Merakit Laptop Acer Aspire 7250-E304G50MN

of 43 /43
LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI MERAKIT LAPTOP ACER ASPIRE 7250- E304G50MN DI PT. 3CHILD PLUS COMPUTER Laporan ini dibuat sebagai salah satu bahan pertanggungjawaban penulis selama mengikuti Praktek Kerja Industri (Prakerind) di 3CHILD PLUS COMPUTER Batam Tanggal 7 Januari s/d 12 April 2013 Disusun Oleh: Nama : Harsy Septa Ladiba NIS : 11083 Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan i

Embed Size (px)

Transcript of Merakit Laptop Acer Aspire 7250-E304G50MN

LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRIMERAKIT LAPTOP ACER ASPIRE 7250-E304G50MN DI PT. 3CHILD PLUS COMPUTER

Laporan ini dibuat sebagai salah satu bahan pertanggungjawaban penulis selama mengikuti Praktek Kerja Industri (Prakerind) di 3CHILD PLUS COMPUTER Batam Tanggal 7 Januari s/d 12 April 2013

Disusun Oleh: Nama NIS Kompetensi Keahlian Program Studi Keahlian : Harsy Septa Ladiba : 11083 : Teknik Komputer dan Jaringan : Teknik Komputer dan Informatika

DINAS PENDIDIKAN KOTA BATAM SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 6 BATAM TAHUN 2012/2013 Alamat: Kampung Panau, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa-Batam Telp: (0778) 7340056, 7050106 Email: [email protected]

i

ii

HALAMAN PENGESAHAN INDUSTRI

MERAKIT LAPTOP ACER ASPIRE 7250-E304G50MN DI PT. 3CHILD PLUS COMPUTER

Laporan ini telah disahkan dan disetujui Pada tanggal 12 April 2013 di Batam, oleh:

Pimpinan Perusahaan/

DEDEN RAHKMAT

iii

HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH

MERAKIT LAPTOP ACER ASPIRE 7250-E304G50MN DI PT. 3CHILD PLUS COMPUTER

Laporan ini telah disahkan dan disetujui Pada tanggal 12 April 2013 di Batam, oleh:

A.N kepala SMK N 6 BATAM Waka humas, Pembimbing Laporan,

MEKY KURNIAWAN, S.Pd NIP: 197908292011011001

JASMIYANTO, S.Kom NIP: 198406102011011002

Mengetahui, Kepala SMK Negeri 6 Batam

NURSYABANI, S.Pd NIP: 197010121997032006

iv

KATA PENGANTARPuji syukur kehadirat Tuhan YME atas segala rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan Praktik Kerja Industri (Prakerind) yang bertempat di Gedung Carnaval Mall Batam selama 4 bulan dengan baik dan lancar. Dengan adanya Praktek Kerja Industri (Prakerind) ini, kami dapat menambah wawasan dan pengalaman, serta dapat mempraktekkan ilmu yang telah Bapak/Ibu guru berikan di sekolah sebagai penunjang selama mengikuti Praktek Kerja Industri (Prakerind). Dengan diadakannya Praktek Kerja Industri (Prakerind) ini, siswa tidak canggung dalam menghadapi dunia usaha yang sesungguhnya. Laporan ini merupakan bukti tertulis bahwa kami telah melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerind) di PT. 3CHILD PLUS COMPUTER Batam. Kami mengucapkan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu, membimbing dan memberikan dukungan kepada kami dalam pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerind). Dengan selesainya laporan ini, kami ucapkan terimakasih kepada: 1. Bapak Deden Rahkmat selaku pimpinan di PT.3CHILD PLUS COMPUTER. 2. Seluruh Karyawan di PT.3CHILD PLUS COMPUTER. 3. Ibu Nursyabani, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 6 Batam. 4. Bapak Meky Kurniawan, S.Pd selaku Koordinator Prakerin SMK Negeri 6 Batam. 5. Ibu Arum Wijayanti, S.T selaku kepala jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 6 Batam. 6. Bapak Jasmiyanto, S.Kom selaku Pembimbing Laporan SMK Negeri 6 Batam. 7. Bapak atau Ibu guru kami yang telah memberi semangat dan dorongan, keluarga dan saudara-saudara kami, serta semua pihak yang telah banyak membantu dalam pembuatan laporan ini.

v

Kami menyadari bahwa laporan ini jauh dari kesempurnaan. Adapun kelebihan dan kekurangan dari laporan ini, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan untuk perbaikan. Kami berharap laporan Prakerind ini akan memberi manfaat bagi pembaca dan pengalaman penulis.

Batam, 12 April 2013 Penulis,

HARSY SEPTA LADIBA NIS: 11083

vi

DAFTAR ISISampul Depan/ Halaman Judul Lembar Pengesahan Industri Lembar Pengesahan Sekolah Kata Pengantar Daftar Isi BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Judul B. Pembatasan Masalah C. Tujuan Pembuatan laporan BAB II TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN A. Sejarah Perusahaan B. Struktur Organisasi C. Visi dan Misi BAB III MERAKIT LAPTOP ACER ASPIRE A. Landasan Teori 1. Penentuan Konfigurasi Laptop 2. Persiapan Komponen dan Perlengkapan 3. Pengamanan B. Pembatasan Masalah C. Langkah Kerja BAB IV PENUTUP A. Kesimpulan B. Saran C. Kesan 3 3 i ii iii iv vi 1 1 1 1

BAB I PENDAHULUANA. Latar Belakang Judul Sesuai dengan pekerjaan yang penulis pelajari di PT. 3CHILD PLUS COMPUTER Batam, maka penulis dapat membuat dan menulis judul yaitu, MERAKIT LAPTOP ACER ASPIRE 7250-E304G50MN. Penulis memilih judul tersebut agar penulis dapat memahami lebih banyak lagi tentang merakit laptop.

B.

Pembatasan Masalah Adapun Pembatasan Masalahnya adalah sebagai berikut:

1. Penentuan Kofigurasi Laptop. 2. Persiapan Komponen dan Perlengkapan. 3. Pengamanan.

C.

Tujuan Pembuatan Laporan Selain tujuan Praktek Kerja Industri (Prakerind) untuk kenaikan kelas,

disamping itu tujuan lain yang di peroleh siswa selama mengikuti Praktek Kerja Industri (Prakerind) diantaranya: 1. Sebagai pelatihan dan pengalaman untuk menyelesaikan pekerjaan yang di berikan, peranan tanggung jawab, ketelitian, ketekunan, kerapian, serta kemampuannya. 2. Sebagai tambahan atas pengetahuan terhadap siklus-siklus yang terjadi dalam proses Praktek Kerja Industri (Prakerind). 3. Secara umum dapat beradaptasi dan berkomunikasi dengan orang-orang dilingkungan kerja yang sebenarnya. 4. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian yang professional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan dan keteranpilan kerja yang sesuai dangan tuntutan lapangan kerja.

1

2

5. Menyiapkan para siswa untuk belajar bekerja secara mandiri, bekerja dalam suatu tim dan mengembangkan potensi serta kreatifitas sesuai dengan minat dan bakat masing-masing. 6. Meningkatkan status dan kepribadian para siswa sehingga mereka mampu berinteraksi, berkomunikasi dan memiliki rasa tanggung jawab dan disiplin yang tinggi. 7. Memberikan kesempatan dan garansi bagi para siswa yang berpotensi untuk menjadi tenaga kerja terampil dan produktif berdasarkan pengakuan standar profesi lapangan kerja.

BAB II TINJAUAN UMUM PT. 3CHILD PLUS COMPUTERA. Sejarah Perusahaan PT. 3CHILD PLUS COMPUTER Berdirinya toko tempat kami Prakerind ini berawal dari keinginan sang pemilik toko yang bernama Deden Rahkmat mendirikan sebuah usaha yang bisa selalu eksis walaupun dunia ini terus berkembang, dengan pemikiran yang matang akhirnya dipilihlah usaha yang bergerak dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi berupa usaha jual beli komputer dan laptop, pemasangan jaringan dan pelayanan servis komputer. Sehingga tepat pada tanggal 1 Februari 2005 toko tempat kami Prakerind ini didirikan dan diberi nama 3CHILD PLUS COMPUTER yang bertempat di Jln. Engku Putri, Carnaval Mall (Batam Center). Dengan seorang pegawai yang bernama Endra Louky Nugroho. Toko ini menjalin kerja sama dengan berbagai toko komputer yang ada di Carnaval Mall sendiri, antara lain: Bintang komputer, Bens Komputer,Sumatera Komputer dll.

(Gamabar 1.1)

3

4

B. Struktur Organisasi

KETUA DEDEN RAHKMAT

BENDAHARA IRMA

(Gambar 2.1)

5

C. Visi dan Misi Perusahaan Layaknya perusahaan pada umumnya yang mempunyai misi dan visi perusahaannya, toko yang kami tempati mempunyai visi dan misi yang diharapkan dengan adanya visi dan misi tersebut, toko ini dapat bersaing di dunia usaha yang dijalaninya. Visi dan misinya antara lain adalah sebagai berikut: 1) Visi a) Ikut serta memajukan teknologi komunikasi dan informasi di Indonesia. b) Meningkatkan minat beli dan memberikan pelayanan yang baik kepada para pelanggan dengan setulus hati.

2) Misi a) Selalu meng Up Date produk lama dengan produk yang baru. b) Berusaha memenuhi segala kebutuhan konsumen. c) Memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. d) Siap bersaing dengan baik.

BAB III MERAKIT LAPTOP ACER ASPIRE 7250-E304G50MN DI PT. 3CHILD PLUS COMPUTERA. Landasan Teori 1. Penentuan Konfigurasi Laptop Konfigurasi laptop berkait dengan penentuan jenis komponen dan fitur dari laptop serta bagaimana seluruh komponen dapat bekerja sebagai sebuah sistem yang sesuai keinginan kita. Penentuan komponen dimulai dari jenis Processor, Motherboard, lalu komponen lainnya. Faktor kesesuaian atau kompatibilitas dari komponen terhadap Motherboard harus diperhatikan, karena setiap jenis Motherboard mendukung jenis Prosessor. 2. Persiapan Komponen dan Perlengkapan Komponen laptop beserta perlengkapan untuk perakitan di persiapkan lebih dahulu untuk memudahkan perakitan. Perlengkapan yang di siapkan terdiri dari: a. Komponen laptop. b. Kelengkapan komponen seperti Kabel, Sekerup, Jumper, Baut dan Sebagainya. c. Buku manual dan referensi dari komponen. d. Alat bantu berupa Obeng Pipih dan Philips Software sistem operasi, Device Driver dan program aplikasi. 3. Pengamanan Tindakan pengamanan diperlukan untuk menghindari masalah seperti kerusakan komponen oleh muatan listrik statis, jatuh, panas berlebihan atau tumpahan cairan.

6

7

B. Prinsip Kerja Sebelum memulai perakitan yang perlu di siapkan adalah komponen dan perlengkapannya terlebih dahulu. a) Berikut adalah komponen yang perlu di persiapkan : 1. LCD Acer Aspire 7250-E304G50MN

(Gambar 3.1)

2.

Speaker

(Gambar 3.2)

8

3.

Card USB

(Gambar 3.3)

4.

VGA Card

(Gambar 3.4)

5.

Battery CMOs

(Gambar 3.5)

9

6.

Card Switch Button

(Gambar 3.6)

7.

Sekrup

(Gambar 3.7)

10

8.

Processor Core i3

(Gambar 3.8)

9.

RAM ( Random acces memory )

(Gambar 3.9)

11

10. Hard Disk Drive

(Gambar 3.10)

11. DVD/CD ROOM

(Gambar 3.11)

12

12. Internal FAN

(Gambar 3.12)

13. Wireles Card

(Gambar 3.13)

13

14. Motherboard

(Gambar 3.14)

15. Battery

(Gambar 3.15)

14

16. Casing Acer Aspire 7250-E304G50MN

(Gambar 3.16)

15

b) Berikut adalah perlengkapan yang perlu di siapkan : 1. Obeng (-) Fungsi obeng minus salah satunya adalah membuka dan menutup pengunci pada processor.

(Gambar 4.1)

2.

Obeng (+) Salah satu fungsi obeng plus adalah membuka sekrup pada bagian casing.

(Gambar 4.2)

16

3.

Gelang anti statis Gelang statis di gunakan untuk mencegah kerusakan komponen karena listrik statis.

(Gambar 5.3)

17

C. Langkah kerja 1. Pasang Motherboard pada casing

(Gambar 5.1)

2.

Kunci Motherboard pada casing dengan sekrup.

(Gambar 5.2)

18

3. Pasang processor, kunci processor dengan menggunakan obeng minus

(Gambar 5.3)

4.

Pasang RAM pada slot yang tersedia

(Gambar 5.4)

19

5.

Pasang Wireles Card pada slot yang tersedia

(Gambar 5.5)

6.

Pasang Heatsink pada processor dan Fan

(Gambar 5.6)

20

7.

Pasang kabel LCD di socket pada Motherboard

(Gambar 5.7)

8.

Pasang kabel Wireless Card pada slotnya

(Gambar 5.8)

21

9.

Pasang socket Hard Disk pada slotnya

(Gambar 5.9) 10. Pasang Card USB

(Gambar 5.10)

22

11. Pasang kabel Card USB pada socketnya

(Gambar 5.11)

23

12. Pasang casing(Bagian Belakang/Depan) (Gambar 5.12)

13. Pasang kabel mouse pada socketnya

(Gambar 5.13)

24

14. Pasang kabel tombol power dan kabel speaker

(Gambar 5.14)

15. Pasang kabel keyboard pada socketnya

25

(Gambar 5.15)

16. Kunci casing dengan sekrup yang tersedia

(Gambar 5.16)

17. Pasang Battery dan selesai

26

(Gambar5.17)

BAB IV PENUTUPA. KESIMPULAN Setelah pelaksanaan proses serta interaksi dengan proyek produksi kegiatan Prakerin, maka penulis dapat menyimpulkan beberapa hal antara lain: 1. Kegiatan Prakerin merupakan kegiatan yang positif bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) karena dengan kegiatan ini dapat

meningkatkan kompetensi siswa. 2. Kegiatan Prakerin merupakan kesempatan yang sangat memberikan ruang kepada siswa SMK untuk mengembangkan kemampuan sesuai dengan kompetensi masing-masing. 3. Kegiatan Prakerin memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi siswa SMK untuk menunjukkan kemampuannya pada dunia industri atau perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja yang kompeten di bidang teknologi informasi 4. Kegiatan Prakerin merupakan media promosi kemampuan siswa SMK sebagai tenaga kerja yang matang dalam menyongsong dunia kerja.

D. SARAN Setelah melaksanakan proses pembuatan Laporan Prakerin, maka penyusun mempunyai beberapa saran yang ingin disampaikan kepada pihak sekolah dan instansi selaku pihak yang terkait langsung dengan pelaksanan kegiatan Prakerin, antara lain sebagai berikut:

27

28

1. Kegiatan melaksanakan Prakerin ini merupakan kegiatan yang positif bagi semua pihak baik untuk mengembangkan kemampuan individu maupun sebagai sarana untuk menilai sejauh mana keberhasilan sekolah dalam menyiapkan siswanya untuk diterjunkan ke dunia kerja, sehingga perlu ditingkatkan baik dari segi struktual maupun operasional. 2. Sekolah hendaknya membekali ilmu-ilmu dasar yang banyak diaplikasikan di dunia industri sehingga pada saat siswa melaksanakan kegiatan prakerin, siswa tidak banyak menghadapi kendala yang berhubungan dengan materi akademis, yang pada kenyatan siswa masih dibingungkan dengan masalah yang dihadapi di dunia usaha. 3. Sekolah hendaknya memperbanyak frekuensi bimbingan dan pengawasan kegiatan prakerin. 4. Sekolah hendaknya merencanakan program tidak lanjut dari kegiatan prakerin sebagai media promosi kemampuan dan kompetensi siswa.

E. KESAN Kesan dan pesan saya selama prakerin di PT. 3CHILD PLUS COMPUTER : Kesan: 1. Perpisahan bukan akhir dari segalanya tapi awal dari sebuah perjalanan, perjuangan kita masih panjang. 2. Selama saya prakerin di PT. 3CHILD PLUS COMPUTER ini saya telah memperoleh banyak ilmu bermanfaat yang di sekolah belum saya dapatkan seperti: a. Merakit PC/LAPTOP. b. Menginstal windows 7/XP/VISTA/dll. c. Servis hardware dan software.

29

DAFTAR PUSTAKAHarsy, Septa L (2013). Merakit Laptop Acer Aspire 7250-E304G50MN. Batam: Elex Media Komputindo.