Metoda perhitungan umur benda dengan peluruhan radioaktif

download Metoda perhitungan umur benda dengan peluruhan radioaktif

of 14

  • date post

    12-Apr-2017
  • Category

    Education

  • view

    483
  • download

    3

Embed Size (px)

Transcript of Metoda perhitungan umur benda dengan peluruhan radioaktif

Slide 1

Nama: NurhasanahNIM : A1C312001 Judul:Metoda Perhitungan Umur Benda dengan Peluruhan Radioaktif

PendahuluanHal yang paling menarik dari skenario para evolusionis adalah umur dari fosil-fosil danusia bumi.Namun, umur benda-benda yang ditentukan oleh evolusionis tersebut tidak ilmiahOleh karena itu fisikawan menemukan metoda perhitungan umur suatu benda dengan peluruhan radioaktifDiantaranya perhitungan menggunakan Karbon 14 dan radiometrik

Rumusan MasalahApa yang dimaksud dengan Karbon 14?Bagaimana proses test Karbon 14 untuk menghitung umur sebuah fosil?Bagaimana proses test Radiometrik untuk menghitung umur sebuah fosil?

PEMBAHASAN 2.1 Pengertian Karbon 14 2.2 Test Karbon 14 2.3 Tes Radiometrik

Pengertian Karbon 14Karbon 14 adalah senyawa yg memiliki waktu paruh 5730 tahun. Dengan waktu paruh yang cukup besar ini. Itu berarti berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk setengah inti meluruh setelah 5730 tahun. Jika kita mulai dengan satuan massa gram, kita berakhir dengan massa setengah gram. Dengan begitu kita bisa mengukur usia sebuah benda dengan peluruhan.

Gambar Karbon 14

Penjelasan Test Karbon-14 Karbon-14 bisa digunakan untuk memperkirakan umur makhluk hidup, karena elemen radioaktif yang ditemukan di dalam makhluk hidup hanyalah karbon-14.

Penjelasan Test Karbon-14 Setengah-umur dari karbon-14 adalah mendekati 5.730 tahun, yang berarti setiap 5.730 tahun setengan dari jumlah karbon-14 yang ada di dalam makhluk hidup menjadi rusak. Contohnya, jika ada 10 gram karbon-14 di dalam tubuh makhluk hidup 5.730 tahun yang lalu, hari ini akan tinggal 5 gram

Grafik Peluruhan Karbon 14

Contoh hasil Test Karbon 14Tes karbon-14 yang dilakukan terhadap anjing laut yang baru saja mati, menunjukkan umur 1.300 tahun.Umur dari tiram yang masih hidup adalah 2.300 tahun.Tanduk rusa yang sama menunjukkan umur 5.340, 9.310 dan 10.320 tahun.Kulit kayu pohon memberikan hasil 1.168 dan 2.200 tahun saat ketika diukur dalam waktu yang bersamaan.Di kota Jarmo Irak Utara orang-orang di sana hidup 500 tahun lalu, tetapi dengan tes karbon-14 umurnya adalah 6.000 tahun.

Test Radiometrik. Teknik test Radiometrik terletak pada prinsip bahwa atom tidak stabil di material radioaktif akan berubah menjadi atom stabil dalam satu interval waktu tertentu. Kenyataan bahwa perubahan ini terjadi dengan jumlah yang sudah dipastikan dan juga dalam periode waktu yang tertentu, membuat timbulnya gagasan untuk mempergunakan data ini sebagai penentu dari umur fosil dan umur bumi.

Test RadiometrikAda sejumlah test radiometrik mempergunakan prinsip ini : material radiometer berubah terhadap waktu. Bahan dari berbagai material setengah-umur dipergunakan untuk membuat perkiraan historis dari berbagai jenis batuan

KesimpulanSupaya tepat dalam memperkirakan umur sebuah sampel, tiga fakta di bawah ini harus diperhatikan:1. Jumlah material radioaktif yang dimiliki oleh batuan mula-mula2. Jumlah atom stabil yang ada di batuan mula-mula3. Gas eksternal yang masuk ke dalam batuan.