

Anda dapat memilih sebuah desain ruangdapur rumah minimalis dengan jendela yangcukup besar. Hal ini untuk memungkinkanmasuknya sinar matahari ke dalam dapur andasehingga kehigienisan dapur anda dapat terjaga.Ya, sinar matahari dapat membunuh bakteriatau kuman yang tinggal di rumah anda. (net)

BANJARMASIN - Hunian yang in-dah dan menyenangkan tidak hanyadilengkapi dengan ruang tamu,kamar dan ruang keluarga. Tapi unsuryang penting juga harus diperhatikanpemilik rumah adalah dapur.

Kenapa dapur? Pasalnya di tem-pat inilah segala masakan dibuat danterkadang kumpul bareng bersamakeluarga pun dilakukan saat makan.

“Memang dapur sekarang ba-gus-bagus tak seperti dulu asal tem-pat memasak. Makanya pas bikinrumah aku bikin semenarik mung-kin,” paparnya.Ratna ibu muda.

Maka ketika dia dan sang suamimulai membangun rumah makadirinya meminta agar membangun-kan dapur yang lumayan besar.

Arsitek Ade Surya Jaya Noor IAImengungkapkan dapur kecil bukanmenjadi halangan bagi kita untuktetap kreatif dan produktif dalammenyiapkan makanan yang sehat

dan bergizi bagi keluarga kita.Dalam banyak ruang di sebuah

rumah, perancangan dapur palingpenting. Dapur merupakan ruangyang paling aktif dalam sesebuahkediaman. Oleh itu, ia sangat pen-ting untuk di titik beratkan. Percayaatau tidak, keselesaan di dapurmenjamin mutu kehidupan seharianbagi seluruh keluarga

Menurut Ade banyak langkahcara menata dapur kecil di bawah iniyang mana niscaya dapur kecil kitaakan tetap terlihat nyaman danlapang.

“Oleh karena itu, dibutuhkanketerampilan tertentu untuk menatadapur agar tak terlihat berantakan,sehingga terasa nyaman dan enakdipandang,” papar Ade.

Menurut dia ada beberap tipmenata dapur yakni:1. Area Penyimpanan

Sebaiknya ada memisahkan tem-

pat penyimpan makanan menjadidua. Yaitu, untuk makanan keringdan basah. Adapun peralatan masakdan peralatan makan, karena seringdigunakan, sebaiknya diletakkanpada rak gantung.2. Area Persiapan dan Pencucian

Untuk mempersiapkan berbagaijenis bahan makanan yang ingindimasak. Sebaiknya Anda menggu-nakan top table. Dengan mengguna-kan top table , proses masak menjadilebih teratur dan terlihat rapi.3. Area Pemasakan

Untuk urusan masak memasak,kompor adalah peralatan yangwajib ada di dapur. Untuk kompor,Anda bisa menggunakan komporportable ataupun kompor tanam.Agar dapur menjadi lebih nyamanketika digunakan, Anda bisa meng-gunakan berbagai macam pera-latan pelengkap, misalnya pengi-sap asap. (dwi)

NET

NET

NET

1805/M5

Page 6: Metro Banjar Minggu, 18 Mei 2014

ToptenMINGGU 18 MEI 20146 Metro Banjar

Pemimpin Redaksi: Yusran Pare

Wakil: Harry Prihanto

Redaktur Pelaksana: Dwie Sudarlan

Manajer Peliputan: Elpianur Achmad

Asisten Manajer Peliputan: R Hari Tri Widodo

Manajer Produksi: M Taufik

Redaktur Eksekutif : Muhammad Yamani (Banjarmasin Post/Online), Mulyadi Danu Saputra (Metro Banjar), Irhamsyah Safari(Serambi Ummah)

Manajer Redaksi: Irhamsyah Safari

Wakil: Agus Rumpoko

Redaktur: M Royan Naimi, Sigit Rahmawan A, Syamsuddin, AlpriWidianjono, Kamardi, Mahmud M Siregar, Aya Sugianto, SofyarRedhani, Siti Hamsiah

Asisten: Sudarti, Halmien Thaha, Murhan, Anjar Wulandari,Ernawati, Idda Royani, Mohammad Choiruman, Budi Arif RH.

Staf Redaksi: Umi Sriwahyuni, Eka Dinayanti, Hanani, BurhaniYunus, AM Ramadhani, Syaiful Anwar, Syaiful Akhyar, Khairil Rahim,Ibrahim Ashabirin, Sutransyah, Faturahman, Irfani Rahman,Jumadi, Edi Nugroho, Doni Usman, Mustain Khaitami (Kabiro),Hari Widodo, Ratino Taufik, M Risman Noor, Salmah, Rahmawandi,M Hasby Suhaily, Helriansyah, Didik Triomarsidi (Kabiro), NiaKurniawan, Mukhtar Wahid, Rendy Nicko Ramandha, Restudia, YayuFathilal, Frans, Nurholis Huda, Aprianto.Fotografer: Kaspul Anwar, Donny Sophandi

Tim Pracetak: Syuhada Rakhmani (Kepala), M Syahyuni,Aminuddin Yunus, Syaiful Bahri, Edi Susanto, Sri Martini, KikiAmelia, Rahmadi, Ibnu Zulkarnain, Achmad Sabirin, Rahmadhani,Ahmad Radian, M Trino Rizkiannoor, M Denny Irwan Saputra,Samsudi.

Biro Jakarta: Febby Mahendra Putra (Kepala), Domuara Ambarita,Murdjani, Antonius Bramantoro, Budi Prasetyo, Fikar W Eda, FXIsmanto, Johnson Simandjuntak, Rahmat Hidayat, Yul isSulistyawan, Choirul Arifin, Hendra Gunawan, Sugiyarto

Penasihat Hukum: DR Masdari Tasmin SH MH

Pemimpin Perusahaan: A Wahyu Indriyanta

General Manager Percetakan: A Wahyu Indriyanta

Asisten General Manajer Percetakan : Suharyanto

Wakil PP (Bidang Humas-Promosi): M Fachmy Noor

Manajer Iklan: Helda Annatasia (08115803012)

Alamat: Gedung HJ Djok Mentaya Jl AS Musyaffa No 16Banjarmasin 70111, Telp (0511) 3354370, Fax (0511) 4366123,3353266, 3366303

Bagian Redaksi: Ext. 402, 405

Bagian Iklan: Ext. 113, 114

Bagian Sirkulasi: Ext. 116, 117

Pengaduan Langganan: 08115000117, (0511) 3352050

Biro Jakarta-Persda: Redaksi, Jl Pal Merah Selatan No 12Lantai II Jakarta 10270, Telp (021) 5483008, 5480888 dan5490666 Fax (021) 5495358

Perwakilan Surabaya: Jl Raya Jemursari 64 Surabaya,Telp (031) 8471096, 8483428, Fax (031) 8471163

Biro Banjarbaru: Jl Mister Cokrokusumo Kav 15-17 Widya ChandraUtama, Cempaka, Kota Banjarbaru Telp (0511) 4780355 Fax (0511)4780356

Biro Palangka Raya: Jl RTA Milono Km 1,5 PalangkarayaTelp (0536) 3242922

TARIF IKLAN:

Display/Advertorial Hal 1: Hitam Putih (BW): Rp 22.500/mmk

Berwarna (FC): Rp 45.000/mmk

Iklan Kuping: Berwarna (FC): Rp 50.000/mmk

Display/Advertorial Hal Dalam: Hitam Putih (BW): Rp 11.250/mmk

Berwarna (FC): Rp 22.500/mmk

Iklan Sosial/keluarga: Hitam Putih (BW): Rp 7.500/mmk

Berwarna (FC): Rp 15.000/mmk

Iklan Baris: Hitam Putih (BW): Rp 7.500/baris

Berwarna (FC): Rp 10.000/baris

Iklan Satu Kolom: Hitam Putih (BW): Rp 7.500/mmk

Berwarna (FC): Rp 15.000/mmk

Catatan: Harga belum termasuk PPN 10%

Harga Langganan: Rp 55.000/bulan

Percetakan: PT Grafika Wangi Kalimantan

Alamat: Lianganggang Km 21 Landasan Ulin Selatan BanjarbaruTelp (0511) 4705900-01. Isi di luar tanggungjawab percetakan

Penerbit : PT Cahaya Media Aditama

SIUPP : No.1646/SK/Menpen/SIUPP/1999

Tanggal 10 September 1999

Direktur Utama : Herman Darmo

Pemimpin Umum : HG (P) Rusdi Effendi AR

WARTAWAN ”BANJARMASIN POST GROUP” SELALU DIBEKALI

TANDA PENGENAL DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA/

MEMINTA APA PUN DARI NARASUMBER

Banjarmasin Post Group

TELEPON PENTING

Banjarmasin

Banjar

Banjarbaru

PLN Kalselteng 4772520

4772633

4772261

4772564

PLN Cabang Banjarmasin 3359050

PDAM Bandarmasih Banjarmasin

3253617

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Kota Banjarmasin 4367171

3360010

Dinas Kesehatan Kalsel 3355661

4364646

Dinas Kesehatan Banjarmasin 304863

365177

304803

Dinas Pendidikan Kalsel

363885

363885

53913

Posko BPBD 4721113

BPK Buser Induk 7714690

BPK Kompas 6216684

Pemkab Banjar 6292009

Dinas Kesehatan Banjar 721203

722387

BPK Melati (Martapura) 087815950460

6109070

PDAM Intan Banjar 4772061

4782004

Dinas Kesehatan Banjarbaru 781588

781588

Polres Banjarbaru 2772266

RSUD Banjarbaru 4772380

Polsek Banjarbaru Kota 4772533

Polsek Banjarbaru Timur 7571543

Polsek Banjarbaru Barat 4705210

Koramil Banjarbaru 4772437

RS Syamsudin Noor 4705118

PDAM Barito Kuala 4799013

Barito Kuala

BARU DIBENTUKLANGSUNG MANGGUNG

1. Tulus - Jangan Cintai Aku Apa Adanya2. Andien - Teristimewa3. Judika - Apakah Ini Cinta4. Yovie & Nuno - Sakit Hati5. 5 Romeo - Bukan Modus6. Winner - Lebih Baik Putus7. Stardia - Cinta Sementara8. RAN - Dekat di Hati9. Marchello Tahitoe (Ello) - Anugerah Terindah YangPernah Kumiliki10. La Luna - Hidup Kan Damaikan Hatimu

New Entry:Kuburan - Cinta Bom WaktuPoprock - Selalu Selamanya

Penyanyi:Penyanyi:Penyanyi:Penyanyi:Penyanyi: Geisha

Awas awas kamu jangan kembaliGoda - goda aku dengan materiTak semua manusia bisa kau rayu

Jangan jangan kamu dekati lagiTidak tidak ingin ku disakitiKu bukan wanita mudah kau rayu

Tidak mudah kau berkataCinta dapat untukmu

Mungkin kamu rasa semuaBisa larut karena hartaCara kamu beg!tu salahBukan aku, bukan aku

Kamu kira semua orangBisa larut dalam pelukanCara kamu begitu salahBukan aku bukan akuYang kau cari bukan aku

Salah

Meraih Cinta tak Terbalas Terganggunya Misi IntelijenGRGORY Lioubov adalah seorang

agen badan intelijen Rusia yang dikirimke Monako untuk mengawasi Rostovski,seorang bankir kuat Rusia.

Untuk melaksanakan misi ini,timnya merekrut Alice, seorang spesialiskeuangan yang terkenal agresif terhadappasar bursa saham. Ia menjadi agenganda dengan menyusup ke dalam

jaringan Rostovski.Namun, Lioubov tidak percaya

kepada Alice. Meski dilarang untukmelakukan kontak langsung denganAlice, ia memutuskan untuk mende-katinya dengan menggunakan identitaspalsu dan menyelidiki motivasinya. Misitersebut terganggu karena mereka salingjatuh cinta. (kpl)

FILM Indonesia berjudulMarmut Merah Jambu garapanRaditya Dika yang sedangtayang di bioskop ini berceritatentang cinta anak remajasemasa SMA yang belum be-

rakhir.Suatu hari Dika datang ke

rumah Ina, cinta pertamanyasewaktu SMA, membawa se-ribu origami burung bangau ditangan kanannya, dan unda-ngan pernikahan Ina di tangankirinya.

Besok, Ina akan menikah.Kedatangan Dika diterima olehBapak Ina yang curiga keda-tangan Dika untuk kasus cintalama yang belum selesai danberpikir bahwa Dika inginmenggagalkan pernikahananaknya. Dika menceritakanmaksud sebenarnya, yang jauhdari tuduhan Bapak Ina.

Seiring dengan Dika berce-rita, kita melihat masa lalu Dikadia berteman akrab denganBertus. Pada masa ini, Dika

SMA jatuh cinta diam-diamkepada Ina. Baik Dika danBertus sama-sama sadar, un-tuk mendapatkan cewek disekolah, mereka harus populer.

Untuk itu Dika dan Bertusmembuat grup detektif bersa-ma Cindy. Mereka menye-lesaikan kasus-kasus absurdyang terjadi di sekolahnya.Semakin banyak kasus yangmereka selesaikan oleh grupdetektif ngawur ini, semakindekat Dika dengan tujuanakhirnya, jadian sama Ina.

Di masa sekarang, seiringdengan Dika bercerita, seiring itupula dia sadar: ada yang belumselesai dari masa lalunya. Seiringitu pula dia bertanya: benarkahcinta pertama tidak akan ke-mana-mana? (kpl)

PERASAANbangga terpancar dariwajah para para personel Band Qwertysetelah berhasil menjadi juara padaFestival Band Unlam di Minggu RayaBanjarbaru, Minggu (11/5).

Yang lebih menggembirakan lagi,band itu kabarnya akan diajak mang-gung ke 33 kota di Indonesia oleh pihakDjarum selaku sponsor.

“Selain menjadi juara, kita jugaakan diajak manggung tour di 33 kotadi Indonesia oleh Djarum selaku spon-sor,” ujar sang drummer Deddy.

Band yang digawangi Rio (vocal),Arif (bass), Deddy (drum), Rihdo (gitar)dan Iwan (keyboard) ini pun berharapjanji pihak sponsor bisa direalisasikansebagairewardatas keberhasilan merekameraih gelar juara Festival Band 2014yang digelar Unlam Jurusan Arsitek itu.

“Mudah-mudahan saja janji itu

DIAJAK TURKE 33 KOTA

Persiapkan KonserGIRL band Banua The Charola yang berang-

gotakan Yoriko, Icha Natashya dan Nabilaternyata masih eksis di blantika musik.Meski Yoriko hijrah ke Jakarta, ternyata tak

membuat girl band ini pecah kongsi. Ke-tiganya ternyata semakin solid untuk mengembangkan karirbermusiknya.

Bahkan beberapa waktu lalu, lagu The Charola yang berjudulBidadari dipercaya sebagai back song untuk reality show Best FrienForever (BFF) yang ditayangkan di sebuah televisi swasta.

Kepada Metro, Ivone sang manager The Charola me-ngatakan bahwa produser PT Mega Kreasi Film pecahan dariPT Rapi Film yaitu Sonu Samtani, Sonya Mukhi dan ShaluMulani sangat interes dengan lagu Bidadari dan Jelita yangdibawakan The Charola.

Mereka tertarik dengan lagu The Charola hingga akhirnyalagu-lagu The Charola dipakai sebagai back song untuk realityshow BFF,” jelas Ivone.

Setelah Yoriko hijrah ke Jakarta membintangi film Hijrah Cintadan tampil di beberapa acara, kedua rekannya bakal menyusul.

“Dalam waktu dekat Icha Natashya dan Nabila akanhijrah ke Jakarta menyusul Yoriko Angeline yamg sudah duluaneksis di Jakarta.

Yoriko mendapat beasiswa dari Global Sivilla InternasionalSchool karena berhasil menjadi juara umum Jagoan Clevo In-donesia 2013, kata Ivone.

Management The Charola yakni Flash Intermodel Man-agement ( Ivonne Mariana Inawade-owner) pun sedangmempersiapkan tur dan konser The Charola.

Rencananya The Charola akan tour ke beberapa kota besardi Indonesia untuk menemui fans, yakni Charolovers yangtersebar di Indonesia.

Konser akan dilakukan pada Sabtu-Minggu agar takmengganggu jadwal sekolah, mengingat Yoriko dan Ichasekarang kelas VI sehingga persiapan menghadapi ujian. (dwi)

Bikin Album DVD Drumation

bisa terwujud, artinya kami akanberkeliling Indonesia,” tandas Deddy.

Namun Deddy mengaku belumbisa memastikan kapan impian bandmereka itu untuk manggung di 33 kotadi Indonesia itu terwujud, karenasemua tergantung pihak sponsor.

“Kita diminta menunggu, kemarinpas ditanya pihak Djarum mengaku

nanti akan dihubungi,” ujar Deddy.Uniknya, lanjut Deddy, konsep

manggung nanti cukup menarik yaknipakai truk panggung dan berkeliling.“Itu sedikit bocorannya,” jelas dia.

Untuk mempersiapkan tournya itu,Deddy mengaku bersama rekannyaterus giat berlatih terutama me-nyiapkan beberapa tema lagu.

“Untuk persiapan tour, kita disuruhmembawakan lagu-lagu top 40 baratdan Indonesia,” ujar dia.

Pada saat tampil di Festival BandUnlam 2014, Qwerty membawakandua lagu andalan mereka yakni Don’tWorry Child dan Maafkan milik Ba-gindas yang diaransemen.

Hasilnya, dari 20 peserta yang tampilQwerty dinobatkan sebagai jawara,sementara posisi dua dan tiga ditempatiBand Margono dan The Larva. (arl)

“Selain menjadi juaraFestival band Unlam

2014, Qwerty akan diajakmanggung tour di 33

kota di Indonesia olehDjarum selaku sponsor”

D E D D YD E D D YD E D D YD E D D YD E D D YDrummer Qwerty Band

DRUMMER Band Gigi, Hendysekarang sedang sibuk mengurusipeluncuran album couching drumperdananya yang akan dirilis padaJuni nanti di Jakarta.

Pria asli Banjarmasin ini menga-takan, albumnya itu berisi dua buahDVD. Satu DVD berisi film doku-menter tentang perjalanan kariernyasebagai drummer mulai kecil hinggaakhirnya berlabuh menjadi salah satupersonel Band Gigi. Sementara DVDsatunya lagi berisi tentang pelajaranmenggebuk drum ala Hendy.

“DVD dokumenter itu isinya tentangpengalaman aku manggung dari kecilhingga bisa jadi drummer Band Gigi.Durasinya lama yaitu 4,5 jam. Terus yangkedua durasinya sekitar 30 menit. Jadi,total semuanya lima jam,” kata Hendysaat ditemui di sela-sela kesibukannyamenghadiri perayaan ulang tahunayahnya di Banjarmasin, pekan lalu.

Proyek pembuatan albumnya itudimulai Januari 2014 lalu. Sekarangsudah rampung, tinggal dirilis saja.Semua prosesnya direkam di Jakarta.

Albumnya itu dibuat sebanyak 10ribu kopi. Rencananya akan di-distribusikan ke toko-toko kaset dansekolah musik di Indonesia.

“Ini DVD drumation jenisnyadengan judul Aku Adalah Drum.Pada tahap awal didibuat 10 ribu kopiuntuk ujicoba, semoga saja laku dipasaran,” harap putra ketiga dariPemimpin Umum BPost Group, Pa-ngeran H Rusdi Effendi AR ini.

Terkait dengan agenda Band Gigi,Hendy mengatakan, jadwalnya luma-

yan padat. Dalam beberapa bulanterakhir ini, dia bersama bandnyatampil di beberapa kota besar di Indo-nesia. Namun untuk tampil di Ban-jarmasin belum ada rencana.

“Sebenarnya Juni ada rencana mautampil di Banjarbaru tetapi sepertinyabatal, jadinya dialihkan ke Pekanbaru,Riau,” tandasnya. (ath)

ISTIMEWA

The CharolaThe CharolaThe CharolaThe CharolaThe Charola

NETNET

BPOST DOK

ISTIMEWA

QwQwQwQwQwerererererty Bandty Bandty Bandty Bandty Band

Hendy GigiHendy GigiHendy GigiHendy GigiHendy Gigi

Page 7: Metro Banjar Minggu, 18 Mei 2014

Metro TrendMINGGU 18 MEI 2014 7Metro Banjar

MEMILIKI celanabermotif bagi sebagian kaumHawa mungkin merasa tidakbebas dikenakan untukberbagai acara. Pasalnya,masih lekat anggapan celanabermotif merupakan celanasantai.

Padahal, kalau mau seru-seruan, celana bermotif bisasaja dipakai di segala acara.Asal saja Anda bisa memadu-padankannya, sehinggaterkesan elegan sesuai dengan

CELANA BERMOTIFUNTUK SEGALA

situasi.Misalnya ke kantor. Bisa

saja Anda menciptakanmenciptakan suasana yanglebih fun. Cobalah bereksperi-men dengan bawahanbermotif yang saat ini sedangmenjadi tren. Tengok sajasekeliling Anda, hampirsetiap perempuan memilikicelana panjang bermotif, danAnda mungkin salahsatunya.

Untuk tampil beda

namun tetap berkelas saatbertemu klien atau mengha-diri rapat rutin, pilih celanabermotif cantik yang bukanberbahan kaus (legging). Padukan dengan blusberbahan halus berwarnapolos. Cukup salah satuunsur saja yang bermotif agartak terlalu ramai. Gunakan sepatu berwarnacerah dengan hak yang takterlalu tinggi, untuk semakinmenonjolkan kepribadian

Anda yang penuh semangatdi tengah rutinitas yangsibuk. Terakhir, sempurnakanpenampilan dengan Mengenakan coat panjangpolos yang memiliki warnasenada dengan motif padacelana Anda.

Jika kantor tidak mengha-ruskan Anda memakaibusana polos, mengapa ragumenggunakan celana print kekantor. Padankan celanabermotif dengan atasan polos

serta blazer. Anda juga bisamemadankan celana bermotifdengan kemeja warna terang.Sempurnakan penampilandengan sepatu high heelsdengan model depan runcing.

Nah, kini saatnya Andamelangkah penuh percayadiri dalam balutan busanakantor yang berbeda daribiasanya

Untuk acara santai sepertikencan pun juga oke.Padankan celana bermotif

dengan atasan berwarnapolos untuk memberi kesanchic. Kenakan aksesorisbermotif sederhana agarpenampilan tidak terlaluramai.

Bagaimana dengan Andayang berhijab? Memakai hijabbukan berarti tak bisamengikuti tren fashion. Andajuga bisa memilih celanapanjang berpotongan longgardengan corak sederhana.

Belakangan ini yangsedang digemari adalahanimal print. Jangan lupapilih sepatu bertumit tinggiatau wedges agar penampilanlebih maksimal.

Celana bermotif sendirimenurut pengamat mode,bakal tetap mewarnai duniafashion dunia termasuk diTanah Air. Di Indonesia,seperti Jakarta, celanabermotif juga menjadialternatif pilihan busana yangsegar bagi perempuanberhijab. Kita kian kerapmenjumpai perempuan, baikberhijab maupun tidak,mengenakan celana bermotifdalam berbagai acara resmiataupun tidak resmi.

Kegandrungan mengena-kan celana bermotif didorongpula oleh kegemaran paraselebritas dunia yang terlihatmengenakannya dalamberbagai kesempatan, mulaidari Kristen Stewart, OliviaPalermo, Rihanna, Beyonce,Jessica Alba, Hilary Duff,

Miranda Kerr, hingga MinkaKelly.

Sederet rumah butik duniapun mengeluarkan celanabermotif, seperti Oscar de laRenta, Versace, RobertoCavalli, Lanvin, Miu Miu,Chloe, Celine, Balmain, StellaMcCartney, Kenzo, Nina Ricci,Diane von Furstenberg, Dolce& Gabbana, Peter Pilotto,Emporio Armani, Balenciaga,dan Tory Burch. Tak ketingga-lan pula rumah mode dariranah high street fashion,seperti Zara, Mango, H&M,Topshop, dan Gap, masihmengeluarkan koleksi celanabermotif. (kps/wol/fem)

FOTO-FOTO: NET

1805/M7

7/6/14

1/6/14

7/6/14

INFO IKLAN Hub 0511 - 3354370

EXT 114 / 115

Page 8: Metro Banjar Minggu, 18 Mei 2014

Metro BufferMINGGU 18 MEI 20148 Metro Banjar

◗◗◗◗◗ Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1

◗◗◗◗◗ Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1

◗◗◗◗◗ Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1

◗◗◗◗◗ Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1

◗◗◗◗◗ Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1

◗◗◗◗◗ Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1

“Penyesalan sudah terlambat kalau terlanjur ditangkappolisi,” ucap Ilham kepada Metro.

Apalagi dia mengaku sudah lama mengonsumsinarkoba, sekitar lima tahun. “Sudah lama saya makai. Yasupaya badan segar aja. Kalau makai jadi fit terus,” ujarIlham yang mengaku bekerja sebagai buruh.

Sepandai-pandainya dia membeli lalu mengonsumsisabu hingga tak ketahuan sampai lebih kurang lima tahun,hari nahas itu akhirnya datang juga. Ilham dicegat polisidi kawasan RO Ulin Banjarbaru Selatan, Jumat (16/5)malam sekitar pukul 20.00 Wita. Saat digeledah, dikantongnya ada satu kotak rokok Gudang Garam Suryayang didalamnya terdapat kertas dilipat berisi sabu.

Waktu itu dia mau bertamu ke rumah seorangtemannya. “Rencananya mau makai sama-sama,” tutur warga Jalan Junjung Buih RT 11 PekaumanBanjarmasin itu. Dia mengaku biasanya membeli satupaket kecil seharga Rp 500 ribu di Banjarmasin.

Ditanya bagaimana sampai tak ketahuan istrinyaselama lima tahun, Ilham mengaku makai sabu di luarrumah. “Saya juga tidak rutin. Kalau ada duit, baru belisabu,” katanya santai.

Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Banjarbaru, AKPTukiman, menyebutkan, Ilhamdijerat Pasal 112 UU RI nomor 35 tahun 2009 teentangNarkotika dengan ancaman hukuman minimal 4 tahunpenjara. (aa)

Manfaat danBahaya Sabu

BANYAK orang menggunakan sabu untuk mendapat-kan efek psikologis. Yang paling diinginkan adalahperasaan euforia sampai ectasy (senang yang sangatberlebihan). Sabu juga menimbulkan efek meningkatnyakepercayaan diri, harga diri dan peningkatan libido.Pemakai sabu bisa tampil penuh percaya diri tanpa adaperasaan malu sedikit pun dan menjadi orang yangberbeda kepribadian dari sebelumnya.

Salah satu yang mungkin menarik banyak orang untukmemakai zat ini adalah pemakaian zat ini tidak dibarengidengan efek sedasi atau menurunnya kesadaran akibat zattersebut. Tidak seperti pemakai heroin atau ganja, pemakaisabu dapat membuat dirinya untuk tetap (membuatterjaga dan konsentrasi).

Selain efek yang menyenangkan di atas, sebenarnyasabu juga membuat timbulnya gejala-gejala psikosomatik,paranoid, halusinasi dan agresivitas. Kelebihan pemakaianobat ini akan membuat orang menjadi mudah tersinggungdan berani berbuat sesuatu yang mengambil risiko.

Pemakaian sabu apalagi yang berlebihan menyimpanpotensi bahaya besar untuk kesehatan fisik. Efek stimulanpada obat ini menyebabkan kerja jantung dan pembuluhdarah tubuh menjadi berlebihan. Peningkatan tekanandarah baik sistolik dan diastolik sangat nyata padapenggunaan sabu. Hal ini akan dibarengi tentunya dengandenyut jantung yang kencang. Tidak heran jika jenisnarkotika ini akan membawa dampak sangat berbahayabagi penderita hipertensi atau darah tinggi.

Selain itu, sabu bisa menimbulkan efek kejang sampaiperdarahan otak. Saya sendiri pernah secara langsungmelihat di unit gawat darurat pasien wanita yang menga-lami kejang dan perdarahan otak akibat penggunaanshabu-shabu yang berlebihan. Pasien akhirnya meninggalkarena perdarahan otaknya.

Seringkali juga didapatkan efek peningkatan suhutubuh yang tinggi, sehingga menyebabkan demam luarbiasa pada penggunanya. Peningkatan suhu tubuh yangberlebihan sangat berbahaya karena juga sangat mempe-ngaruhi otak dan dapat menimbulkan kejang.

Penggunaan sesekali pun bisa menimbulkan kerusakanotak yang mengarah kepada pemakaian yang terusmenerus dengan dosis yang semakin tinggi.

Pemakaian sabu secara terus menerus pada akhirnyaakan menimbulkan efek putus zat jika si orang tersebutsudah tidak memakai lagi. Apa yang terjadi jika si orangtersebut tidak memakai lagi adalah efek kebalikan dari efekpsikologis yang tadinya didapatkan. Perasaan lelahberlebihan, kecemasan yang luar biasa, tidak merasapercaya diri dan terkadang ide paranoid yang munculsampai gejala psikosis alias sakit jiwa berat. (wnc)

Ilham Tak Nyesal...

Isnan Ali yang kaya pengalaman, baikdi klub maupun Timnas Indonesia,dipastikan merumput setelah absenpada pertandingan sebelumnya.Sedangkan di tim tamu, setidaknyaada dua pemain gaek yang jugapernah bergabung di timnas yakniUston Nawawi dan Bejo Sugiantoro.

Kepada Metro, Isnan (34 tahun)menyampaikan respek pada Uston(37) dan Sugiantoro (37). “Keduanyasenior saya di timnas,” ujar Isnan.

Meski begitu, Isnan menyatakantakkan kompromi menghadapimantan kompatriotnya di timnastersebut. Dia akan bekerja keras demimemenangi partai ini.“Sama seperti laga-laga lainnya, tidakada yang mudah dilewati tanpaperjuangan selama 2x45 menit. Tiappertandingan adalah final bagi kami,”katanya.

Apalagi ini merupakan lagaterakhir di putaran pertama. “Ini lagaterakhir dan kami ingin menutup

dengan manis. Mohon doa dariseluruh pendukung Martapura FCyang ada di Kalsel,” harapnya.

Pelatih kepala MFC, Frans SinatraHuwae mengatakan, beberapa pemainkemungkinan absen karena masihcedera dan dalam keadaan sakit.“Renngur dan Rusdi Malawat masihbelum benar-benar fit. SedangkanElyani sakit,” sebut Frans.

Kendati begitu, Fransmenginstruksikan anak asuhnya untuk

menyerang dan menekan lawan sejakmenit awal. “Kami main di rumah,jadi laga ini sangat berarti. Kami harusdapat poin penuh apabila ingin lolos keputaran berikutnya,” terang Frans.

Disinggung mengenai kekuatanlawan yang diperkuat oleh beberapapemain senior, Frans memintaskuatnya waspada. “Mereka bagus,jadi anak-anak harus konsentrasipenuh. Semua pemain lawan harusdiwaspadai, terutama yang memasuki

daerah pertahanan,” katanya.Sementara itu, pelatih Persida,

Freddy Muli menyatakan bahwatimnya sangat siap mencuri poin dilaga ini. Mengenai strategi menghadapituan rumah, Freddy menyebut tidakjauh berbeda seperti laga lainnya.“Kami bermain normal saja. Saatmenguasai bola tentu akan menyerangdan begitu pula sebaliknya. Target kamiingin memaksimalkan sisa laga diputaran pertama ini,” tuturnya (ran)

Sihir Senior

DATA PERTANDINGANKompetisi : Divisi Utama 2014Tanggal : Minggu, 18/5/2014Live : RRI 97,6 FMStadion : Demang Lehman,

Martapura

Wasit: Abdul Rahman SalasaAsisten Wasit 1 : KasnariAsisten Wasit 2 : Chairul BarriyahWasit Cadangan : Hulman

Simangunsong

HEAD TO HEAD13/11/2013 Persida 2-3 Martapura FC (DI)

EMPAT LAGA TERAKHIR25/04/2014 Martapura FC 2 - 0 PSMP (DU)29/04/2014 Borneo FC 2 - 1 Martapura FC (DU)06/05/2014 Martapura FC 4 - 2 Perseta (DU)10/05/2014 Kalteng Putra 3 - 1 Martapura FC(DU)

26/04/2014 Persida 1 - 0 Persekap (DU)29/04/2014 Persida 2 - 0 Deltras (DU)10/05/2014 Perseta 4 - Persida (DU)14/05/2014 Kalteng Putra 2 - 0 Persida (DU)

PERKIRAAN PEMAINMartapura FC (4-4-2) : Husayn Mugni (k); IsnanAli, Henry Njobi Elad, Jordy Kustiawan, FahrezaAgamal (b); Joko Prayitno, Adam Alis Setyano,Rusdi Malawat, Ismail Marzuki (t); Brima Pepito,Johan Yoga Utama (d)Pelatih : Frans Sinatra Huwae

Persida (4-4-2) : Putut Wijiarto (k); Mat Halil, BejoSugiantoro, Arif Yulianto, Imam Yulianto (b); NurulHuda, Sugiarto, Robin Bagus, Zaenal Abidin (t);Supaham, Uston Nawawi (d)Pelatih : Freddy Muli

rumahnya. Meski sudah diintero-gasi, dia belum menyebutkan asalmuasal barang haram tersebut.

Otong ditangkap pada Jumat (16/5) sore sekitar pukul 16.00 Wita.Penggerebekan rumah sosok targetoperasi kepolisian itu disaksikan olehAnang Lamat (45), ketua RT setempat.

Polisi menggeledah isi rumahOtong hingga menemukan tujuhpaket sabu di bawah lemari kacabungkus rokok dan kotak hitam.

Kapolsek Mataraman AKP EkaSapriyanto, mengatakan pihaknyamasih melakukan pemeriksaansecara mendalam terhadaptersangka. “Kami juga mencobamengembangkan kasus ini,” katakapolsek.

Sekadar informasi, ada tigaundang undang yang biasadigunakan untuk melakukanpenyidikan tindak pidana Narkobayakni Undang Undang nomor 22tahun 1997 tentang Narkotika,Undang Undang nomor 5 tahun1997 tentang Psikotropika danUndang Undang nomor 23 tahun1992 tentang Kesehatan.

Dalam Pasal 82 ayat 1 (a)Undang Undang nomor 22 tahun1997 tentang Narkotika disebut-kan: Mengimpor, mengekspor,menawarkan untuk dijual,menyalurkan, menjual, membeli,menyerahkan, menerima, menjadiperantara dalam jual beli ataumenukar narkotika golongan I,

dipidana dengan pidana mati ataupidana seumur hidup, atau pidanapenjara paling lama 20 (duapuluh) tahun dan denda palingbanyak Rp 1.000.000.000 (satumiliar Rupiah).

Sedangkan dalam Pasal 92Undang Undang nomor 22 tahun1997 tentang Narkotika disebut-kan: Barang siapa tanpa hak danmelawan hukum menghalang-halangiatau mempersulit penyidikan,penuntutan, atau pemeriksaan perkaratindak pidana nakotika di mukasidang pengadilan, dipidana denganpidana penjara paling lama 5 (lima)tahun dan denda paling banyak Rp150.000.000.00 (seratus lima puluhjuta Rupiah). (lis)

Otong Ngotot Rahasiakan Bosnya

sepeda motor. Program ini mulai 25 Aprillalu hingga 25 Mei mendatang,” jelasYonathan, ketua panitia pelaksana ulangtahun ke-8 Senwell Banjarmasin.

Selain pengundian hadiah utama tadi,pada perayaan hadi jadi Minggu (25/5)nanti, digelar aneka lomba. “Ada lombajoget, memasak dan mewarna. Untuklomba joget, satu tim minimal 5 orang.Peserta dibatasi 15 tim. Pendaftarangratis,” sebut Yonathan.

Sedangkan untuk lomba memasak jugadibatasi hanya 15 tim, namun 1 timberisikan 3 orang. Untuk lomba mewarnaada dua kategori, yakni TK dan SD.“Untuk lomba mewarna, uang pendaftaranRp 10 ribu saja,” ujar Yonathan.

Pada acara puncak yang akan dimulaipukul 09.00 Wita itu juga digelar bazar.Gelaran pasar murah ini akan diisi banyakpeserta, khususnya consumer good yang bakalmenawarkan harga spesial.

“Nah pada malam harinya pukul 20.00Wita akan dilakukan pencabutan undianhadiah utama berupa dua unit sepedamotor. Termasuk nantinya berbagai hadiahmenarik lain yang disediakan panitia,”tambah Yonathan.

Berbelanja di Senwell memang nyamandan menyenangkan. Lahan parkir luasdan aman. Yang utama, banyak barangditawarkan, mulai dari kipas angin,peralatan masak, pemanggang roti hinggaberbagai produk dari bahan plastik.

Di Senwell juga ada mini market danrumah makan di samping bangunanutama.“Bagi yang melakukan pembelian hinggaRp 1 juta, selain dapat kupon berhadiahjuga ada bonus voucher makan di Senwell,”pungkas Yonathan. (ris)

Belanja di...

sekitar pukul 11.00 Wita.“Maling itu masuk setelah moncengkelpintu. Kamera tersebut saya taruh diatas meja,” tutur Rahmat.

Sedangkan Febri mengatakan,sebelum membeli kamera itu diamemuat iklan di Toko Bagus. Com.Isinya: Cari kamera Rp 2,8 juta.Setelah memasang iklan tersebut,dia disms oleh AF. Remaja 16 tahunitu mengaku pamannya Syafrudinalias Udin (31) ingin menjual kameraseperti yang dicari Febri.

Masih melalui sms, akhirnya

Febri diminta AF menemuipamannya di Jalan Kelayan A,Jumat (16/5) siang sekitar pukul14.30 Wita.

Setelah mengecek barang, Febridan Udin sepakat pada harga Rp2,5 juta. Itu pun dengan perjanjiankalau terjadi apa-apa, kameraboleh dikembalikan.“Sekitar pukul 16.00 Wita, saya keToko Siva mau mengecek kameraitu. Dan kebetulan baterai kameraitu habis,” cerita Febri.

Sekitar setengah jam di toko

itu, Febri berniat pulang. Namundia disms oleh orang toko itu.Katanya, ada yang mau membelikamera Febri seharga Rp 3,5 juta.“Saat kembali ke toko itu, sayalangsung ditangkap polisi,” kata Febriyang awalnya sempat bingung.

Meski kamera milik Rahmattelah ditemukan, namun kasus initak lantas tersimpul. Pasalnya.Udin mengaku barang itu bukanmiliknya. Begitu juga AF. “Adakeluarga yang datang dan mintajualkan kamera itu,” ujar Udin. (buy)

Kamera Febri Membawa Petaka

Sedangkan Gondok terluka parah di telingakiri.

Erna mengatakan, suaminya yang salesmakanan ringan itu sering digangguGondok yang biasa mangkal dan mabuk dimuka Gang Rukun di depan SD AntasanRaden. “Gondok itu sering mengganggusuami saya,” kata Erna.

Perempuan malang itu tidak mengeta-hui apa yang terjadi. Menurut Erna, ketikadia sekeluarga berada rumah orangtuanyadi Jalan Teluk Tiram Antasan Raden,suaminya sempat pulang kemudian keluarlagi. “Saya tahunya bapak kelahi karenawarga ribut,” ujarnya.

Informasi yang dihimpun koran inimenyebutkan, sebelumnya antara korbandan pelaku sudah sering terjadi pertengka-ran.

“Kami tidak tahu juga apa permasa-lahannya. Pokoknya kalau Fitiriyadi danGodok bertemu, keduanya seperti kucingdan tikus. Malam tadi rupanya puncaknya,”tutur seorang warga Antasan Raden yang tidakmau menyebutkan jati dirinya. (buy)

Suami Erna...

Ripora di sisi kiri lapangan.Melakukan spint, bek kiri TimnasIndonesia berhasil mendahului tigabek Persik lalu mengirim bolamenyusur tanah.

Umpan matang itu langsungdisambar Syahroni yang berdiri didepan gawang Persik. Gol! Baritounggul lebih dulu. Eforia LaskarAntasari berlanjut pada satu menitkemudian. Lomell yang menyerbusendirian dari sisi kanan melepas-kan tendangan keras. Sayang kaliini kiper Persik, Tedi Heri berhasilmenepis ke luar lapangan.

Skuat Macan Putih barubangkit di menit ke-20. Bola hasiltendangan Mamoun dari luarkotak penalti Barito, gagal diblokSyamsidar yang melakukandebutnya. Berhasil menyamakankedudukan, pemain Persik makinbersemangat. Pada menit ke-31,Mamoun kembali mencatatkannamanya di papan skor. Kali inimelalui titik penalti. Wasit Mardimenunjuk titik putih karena

pemain belakang Barito, FX Yanuarmengganjal M Fahrudin di areaterlarang.

Meski sudah berbalik unggul,namun Persik tidak mengendorkantempo permainan. Hasilnya, satumenit sebelum jeda, merekaberhasil menambah angka menjadi3-1. Gol ketiga ini dicetak FortuneUdo, yang memanfaatkan kelenga-han pemain belakang Barito. Skoritu bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, Baritoberusaha keras mengejar gol.Untuk itu, pelatih Salahudinmenarik keluar Syahroni dan FXYanuar dan memasukkan YongkiAribowo serta Abanda Herman.

Kendati begitu, Tim SeribuSungai masih kesulitan mengem-bangkan permainan. Malah dimenit ke-58, Persik kian menjauhlewat gol keempat yang dicetakUdo. Sekadar kilas balik, Udopernah mencetak dua gol kegawang Barito ketika kedua timberkompetisi di Divisi Utama 2011.

Ketika itu dia memperkuat PersibaBantul dan Barito takluk 3-1.

Langkah Fatur Rahman dankawan-kawan memperkecil selisihgol semakin berat setelah gelan-dang Lucky Wahyudiganjar kartumerah oleh wasit Mardi karena sengajamenendang kaki pemain Persik, Asepberlian pada menit ke-63.

Bermain dengan 10 orang,Barito tidak mau menyerah begitusaja. Pada menit ke-84, Lomellmenyarangkan bola. Namun golpemain asal Liberia ini dianulirwasit karena dinilai terperangkapoffside. Skor 4-1 membuat Persikberhasil membalas kekalahan 0-3 diStadion Demang Lehman,Martapura pada putaran pertamalalu.

Kekalahan ini tak membuatBarito melorot di klasemensementara. Barito bertahan diperingkat ketujuh. SelanjutnyaBarito menantang Persijap diJepara pada Jumat (23/5)mendatang. (ran)

Udo sang Momok◗◗◗◗◗ Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1

BPOST GROUP/MAN HIDAYAT

ILHAMILHAMILHAMILHAMILHAM tersangka kasus sabu.

BANJARMASIN POST GROUP/NURHOLIS HUDA

SEJUMLAHSEJUMLAHSEJUMLAHSEJUMLAHSEJUMLAH suporter salah satu finalis Nanang Galuh Kabupaten Banjar 2014 membentangkan spanduk dukungan saat grandfinal di aula Kantor DisbudparporaBanjar, Sabtu (17/5) malam.

Page 9: Metro Banjar Minggu, 18 Mei 2014

Fashion StyleMINGGU 18 MEI 2014 9Metro Banjar

HIJAB atau jilbabsekarang ini bukan lagifenomena langka. Jika dimasa puluhan tahun laluseseorang memutuskanberjilbab harus dengan penuhpengorbanan ditentangkeluarga dan biasanya bakaldianggap alim, makasekarang anggapan itu sudahmulai sirna.

Di masa sekarang, banyakkalangan yang mengganggapberjilbab atau berhijab taksekadar menjalankankewajiban agama Islam bagimuslimah, namun juga bisamenjadi tren fashion. Sebab,sekarang ini banyak ber-munculan gaya berjilbab yangbervariasi dan menawan.

Model-model jilbab atauhijabnya pun sekarangberagam. Mulai dari bahan-

Hijab Unik

TAK SEKADARPENUTUP AURAT

nya yang bervariasi untukkenyamanan pemakainyahingga model dan motifnyayang bermacam-macam.

Tak lupa, sekarangpemakaian hijab atau jilbabjuga bisa divariasikan. Takmelulu harus dijepit peniti dibawah dagu dan memakaibros saja sebagai pemanis,

namun jilbabnya sekarangbisa dikreasi dalam berbagaibentuk, sehingga lebihmenarik. Kian menawan jikaditambahi aksesori pemanisyaitu bros beraneka warnadan ukuran serta bentuk danpenjepit jilbab.

Di Banjarmasin pun takketinggalan bermunculankomunitas para penggunahijab. Di berbagai kesem-patan, mereka kerap tampilmenggunakan jilbab atauhijab yang bermacam-macammodelnya.

Salah satunya adalahErlin yang senangmengenakan jilbab tiapharinya. “Kalau buat sehari-hari modelnya biasa saja.Kalau mau ke pesta barumemakai yang bermacam-macam kreasinya,”ucapnya.

Dia mengaku palingsenang dengan kreasihijab yang dililit disekitar kepala.Lilitannya pundipilihnya yangmudah agar lebihpraktis.

“Biasanyamemakai dalamanagar lebih enakmemakainya danuntukmenusukkanpenitinya agar hijabtak mudah bergerak.Terus pakai bros biartambah manis,”bebernya.

Pengguna hijablainnya adalahZahra. Dia lebihsenang memilihhijab berbahantipis. “Lebih enak,nggak gerah,”ujarnya.

Di berbagaikesempatan, diaselalu mengenakanhijab. Baginya, berhijabtak sekadar menutupaurat, namun bisadijadikan pemanispenampilan.

Kalau buat sehari-hari yang sederhanasaja, paling aksesorinyabros. Kalau mau tampilbeda seperti ke pestaatau ke acara resmilainnya jilbabnya dililit,bisa juga dikreasikandengan ditumpuk-tumpuk, dibentuk biarlebih manis.

“Aksesorinya selainbros bisa juga talisemacam bandanakhusus buat jilbabdiletakkan di kepalabiar lebih oke,”ujarnya.

Di pasaran, modeljilbab yang dijual ber-variasi seiring dengan

perkembangan mode,sehingga pembeli lebih leluasamenentukan pilihannya, kataFatimah, seorang pedagangkeperluan hijab diBanjarmasin.

Para remaja atau ibu-ibumuda lebih suka memilih jilbabyang bahannya nyaman

dipakai seperti bahan spandekdan yang berbahan tipis.

“Kalau modelnya kan bisadikreasikan sesuka hati.Biasanya mereka memilihyang mudah dibentuk sepertiyang berbahan tipis atauspandek yang bahannyalentur,” urainya. (ath)

Sesuaikan Situasidan KondisiMENGENAKAN hijab bisa di segala suasana, modelnya

tak harus selalu sama, bisa dikreasi sehingga tampil bedatentunya disesuaikan dengan kondisinya.

Menurut Ketua Komunitas Hijabi Banjarmasin, ElvinaPurnamasari, mengenakan hijab mulai dari pemilihan bahanhingga motif harus diperhatikan.

Berikut ini adalah tips yang diberikan Elvina kepadapembaca Metro Banjar yang menyukai hijab:●●●●● Hijab ke pesta

Pada saat ke pesta, bisa menggunakan hijab yang agakramai kreasinya. Bahan yang digunakan juga bisa yangmengilap sehingga terkesan mewah.●●●●● Acara santai

Untuk keseharian atau acara yang santai, bisamenggunakan hijab berbahan tipis. Motifnya upayakanyang sederhana saja dan model kreasinya yang tak heboh.●●●●● Ke kantor

Pada saat ke kantor, bisa memilih model yang agakramai namun tetap berkesan sederhana. Misalnya denganmenambah variasi modelnya seperti lilitan dan upayakanbahan serta aksesorinya tak glamor. (ath)

BAGI yang sukamencoba gaya jilbab baru

yang unik, ada cara memakaijilbab yang kreatif dan unik.

Modelnya yang simetris cocok untukhijaber yang memiliki wajah bulatkarena akan memberikan kesan wajahlebih tirus. Uniknya, gaya seperti itujuga bisa dipakai oleh wajah lonjongsekalipun.

Agar tampil lebih menarik, gayaseperti ini sebaiknya menggunakanpashmina two tone. Dengan kombinasidua warna ini akan membuat penampil-an terlihat lebih unik.

Bagi yang tertarik mencoba gaya ini,ikuti langkah mudah di bawah ini:

◗ Kenakan jilbab pashmina two tone◗ Dari salah satu ujung pashmina,

pasang jilbab secara asimetri◗ Sematkan dengan jarum pentul di

dekat telinga◗ Bawa sisa jilbab yang panjang ke

depan◗ Ambil jilbab dengan warna yang

berbeda lalu sematkan di atas kepala◗ Bawa jilbab di bagian depan lalu

sematkan di belakang kepala◗ Putar sisa jilbab yang panjang ke

belakang sehingga menutupi dada dansematkan

Tidak susah bukan untuk tampilunik dengan jilbab pashmina? Selamatmencoba! (net)

FOTO-FOTO: NET

Berhijabtak sekadar

menutup aurat,namun bisa

dijadikanpemanis

penampilanZAHRAZAHRAZAHRAZAHRAZAHRA

Page 10: Metro Banjar Minggu, 18 Mei 2014

X-PressiMINGGU 18 MEI 201410 Metro Banjar

MAYA 20 KALI

DukungBisnis Online

SERINGganti ponsel,sudah halbiasa dikalangan anakmuda, termasuk saya juga paling suka mengikutitren terkini. Sekarang ponsel semakin canggih.Saya selalu penasaran kalau belum membeli. Ya,sudah tidak terhitung lagi berapa kali menggantiponsel.

Maklumlah, selain memang tergoda dan tidakbisa menahan diri untuk ganti yang baru, alasanlainnya supaya tidak kalah gaul dengan teman-teman yang memiliki ponsel lebih canggih.

Ganti ponsel, tidak asal minta uang kepadaorangtua, tetapi harus pandai mengumpulkanuang sendiri. Kecuali uangnya tidak cukup, baruminta tambahan dari orangtua.

Kecanggihan ponsel, bukan sekadar ingintampil lebih tren di hadapan orang, tetapi secarapribadi kecanggihan ponsel juga memperlancarurusan usaha di bidang bisnis online sertatelekomunikasi dan mendukung kuliah. (dea)

BANJARMASIN POST GROUP/ISTIMEWA

GANTI PONSEL

TELEPON selular (ponsel)menjadi gadget umum di kala-ngan pelajar. Bahkan ada siswa-siswi yang memiliki lebih satuponsel. Produk yang merekagenggam pun jarang ponselbiasa, melainkan jenis smart-phone alias ponsel pintar yangfiturnya serba canggih.

Perkembangan teknologiponsel juga selalu diikuti parapelajar. Beberapa siswa-siswiada yang ‘rajin’ ganti ponsel,sesuai tren teknologi ponselterkini. Sebagaimana SyifaMustika, siswi SMA PGRI 6Banjarmasin. Sejak kelas 4sekolah dasar sudah meme-gang ponsel pribadi. Tak heranjika urusan ganti-ganti ponselsudah tidak terhitung jumlah-nya.

“Faktor pertama, memang

karena ponsel yang lama rusak,otomatis harus mencari ganti-nya. Faktor kedua, karenateknologi semakin canggih danbanyak produk baru yangmenggiurkan, membuat sayaingin memiliki,” alasan Syifa.

Syifa mengakui memilikibeberapa ponsel berbagai merek.Namun kalau melihat ponselproduk baru yang aplikasinyaterkini, pasti minta kepadaorangtuanya untuk dibelikan.

Suka gonti-ganti ponseljuga diakui Putri Almutmainah,siswa sekolah yang sama.Baginya sebagai remaja tentuingin tampil trendi, sehinggtidak ingin tertinggal denganteman-teman soal kecanggihanteknologi ponsel.

“Selama ini permintaanganti ponsel baru selalu diiiya-

kan oleh mama,” tutur Putriyang kini memegang produksmartphone.

Tidak terkecuali pula bagiMaya Rosa Nanda, siswi SMAPGRI 6 Banjarmasin yang jugamemiliki kebiasaan gonti-gantiponsel. Kalaudihitung-hitung, sejak diberikepercayaan orangtua meng-gunakan ponsel ia sudah me-nggunakan lebih 20 ponsel.

“Mulai ponsel produk Cinahingga produk bergengsi ma-cam Blackberry dan Samsung,berbagai seri yang selalu mem-berikan penawaran aplikasicanggih, membuat saya inginganti-ganti terus. Karena pro-duk baru semakin canggih, jadipenasaran untuk tahu dantidak ingin ketinggalan,” tan-dasnya.

Mencapai keinginan, Mayaberusaha mengumpulkan uangmelalui ikut arisan. Jika dapatarisan, uang itu langsung di-belikan ponsel terbaru yangsudah diliriknya.

“Kebetulan nilai arisanyang saya ikuti cukup besar,sehingga bisa beli ponsel sesuaikeinginan,” jelasnya.

Siswi di sekolah yang sama,Herliana Fitri Ayu, mengaku,yang membuatnya tergodauntuk ganti-ganti ponsel ada-lah iklan yang menawarkanproduk ponsel terbaru denganberbagai kecanggihan yang

membuat penasaran untukmencoba.

“Bagaimana tidak inginganti ponsel? Iklan di mana-mana, melalui media elek-tronik, baliho dan lainnya,saya jadi jadi penasaran.Ujung-ujungnya, minta be-likan dengan orangtua,” cep-los Herliana.

Syukurnya, orang-tua tidak pernahmarah. MenurutHerliana, kalauorangtuanyalagi ada uang,pasti berse-dia meme-nuhi keingi-n a n n y amembel iponsel ba-ru. (dea)

SITI AISSITI AISSITI AISSITI AISSITI AISYYYYYAHAHAHAHAHMahasiswi STIKIP PGRI Banjarmasin

KALAUKALAUKALAUKALAUKALAU ada duitnya dancukup untuk membeli, pastiingin ganti ponsel terbaru.Menjadi alasan mendasaradalah mencari ponsel yanglebih canggih. Walaupunkadang ingin gonti-ganti ponsel,tetapi keinginan selalu ditahan,sebab harus dilihat dulukantong keuanganku, cukupatau tidak untuk membelinya.(dea)(dea)(dea)(dea)(dea)

ZULFZULFZULFZULFZULFADLADLADLADLADLYYYYYSiswa SMAN 3

Banjarmasin

Selalu Menahan Keinginan

BANJARMASIN POST GROUP/ISTIMEWA

Tidak Bisa DiperbaikiALASANALASANALASANALASANALASAN untuk ganti ponsel

karena memang yang terdahulusudah rusak dan tidak bisa

diperbaiki. Sebagai gantinya. tentuharus yang lebih bagus dari

sebelumnya. Keinginan ganti, pastiselalu ada. Bahkan sudah meren-

canakan, nanti ingin ganti modelyang lebih canggih dari ponsel yang

ada sekarang. (dea)(dea)(dea)(dea)(dea)

BANJARMASIN POST GROUP/ISTIMEWA

PUTRIPUTRIPUTRIPUTRIPUTRIPERMAPERMAPERMAPERMAPERMATTTTTASARIASARIASARIASARIASARISiswi SMAN 3Banjarmasin

PASTILAHPASTILAHPASTILAHPASTILAHPASTILAH, kalausoal ingin ganti ponsel.

Tapi tidak bisa selaludituruti, apalagiorangtua selalu

memberikan masukan,apa untung ruginya

ganti-ganti ponsel. Ya,rencana ganti ponselada. Seperti saudara

kembar saya, saya jugamau memiliki yang bisaselfie. Pastinya, sangat

gaul. (dea)(dea)(dea)(dea)(dea)

BANJARMASIN POST GROUP/ISTIMEWA

PUTRI MAPUTRI MAPUTRI MAPUTRI MAPUTRI MAYYYYYANGSARIANGSARIANGSARIANGSARIANGSARISiswi SMAN 3 Banjarmasin

Bisa Selfie, Lebih Gaul

SUKASUKASUKASUKASUKA ganti ponsel karena ingin saja.Sebab, produk-produk baru itu pasti lebih

canggih, aplikasinya sangat banyak,sehingga fungsinya semakin maksimal.

Ponsel, selain untuk melancarkantelekomunikasi, juga bisa untuk

menemani di waktu santai. Makanya,aplikasinya harus yang ada berbagai

game. (dea)(dea)(dea)(dea)(dea)

BANJARMASIN POST GROUP/ISTIMEWA

M SHUPY MAULANIM SHUPY MAULANIM SHUPY MAULANIM SHUPY MAULANIM SHUPY MAULANISiswa SMAN 3 Banjarmasin

Jadi TemanSaat Bersantai

■ Pelajar Ikuti Tren Produk Terbaru

BPOST GROUP/SALMAH

1805/M10

Page 11: Metro Banjar Minggu, 18 Mei 2014

Metro AgendaMINGGU 18 MEI 2014 11Metro Banjar

Lomba PuisiBahasa Banjar

TEATER Kita besok, Senin (19/5) menggelar Lomba Baca PuisiBahasa Banjar di GedungWargasari, Taman Budaya Kalsel.Acara dimulai pagi pukul 09.00Wita dan diikuti oleh puluhananak. Lomba ini memang khususanak-anak usia sekolah dasarsederajat. Menurut PemimpinTeater Kita, Yadi Muryadi, acaraini sengaja dibuatnya untukmemasyarakatkan lagi senimembaca puisi di kalangan anak-anak. “Puisinya khusus berbahasaBanjar. Sengaja dipilih yangberbahasa Banjar agar anak-anakmuda Banjar sekarang lebihmengenal lagi bahasa daerahmereka,” ujarnya, belum lama ini. Pihaknya menyediakan beberapabuah judul puisi. Peserta bisamemilihnya. Puisi-puisi itu karyaYS Agus Suseno. “Hadiah bagipemenang berupa bingkisan dantropi,” tutupnya. (ath)

Sinopsis

FOTO-FOTO: NET

●●●●● Serangan Fajar Weekend Minggu pukul 06.00-09.00 Wita

● BEBS (BPost Entertain by Request) Minggu pukul 10.00-11.00 Wita

●●●●● Bpost Update Minggu pukul 11.00-12.00 Wita

●●●●● Kompas Pagi Akhir Pekan Minggu pukul 06.00-07.00 Wita

●●●●● K-20 Weekend Minggu pukul 08.00-09.00 Wita

● Cemal-Cemil Minggu pukul 10.00-11.00 Wita

● Sahibar Habar Minggu pukul 12.30-13.00 Wita

●●●●● Batatay-Lipsus Minggu pukul 13.00-15.00 Wita

●●●●● Lejel Home Shopping Minggu pukul 15.00-16.00

ROBBY TERPESONAROBBY TERPESONAROBBY TERPESONAROBBY TERPESONAROBBY TERPESONATRIO MAHADEWITRIO MAHADEWITRIO MAHADEWITRIO MAHADEWITRIO MAHADEWI

Segera Persiapkan Diri■ Pemilihan Putri Kalsel 2014BANJARMASIN - Even bergengsi pemilihan PutriKalimantan Selatan tak lama lagi bakal kembai digelar.Oleh karena itu para remaja putri yang berminatsebaiknya mempersiapkan diri dengan matang.

Pasalnya pendaftaran Putri Kalsel akan dibuka 19 Meiini. Nah jadi para gadis banua jangan lupamempersiapkan segala persyarakat untuk mengikutieven ini.

Khairunisaa Ketua Pantia Putri Kalsel (Putsel)mengungkapkan hingga saat ini pihaknya belummembuka pendaftaran .“Pendaftaran baru dibuka 19 Mei - 10 Agustus nanti ,dan formulir juga baru didapat nanti pas 19 Mei,”paparnya.

Nantinya, formulir dapat diambil dibeberapa cafeseperti Papillon coffe, Foud Court (Duta Rasa) , TheAvenue (Banjarbaru) dan lainnya.

Persyaratan peserta sendiri samaseperti tahunkemarin yakni warga negara Indonesa, berdomisili darikalimantan Selatan tinggi badan minimal 162 cm .

“Usia 17 - 24 tahun , cerdas berkepribadian danberwawasan luas, berpenampilan menarik,belummenikah,menyerahkan foto copy KTP/identitas, dan fotoclose up 3r, sebanyak 4 lembar,” paparnya.

Nisa mengatakan banyak penghargaan dan hadiahnantinya bagi pemenang. Antara lain jadi duta provinsiKalsel di pemilihan putri pariwisata Indonesia, uangtunai total puluhan juta rupiah, piala bergilir putriKalimantan Selatan, dan lainnya.

Rima Hayati Authari, Putri Kalsel berbakat 2013berharap para peserta yang ingin mengikuti even inijauh-jauh hari sebaiknya sudah mempersiapkandiri.(dwi)

BANJARMASIN- Berwajah cantik,seksi dan memiliki suara yang merduitulah kelebih trio trio yakni FrischaPutri Yulisa, Lusi Sibarani, danAnissa Nabila yang tergabung dalamMahadewi.

Bagi para fans Mahadewi,kehadiran ketiganya sangat dinantiapalagi mereka mengemban tugasuntuk mengembalikan kejayaanMahadewi setelah ditinggal TataJaneta, Gwen Pricilla dan PurieAndriani.

Untuk mengetahu bagaimanapenampilan Mahadewi denganformasi baru datang saja ke NashvillePub and Cafe Hotel Banjarmasin

Internasional (HBI) Banjarmasin,Jumat (23/4) nanti.

Semua jawaban rasa penasaranfans akan terjawab saat trio penyanyicantik yang berada dibawah naunganmanajemen Republik Cinta milikAhmad Dhani itu tampil.

Salah satu fans Mahadewi, Robbymengaku sudah tidak sabar lagiuntuk melihat penyanyi kesukaannyatampil.

Robby yakin kehadiran Frischa,Lusi dan Anissa bisa menggantikanpendahulunya yang sudah eksis.

“Mahadewi yang baru ini sayayakin akan melebihi popularitas darisebelumnya sebab mereka memiliki

kelebihan yakni cantik-cantik,” ujar karyawan swasta disalah satu percetakan di Banua ini.

Bujangan ini pernah melihatketiganya saat menjadi bintang tamudi acara Hitam Putih yang dibawakanDeddy Coubuzier.

“Saat mereka tampil semuanyacantik suaranya juga bagus,”tambahwarga Jalan Cempaka VIIBanjajarmasin ini.

Untuk itu Robby berjanji akanmenyaksikan langsung penampilanMahadewi di Nashvile.

“Melihat di televisi saja sayasudah terpesona apalagi saat melihatlangsung,” pungkas dia.(arl)

TRIBUN NEWS

MahadeMahadeMahadeMahadeMahadewiwiwiwiwiKAPANLAGI

Ramona and BeezusMinggu (18/5) Pukul: 14.00 Wita

RAMONA Quimby (Joey King)mungkin tak pernah berniat jahat namunulahnya selalu saja membuat orang lainjengkel, apalagi Beezus (Selena Gomez).Beezus adalah kakak Ramona yangselalu kena getah dari ulah Ramona.Awalnya Beezus benci sekali padaadiknya ini namun akhirnya Beezussadar kalau Ramona sebenarnyamemang tak pernah berniat jahat.

Bukan hanya sekali atau dua kali sajaRamona membuat jengkel Beezus.Hampir setiap kali ia berhubungandengan Ramona maka bisa dipastikanhasilnya selalu merepotkan Beezus.Ramona sebenarnya hanyalah seoranggadis cilik yang penuh dengan imajinasiplus energi yang berlebihan dankombinasi dari dua hal ini memangsudah bisa dibayangkan.

Tak ada yang mengira memang kalauulah Ramona yang sering merepotkanini bakal mampu menyelamatkankeluarganya dari perpecahan.

Nyatanya, saat seluruh keluargaharus berusaha mati-matianmempertahankan rumah tinggal mereka,ulah Ramona yang usil juga yangakhirnya malah berhasil menyelamatkanrumah mereka.(kpl)

KAPANLAGI.COM

1805/M11

Page 12: Metro Banjar Minggu, 18 Mei 2014

BugarMINGGU 18 MEI 201412 Metro Banjar

BANJARMASIN-Sejak duatahun terakhir Ansarimerasakan sakit dan nyeridi bagian pinggangnya.Nyeri itu kadang tiba tibakambuh namun bisa pulasembuh dengan sendirinya.

Banyak faktor yangmenyebabkan sakitpinggang, bisa diakibatkanoleh faktor umur,mengangkat beban yangberat atau kesalahan saatberaktivitas. Duduk yangsalah atau tidur denganposisi salah juga dapatmengakibatkan rasa nyeripada pinggang.

Sakit pinggang adalahpenyakit yang seringmenyerang manusia dantidak peduli pria atauwanita. Sakit inimenimbulkan rasa nyeriyang kadang bisa sembuhdengan sendirinya namunkadang sulit untukdisembuhkan.

Banyakfaktor yang

RAJIN YOGA USIRSAKIT PINGGANG

Enam Posisi SenamJIKA anda sering merasakan sakit pinggang bahkan

berkepanjangan maka anda bisa melakukan beberapapenyembuhan yang mudah dan murah. Salah satupenyembuhan nyeri pinggang adalah dengan terapi senamyoga. Yoga adalah senam yang dulunya untuk menjagakeseimbangan tubuh dan jiwa seseorang, namun senam inijuga efektif untuk penyembuhan nyeri pada pinggang.

Enam gerakan yang bisa anda coba untuk menyem-buhkan nyeri pinggang tersebut, di antaranya:

1. Pose Cobra Pose ini dimulai dengan meletakkan

perut dan dahi pada matras, kaki dan lenganrapat kemudian anda angkat bagian tubuh atas

dengan kekuatan otot pada pinggang.

2. Pose Bow (Dhanurasana)Pada gerakan ini anda bisa

membengkokkan lutut dantelungkup serta memegangkedua tangan anda denganmenarik tangan padakedua kaki. Posisikan lulutdengan menempel padamatras. Posisi ini miripdengan perahu karenahanya perut anda yangmenumpu di atas matras.

3. Cat Pose (Marjaryasana)Posisi ini sangat baik untukmeningkatkan kelenturantulang punggung anda dantentunya bisa mengobati sakitpinggang. Posisikan badan

Anda sepertimerangkak, dimana

telapak tangandiletakan sejajar

bahu tegak lurus. Kedua kaki disejajarkan dengan keduatangan, pada posisi berlutut, dan telapak kaki menghadapkeatas. Lengkungkan keatas punggung dan tahan posisi iniselama 3 menit.

4. Plank Pose (Adho Mukha Svanasana)Gerakan ini sama seperti ketika anda

berada di puncak posisi push-up , yaitudengan menekan telapak tangandan dada dibusungkankedepan sampaibahu di ataspergelangantangan.

5. Boat Pose(Paripurna

navasana)Duduk dengan

menekuk lutut dengan jaritangan berada di lantai, dan

angkat kaki setinggi kening.Luruskan tangan anda kedepan

bersamaan dengan kaki dan tahansampai 7 menit.

6. Child Pose (Balasana)Posisi ini dengan meletakkan tangan pada lantai dan

seperti gerakan saaat bersujud namun kaki anda bersila.

menyebabkan sakitpinggang ini namun andayang tidak pernahmerasakan nyeri padapinggang sebaiknyamemperhatikan beberapahal yang bisa menimbulkanrasa nyeri pada pinggangtersebut.

Nyeri pada pinggangbisa diakibatkan oleh faktorumur seseorang yangsemakin bertambah, kadangharus mengangkat bebanyang terlalu berat dan jugakarena kesalahan saatberaktivitas. Duduk yangsalah atau tidur denganposisi salah jugamengakibatkan rasa nyeripada pinggang. Bagi Ansari faktorusia yang kini sudahberkepala lima dianggapsebagai faktor utama.Apalagi ditambah denganaktifitasnya seringmengangkat

barang dagangannyamenambah semakinparahnya rasa nyeri. “Mungkin usia jugaatau juga saya kanpedagang baju jadi seringmemikul baju dari bawah keatas toko,” ujar pedagang diPasar CempakaBanjarmasin ini. Agar rasa nyerinyatidak berkepanjangan salah

satu cara untuk mengusirsakit pinggangnyamelalui senam yoga. “Setiapakhir pekan sayamelakukan senamyoga itu pun atasanjuran dokteruntuk menghilang-kan nyeri tanpa harusminum obat terus,” ujarpria berkacama ini. Yoga adalah senamyang dulunya untukmenjaga keseimbangantubuh dan jiwa seseorang,namun senam ini jugaefektif untuk penyembuhannyeri pada pinggang.

Ada enam gerakan yangbisa anda coba untukmenyembuhkannyeri pinggangtersebut. (ril)

Akibat SalahPosisi Duduk

KESALAHANdalam mengangkat

beban paling seringmenyebabkan cedera

punggung. Sementara,penyebab paling seringyang dialami para pekerja

kantoran adalahkesalahan posisi

duduk. Akibat darisalah posisi

duduk atausalah posisi

mengangkat

beban ini memang tidaklangsung terasa. Akantetapi dari akumulasiposisi kerja yang tidaktepat, sakit pinggang punterus mengintai. Berikut iniadalah petunjuk untukmeredakan gejala sakitpinggang:

1. Senam BokongIstirahat total dalam

kurun waktu 2 – 3 harimungkin akan dapatmenyembuhkan rasa sakityang melanda. Tapi, otot-otot punggung juga dapatsemakin melemah apabilaterlalu lamatidakdigerakkan. Untukmengatsi hal itu, senambokong adalah pilihan yangtepat. Tidur telentang danangkat lutut hinggamembentuk sudut ± 80derajat. Taruh bantal dibawah lutut, selanjutnyaangkat bokong sampai keatas dan tahan selama

setengah menit. Turunkandan rileks selama setengahmenit. Lakukan kegiatantersebut selama 10-15menit, 3 kali sehari.

2. Hangatkan PunggungPanas melancarkan

melancarkan peredarandarah sehingga membantupenyembuhan. Gunakanbantalan panas listrik, botolberisi air panas, shower airhangat, berendam airpanas, atau kompreshangat. Lakukan selama 20menit dan istirahat 20menit. Lakukan janganlebih dari 3 jam sehariselama 3-4 hari.

3. Pakai KorsetAlat-alat ini dapat

menahan punggung danmenjaga supaya Anda tidakterlalu banyak bergerak danmembuatnya tetap tegak.Korset atau penyanggaberfungsi seperti otot-otot

yang kuat, meski tidakmampu menguatkan ototpunggung Anda.

4. Lakukan Pula l Setelah 2-3 hariberistirahat total, cobalahmelakukan pereganganringan di pagi dan sore hariuntuk melatih ototpunggung dan perut.

Berkonsultasi dengandokter sebelum memulaiprogram latihan. l Jangan duduk lebihdari setengah jam karenadapat menimbulkan kakuotot l Tidur di tempat tidur/kasur yang rata dan tidakterlalu empuk. Punggungyang melengkung tidakdapat membantu prosespemulihan l Jangan tidur tengkurap l Jika sakit pinggung takjuga mereda dalam 5 harisegera berkonsultasi dengandokter. (kps)

“Setiap akhirpekan saya

melakukan senamyoga itu pun atas

anjuran dokteruntuk

menghilangkannyeri tanpa harus

minum obat terus,”ANSARIANSARIANSARIANSARIANSARI

FOTO-FOTO: NET

FOTO-FOTO: NET

1805/M12

Page 13: Metro Banjar Minggu, 18 Mei 2014

Metro PosterMINGGU 18 MEI 2014 13Metro Banjar

FOTO-FOTO : ZIMBIO.COM/NET

Page 14: Metro Banjar Minggu, 18 Mei 2014

MINGGU 18 MEI 201414 Metro BanjarViva Barito

* Bagi* Bagi* Bagi* Bagi* Bagi Anda pencinta Barito Putera, kirimkan saranuntuk kemajuan tim kesayangan kita melalui SMS

ke 080808080811111953669909536699095366990953669909536699077777

Evaluasi Sektor BawahBUBUBUBUBUAAAAATTTTT manejemen tolong d evaluasi sektor bawah ganti pemainasing yg bagus buat sektor bawah sdh ungul tebalik lg nh.

+628+628+628+628+62878787878781111146464646464444477777676767676744444

Bukan Tipe PetarungKALAHKALAHKALAHKALAHKALAH lagi dipartai tandang,buat bang salahudin,knp sih sukamemainkan lucky wahyu padahal mainnya jelek,bukan tipepetarung,daewon jauh menurun dari musim lalu

+628195467700+628195467700+628195467700+628195467700+628195467700

Bukan Kalah PermainanSABARSABARSABARSABARSABAR barito putera kalian kalah bukan karna permainantetapi karena wasit,,,contoh nya jk kaga offside dinyatakanoffside, wasit berat sebelah,,,,mungkin makan sugok wasit nyaprotes ke komdes,,,from iful(mukyar)dibanua jingah+628+628+628+628+62877777777771111166666111118282828282430430430430430

Jatuh Tertimpa TanggaSUDAHSUDAHSUDAHSUDAHSUDAH jatuh tertimpa tangga lagi, inilah yang terjadi bagiBarito Putra ketika melawan tuan rumah Persik Kediri, sudahkalah 1-4 kemudian Luky Wahyu dikeluarkan Wasit krnmendapat kartu merah. Pada laga tandang kali ini diluardugaan tim Persik bermain gemilang dengan 2 pemainasingnya,padahal kami meramalkan Barito menang tipisminimal imbang. Mudah-mudahan pada laga melawan PersijapJepara yad Barito bangkit kembali dan keberuntungan beradadipihak Barito Putera. By Abd Kadir J Anjir Muara Kab Batola

+6285249495727+6285249495727+6285249495727+6285249495727+6285249495727

ISL Bukan Uji CobaKEBERANIANKEBERANIANKEBERANIANKEBERANIANKEBERANIAN bg salahudin memasang samsirdan dan fxyanuar knp tdk yg lain saja..jgn coba2 ini liga isl bukan ujicoba.cermati dan pelajaran bagi bg salahudin atas kekalahantelak kita

+6282+6282+6282+6282+6282111115408540854085408540873737373737777744444

Cepat EvaluasiTENANGTENANGTENANGTENANGTENANG saja msh byk prtndngn yg hrus kt jalani, kdpn perbaikilini blakang kalah menang aq ra po po by sisil binuang

+6285754208634+6285754208634+6285754208634+6285754208634+6285754208634

Salah Melepas AcunaSASASASASAYYYYYAAAAA sangat kecewa penampilan lucky w kemarin,saya rasamanejemen salah melepas acuna munoz,yg pantas d coretadalah lucky tdk memberikan kontribusi untuk baritoputera,jam terbang masih kurang buang aja sdh,,by anang intat,,

+628539+628539+628539+628539+62853911111333337070707070777771111100000

Pertahanan LemahSEPERSEPERSEPERSEPERSEPERTINYTINYTINYTINYTINYAAAAA dlm hal pertahanan kubu Barito Putra masihlemah dan lengah , kalau duit syahroni , jk lomel mulai padu ,syg gol syahroni bisa d blas hnya bbrapa menit oleh kubu tuanrumah , semangat wj smpe kaputing trus d tingkat kan , byabahnya amin cmpka monthain bjb

+6285252624353+6285252624353+6285252624353+6285252624353+6285252624353

Jangan Pakai KacamataBANGBANGBANGBANGBANG Udin Biar Barito Kalah Lun Ttp Mendukung Tp Boleh LhSaran Wan Pian Kalu Kw Pian Jngn Pakai Kacamata Ngitu Lg NhKy’y Barito Ngalih Menang Bl Pian Pakai Trs By Urang HalusAlias Kakanakan Lain Hantu

+628+628+628+628+62812500125001250012500125001111133333728728728728728

STATISTIKA BOLA NASIONALHasil Laga, Sabtu (17/5)Persik Kediri (4) vs (1) Barito PuteraPersipura (1) vs (0) PersiramPersepam MU (4) vs (1) Persiba BalikpapanJadwal Laga, Minggu (18/5)Arema Indonesia vs PersijaGresik United vs Semen PadangPerseru vs Persiba Bantul

KLASEMEN SEMENTARA GRUP BARAT1. Arema Indonesia 10 9 0 1 26-4 272. Persib Bandung 10 6 2 2 17-8 203. Persija Jakarta 10 5 3 2 12-7 184. Semen Padang 10 5 2 3 12-10 175. Pelita BR 10 4 3 3 10-10 156. Sriwijaya FC 10 4 2 4 11-14 147. Barito Putera 11 4 1 6 16-20 13

8(9). Persik Kediri 11 3 2 6 15-21 119(8). Persita 10 3 1 6 11-12 10

10. Gresik United 10 1 5 4 10-19 811. Persijap Jepara 10 1 1 8 9-24 4

Top Skor9 Gol Emmanuel Kenmogne (Persebaya)7 Gol Spasojevic Ilija (Putra Samarinda)6 Gol Syamsul Arif (Arema), James Koko Lomell (Barito Putera),Esteban (Semen Padang), Alberto Goncalves (Arema)

Kabes Bawa Persipura ke Puncak

YONGKI DAPATTEROR MENTAL

SETELAH tertinggal 3-1 padababak pertama atas Persik Kediridalam laga kemarin sore, tim pelatihBarito Putera, Salahudin, YunanHelmi dan H Ismairi langsung mela-kukan pergantian pemain.

Di menit-menit awal babakkedua, tepatnya menit 53 tim BaritoPutera melakukan dua pergantianpemain sekaligus. FX Yanuar ditarikkeluar digantikan Abanda Herman,sedangkan Syahroni digantikan olehYongki Aribowo.

Khusus bagi Yongki, laga initentu penuh emosional karena diapernah merumput bersama PersikKediri selama beberapa tahun. Parasuporter Persik pun begitu kenal

dengan Yongki.Sehingga, ketika Yongki masuk

menggantikan Syahroni, suporterPersik langsung menyoraki Yongki.Tentunya bukan menyoraki untukmemberikan support tapi justruuntuk meneror mental Yongki agartidak bermain maksimal.

Sementara dalam laga kemarin,Barito Putera juga menurunkan tigapemain anyarnya, yakni kiper Syam-sidar, striker Noor Hadi dan stoperFX Yanuar.

Syamsidar dan FX Yanuar ber-main sejak babak pertama, sedang-kan Noor Hadi masuk di babakkedua menggantikan Dedy Hartonodi menit 75. Penampilan debut

mereka tak mengecewakan, namuntidak mendapatkan akhir yangmanis karena Barito harus mengakuikeunggulan Persik 1-4.

Hal yang patut dicermati, keka-lahan Barito kemarin sedikit banyakdipengaruhi oleh tidak diturunkan-nya pemain asing asal Turmenistan,Mekan Nasirov. Mantan kaptenBarito Putera ini tidak bisa bermainlantaran terganjal masalah Interna-sional Transfer Certificate (ITC).

“Mekan Nasyrov absen belaBarito putera saat tandang dipersik..karena ITCnya belumkeluar..,” tulis YunanHelmi di akun twitter-nya.(ncl)

●Mekan Tak Main karena Terganjal ITC

YYYYYongki Ariboongki Ariboongki Ariboongki Ariboongki Aribowwwwwooooo

BPOST GROUP/DOK

SETELAH tampil gemilangdi Piala AFC 2014, PersipuraJayapura harus bersusah payahmengalahkan tamunya, Persi-ram Raja Ampat dalam derbyPapua Indonesia Su-per League (ISL) 20-14 di Stadion Man-dala, Sabtu (17/5).

Persipura harusberterima kasih ke-pada Ian Louis Ka-bes, karena pemainini lah yang membe-rikan kemenanganlewat gol sematawa-yangnya yang dile-sakkan di menit 36.

Meski hanya menang tipis1-0, itu sudah cukup mengan-tarkan Persipura ke puncakklasemen sementara wilayahtimur menggeser Mitra Kukardan Persela Lamongan usaimengoleksi nilai 21. Bagi Per-siram ini menjadi laga kelimaberturut-turut tidak mampumendulang angka penuh, se-hingga tetap berada di posisikelima dengan poin 13.

Bermain sebagai tuan ru-mah, Persipura langsung tan-cap gas setelah wasit meniuppeluit kick-off. Laga baruberjalan tiga menit, peluang

sudah diperoleh Lim Jun Sik,namun sepakannya masih bisadimentahkan kiper Galih Su-daryono.

Persiram yang mendapattekanan, mulaimemberikan respon,dan berhasil meng-imbangi permainanPersipura selepaslaga berjalan 15 me-nit. Namun penye-lesaian akhir ter-buru-buru mem-buat serangan yangdibangun menjadisia-sia.

Publik tuan rumah akhir-nya bersorak kegirangan dimenit ke-36 melihat tim kesaya-ngan mereka membuka keung-

gulan. Umpan manis LukasMandowen diterima Ian LouisKabes dengan baik, dan mele-paskan tendangan keras yangtak bisa dibendung Galih.

Di akhir babak pertama,Persiram mampu menjebolgawang Yoo Jae Hoon lewat kakiEngelberd Sani. Namun wasitmenganulir gol tersebut, karenaEngelberd berada dalam posisioffside sebelum menyambutbola muntah. Skor 1-0 punmenutup babak pertama.

Di babak kedua Persiramberupaya membalas. Persipurapun berupaya menambah ke-unggulannya. Namun hinggalaga berakhir skor tetap ber-tahan 1-0 untuk kemenanganPersipura.(glc)

NET

Ian KabesIan KabesIan KabesIan KabesIan Kabes

1805/M14

Page 15: Metro Banjar Minggu, 18 Mei 2014

Citizen GalleryMINGGU 18 MEI 2014 15Metro Banjar

FOTOFOTOFOTOFOTOFOTO dulu sebelum berangkat sekolah.Kiriman: Akhmad Husaini, Kandangan.Kiriman: Akhmad Husaini, Kandangan.Kiriman: Akhmad Husaini, Kandangan.Kiriman: Akhmad Husaini, Kandangan.Kiriman: Akhmad Husaini, Kandangan.

RAFRAFRAFRAFRAFAAAAA, petenis masa depanKalsel.

Kiriman: Kozimaru,Kiriman: Kozimaru,Kiriman: Kozimaru,Kiriman: Kozimaru,Kiriman: Kozimaru,BanjarmasinBanjarmasinBanjarmasinBanjarmasinBanjarmasin

FOTOFOTOFOTOFOTOFOTO liburan bersama suami dan anak tercinta.Kiriman: TKiriman: TKiriman: TKiriman: TKiriman: Triana, Banjarmasinriana, Banjarmasinriana, Banjarmasinriana, Banjarmasinriana, Banjarmasin

PAPAHPAPAHPAPAHPAPAHPAPAH dan Nanta di Waterboom.Kiriman: Haikal, Banjarmasin.Kiriman: Haikal, Banjarmasin.Kiriman: Haikal, Banjarmasin.Kiriman: Haikal, Banjarmasin.Kiriman: Haikal, Banjarmasin.

PERNIKAHANPERNIKAHANPERNIKAHANPERNIKAHANPERNIKAHAN Selamat Rivani SPd dan Irmalia SPd15 Mei 2014 di Perumnas Cemara, Jalan Akasia VIBanjarmasin.

Kiriman: Rivani, BanjarmasinKiriman: Rivani, BanjarmasinKiriman: Rivani, BanjarmasinKiriman: Rivani, BanjarmasinKiriman: Rivani, Banjarmasin

PARAPARAPARAPARAPARA siswa MTsN Angkinang yang mengikuti MTQNasional Tinggkat Kabupaten HSS tahun 2014.

Kiriman: Husaini, AngkinangKiriman: Husaini, AngkinangKiriman: Husaini, AngkinangKiriman: Husaini, AngkinangKiriman: Husaini, Angkinang

MAKANMAKANMAKANMAKANMAKAN es krim ramai-ramai.Kiriman: RizkyKiriman: RizkyKiriman: RizkyKiriman: RizkyKiriman: Rizky, Banjarmasin, Banjarmasin, Banjarmasin, Banjarmasin, Banjarmasin

GRUPGRUPGRUPGRUPGRUP Nasheed Ar'Saun (Indra, Andre danYoga).

Kiriman: Leman, BanjarmasinKiriman: Leman, BanjarmasinKiriman: Leman, BanjarmasinKiriman: Leman, BanjarmasinKiriman: Leman, Banjarmasin

DHEADHEADHEADHEADHEA Salsabila.Kiriman: NurulKiriman: NurulKiriman: NurulKiriman: NurulKiriman: Nurul

Hidayah, KertakHidayah, KertakHidayah, KertakHidayah, KertakHidayah, KertakHanyarHanyarHanyarHanyarHanyar

TERBANGTERBANGTERBANGTERBANGTERBANG menuju BEM Fakultas Pertanian Unlam bersama Badaruddin.Kiriman: Ibnu Huri, BanjarbaruKiriman: Ibnu Huri, BanjarbaruKiriman: Ibnu Huri, BanjarbaruKiriman: Ibnu Huri, BanjarbaruKiriman: Ibnu Huri, Banjarbaru

FOTOFOTOFOTOFOTOFOTO bersama di Pantai Angsana.Kiriman: RKiriman: RKiriman: RKiriman: RKiriman: Ronnonnonnonnonnyyyyy, Banjarmasin, Banjarmasin, Banjarmasin, Banjarmasin, Banjarmasin

MAKANMAKANMAKANMAKANMAKAN bareng keluarga Nadila Kosmetik.Kiriman: Gusti, BanjarmasinKiriman: Gusti, BanjarmasinKiriman: Gusti, BanjarmasinKiriman: Gusti, BanjarmasinKiriman: Gusti, Banjarmasin

SAASAASAASAASAATTTTT di Masjid Kubah Emas Depok.Kiriman: Diah Indra Wati, BanjarmasinKiriman: Diah Indra Wati, BanjarmasinKiriman: Diah Indra Wati, BanjarmasinKiriman: Diah Indra Wati, BanjarmasinKiriman: Diah Indra Wati, Banjarmasin

NYIMASNYIMASNYIMASNYIMASNYIMAS Talisa Nur Shakira.Kiriman: Nyimas Nurul Hidayah,Kiriman: Nyimas Nurul Hidayah,Kiriman: Nyimas Nurul Hidayah,Kiriman: Nyimas Nurul Hidayah,Kiriman: Nyimas Nurul Hidayah,

Kertak HanyarKertak HanyarKertak HanyarKertak HanyarKertak Hanyar

PIMPINANPIMPINANPIMPINANPIMPINANPIMPINAN dan anggota Lanud Bandara Syamsudin Noor berfoto bersama pimpinan dan staf CSRNovotel Banjarbaru setelah melakukan penanaman pohon.

Kiriman: PKiriman: PKiriman: PKiriman: PKiriman: Penerangan TNI Aenerangan TNI Aenerangan TNI Aenerangan TNI Aenerangan TNI AU SyU SyU SyU SyU Syamsudin Nooramsudin Nooramsudin Nooramsudin Nooramsudin Noor, Banjarbaru, Banjarbaru, Banjarbaru, Banjarbaru, Banjarbaru

EVAEVAEVAEVAEVA, Wulan dan Iza di halaman sekolah.Kiriman: Achmad Fauzi,Kiriman: Achmad Fauzi,Kiriman: Achmad Fauzi,Kiriman: Achmad Fauzi,Kiriman: Achmad Fauzi,

BanjarmasinBanjarmasinBanjarmasinBanjarmasinBanjarmasin

WAKTUWAKTUWAKTUWAKTUWAKTU di Batu Malang.Kiriman: ErKiriman: ErKiriman: ErKiriman: ErKiriman: Er fffffa Ta Ta Ta Ta Trianna,rianna,rianna,rianna,rianna,

BanjarmasinBanjarmasinBanjarmasinBanjarmasinBanjarmasin

FOTOFOTOFOTOFOTOFOTO bareng peserta GPIB Effataha Guntung Payung pada sidang tahunanMupel GPIB Mupel Kalselteng di Batulicin, Tanah Bumbu.

Kiriman: Wilman Manurung, Landasan Ulin.Kiriman: Wilman Manurung, Landasan Ulin.Kiriman: Wilman Manurung, Landasan Ulin.Kiriman: Wilman Manurung, Landasan Ulin.Kiriman: Wilman Manurung, Landasan Ulin.

PARAPARAPARAPARAPARA pemain drumband SD Kartika V-6 Banjarmasin berfoto bersama sebelum tampil dalamfestival Drumband Gubernur Kalsel Cup II 2014 di GOR Hasanuddin HM Banjarmasin Sabtu (17/5).

Pengirim: B Hartati, Banjarmasin.Pengirim: B Hartati, Banjarmasin.Pengirim: B Hartati, Banjarmasin.Pengirim: B Hartati, Banjarmasin.Pengirim: B Hartati, Banjarmasin.

KUNJUNGANKUNJUNGANKUNJUNGANKUNJUNGANKUNJUNGAN jajaran manajemen Hotel Aston Banua.Kiriman: Rizky Pratama, Banjarmasin.Kiriman: Rizky Pratama, Banjarmasin.Kiriman: Rizky Pratama, Banjarmasin.Kiriman: Rizky Pratama, Banjarmasin.Kiriman: Rizky Pratama, Banjarmasin.

Harian Metro BanjarHarian Metro BanjarHarian Metro BanjarHarian Metro BanjarHarian Metro Banjar menampilkan rubrik Citizen Gallery.Dengan rubrik ini kami berusaha memberi ruang kepadapembaca setia Metro Banjar untuk berekspresi melaui foto-foto. Lewat rubrik ini pula kami berusaha makin mempereratsilaturahim dengan pembaca. Silakan kirimkan foto-fototerbaik keluarga Anda sekarang juga. (Redaksi)(Redaksi)(Redaksi)(Redaksi)(Redaksi)

SYSYSYSYSYARAARAARAARAARAT DT DT DT DT DAN PENGIRIMANAN PENGIRIMANAN PENGIRIMANAN PENGIRIMANAN PENGIRIMAN✮✮✮✮✮ Foto yang dikirim harus dilengkapi teksteksteksteksteks atau keteranganketeranganketeranganketeranganketerangan

fffffoooootttttooooo dan Nama serNama serNama serNama serNama serta Alamatta Alamatta Alamatta Alamatta Alamat PPPPPengirimengirimengirimengirimengirim.Tanpa alamatpengirim dan nama kami kesulitan untuk menayangkannya.

✮✮✮✮✮ Foto bukan merupakan promosi, produk atau iklan perusa-haan dan tidak mengandung sara.

✮✮✮✮✮ Pemuatan foto tidak dipungut biaya.✮✮✮✮✮ Foto bisa dikirim ke alamat email

metrobanjar@banjarmasinpost .co. idmetrobanjar@banjarmasinpost .co. idmetrobanjar@banjarmasinpost .co. idmetrobanjar@banjarmasinpost .co. idmetrobanjar@banjarmasinpost .co. idmetrobanjar@gmai l .commetrobanjar@gmai l .commetrobanjar@gmai l .commetrobanjar@gmai l .commetrobanjar@gmai l .com

RUBRIK

Page 16: Metro Banjar Minggu, 18 Mei 2014

Crime StoryMetro Banjar16 MINGGU 18 MEI 2014

JOMBANG - Areal terminalMojoagung, Jombang, Jawa Ti-mur, geger, Sabtu (17/5).

Itu terjadi setelah wargamenemukan Muhammad FahriNajib alias Fiki (19), tukangparkir, warga Dusun MedanBhakti, Desa Sumobito, Keca-matan Sumobito, Jombang, da-lam kondisi berdarah-darah dilokasi parkir, depan terminal.

Saat ditemukan, korban su-dah meninggal dengan kondisileher korban bersimbah darah.Terdapat luka tusuk mulai leherkiri tembus leher bagian kanan.

Selain itu, ditemukan jugasebilah senjata tajam jenis sangkurdi dekat mayat. Penemuan itulantas dilaporkan ke Polsek Mojo-agung dan Polres Jombang.

Mayat almarhum selanjut-nya dievakuasi ke kamar mayatRSUD Jombang. Namun polisibelum berani memastikan pe-nyebab kematian korban. Polisihanya menyita barang buktiberupa sebilah sangkur tadi.

“Kami masih melakukanpenyelidikan terkait kematiankorban,” kata Kapolsek Mojoa-gung, Kompol Dodot Dwianto.

Ia mengungkapkan, berda-sarkan keterangan saksi, korbanbersama pamannya menjagapenitipan sepeda dan sepedamotor di areal terminal.

Sekitar pukul 11.30 WIB,makan siang di luar areal ter-minal. Namun sekitar 10 menitkemudian, paman korban di-beritahu warga kalau kepona-kannya terkapar bersimbahdarah di tempat parkir. “Saatpamannya datang, korban su-dah meninggal,” kata Dodot.

Ahmad Zamroni (46), or-ang tua korban, mengatakan,

SANGKUR DEKATMAYAT FIKI

■ Luka Tembus Di Leher Juru Parkir Muda

Pencuri TinggalkanTaksi Fadli

MARTAPURA - Mobil taksi untuk angkutan kota, jenis SuzukiCary ST 100 warna hijau, milik Fadli (45), akhirnya ditemukan.

Mobil parkir di pinggir Jalan A Yani, kawasan Tambrangan,Kabupaten Tapin Selatan. Warga melapor ke polisi karena takada pemiliknya.

Kapolsek Martapura Timur, Ipda Edi Prayogo, Sabtu (17/5), membenarkan. “Pelakunya kabur. Mungkin kehabisanbensin, mobil taksi ditinggal begitu saja,” katanya, serayamenambahkan mobil tersebut diamankan di polsek.

Sementara itu, korban, warga Desa Tambak Anyar Ulu RT2, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, mengu-cap rasa syukur mobilnya ditemukan kembali. “Senang saya,mobil saya ditemukan. Terima kasih kepada anggota PolsekMartapura Timur,” ucapnya. Sebelumnya, korban kehilangan mobil taksinya, Jumat (16/5). Bangun tidur, kaget mobilnya sudah tak ada. (lis)

Kangen KeluargaMalah Ditangkap

BANJARMASIN - Pinjam motor tetangga, malah digadaikandan uangnya pun untuk berjudi. Itulah yang dilakoni Ariyadi,warga Pekapuran Raya Galuh Sari 2, Kecamatan Banjarmasin

Timur.Lelaki perawakan ge-

muk itu sempat kagetketika dicegat polisi yangkemudian langsung me-nangkapnya, Sabtu (17/5) pukul 12.00 Wita.Namun akhirnya ter-diam setelah diberitahusoal motor tetangga itu.Sebelumnya, sekitarAgustus 2013, pelakupinjam Honda Beat DA6823 PM milik Dayat(30), teman sekaligus te-tangganya di PekapuranRaya. “Saya kenal baikdengan Dayat. Hampirtiap hari meminjam sepe-da motor itu,” akunyakepada polisi.

Namun kemudian, dia bukannya mengembalikan motor itutetapi malah menggadaikan motor itu. Melalui Uhud, temannya,motor itu digadaikan Rp 2.200.000 kepada Agus, warga Jalan JafriZamzam. “Saya perlu uang untuk main poker,” ucapnya pelan.

Kalah main poker, tersisa Rp 500 ribu dan digunakan untukongkos kabur ke Batulicin, Kabupaten Tanahbumbu. Dalampelarian, bekerja sebagai tukang. “Pulang ke Banjarmasin karenakangen keluarga,” susulnya.

Kanit Ramor Polresta Banjarmasin, Ipda Abdullah, mengatakan,anggotanya mendapat kabar kalau pelaku terlihat di Pekapuran. Setelahdicari, akhirnya dapat ditangkap. Dari keterangan pelaku, polisi jugamenggiring Agus dan Uhud. (buy)

BANJARMASIN POST GROUP/BURHANI YUNUS

ARIYARIYARIYARIYARIYADIADIADIADIADI (duduk) sedang diperiksapolisi, Sabtu (17/5).

BANJARMASIN - Hari masihpagi, tetapi warga di pinggiranSungai Martapura kawasan Ja-lan Mantuil Banjarmasin Sela-tan dihebohkan oleh pene-muan sesosok mayat menga-pung di samping Pabrik KaretBanua Lima Sejurus (Balimas),Sabtu (16/5) sekitar pukul 06.00Wita,

Mayat laki-laki itu pertamakali dilihat oleh Badriansyah(40) warga sekitar yang saat itumau ke sungai. “Saat itu saya

selama ini anaknya tidak mem-punyai masalah dengan oranglain. Almarhum, menurut Ah-mad Zamroni, tergolong anakpendiam.

Zamroni lantas bercerita,sekitar pukul 10.00 WIB, almar-hum pamitan untuk berangkatkerja. Mengenderai Vespa milik-nya, lantas berangkat dari ru-mahnya di Dusun MedanBhakti menuju terminal Mojoa-gung. “Sekitar pukul satu siangsaya dikabari Fiki meninggal,”ucap Zamroni. (sry)

ingin mandi. Saya lihat adawarna hitam besar mengapung.Saya dekati, ternyata manusia,”tutur Badriansyah.

Tak berapa lama, sejumlahSatpolairud Polresta Banjarma-sin melakukan evakuasi lalumencoba mengidentifikasi. Sa-yang, tak ada satu pun kartuidentitas pada jasad tersebut.

Yang diketahui hanya ciri-ciri fisik berupa usianya yang20-an, berbadan kurus, me-makai jeans hitam dan kaus

hitam. Selain itu, ada anting dikuping dan tato bunga di ta-ngan kanannya.

Kasat Polairud PolrestaBanjarmasin AKP Untung Wi-dodo, mengatakan, berdasarhasil pemeriksaan sementara,tidak ditemukan tanda-tandakekerasan pada mayat tersebut.“Di sisi lain, kami juga tidakada menerima laporan darimasyarakat sekitar yang kehi-langan anggota keluarganya,”kata AKP Untung. (buy)

Tato Bunga di Tangan Mayat

ANTARA /NYOMAN BUDHIANA

KAWALKAWALKAWALKAWALKAWAL - Petugas Bea Cukai mengawal Arsain (baju oranye), penyelundup sabu-sabu, di Kantor BeaCukai Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Sabtu (17/5). Tenaga kerja Indonesia (TKI) tersebutditangkap karena membawa 2,5 Kg sabu-sabu dari Kualalumpur, Malaysia, Jumat (16/5).

1805/M16