Metro Banjar edisi cetak Sabtu, 29 Juni 2013

download Metro Banjar edisi cetak Sabtu, 29 Juni 2013

of 16

  • date post

    10-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    305
  • download

    24

Embed Size (px)

description

Metro Banjar NO 4.682 TAHUN XIII ISSN 0215-2987

Transcript of Metro Banjar edisi cetak Sabtu, 29 Juni 2013

  • Jenahara KembaliSambangi Banua

    Eceran Rp 2.000 Langganan Rp 55.000 http://metrobanjar.banjarmasinpost.co.id NO 4.682 TAHUN XIII ISSN 0215-298716 Halaman SABTU 29 JUNI 2013

    z LIHUM

    2906/M1

    BERSAMBUNG KE HAL 8

    INDONESIADALAMTULISAN.COM

    MARTAPURA - H Darmawi (56)menatap sedih gudang penggi-lingan padi di Desa Teluk SelongRT3 RW1, Kecamata MartapuraBarat yang luluhlantak diamukapi, Jumat (28/6) sekitar pukul11.30 Wita. Dari 20 ton gabahkering yang terbakar di gudangitu, sebanyak 2,5 ton gabah milikDarmawi.

    Pria yang tinggal di DesaSungai Batang Ilir itu melihatdari dekat tumpukan gabah

    Darmawi Kehilangan2,5 Ton Gabah

    Gudang Penggilingan Padi Terbakar

    BERSAMBUNG KE HAL 8

    BANJARMASIN POST GROUP/NICKO RENDY

    PEKERJA gudang H Darmawi ikut membantu tuannya mencarigabah yang tak terkena jilatan api.

    BANJARBARU - Tidak adanyalampu penerangan jalan diJalan Trikora, Kota Banjarbaru,harus secepatnya diatasi olehinstansi terkait. Kalau tidak,akan banyak nyawa melayangsia-sia atau banyak warga yangterluka. Seperti yang dialamiBudi (30), yang nyaris celakasetelah mobil yang dikemudi-kannya menabrak tower sutet,Kamis (27/6) malam.

    Untungnya kecelakaantunggal itu tidak merengut nya-

    Budi TabrakTower Sutet

    Gelapnya Jalan TrikoraNyaris Minta Nyawa

    wa Budi. Warga Jalan Palem,Kota Banjarbaru itu hanya me-ngalami kerugian material. Mo-bil yang dikemudikan rusakdan harus dimasukkan kebengkel.

    Pria yang mempunyai satuanak tersebut mengatakan saatitu kondisi jalan sangat gelap.Karena gelap itulah dia tak bisamengendalikan mobilnya dankemudian menabrak tower su-

    BERSAMBUNG KE HAL 8

    SEHARI menjelang hari per-nikahan putri pertama Wali KotaBanjarmasin, H Muhidin, persia-pan terus dilakukan. Persiapankali ini lebih terfokuskan padadekorasi, mulai dari pelaminansampai panggung utama di hala-man Pemko Banjarmasin.

    Pantauan Metro Banjar, Jumat(28/6), dekorasi pelaminan dido-minasi bunga mawar. Ada merah,putih, dan pink. Bunga-bunga itu

    ISTIMEWA

    WALI KOTA H Muhidin (kanan) mendampingi putrinya, Hj Karmila dan suaminya,Harry Wijaya dalam foto bersama seusai pernikahan beberapa waktu lalu. Hari inidan besok, pesta perkawinannya digelar di Balai Kota.

    Muhidin Pesan Tongseng Kambing Hari Ini Pesta Pernikahan Putri Wali Kota Banjarmasin

    langsung didatangkan dari Sura-baya, sesuai dengan keinginanmempelai perempuan, Hj Karmila.

    Selain dekorasi, tak kalah serudalam pernikahan Hj Karmila danHarry Wijaya ini adalah sajianpada hari pertama perayaan pestapernikahan, Sabtu (29/6), yangdikhususkan para pejabat se-Kalsel dan undangan dari PulauJawa.

    Sebanyak 4.000 undangan

    telah disebar untuk perayaan haripertama itu. Sajian dipersembah-kan oleh Pawakha Catering. Pe-milik Pawakha Catering, GustiYulistina Wardani, menjelaskanmakanan yang dipesan adalahmakanan khas Banjar.

    Dari semua makanan, adapesanan khusus wali kota, berupatongseng kambing, yang jugamerupakan andalan PawakhaCatering. Tongseng kambing dan

    salad buah andalan kami, kata-nya, Jumat (28/6).

    Perempuan yang akrab disapaYuli ini menjelaskan, Pawakhamenyediakan 4.500porsi untuk para undangan, yangterbagi ke dalam dua bagian. Adasajian buffet (prasmanan) dansajian joglo.

    Bagi yang ingin santapan

    BERSAMBUNG KE HAL 8

    KAPAL TENGGELAM- Kapal pengangkut sembako dan barang daganganlainnya tenggelam di dermaga Pasar Sudimampir, Banjarmasin, Jumat (28/6).Rencananya barang-barang tersebut dijual di pasar-pasar tradisional yangada di pesisir Sungai Barito.

    BANJARMASIN POST GROUP/AYA SUGIANTO

    TREN busana musli-mah terus menunjukkanperkembangannya. Danini secara tidak langsungmelahirkan para desainermuda. Satu di antaranyaNadi Jenahara Nasu-tion atau yangbiasa dikenaldengan namaJenahara.

    Nama JenaharaBERSAMBUNGKE HAL 8 JENAHARA.COM

    BANJARMASIN - Niat MA (43)mengumpulkan uang untuk mem-bayar utang kepada temannya me-mang baik. Namun sayang, carayang pilihnya salah. Sopir taksi ininyambi menjual narkoba jenis sabu.

    Akibat perbuatannya melawanhukum itulah MA, mulai Rabu (26/6), berurusan dengan penyidik danmendekam di penjara MapolrestaBanjarmasin. Bersamaan denganitu, istri dan dua orang anaknyayang masih duduk di bangku SMP

    Jual Sabu untuk Bayar Utang Sopir Taksi Ditangkap Polisi

    dan SMA untuk sementara haruskehilangan kepala keluarga.

    Pengakuan MA, warga JalanLambung Mangkurat, Kelurahan

    Pemurus Baru Rt 33, penghasilan-nya sebagai sopir taksi tidak cukupuntuk membayar utang tersebut.Utang ulun hampir sepuluh juta-an. Sementara penghasilan ulunmenyopir cuma cukup untuk ma-kan keluarga, kata MA, yang dite-mui Jumat (28/6).

    Saat tidak punya cara lain untukmenambah penghasilan, kata MA,seorang temannya, Haris, warga

    Tanpa berpikirpanjang akan

    risikonya, saya terimatawaran itu,

    MASopir Taksi

    BERSAMBUNG KE HAL 8

    z Kapal dagang tambat didermaga Pasar SudimanpirBesar, Banjarmasin Tengah,Kamis (28/6).

    z Selama kapal tambat, parapedagang memuat barang-barang yang akan dijual dipasar tradisional di bantaranSungai Barito.

    z Usai memuat barang, parapedagang kembali kerumahnya masing-masing diBanjarmasin. DijadwalkanJumat (29/6) sekitar pukul03.00 Wita, kapal dagangberangkat.

    z Jumat (28/6) sekitar pukul01.00 Wita, penjaga kapal,Adul, melihat air memasukikapal. Diduga, kapal menga -lami kebocoran karenalambung kapal tertusuktunggul kayu.

    z Kapal tenggelambersama muatannya.

    Beberapa pekerjamelakukanpenyelaman untukmemastikanbarang di dalam

    kapal tidakterbawa

    arussungai

    Marta-pura.

    JEJAK TENGGELAMNYAKAPAL DAGANG

    BANJARMASIN POST GROUP/DONNY SOPHANDI

    Dedi Hartono

    H HASAN RUGIRATUSAN JUTA

    BANJARMASIN - Adul pa-nik bukan kepalang. Kapaldagang Karya Bersamayang ditungguinya tiba-tibakemasukan air dan bebe-rapa jam kemudian tengge-

    lam di Sungai Mar-tapura, te-

    Kapal Dagang Tenggelam di Sungai Martapurapatnya di dermaga PasarSudimampir Besar, Banjar-masin Tengah, Jumat (28/6) sekitar pukul 01.00 Wita.

    Tadi saya tidur. Sayaterbangun saat merasa ka-pal miring. Begitu saya li-hat, air sudah masuk ka-

    pal, ujar Adul.Adul menduga, kapal

    dagang tersebut mulai mi-

    BERSAMBUNGKE HAL 8

    KONDISI Dedy Hartono belum fit,pascabentrok timnya melawan

    Persipura Jayapura, Selasa (25/6) lalu. Namun, gelandangelegan Barito Putera ini,yakin dapat tampil saat

    laga tandang versusPersepam Madura Uniter, 3 Juli

    nanti. Memang masih agak sakit, tapi

    sudah mulai baikan, mudah-mudahan bisa cepat sembuh dankembali siap membela tim,katanya, Jumat (28/6).

    Pada laga melawanPersipura yangberakhir dengankemenangan Barito 1-

    0, Dedy tidak dapattampil penuh. Diaditarik keluar pada babak kedua,

    karena mengalami cedera.Dedy mengaku sangat ingin

    membela Barito saat bertandangke Bangkalan, markas Persepam

    MU, dalam lanjutan kompetisiIndonesia Super League 2012/13.

    Pasalnya, dia punyakenangan manis saatmelawan tim berjulukLaskar Sapeh Kerap diStadion Demang Lehman,Martapura, pada putaranpertama ISL, Selasa (19/2)lalu.

    Dalam laga putaranpertama yang disaksikanpendukung LaskarAntasari tersebut,Barito Putera berhasilmemulangkanPersepam MaduraUnited dengan skortipis 2-1.

    KenanganManis Dedy

    BERSAMBUNGKE HAL 8

  • Banjarbaru HighlightMetro Banjar2 SABTU 29 JUNI 2013

    BANJARBARU - Belasan awak media diKalsel mendapat jamuan spesial dari ja-jaran TNI Angkatan Udara LanudSyamsudin Noor, umat (28/6). Dalamacara bertajuk Coffe morning dan se-nam aerobik Lanud Syamsudin Noorbersama insan media Kalimantan Sela-tan belasan awak media menyatu danakrab dengan jajaran TNI AU LanudSyamsudin Noor.

    Danlanud Syamsudin Noor LetkolPnb Esron SB Sinaga bersama DanlanalBanjarmasin Dato Rusman berbaur de-ngan awak media. Hadir Ketua PWIKalsel Faturahman dan Kepala Banjar-masin Post Group Biro Banjarbaru DidikTriomarsidi.

    Dalam kesempatan itu Esron me-nyerahkan cenderamata berupa minia-tur pesawat Sukhoi kepada Ketua PWI

    BANJARBARU - Kelemahandalam pengawasan menjadititik penyebab banyaknya BaseTransceiver Station (BTS) diKota Banjarbaru yang bela-kangan ditemukan berdiri tan-pa mengantongi perizinan daribadan perizinan di kota ini.

    Bukan hanya pejabat se-tingkat kepala dinas yang me-ngakui kelemahan itu. WaliKota Banjarbaru, HM RuzaidinNoor pun secara terang-te-rangan mengakui kalau PemkoBanjarbaru telah kecolongan.

    Untuk meminimalisasihingga mencegah hal itu terjadilagi ia secara tegas meminta lu-rah di tiap wilayah memasti-kan bangunan yang berdiri diwilayahnya benar-benar telahberizin.

    Meski mengakui kecolong-an, namun mantan wakil walikota Banjarbaru itu memban-tah permasalahan BTS ini ter-jadi pada saat proses di pe-rizinan.

    Saat ditemui usai sidangparipurna di DPRD Banjarba-ru, Kamis (28/6) ia berangga-pan kendala atau penyebab se-hingga banyak BTS di KotaBanjarbaru belakangan tidakberizin itu terletak di penga-wasan. Bukan, di perizinan ka-rena untuk proses perizinansudah diserahkan kepada ba-dan perizinan.

    Jadi, kendala kita di pe-ngawasan yang membuatboleh dikatakan kita keco-

    longan, ujar dia membantahadanya permasalahan di peri-zinan.

    Adanya kejadian ini, iamengharapkan setiap kegiatanpembangunan di Banjarbaruaparat kelurahan harus datangmengecek apakah bangunanyang berdiri benar-benar berizin.

    Lurah, menurut dia, harusproaktif sebab kalau mengan-dalkan Dinas Perumtarung danWasbang dengan keterbatasanpersonel, sangat sulit. Apalagi,kebanyakan BTS justru diba-ngun ditempat-tempat yang

    letaknya cukup jauh sehinggatidak terpantau oleh aparatkelurahan.

    Ini menjadi PR kami yangharus diselesaikan, ungkapdia.

    Saat disinggung sikapnyaterhadap BTS tanpa izin yangsekarang ini ber