Mengenal mariadb

of 19/19
MENGENAL MARIADB Disusun oleh Andi Pratama Putra 14523102
  • date post

    15-Apr-2017
  • Category

    Software

  • view

    111
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of Mengenal mariadb

PowerPoint Presentation

MENGENAL MARIADB

Disusun oleh Andi Pratama Putra 14523102

INSTALASIBab ini akan membahas tantang cara menginstal mariadb

kita dapat mendownload mariadb di https://downloads.mariadb.org/

Setelah selesai mendownload, kemudian buka file instalasi mariadb yang di download tadi, klik next.

Centang license agrementnya, kemudian next.

Pilih konten apa saja yang anda inginkan, kemudian next.

Kemudian masukan password untuk basisdata anda (apabila anda ingin menggunakan password), kemudian next.

Klik saja next terus hingga muncul pilihan install, klik install dan tunggu hingga proses instalasi selesai.

MEMBUAT BASISDATABab ini akan membahas tentang bagaimana membuat basisdata melalui mariadb

Buka HeidiSQL

Pilih klik baru untuk membuat sebuah sesi baru.

Beri nama dan password pada sesi yang baru, kemudian klik buka.

Untuk membuat sebuah basisdata yang baru kita bisa klik kanan, kemudian buat baru, lalu pilih database. Setelah itu beri nama database lalu klik ok.

Setelah membuat database, kita kemudian membuat tabel dengan cara klik kanan pada tab database kemudian buat baru, lalu pilih tabel. Kita harus mengisi nama tabel, kita juga dapat mengisi komentar untuk memberikan penjelasan tentang tabel yang kita buat . Setelah mengisi nama dan komentar, kemudian kita membuat kolom dari tabel, dengan cara mengklik tambah pada menu kolom, kita harus mengisi nama dari kolom, type data dan juga panjang batas dari kolom tersebutKita juga bisa membuat primary key untuk kolom dengan cara klik kanan pada kolom kemudian buat indeks baru lalu pilih PRIMARY

Setelah membuat beberapa tabel dan isinya kemudian kita menghubungkan semua tabel membuat foreign key di masing-masing tabel yang memiliki foreign key

Kita dapat membuat foreign key dengan membuka tabel yang ingin di buat foreign keynya lalu masuk ke tab foreign key. Setelah itu masukan nama dari foreign key, kolom yang menjadi foreign key, lalu tabel yang menjadi referensi, dan juga kolom referensinya.

Setelah selesai menghubungkan semua tabel kemudian kita dapat mengisi data dari tabel-tabel yang telah membuat.

Cara untuk mengisi datanya adalah dengan masuk ke tabel yang ingin di isi datanya, lalu masuk ke tab data. Setelah di dalam tab data kita bisa klik kanan kemudian pilih masukan baris. Lakukan berulang hingga data telah selesai kita masukan semua.

MENGGUNAKAN DDLBab ini akan membahas sedikit tentang penggunaan ddl pada mariadbPada umumnya DDL yang di gunakan sama dengan program basis data pada umumnya.

Pertama kita masuk ke command prompt mariadb, dengan cara mencari melalui searching windows dengan keyword mariadb.Setelah masuk command prompt kita masuk ke database kita dengan mengetikkan mysql u root p (nama database). Setelah itu masukan password dari database kita (jika ada).

Setelah masuk dalam database kita dapat melakukan berbagai query ddl seperti pada umumnya, seperti show tabel, select, dan banyak lainnya.