Menulis Esai Bahsa Indonesia SMA

download Menulis Esai Bahsa Indonesia SMA

of 12

  • date post

    10-Aug-2015
  • Category

    Education

  • view

    21
  • download

    9

Embed Size (px)

Transcript of Menulis Esai Bahsa Indonesia SMA

  1. 1. Assalamualaikum Wr. Wb MENULIS ESAI Bahasa Indonesia
  2. 2. PengertianEsai Esaisering juga disebut artikel, tulisan, atau komposisi. Dalamarti yang lebih luas, esai juga dipahami sebagai sebuah karangan. Secaraumum, esai didefinisikan sebagai sebuah karangansingkat yang berisi pendapat atauargumen penulis tentang suatu topik. Biasanya, seseorang menulis esai karena ia ingin memberikan pendapat terhadap suatu persoalan atau fenomena yang terjadi dalam masyarakat. Penulis esai, atau sering disebut esais, dapat juga mengupas suatu topik atau persoalan dan memberikan tanggapan dan pendapatnya atas topiik atau persoalan yang dibahasnya
  3. 3. Bagian Esai Sebuah esai dasar bisa dibagi menjadi tigabagian yaitu: Pertama, pendahuluan yang berisi latarbelakang informasi yang mengidentifikasi subyek bahasandan pengantar tentang subyek yang akan dinilai oleh si penulis tersebut. Kedua, tubuh esai yang menyajikan seluruh informasi tentang subyek. Ketiga, adalahbagian akhir yang memberikan kesimpulan dengan menyebutkan kembali ide pokok, ringkasan dari tubuh esai, atau menambahkan beberapa observasi tentang subyek yang dinilai oleh si penulis.
  4. 4. Ciri-CiriEsai Berbentuk prosa, artinya dalam bentuk komunikasi biasa, menghindarkan penggunaan bahasa dan ungkapan figuratif. Singkat, maksudnya dapat dibaca dengan santai dalam waktu dua jam. Memiliki gaya pembeda. Seorang penulis esai yang baik akan membawa ciri dan gaya yang khas, yang membedakan tulisannya dengan gaya penulis lain. Selalu tidak utuh, artinya penulis memilih segi-segi yang penting dan menarik dari objek dan subjek yang hendak ditulis. Penulis memilih aspek tertentu saja untuk disampaikan kepada para pembaca. Memenuhi keutuhan penulisan. Mempunyai nada pribadi atau bersifat personal, yang membedakan esai denganjenis karya sastra yang lain adalah ciri personal.
  5. 5. Bahasa Esai Baku Struktur yang digunakan sesuai dengan kaidah bahasa indonesia baku, baik mengenai struktur kalimat maupun kata. Demikian juga, pemilihan kata/istilah, dan penulisan sesuai dengan kaidah ejaan yang disempurnakan (EYD) Logis Ide atau pesan yang disampaikan melalui bahasa indonesia ragam ilmiah dapat diterima akal Denotatif Kata yang diungkapkan dengan kalimat pendek sesuai dengan kebutuhan, pemakaian kata seperlunya, tidak berlebihan.
  6. 6. Ringkas Ide dan gagasandiungkapkan dengankalimatpendek sesuai dengankebutuhan,pemakaiankata seperlunya, tidak berlebihan, tetapiisinya benar. Runtun Ide diungkapkansecara teratur sesuaidengan urutan dan tingkatannyabaik dalam kalimatmaupundalam paragraf
  7. 7. Tipe-TipeEsai a.EsaiDeskriptif Esaideskriptifbiasanya bertujuanmenciptakankesantentang seseorang,tempat,ataubenda. b.EsaiEkpositori Esaiini menjelaskansubyekkepembaca.Biasanya dilengkapi denganpenjelasantentangproses, membandingkandua hal, identifikasihubungan sebab-akibat,menjelaskandengan contoh, membagidan mengklasifikasikan,ataumendefinisikan.
  8. 8. c.EsaiNaratif Menggambarkansuatu ide dengancara bertutur. Kejadian yang diceritakan biasanya disajikan sesuai urutanwaktu d.Esaidokumentatif Memberikan informasi berdasarkan suatupenelitiandi bawah suatuinstitusiatauotoritas tertentu.Esai ini mengikutipanduan dariMLA, APA, atau panduan Turabian.
  9. 9. Langkah-langkahmembuatesai Menentukan tema atautopik Membuat outline ataugaris besar ide-ide yang akan kita bahas Menuliskan pendapat kitasebagai penulisnya dengan kalimatyang singkat dan jelas Menulis tubuh esai memulai dengan memilah poin penting yang akan dibahas, kemudian buatlah beberapa subtema pembahasan agar lebih memudahkan pembaca untuk memahami maksud dari gagasan kita sebagai penulisnya, selanjutnya kita harus mengembangkan subtema yang telah kita buat sebelumnya.
  10. 10. Membuatparagrafpertamayang sifatnyasebagaipendahuluan. Menuliskankesimpulan.Ini pentingkarena untukmembentuk opinipembacakitaharus memberikankesimpulanpendapatdari gagasankitasebagaipenulisnya. Janganlupa untuk memberikansentuhanakhir pada tulisankita agar pembacamerasabisa mengambilmanfaatdari apayang kita tulistersebutdengan mudahdan sistematissehingga membentukkerangkaberpikirmerekasecara utuh.
  11. 11. Terima Kasih