Menjaga kebersihan

Click here to load reader

  • date post

    14-Jan-2017
  • Category

    Education

  • view

    520
  • download

    2

Embed Size (px)

Transcript of Menjaga kebersihan

MENJAGA KEBERSIHAN

MENJAGA KEBERSIHANTUGAS PRESENTASIKELAS VIII 3

DIPERSEMBAHKAN OLEHKELOMPOK III

JUWITAFARISAMANDAYUDA

PENGERTIAN

Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di antaranya, debu, sampah, dan bau. Kebersihan adalah salah satu tanda dari keadaan hygene yang baik. Manusia perlu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar sihat, tidak berbau, tidak malu, tidak menyebarkan kotoran, atau menularkan kuman penyakit bagi diri sendiri maupun orang lain.

RUANG LINGKUPKebersihan mencakup pada 2 hal yaitu:Kebersihan badan ; Kebersihan badan meliputi kebersihan diri sendiri, seperti mandi, gosok gigi, mencuci tangan, dan memakai pakaian yang bersih.Kebersihan lingkungan ; Kebersihan lingkungan adalah kebersihan tempat tinggal, tempat bekerja, dan tempat awam. Kebersihan tempat tinggal dilakukan dengan cara mengelap tingkap dan perabot rumah, menyapu dan mengemop lantai, mencuci peralatan masak dan peralatan makan, membersihkan bilik mandi dan jamban, serta membuang sampah.

Pentingnya Menjaga Kebersihan TubuhMenjaga kebersihan tubuh memang adalah sebuah keharusan. Karena Kitalah si pemilik dari tubuh yang Kita miliki sehingga tugas Kitalah yang memegang keharusan dan kewajiban untuk menjaga kebersihan dari tubuh itu sendiri.Menjaga kebersihan tubuh dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Karena memang tubuh memiliki begitu banyak bagian dan ke setiap bagian tersebut memiliki keharusan untuk dijaga dan dirawat kebersihannya.Jika kita tidak menjaga kebersihan dari tubuh itu sendiri maka akan terjadi hal buruk yang menimpa diri kita sendiri.

Keuntungan menjaga kebersihan badanMenjaga kebersihan tubuh tidaklah sulit, selagi Kita dapat berdisiplin diri mengatur pola hidup kesehatan yang baik. Kita akan mendapat rasa percaya diri yang tinggiBadan akan selalu segar dan sehat, walaupun tidak memakai wewangian, Kita akan merasa nyaman jika berjalan kemana pun. Pendengaran akan selalu jernih, pikiran akan tenang karena suara yang diterima tidak membuat kita berpikir 2x, dan pendengaran yang bersih akan memacu otak untuk berpikir lebih cepat dari biasanya.Kita akan terhindar dari penyakit menularTidak mudah diserang penyakit

Kebersihan LingkunganKebersihan lingkungan adalah kebersihan tempat tinggal, tempat bekerja, dan berbagai sarana umum lainnya Tidak sulit menjaga kebersihan lingkungan ada banyak macam cara untuk menjaga kebersihan lingkungan misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya, selalu membersihkan selokan air, memisahkan sampah kering dan sampah basah ,rajin menyapu halaman rumah, mendaur ulang barang yang tidak terpakai dll.Jika kita tidak menjaga kebersihan lingkungan maka lingkungan menjadi tidak sehat dan dapat mengganggu kegiatan sehari hari juga dapat menyebabkan penyakit yang menganggu masyarakat.Lingkungan yang bersih menjadikan hidup lebih sehat,udara terasa sejuk, tempat tinggal menjadi bersih dan terhindar dari segala penyakit.

Upaya menjaga kebersihan lingkunganLingkungan ialah alam sekitar tempat manusia dan makhluk hidup lainnya tumbuh dan berkembang . Lingkungan terdiri dari alam sekitar yang berwujud hidup dan tak hidup.Manusia dengan makhluk hidup lainnya memerlukan alam sekitar yang berwujud tidak hidup, meskipun kehadirannya dapat berubah menjadi rusak, berkurang, berlebih, atau tidak baik, dan semua itu tergantung pada ulah makhluk hidup, khususnya manusia sebagai makhluk yang diciptakan Tuhan lebih sempurna dari makhluk lain.Alam sekitar yang tak hidup seperti air, tanah, udara, merupakan faktor penentu bagi kebersihan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Baik buruknya tergantung pada pengolahan manusia.Jika manusia dapat memanfaatkannya dengan baik disertai perhitungan untuk kelestarian alam bagi hidup di masa yang akan datang, alam sekitar ini akan menjadi baik bahkan lebih baik bagi kelayakan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya.Sebaliknya alam akan rusak atau memburuk jika pengolahannya dilakukan tanpa kesadaran akan kepentingan untuk hidup di masa depan, khususnya bagi generasi berikutnya.

Manfaat menjaga kebersihan lingkunganTerhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat.Lingkungan menjadi lebih sejuk.Bebas dari polusi udara.Air menjadi lebih bersih dan aman untuk di minum.Lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari hari.

Tips menjaga kebersihan lingkungan Dimulai dari diri sendiri dengan cara memberi contoh kepada masyarakat bagaimana menjaga kebersihan lingkungan.Selalu Libatkan tokoh masyarakat yang berpengaruh untuk memberikan pengarahan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.Sertkan para pemuda untuk ikut aktif menjaga kebersihan lingkungan.Perbanyak tempat sampah di sekitar lingkungan anda;Pekerjakan petugas kebersihan lingkungan dengan memberi imbalan yang sesuai setiap bulannya.Sosialisakan kepada masyarakat untuk terbiasa memilah sampah rumah tangga menjadi sampah organik dan non organik.Pelajari teknologi pembuatan kompos dari sampah organik agar dapat dimanfaatkan kembali untuk pupuk;Kreatif, Dengan membuat souvenir atau kerajinan tangan dengan memanfaatkan sampah.Atur jadwal untuk kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan.

TERIMA KASIH

The MomentKenny GKenny G Greatest Hits, track 6General Easy Listening283396.16