Mengoperasikan sistem operasi software (10,11,12)

16
KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) Standar Kompetensi : 2. Mengoperasikan Sistem Operasi Software Kompetensi Dasar : 2.1 Menginstal Sistem Operasi Software Smk Nusatama Padang

Transcript of Mengoperasikan sistem operasi software (10,11,12)

Page 1: Mengoperasikan sistem operasi software (10,11,12)

KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI)

Standar Kompetensi : 2. Mengoperasikan Sistem Operasi Software

Kompetensi Dasar : 2.1 Menginstal Sistem Operasi Software

Smk Nusatama Padang

Page 2: Mengoperasikan sistem operasi software (10,11,12)

PENGERTIAN DAN FUNGSI SISTEM OPERASI

Sistem Operasi adalah sebuah software yang mengatur kegiatanhardware dan bertindak sebagai penghubung antara pengguna(user) dan komputter (hardware).

Fungsi Sistem Operasi adalah untuk mengendalikan danmengoordinasikan penggunaan hardware untuk semua program aplikasi yang ada pada komputer.

Page 3: Mengoperasikan sistem operasi software (10,11,12)

CARA MENGINSTAL SISTEM OPERASI

1. Langkah langkah Instalasi Windows XPa. Hidupkan komputer

b. Setting boot pertama menjadi CD-ROM lewat BIOS sambil masukanCDWindows XP

c. Proses instalasi Windows XP pun segera mulai. Dalam beberapa saat setelah booting,layar monitor akan menampilkan pesan “Welcome to Setup”. Tekan[Enter] pada kibor Anda.

Page 4: Mengoperasikan sistem operasi software (10,11,12)

CARA MENGINSTAL SISTEM OPERASI

d. Anda akan disodori berbagai persyaratan dan Licensing Agreement yang harus Anda setujui.Tekan [PageDown] untuk ke halamanberikutnya, dan [PageUp] untuk mundur ke halaman sebelumnya. Jika setuju, tekan [F8].

Page 5: Mengoperasikan sistem operasi software (10,11,12)

CARA MENGINSTAL SISTEM OPERASI

e. Layar selanjutnya akan menampilkan keterangan tentang kapasitashard disk.Untuk membagi-baginya menjadi beberapa partisi, tekan[C]. Dan untuklangsung ke proses instalasi, tekan [Enter].

Page 6: Mengoperasikan sistem operasi software (10,11,12)

CARA MENGINSTAL SISTEM OPERASI

f. Setelah partisi terbentuk, proses berikutnya adalah memformat hard

disk. XP memilikikemampuan untuk melakukannya secara otomatis. Pilih format partisi dengan sistem fileNTFS yang normal (tanpatambahan “Quick”), lalu [Enter].

Selama format berlangsung akan muncul progress-nya, begitu jugasaat prosessetup sampai pada penyalinan file ke folder instalasiWindows. Proses inimemerlukan waktu beberapa menit.

Page 7: Mengoperasikan sistem operasi software (10,11,12)

CARA MENGINSTAL SISTEM OPERASI

• g. Setelah proses copy selesai, Anda harus me-restart PC Anda. Namun sebelumnya cek terlebih dahulu floppy drive Anda, apakahterdapat disket di dalamnya atau tidak. Jika ada,keluarkan terlebihdahulu disket tersebut, karena bisa mengganggu proses booting. Setelah itu tekan [Enter] untuk mulai merestart PC.

Page 8: Mengoperasikan sistem operasi software (10,11,12)

CARA MENGINSTAL SISTEM OPERASI

• g. Setelah proses copy selesai, Anda harus me-restart PC Anda. Namun sebelumnya cek terlebih dahulu floppy drive Anda, apakahterdapat disket di dalamnya atau tidak. Jika ada,keluarkan terlebihdahulu disket tersebut, karena bisa mengganggu proses booting. Setelah itu tekan [Enter] untuk mulai merestart PC.

Page 9: Mengoperasikan sistem operasi software (10,11,12)

CARA MENGINSTAL SISTEM OPERASI

h. Muncul boks Regional and Language Options untuk memilih lokasi(negara)dan bahasa yang digunakan. Klik [Customize] untukmengubahnya dansesudahnya klik [Next >]. Isi nama Anda dan klik[Next >].

Page 10: Mengoperasikan sistem operasi software (10,11,12)

CARA MENGINSTAL SISTEM OPERASI

i. Berikutnya, masukkan nomor serial (CD key) Windows XP ke kotakyang tersedia. Angka-angka tersebut bisa Anda lihat pada label stiker kuning di bagian belakang kemasan CD. Lalu klik [Next >].

Page 11: Mengoperasikan sistem operasi software (10,11,12)

CARA MENGINSTAL SISTEM OPERASI

j. Isikan nama komputer dan tentukan password administrator. Ulangipassword tersebut untuk konfirmasi. Selanjutnya klik [Next >].

Page 12: Mengoperasikan sistem operasi software (10,11,12)

CARA MENGINSTAL SISTEM OPERASI

k. Muncul boks Modem Dialing Information, yang meminta Andamemilih lokasi (negara), mengisi kode area kota (telepon) Anda, berikut keterangan jika menggunakan media lain. Tersedia duapilihan sistem telepon, yaitu tone dan pulse. Klik [Next >] sesudahnya, lalu cocokkan tanggal dan jamnya, serta pilih time zone. Klik [Next >] lagi.

Page 13: Mengoperasikan sistem operasi software (10,11,12)

CARA MENGINSTAL SISTEM OPERASI

l. Masukkan password administrator untuk login. Setelah desktop XP terbuka,Anda bisa mengikuti Windows XP Tour untuk lebih mengenalberbagai fitur menarik dalam sistem operasi tersebut.

Sempurnakan computer dengan menginstal driver hardware yang tidak disupport oleh Windows XP atau konfigurasi lainnya. Tambahkan aplikasi yang diinginkan. Untuk mengetahui hardware yang tidak di support oleh Windows 98 caranya adalah Control panel lalu pilih System dan pilih Device Manager. Hardware yang tidak di support oleh Windows XP akan di tandai dengansymbol tanda tanya “?” di depan nama hardware.Driver hardware yang biasanya tidak di support oleh system operasi adalah Sound card, VGA

card dan LAN card.

Page 14: Mengoperasikan sistem operasi software (10,11,12)

PENGERTIAN DAN FUNGSI PROGRAM APLIKASI

Program aplikasi merupakan perangkat lunak yang dibuat untukmemberikan kemudahan kepada pengguna dalam melaksanakansuatu pekerjaan yang berkaitan dengan komputer.

Program aplikasi dibuat dengan menggunakan bahasapempograman, sehingga aplikasi dapat melaksanakan tugas secaraotomatis dan lebih cepat.

Page 15: Mengoperasikan sistem operasi software (10,11,12)

CARA MENGINSTAL PROGRAM APLIKASI

Ms-Offiice merupakan paket software yang dibuat oleh Microsoft, yang termasuk dalam paket software ini antara lain : Ms-Word (Word Processing), Ms-Excel (Spreed Sheet), Ms- Power Point (Presentasi), Ms-Access (Database). Pertama yang perlu dipahami adalah bahwa software inihanya dapat diinstalasi dan berjalan pada system operasi Microsoft Windows. Adapun langkah-langkah instalasinya adalah sebagai berikut :

a. Siapkan Paket instalasi software yang legal dalam media penyimpanan yang sesuai

seperti HD, CD, FDD, DVD atau media lain.

b. Jalankan system operasi Windows dan pastikan bahwa system operasi tersebut telah berjalan dengan baik.

c. Pastikan bahwa ruang (spaces) HD masih mencukupi.

d. Apabila paket software tersedia dalam media CD, maka masukkan CD intallertersebut kedalam CD-Room.

e. Ikuti proses instalasi sesuai dengan Petunjuk instalasi (Instalation user manual).

Page 16: Mengoperasikan sistem operasi software (10,11,12)

TERIMA KASIH