Metro Banjar edisi cetak Sabtu 19 Mei 2012

download Metro Banjar edisi cetak Sabtu 19 Mei 2012

of 16

  • date post

    09-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    305
  • download

    15

Embed Size (px)

description

Metro Banjar edisi cetak Jumat 19 Mei 2012

Transcript of Metro Banjar edisi cetak Sabtu 19 Mei 2012

  • Rp 2.000SABTU, 19 MEI 2012 z 16 HALAMAN z NO 4.284 zITH XII ISSN 0215-2987

    BANJARBARU- Akibat mi-nimnya lampu peneranganjalan umum (PJU) di Jalan AYani km 29 Guntung Payung,Kota Banjarbaru, Rudy (52)tidak sengaja tertabrak ge-robak pentol yang ada di de-pannya.

    Tertabrak di Jalan A Yanikm 29 Guntung Payung, KotaBanjarbaru, Kamis (17/5) pu-kul 20.00 Wita, itu akhirnyaminta nyawa. Istri Rudy, Is-miati (45), mengembuskannapas terakhir saat tiba diRSUD Ulin Banjarmasin.

    Meninggalnya Ismiati ituakibat luka yang dideritanyacukup parah. Pasalnya, se-

    Istri Tewas, Suami Kritis

    MARTAPURA- Identitas danjumlah pencuri yang mem-bobol brankas di toko emasSriya Mas Baru, Pasar BatuahBlok 2 A, Martapura, sudahdiketahui. Pasalnya aksi me-reka sempat terekam kamerapengintai atau CCTV.

    Tiga Lelaki Mondar-mandir Pencuri di Pasar Batuah Terekam CCTV

    Meski Toko emas milik HToni itu tidak dipasangi kamerapengintai, tapi kamera pengin-tai yang dipasang pemilik tokolain, yang berada tidak jauhdari toko emas Sriya Mas Baru,sempat merekam kejadian padamalam pencurian itu, Rabu

    (16/5) dini hari.Dalam rekaman kamera

    pengintai itu, tiga orang lelakidewasa bolak-balik di lorongtoko Pasar Batuah Blok 2 A.Di antara mereka ada yang

    BERSAMBUNG KE HAL 8

    Shogun vs Gerobak Pentol di Km 29telah sepeda motor yang dike-mudikan Rudy menabrak ge-robak pentol yang tengahbergerak searah ke Banjar-baru, Rudy dan Ismiati ter-lempar dari sepeda motorSuzuki Shogun SP DA 4257WA.

    Keduanya pun mengalamibenturan hebat di bagian ke-pala. Rudy langsung tidaksadarkan diri. Warga JalanPeramuan RT 1 RW 1 Kelu-rahan Landasan Ulin Timur(LUT) ini diduga mengalamigegar otak ringan.

    Ismiati juga tidak sadarkan

    BANJARMASIN POST

    GROUP/AYA SUGIAN

    TO

    KENANG-KENANG

    AN- Geisha menda

    pat kenang-kenanga

    n berupa kaus Sas

    irangan dari para p

    enggemarnya

    di Food Court Duta

    Mall, Banjarmasin, Ju

    mat (18/5).

    DARI pukul 14.00 Wita, Shirasudah berada di Food Court Duta

    Rasa Duta Mall. Anakbaru gede (ABG) ini pun memilihduduk di kursi paling depan, diacara Meet and Great Geisha, yangdigelar Jumat (18/5) sekitar pukul

    17.00 Wita.Kegelisahan sempat

    menghampiri Shira. Namunkegelisahan itu sedikit berkurang,karena ada adik dan ibunda yangsetia menemaninya.

    BERSAMBUNG KE HAL 8

    BERSAMBUNG KE HAL 8

    FOTO/HARI WIDODODITOLONG- petugas IGD RSUDBanjarbaru memberikan perto-longan kepada Ismiati. Namunnyawanya tidak tertolong saat tibadi RSUD Ulin Banjarmasin.

    JANGAN dilewatkan. Nontonbareng (nonbar) final Liga Championsantara Bayern Munchen versusChelsea, yang digelar BanjarmasinPost Group di Jalan ASMusyafa, Minggu(20/5) dinihari, bakaldimeriahkandua grupband asalbanua.

    Dua Band Hibur Pengunjung

    BERSAMBUNG KE HAL 8

    Ramalan Mereka

    Nonbar Final Liga Champions

    Ridha FendryaniMahasiswa STKIPJurusan Bahasa Inggris

    FormulaKhususLAGA final Liga

    Champion 2012 ini,merupakan peluangbesar bagi Chelseauntuk menunjukkan

    BERSAMBUNG KE HAL 8

    Bayi ItuTanpaTangan

    dan KakiBacaHalaman 8

    BPOST GROUP/CHOIRUMAN

    ISTIMEWA

    Tiga laki-lakidewasa,

    yang didugapelaku

    pencurian ditoko emas

    milik H Toni,terekam

    CCTV.

    BPOST GROUP/RENDY NICKO

    1905/M1

  • METROPOLITANMETRO BANJAR z SABTU, 19 MEI 2012 2

    Adu Roket di Depan Pak MenteriNapidah Akan Numpangdi Rumah Anak BANJARBARU - Dengan ce-ria Egi bersama lima rekan-

    nya datang ke lapangan se-pak bola Kampus UniversitasLambung Mangkurat (Un-lam) Banjarbaru, Jumat (18/5) sore.

    Siswa Kelas X SMAN 2Banjarbaru itu membawa bo-tol minuman ringan yang di-desain berbentuk roket seder-hana dan disambung meng-gunakan isolasi. Ini baruuntuk percobaan dan rang-kaian simulasi, ujar Egi ke-pada Metro.

    Dalam uji coba peluncurankemarin, roket hasil rakitanEgi dan kawan-kawan sudahbagus. Tinggal menentukanstandar tekanan air agar ja-tuhnya tepat di titik sasaranyang berjarak sekitar 56meter. Kami akan sempurna-kan lagi supaya siap saat lom-ba Minggu lusa (besok), kataEgi.

    Lomba roket air dimaksudmerupakan salah satu agendakegiatan mahasiswa FakultasPertanian Unlam Banjarbaru,dalam memperingati Hari Ke-

    bangkitan Nasional dan HariRiset dan Teknologi Nasional.

    Kami kirim tiga tim.Persiapan sekitar dua pekan.Semoga karya kami tidak ka-lah dengan peserta lainnya,harap Egi.

    Sementara itu, ketua pa-nitia penyelenggara, IndriaParamitha, menjelaskan,acara lomba roket tersebutakan diikuti oleh peserta daritingkat SMA, SMP, kalanganumum serta mahasiswa se-Kalsel.

    Total peserta sekitar 100tim, sebut perempuan yangdisapa Mita itu. Adapun tempatatau lokasi acara di area Lapa-ngan Sepakbola Unlam Ban-jarbaru Jalan A Yani Km 34Banjarbaru.

    Acara ini kami konsepsains for all, atau membuatilmu pengetahuan bisa disukaisemua orang. Jadi, bagi yangingin menikmati akhir pekan,bisa datang, jelas Mita.

    Jadi istimewa karena lom-ba peluncuran tersebut diren-canakan akan dihadiri Menris-tek RI, Gusti Muhammad

    Hatta. Semoga beliau bisadatang, harap Mita.

    Sebelumnya, imbuh dia,pada Sabtu (19/5) atau pagi inidiadakan workshop pembuat-an roket air.

    Para peserta bisa ikutkegiatan ini sambil belajarmengenai teknis perakitandan peluncuran, ujarnya.

    Sementara itu, salah se-

    orang panitia, Septian menje-laskan, lomba roket tersebutterinspirasi dari mata kuliahdasar yang pernah merekaikuti.

    Awalnya ini merupakanmata kuliah dasar dalam mem-pelajari tekanan udara. Tapikami pikir menarik dan asyikjuga dibikin lomba peluncuranroket, tuturnya. (gep)

    BANJARMASIN - Bilatak ada kendala, pemba-yaran atas pembebasanlahan di tiga kawasandilakukan pada pekanini. Hal itu dikatakan olehKabag Tapem PemkoBanjarmasin, ChairulSaleh.

    Insya Allah pekankeempat Mei ini, sebutdia, kemarin. Saat inikami sedang memverifikasi data.

    Ketiga kawasan tersebut adalah lahan diJalan Veteran, Terminal Kilometer 6, dan JalanKapten Piere Tendean. Adapun peruntukkannya;Veteran terkait pelebaran jalan oleh PemprovKalsel, Terminal untuk perbaikan yang akandilakukan oleh Dishubkominfo dan PiereTendean untuk pembangunan siring yangdilakukan oleh Balai Besar Sungai Wilayah IIKalimantan.

    Data untuk pembebasan lahan di wilayah ter-sebut, yakni ukuran tanah dan bangunan sudahdiverifikasi. Tim appraisal pun telah memberikan

    nilai sementara. Namun, masih melengkapi dataterakhir dari Kelurahan Sungai Baru.

    Secara terpisah, salah satu warga yang terkenapembebasan lahan, Napidah, mengatakan, saatini dia hanya menunggu kepastian pembayaranrumahnya yang berada di Jalan Kapten PiereTendean No 31 RT 1 RW 1 Banjarmasin.

    Berdasarkan informasi yang diketahuinya,miliknya itu dihargai Rp 1 juta per meter. Untuktotal biaya ganti rugi, dia mengaku tidak me-ngetahui.

    Mengenai kepindahannya, dia mengatakanakan mengikuti anaknya yang tinggal di SungaiAndai. Kapanpun pemko membebaskan lahan-nya, ibu sembilan putra itu menyatakan siap.

    Ya kalau kata pemerintah harus, ya harus,ujar perempuan yang sehari-hari berdagangkelontong itu. (dia)

    Pekan Ini Pembayaran Lahan Jalan Veteran

    YYYYYang Bakal Dibebaskanang Bakal Dibebaskanang Bakal Dibebaskanang Bakal Dibebaskanang Bakal Dibebaskan

    Jalan Veteran : 15 dari 81 persil tanah danbangunan. Dana Rp 8 miliar.

    Terminal Km 6 : 10 persil + sembilanbangunan.Dana Rp 3 miliar.

    Piere Tendean : 50 persil

    Chairul Saleh

    Bos Kelotok Siap Blokir Alur BaritoBANJARMASIN - Para pemilik kelotok(kapal kecil bermesin) di kota ini menyatakansiap melakukan pemblokiran alur sungaiBarito, untuk mencegah melintasnya tongkangpengangkut batu bara.

    Hal itu disampaikan Askani, Ketua Per-kumpulan Kelotok Yapahut di PelabuhanTrisaksti Banjarmasin, Jumat (18/5). Menurutpria yang membawahi sekitar 70 pemilik kelotoktersebut, pihaknya merasa terganggu olehtongkang yang hilir mudik.

    Selain rawan terjadinya kecelakaan diperairan, debu batu baranya sangat memba-hayakan penumpang kelotok yang kebetulanberada di dekatnya. Makanya kami setujukalau diblokir, tegas Askani.

    Saat dijelaskan bila persoalan tidak hanyasebatas itu, tetapi terkait ancaman empatgubernur di Kalimantan yang tak akanmenyuplai batu bara ke pulau Jawa, apabilajatah BBM mereka tidak ditambah olehpemerintah pusat, Askani mengaku tidak tahu.Kalau itu kami belum tahu, ucapnya lugu.

    Sebelumnya di tempat lain, Forum PeduliBanua Kalimantan Selatan (FPB Kalsel)menyatakan akan memblokir semua alursungai yang menjadi pintu keluar masukemas hitam tersebut. Hal itu disampaikandalam silaturahmi Pemuda KalimantanSelatan Jabodetabek di Hotel Mulia Jakarta,Kamis (10/5) pekan lalu.

    Dalam silaturahmi tersebut, hadir be-berapa tokoh muda asal Kalsel. Di antaranyaFadjroel Rachman, Gusti Farid Hasan Aman(anggota DPD), MS Siddiq (aktivis JaringanIntelektual Muda Kalimantan/Jimka) danaktivis lainnya.

    Masyarakat Kalsel sangat mendukungkeputusan empat gubernur melarang batubara keluar Kalimantan. Kami akan mem-blokir alur sungai supaya tidak ada batu barayang bisa keluar Borneo, kata Ketua FPBKalsel, Gusti Nuripansyah.

    Alumnus FISIP Unlam Banjarmasin itumengatakan, pemblokiran akan dilakukanmenjelang batas waktu yang diberikankeempat gubernur di Kalimantan, yakni 31Mei 2012.

    Di tempat yang sama, anggota KomisiIII DPR RI asal Kalsel, Aditya MuftiArifin menyatakan mendukungrencana tersebut.

    Ovi, sapaan Aditya, me-ngatakan langkah itu tepat de-mi mendapatkan perhatian terha-dap keberimbangan suplai energikepada masyarakat di daerah.

    Di Jakarta mana ada orang antrepanjang di SPBU. Sementara di Kalsel, listrikmati tiap hari. Padahal energi itu bera-sal dari Kalimantan, ucap Ovi.

    Menurut dia, banyak sumber da-ya alam asal Kalimantan yang di-sumbangkan untuk Indo