Mengenal dan Mengembangkan Bakat

Click here to load reader

  • date post

    12-Jan-2017
  • Category

    Education

  • view

    240
  • download

    10

Embed Size (px)

Transcript of Mengenal dan Mengembangkan Bakat

Mengenal dan Bengembangkan Bakat

Mengenal dan Mengembangkan BakatClick to add subtitleMengenal dan Mengembangkan Bakat

Setiap orang adalah individu yang unik. Setiap orang juga bertanggung jawab atas dirinya sendiri untuk menemukan misi hidupnya masing-masing. Agar kita bisa berkontribusi maksimal, tentunya akan sangat baik bila kita bekerja atau belajar di bidang yang paling sesuai dengan keunikan kita. Ibaratnya bisa menjadi ikan dalam air, atau burung di udara.

Apa itu bakat?Bakat adalah kemampuan bawaan yang merupakan potensi yang masih perlu dikembangkan atau dilatih untuk mencapai suatu kecakapan, pengetahuan dan keterampilan khusus. Bakat akan muncul bila ada kesempatan untuk berkembang atau dikembangkan.

3

Tujuan Menggali Bakat

1.Dapat mengetahui kecerdasan atau kemempuan khusus yang dimiliki anak2.Dapat melihat sejauh mana potensi bisa dikembangkan secara maksimal3.Untuk mengkreasikan antara tingkat kecerdasan dengan hasil belajar yang dicapai (jika IQ tinggi harusnya prestasi belajar juga tinggi)4.Untuk mendeteksi kesulitan belajar 5.Untuk mendeteksi persoalan belajar yang dimiliki terutama pada penguasaan bahan pelajaran6.Memilih bahan pelajaran yang sesuai dengan kemampuan7.Untuk memilih pendidikan lanjutan yang ingin dimasuki8.Untuk memnuat rencana untuk kehidupan pekerjaan mereka dikemudian hari

Cara Mengenal Bakat

Melalui pengalaman, kita mencoba hal tertentu, sehingga mengalami banyak kemajuan dan memperolehhasil prestasi yang baik.Hal ini dapat pula dilakukan dengan mengikuti tes bakat atau tes kemampuan dankecerdasanDengan memadukan antara pengalaman dan test bakat, Kita dapat memperoleh informasi yang seluas-luasnya, keuntungan tersebut dapat berasal dari lingkungan sosial, media cetak, atau media elektronik.

Cara Mengembangkan Bakat 1. Keberanian : berani memulai, berani gagal, berani berkorban (perasaan, waktu, tenaga, pikiran,dsb), berani bertarung. Keberanian akan membuat kita melihat jalan keluar berhadapan dengan berbagai kendala. Namun juga perlu didukung latihan latihan adalah kunci keberhasilan - bakat perlu selalu diasah

2. Dukungan lingkungan : manusia, fasilitas, biaya, dan kondisi sosial turut berperan dalam usaha pengembangan bakat.

3. Perlu memahami hambatan dan mengatasinya, maksudnya disini perlu mengidentifikasi dengan baik kendala yang ada, kemudian dicari jalan keluar untuk mengatasinya

Manfaat Mengenali Bakat1.Untuk mengetahui potensi diriBakat merupakan potensi yang dimiliki seseorang karena faktor genetik. Potensi yang dimiliki anak banyak beragam, bisa ratusan bahkan ribuan poptensi yang dilimiki, namun tentunya hanya ada satu atau dua potensi yang paling menonjol. Potensi potensi tersebut dapat dikembangkan, namun sebaiknya lebih fokus pada potensi yang paling menonjol untuk memperoleh hasil yang maksimal.

2. Untuk menentukan tugas atau kegiatanEfektivitas pekerjaan sangat tergantung dari bekal kemampuan yang dimiliki ketika aktivitas pekerjaan sesuai dengan bakatnya Tentunya hasilnya akan lebih jauh lebih bagus atau lebih maksimal dari pekerjaan yang tidak sesuai sengan bakat atau potensinya. Dengan mengetahui bakat yang dimiliki, kita bisa memilih kegiatan apa yang kita lakukan sesuai dengan bakat yang kita miliki.

3. Untuk merencanakan masa depanMeraih masa depan harus dipersiapkan sejak dini, perencaan masa depan atau cita-cita perlu menjasi pertimbangan yang sangat penting. Dengan mengetahui bakat yang dimilki, kita bisa mengembangkannya dengan demikian juga turut merencanakan masa depan.

KesimpulanBakat adalah kemampuan bawaan yang merupakan potensi yang masih perlu dikembangkan atau dilatih untuk mencapai suatu kecakapan, pengetahuan dan keterampiloan khusus. Bakat baru muncul bila ada kesempatan untuk berkembang atau dikembangkan. Sehingga penting bagi suatu individu untuk menemukan bakat yang terpendam dalam dirinya untuk dapat dimanfaatkan sewaktu-waktu.

Terima Kasih