Mencintai Dg Tulus

of 9 /9
MENCINTAI DENGAN TULUS

Embed Size (px)

description

Relasi Kepada Tuhan

Transcript of Mencintai Dg Tulus

MENCINTAIDENGAN

TULUS

TUHAN MENCINTAI MANUSIA

Pemahaman Islam :Bismillahirrahmanirrahim (dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang).

Pemahaman Kristen :Cinta Tuhan yang begitu besar terwujud dalam diri Yesus Kristus, yang rela menderita dan mati demi manusia.

Pemahaman Hindu :Digambarkan dalam sifat Brahman (Tuhan Pencipta), yang mencintai seluruh ciptaan (bukan hanya manusia).

Pemahaman Buddha :Buddha terlahir karena kasih sayang kepada dunia, untuk kepentingan, kesejahteraan dan kebahagiaan para dewa dan manusia.

PERINTAH UNTUK MENCINTAI Islam:

Belumlah sempurna iman kalian sebelum kalian mampu mencintai orang lain seperti mencintai diri sendiri. Kristen:

Aku memberi perintah baru kepadamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu, demikian pula kamu harus saling mengasihi.

PERINTAH UNTUK MENCINTAI

Hindu:

Kemampuan manusia untuk mencinta menunjukkan bahwa setiap model cinta itu perlu diwujudkan Buddha:

Korbankanlah dirimu, itu adalah kewajibanmu sendiri; jangan menunggu perintah orang lain.

WUJUD CINTA KASIH

Ajaran Islam Dimanifestasikan dalam perilakunya kepada orang lain mau pun diri sendiri, baik secara langsung maupun tidak langsung. Bagaimana pun, seseorang itu mempunyai kewajiban azasi terhadap dirinya sendiri, berupa kewajiban memelihara dirinya sendiri, secara fisik maupun psikis. Memelihara kebersihan, kesehatan dan keserasian diri. Tidak berprasangka terhadap satu sama lain. Saling memberikan pertolongan. Saling bermusyawarah dalam memecahkan permasalahan bersama. Ajaran Kristen Sabar dan murah hati. Tidak cemburu. Tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan. Tidak bersukacita karena ketidak-adilan, tetapi kebenaran. Berkorban dengan tulus.

WUJUD CINTA KASIH

Ajaran HinduMembina dan membentuk watak pribadi maupun budi pekerti yang luhur bagi umat manusia. Kasih sayang kepada semua makhluk.

Ajaran Buddha

Metta: memancarkan cinta kasih yang tidak terbatas. Karuna: belas kasihan terhadap semua makhluk yang sedang menderita, mendapat kesukaran maupun kemalangan. Mudita: kegembiraan yang simpatik terhadap sukses, kejayaan dan kebahagiaan orang lain. Upekha: keseimbangan batin dalam menghadapi goncangangoncangan hidup. Ahisma: tanpa kekerasan.

PENGHAYATAN CINTA TULUS DALAM HIDUP SEHARI-HARI

Peka terhadap penderitaan sesama

Miskin dan penganggur. Cacat fisik, mental dan social. Tertimpa bencana alam. Tertimpa penganiayaan. Sedang menderita penyakit.

Tidak menyebabkan orang lain menderita (pasif)

Mengantisipasi masa depan. (aktif-proaktif)

~ TERIMA KASIH ~