Mengenal Hizbut Tahrir Indonesia

download

of 22

  • date post

    30-Nov-2014
  • Category

    Spiritual
  • view

    219
  • download

    62

Embed Size (px)

description

Profil Hizbut Tahrir Indonesia Dalam Menegakkan Khilafah Islamiyah

transcript

  • 1. OPEN HOUSE HT DPD II HTI PROBOLINGGO Mengenal Lebih Dekat Hizbut Tahrir Materi4
  • 2. OPEN HOUSE HT DPD II HTI PROBOLINGGO Apakah Hizbut Tahrir
  • 3. OPEN HOUSE HT DPD II HTI PROBOLINGGO Hizbut Tahrir lahir pada tahun 1953 di Al Quds (Baitul Maqdis), Palestina. Gerakan ini didirikan oleh Syaikh Taqiyyuddin An Nabhani, seorang ulama lulusan Al Azhar Mesir, dan pernah menjadi hakim di Mahkamah Syariah Palestina.
  • 4. OPEN HOUSE HT DPD II HTI PROBOLINGGO Syaikh An Nabhani dilahirkan di daerah Ijzim pada tahun 1909. Beliau mendapat didikan ilmu dan agama di rumah dari ayah beliau sendiri, seorang syaikh yang faqih fid din. Ayah beliau seorang pengajar ilmu- ilmu syariah di Kementerian Pendidikan Palestina. Ibu beliau juga menguasai beberapa cabang ilmu syariah, yang diperolehnya dari ayahnya, Syaikh Yusuf bin Ismail bin Yusuf An Nabhani. Beliau ini adalah seorang qadly (hakim), penyair, sastrawan, dan salah seorang ulama terkemuka dalam Daulah Utsmaniyah.
  • 5. OPEN HOUSE HT DPD II HTI PROBOLINGGO Hizbut Tahrir Hizbut Tahrir adalah sebuah partai politik yang berideologi Islam. Politik merupakan kegiatannya, dan Islam adalah ideologinya. Hizbut Tahrir bergerak di tengah-tengah umat, dan bersama-sama mereka berjuang untuk menjadikan Islam sebagai permasalahan utamanya, serta membimbing mereka untuk mendirikan kembali sistem Khilafah dan menegakkan hukum yang diturunkan Allah dalam realitas kehidupan. .
  • 6. OPEN HOUSE HT DPD II HTI PROBOLINGGO Latar Belakang Hizbut Tahrir didirikan dalam rangka memenuhi seruan Allah SWT: Dan Hendaklah ada di antara kalian sekelompok orang yang menyeru kepada kebaikan, memerintahkan kepada yang maruf dan mencegah dari yang munkar. Mereka itulah orang-orang yang beruntung (QS. Ali Imran: 104) Permasalahan Kaum Muslimin Di Dunia Tidak Dapat Di Selesaikan Dengan Baik Tanpa Adanya Persatuan Dan Kesatuan
  • 7. OPEN HOUSE HT DPD II HTI PROBOLINGGO Tujuan Melanjutkan kehidupan Islam. Tujuan ini berarti mengajak kaum muslimin kembali hidup secara Islami dalam Daulah Islamiyah dan masyarakat Islam, dimana seluruh kegiatan kehidupannya diatur sesuai dengan hukum-hukum syara.
  • 8. OPEN HOUSE HT DPD II HTI PROBOLINGGO Landasan Pemikiran Dalam dakwahnya Hizbut Tahrir menetapkan ide, pendapat, dan hukum yang berkaitan dengan fikrah dan thariqah. Semuanya bersumber dari Islam (Al Quran, As Sunnah, Ijma Sahabat, dan Qiyas)
  • 9. OPEN HOUSE HT DPD II HTI PROBOLINGGO Metode Dakwah Metode yang ditempuh Hizbut Tahrir dalam mengemban dakwah adalah hukum-hukum syara yang diambil dari metode dakwah Rasulullah SAW. Yaitu gerakan untuk Merubah Pemikiran, Perasaan dan Tingkah laku Manusia dari Jahiliah kepada Islam hingga terbentuk Masyarakat Islam dalam sebuah Daulah Islamiyyah
  • 10. OPEN HOUSE HT DPD II HTI PROBOLINGGO Tahapan Dakwah At-Tatsqeef (Pembinaan dan Pengkaderan) Tafaaul Maal Ummah (Interaksi dengan Umat) Tathbeeq Ahkaam Asy-syarie (Penerapan hukum-hukum syara)
  • 11. OPEN HOUSE HT DPD II HTI PROBOLINGGO Membentuk kader & kelompok dakwah Membangun kepribadian Islam pada diri kadae dakwah Memperbanyak anggota dakwah Menyerang seluruh keyakinan dan sistem masyarakat yang rusak Menanamkan ideologi ke tengah-tengah masyarakat Mengungkap makar musuh- musuh Islam dan antek- anteknya Menegakkan pemerintahan Islam dengan cara membaiat seseorang yang akan menduduki jabatan Khilafah Menerapkan hukum Islam di dalam negeri dengan syamil dan kamil, mengemban dakwah Islam ke seluruh penjuru dunia Rasulullah saw membina para shahabat di rumah al-Arqam Rasulullah saw mengajari para shahabat sholat dan membaca al- Quran Rasulullah menyampaikan dakwah terang-terangan, menyerang keyakinan dan sistem kufur, beserta pendukung-pendukungnya Bait Aqabah II Rasulullah menegakkan Daulah Islam di Madinah Aus & Khazraj
  • 12. OPEN HOUSE HT DPD II HTI PROBOLINGGO Karakter Dakwah Fikriyah (melalui perubahan pemikiran) Siyasiyah (politis, karena akar masalah umat adalah persoalan politik) Jamaiyyah (diorganisasi dengan sistem dan kepemimpinan khas jamaah) La maddiyah (non kekerasan, tapi bukan berarti tidak mengajarkan jihad ingat bukan teroris- ) Asasiyah (mendasar) untuk penyelesaian menyeluruh Alamiyah (universal), maka networking HT ada di seluruh dunia Dakwah seperti ini perlu waktu, kesabaran dan istiqamah
  • 13. OPEN HOUSE HT DPD II HTI PROBOLINGGO Ide-ide Pemikiran Nizhamul Islam (Peraturan Hidup dalam Islam) At-Takattul al Hizbiy (Pembentukan Partai Politik) Mafahiimu Hizbut Tahrir (Pokok-pokok Pikiran Hizbut Tahrir) Ad Daulah Islamiyah (Negara Islam) Nizhamul Hukmi fil Islam (Sistem Pemerintahan dalam Islam ) An-Nizhamul Iqtishaadi fil Islam (Sistem Ekonomi dalam Islam) An-Nizhamul IjtimaaI fil Islam (Sistem Pergaulan dalam Islam) Al-Khilafah (Sistem Khilafah) Tertuang Dalam Berbagai Buku:
  • 14. OPEN HOUSE HT DPD II HTI PROBOLINGGO Ide-ide Pemikiran Syakhshiyah Islamiyah (Kepribadian Islam, 3 Jilid) Mafahiim Siyasiyah li Hizbit Tahrir (Pokok-pokok Pikiran Politik Hizbut Tahrir) Nadlarat Siyasiyah li Hizbit tahrir (Pandangan Politik Hizbut Tahrir ) Kaifa Hudimat al-Khilafah (Usaha-usaha Meruntuhkan Khilafah) Al-Amwaalu fi Daulah Khilafah(Sistem Keuangan Negara Khilafah) Ahkamul Bayyinaat (Hukum-hukum Pembuktian dalam pengadilan) Nizhamul Uquubaat (Hukum pidana, Sanksi, Tazir dan Pelanggaran Peraturan Pemerintah) Muqaddimatu Dustuur (Pengantar UU Dasar Negara) Naqdlul Istiraakiyatul Marksiyah (kritikan terhadap Sosialis Marxis) Tertuang Dalam Berbagai Buku:
  • 15. OPEN HOUSE HT DPD II HTI PROBOLINGGO Ide-ide Pemikiran At-Tafkir (Membangun Daya Berpikir) Suratul Badiihah (Kecepatan Berpikir) Al-Fikrul Islamiy (Pemikiran Islam) Naqdlu Nadlariyatul Iltizami fil Qawaniinil Gharbiyah (Kritikan Terhadap Teori Stipulasi di dalam Undang- undang Barat) Nida Haar (Panggilan Hangat dari Hizbut Tahrir) As-Siyaasatul Iqtishadiyatul Muthsla (Politik Ekonomi yang Agung) Ribuan selebaran, booklet dan surat-surat terbuka yang dikeluarkan Hizbut Tahrir Tertuang Dalam Berbagai Buku:
  • 16. OPEN HOUSE HT DPD II HTI PROBOLINGGO Keanggotaan Hizbut Tahrir menerima keanggotaan setiap muslim laki-laki atau perempuan tanpa memandang kebangsaan, warna kulit, ataupun madzhab mereka.
  • 17. OPEN HOUSE HT DPD II HTI PROBOLINGGO Syarat Keanggotaan Muslim Atas dasar kesadaran setelah memahami dan mengadopsi Ide-ide/Pemikiran Hizbut Tahrir Terikat dalam Ikatan Aqidah Islamiyah dan Tsaqafah Hizbut Tahrir yang terlahir dari Aqidah ini
  • 18. OPEN HOUSE HT DPD II HTI PROBOLINGGO Saat ini Hizbut Tahrir kini telah berkembang ke seluruh negara Arab di Timur Tengah, termasuk di Afrika seperti Mesir, Sudan, dan Aljazair. Juga ke Turki, Inggris, Perancis, Austria, Belanda, dan negara- negara Eropa lainnya hingga ke AS, Rusia, Uzbekistan, Tajikistan, Kirgistan, Pakistan, Malaysia, Indonesia, dan Australia dll.
  • 19. OPEN HOUSE HT DPD II HTI PROBOLINGGO Saatnya Kami Mengajak Hizbut Tahrir Kepada Seluruh Kaum Muslimin Berjuang Bersama Mengembalikan Kehidupan Islam
  • 20. OPEN HOUSE HT DPD II HTI PROBOLINGGO Hidup Hanya Sekali Hizbut Tahrir Jangan pernah sia-siakan Jadilah Pejuang Syariah dan Khilafah Bersama :
  • 21. OPEN HOUSE HT DPD II HTI PROBOLINGGO Sesulit apapun masalah ketika kita berjuang bersama akan mudah
  • 22. OPEN HOUSE HT DPD II PROBOLINGGO Dzulhijjah 1434 H