Menanganalisis Gangguan Speedy

download Menanganalisis Gangguan Speedy

of 17

  • date post

    17-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    1.289
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Menanganalisis Gangguan Speedy

2012PT.TELKOM INDONESIA , TBK

PT.TELKOM INDONESIA , TBKDokumen ini hanyalah sebuah karangan dan didalamnya juga berupa hasil analisa saya tentang gangguan yang sering terjadi pada speedy !!!

PT.TELKOM INDONESIA , TBK

HASIL ANALISA DAN KARANGAN GANGGUAN SPEEDY TINGGI

DISUSUN OLEH : FAISAL AKBAR RADAN SEKOLAH : SMKN 12 BANDUNG JURUSAN : ELEKTRONIKA PESAWAT UDARA

Menganalisa gangguan speedy

Page 2

PT.TELKOM INDONESIA , TBK

Kata pengantarAssallamuallaikum wr.wb Terima kasih kepada allah swt karena telah memberikan saya kesempatan untuk menyelesaikan karangan analisa saya tentang speedy pada sebuah perusahaan yang saya temoati dimana saya disitu sedang melaksanakan praktek kerja industry dan juga terima kasih kepada abang Juni Hezi Romansyah karena telah memberikan saya kesempatan untuk menganalisa dan membuat karangan bebas tentang speedy ditempat ini walaupun hasilnya tidak sesuai dengan harapan,tetapi walaupun begitu saya sangat berterima kasih karena dari sini secara tidak langsung saya mendapatkan ilmu pengetahauan yang lebih luas lagi dan juga terima kasih kepada Radina Lestari karena telah membantu saya dalam menganalisa dan membuat karangan ini.

Menganalisa gangguan speedy

Page 3

PT.TELKOM INDONESIA , TBKMENANGANALISIS GANGGUAN SPEEDY TINGGI

1.1. PENGERTIAN SPEEDY Speedy adalah produk Layanan internet access end-to-end dari PT. TELKOM dengan basis teknologi Asymetric Digital Subscriber Line (ADSL), yang dapat menyalurkan data dan suara secara simultan melalui satu saluran telepon biasa dengan kecepatan yang dijaminkan sesuai dengan paket layanan yang diluncurkan dari modem sampai BRAS (Broadband Remote Access Server) Keunggulan Speedy yaitu mengakses internet dengan kecepatan tinggi, penggunaan telepon dan internet secara bersamaan dan juga bisa mendukung layanan voice, video dan data. Kelemahan speedy yaitu downstreamnya, jadi kalo pake speedy, usahain pake limiter bandwitch untuk download. Kesimpulannya Speedy adalah produk Layanan internet access end-to-end dari PT. TELKOM dengan basis teknologi Asymetric Digital Subscriber Line (ADSL), yang dapat menyalurkan data dan suara secara simultan melalui satu saluran telepon biasa dengan kecepatan yang dijaminkan sesuai dengan paket layanan yang diluncurkan dari modem sampai BRAS (Broadband Remote Access Server) Speedy adalah salah satu produk unggulan Telkom selain groovia,pengguanaan speedy biasanyauntuk mengakses internet dengan kecepatan yang diatas rata-rata,sama seperti produk lain speedy ini juga banyak mempunyai masalah ada beberapa faktor yang menyebabkan masalah pada speedy sehingga mengalami gangguan,dan sekarang banyak sekali gangguan pada speedy tersebut sebagai contoh dapat kita lihat pada keluhan-keluhan para pelanggan yang banyak mengeluh tentang keadaan speedynya yang rusak dan sekali lagi itu akan menjadi catatan merah bagi perusahaan jika masalaha tersebut tidak segera di tindak lanjuti.

1.2. PERMASALAHAN PADA SPEEDY Masalah-masalah pada gangguan speedy selalu ada dan setiap harinya selalu ada saja pelapor yang melaporkan bahwa speedy nya dalam keadaan rusak,dan malah sekarang-sekarang ini laporan tersebut cenderung tinggi sekali,banyak pelanggan yang melapor bahwa speedy mereka rusak dan tidak jarang dari mereka ada yang marah,kita lihat sebenarnya apakah memang speedy nya yang dalam keadaan rusak ketika di berikan kepada pelanggan atau ada masalah yang lain yang menyebabkan tingginya gangguan pada speedy tersebut.

Menganalisa gangguan speedy

Page 4

PT.TELKOM INDONESIA , TBKMenganalisis gangguan speedy , gangguan speedy terjadi karena ada masalah pada modem , dan akibatnya terjadi gangguan speedy tersebut. Gangguan speedy sebenarnya ada banyak faktor yang membuat speedy mengalami gangguan diantaranya ada yang masalahanya di perusahaan,pada gejala alam,kejadian tak terduga,bahkan sampai ada juga masalahnya terdapat pada si pelanggan itu sendiri. Pertama kita akan bahas tentang masalah gangguan speedy yang terjadi karena kesalahan perusahaan. Pada kasus ini kita akan membahas speedy yang rusak atau mengalami gangguan ketika di operasikan ke pelanggan karena kesalahan perusahaan,ketika kita memasang speedy kepada pelanggan dan ternyata speedy nya tidak berjalan atau berfungsi dengan baik ada beberapa kemungkinan dan kemungkinan yang paling berpengaruh adalah keadaan speedy yang tidak layak atau rusak,biasanya kalau sudah begini pihak perusahaan juga yang akan mengalami malu karena tidak benar dalam memberikan pelayanan. Selain itu juga mereka terpaksa harus menukar dengan yang lain dan mungkin harus di setting ulang,lalu kita akan bahas tentang gangguan gejala alam,jika gangguan seperti ini biasanya terjadi Karena modem pada speedy terkena serangan petir atau kebetulan terjadi gempa bumi disuatu daerah yang kebetulan ada yg berlangganan speedty dan modem dari speedy tersebut kena dan rusak atau kebakaran dirumah atau juga terkena banjir,keadaan seperti ini tidak bisa kita prediksikan sebagai tindak lanjut jika mengalami keadaan seperti ini maka kita harus mengganti modem dan juga menyeting ulang kembali kemungkinan besarnya. Yang ketiga faktor kejadian tak terduga seperti kabel splitter penghubung speedy dengan telepon agar speedy tersebut bisa beroprasi dengan baik ternyata di gigit oleh tikus,jika keadaannya seperti ini maka yang harus kita lakukan adalah mengganti kabel splitter dan mungkin menyeting ulang modemnya agar bisa berjalan dengan baik atau hanya sekedar mengecek saja dan yang terakhir adalah kesalahan pada si pelanggan itu sendiri,mungkin diantara semua factor kesalahan diatas hanya kesalahan yang ini yang terkesan agak konyol. Karena dalam kasus ini si pelanggan terkadang marah-marah complain kepada perusahaan karena speedy mereka rusak dan terus mengalami gangguan dan pada saat di cek ternyata si pelanggan tersebut tidak bisa menghidupkan modem speedy atau tidak tahu cara memakai speedy,jadi dia hanya berpikir hanya dengan membeli speedy dan dihubungkan dengan telepon dan beberapa syarat lain lalu dia bisa dengan bebas menggunakan speedy tanpa dia tahu prosedur dalam penggunaan bahwa sebelum bisa di fungsikan dengan baik speedy tersebut harus di setting terlebih dahulu,nah mungkin disini mereka tidak pernah menyetting speedy tersebut hal seperti itu bisa saja terjadi dan kita temui di lapangan.

Menganalisa gangguan speedy

Page 5

PT.TELKOM INDONESIA , TBK

1.4. CONTOH PERMASALAHAN PADA SPEEDY Dan jika diperhatikan gangguan pada speedy itu tidak langsung mengarah ke speedy nya melainkan menyerang modem nya,sebagai alat pacu untuk bisa berpungsi tentu disini yang lebih dan harus kita perhatikan itu adalah pada modemnya dan selanjutnya kita boleh mengarah kepada yang lainnya,itu sebabnya kenapa gangguan speedy sekarang tinggi karena beberapa faktor diatas dan ada beberapa faktor lain seperti sumber daya manusia yang tidak memadai seperti pada contoh kasus seperti ini : Misalkan ada pelanggan di daerah bandung barat yang mengeluh bahwa speedy di tempatnya mengalami kerusakan dan sudah 3 minggu dia menghubungi perusahaan terkait untuk memperbaikinya dan keadaan si pelanggan tersebut dilaporkan seperti marah karena keluhannya tidak di tanggapi ?

1.5. ANALISA PERMASALAHAN Kita lihat sumber daya manusia yang ada,di tempat ini orang yang khusus menangani atau harus bekerja ke lapangan itu hanya sedikit dan dari segi usia terhitung memang belum ada masalah,POTS saja yang menangani gangguan telepon hanya ada sekitar 12 orang dan mereka semua dibagi ke 6 daerah pencakupan yang berbeda itu artinya diantara mereka di bagi menjadi 2 orang saja sedangkan satu daerah terdiri dari 20 tempat berbeda bahkan salah satunya itu lebih dari 20 tempat atau wilayah yg dia kuasai itu bisa sampai 40 sampai 50 tempat,sedangkan dalam satu hari keluhan pada gangguan speedy itu bisa mencapai 78 keluhan bahkan pernah sampai 130 lebih keluhan yang diterima. Dari sini kita bisa melihat ketidak seimbangan antara SDM dan jenis pekerjaan yang dijalani,karena itu saya rasa sumber permasalahan kenapa gangguan speedy semakin tinggi itu dari sini.mungkin dari judulnya menganalisis gangguan speedy tinggi tetapi disitu bisa muncul beberapa spekulasi atau kemungkinan bahwa gangguan speedy tinggi bukan masalah speedy nya yang memang rusak tetapi laporan-laporan yang terus-menerus dan berulang-ulang yang belum sempat didatangi ke lokasi tersebut,jadi jika ini memang yang menjadi masalah dalam masalah ini maka dapat dipastikan bahwa produk speedy itu sebenarnya bagus sangat bagus.

gangguan speedy tinggi bukan masalah speedy nya yang memang rusak tetapi laporan-laporan yang terus-menerus dan berulang-ulang yang belum sempat didatangi ke lokasi tersebut dari

Menganalisa gangguan speedy

Page 6

PT.TELKOM INDONESIA , TBKkalimat diatas bisa kita ketahui bahwa masalah sebenarnya disini adalaha SDM yang lemah dan laporan-laporan para pelanggan yang terkesan tidak diperhatikan atau belum tertanggapi,sebenarnya kembali lagi pada SDM nya sendiri tetapi laporan-laporan para pelanggan juga harus kita perhatikan juga karena hal kecil yang seperti ini jika kita meremehkannya maka akan sangat besar pengaruhnya terhadap kita,karena suatu permasalahan yang besara biasanya berawal dari hal-hal kecil seperti ini.

1.6. ANALISA MASALAH &JALAN KELUAR 1 Dan jika benar masalah yang sebenarnya itu ada pada SDM dan laporan yang berulang-ulang dan belum sempat di tanggapi,maka selain kita harus menambah armada SDM yg terkait dalam bidang tersebut,perusahaan juga dituntut untuk mempunyai SDM yg memang terlatih untuk itu dan juga terapkan pengajaran menyeluruh kepada para pelanggan yang memesan atau megalami gangguan pada speedy nya masing-masing pada saat mereka mendapatkan pesanan speedy atau mendapatkan penggantian speedy yang rusak dengan yang baru,tentang bagaimana cara menghidupkan speedy d