Memprogram GSM Modem

download Memprogram GSM Modem

of 22

  • date post

    26-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    74
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of Memprogram GSM Modem

www.tobuku.com

MEMPROGRAM GSM MODEMMei 2006 Oleh : Feri DjuandiTingkat: Pemula Menengah Mahir

1. PendahuluanSMS Client adalah sebuah program yang memungkinkan penggunanya mengirimkan dan menerima pesan singkat (umumnya lebih dikenal dengan pesan SMS). SMS adalah kependekan dari Short Message Service atau layanan pesan singkat. SMS adalah sebuah protokol standar untuk pengiriman pesan pada perangkat komunikasi nirkabel seperti pada telepon seluler dan Personal Digital Assistant (PDA). Karena formatnya yang berlaku umum secara internasional, maka protokol ini diadopsi oleh para pembuat perangkat komunikasi di seluruh dunia untuk menambahkan fitur pengiriman pesan elektronik ini ke dalam produkproduk mereka. Seiring dengan perkembangan telepon seluler mulai dari keragaman modelnya, fiturnya yang semakin lengkap, aksesoris, software dan juga harganya yang semakin murah mendorong komunitas penggunanya tumbuh luar biasa pesatnya. Bersamaan dengan itu, pemanfaatan SMS untuk saling berkirim pesan juga semakin populer. Bahkan saat ini SMS menjadi sebuah sarana pengembangan bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan milyaran rupiah lewat konten seperti undian, nada dering, permainan, informasi dan sebagainya. Sesuatu yang tidak pernah dibayangkan beberapa tahun sebelumnya. Saat ini hampir dipastikan semua pengguna telepon seluler sudah terbiasa mengirim dan membaca pesan SMS menggunakan menu-menu pada pesawat teleponnya. Menu tersebut menampilkan sebuah layar yang memungkinkan pengguna mengetikkan karakter-karakter pesannya lewat tombol-tombol telepon. Cukup menyulitkan memang, mengingat jari-jemari harus bergerak lincah menekan tombol-tombol yang kecil dan letaknya berdekatan. Menu dan layar untuk menulis/membaca pesan SMS pada pesawat telepon seluler adalah contoh sebuah aplikasi SMS Client. Program ini sudah terinstal secara standar pada saat pesawat tersebut diproduksi, jadi seorang pembeli tidak perlu menginstal software-nya. Pada buku ini, istilah SMS Client yang saya maksud bukan merujuk ke program yang ada di dalam telepon seluler, melainkan sebuah aplikasi yang dijalankan pada sebuah komputer. Fungsinya sama, yaitu menulis dan membaca pesan-pesan SMS namun pengoperasiannya akan lebih memudahkan karena anda melakukannya menggunakan papan ketik dan monitor komputer yang lebih besar ukurannya. Pada buku ini saya membatasi ruang lingkupnya hanya untuk perangkat komunikasi yang menggunakan jaringan seluler Global System for Mobile Communications (GSM). GSM adalah standar untuk telepon seluler yang paling populer di seluruh dunia. Berikut ini adalah daftar alat-alat yang dibutuhkan di dalam projek kita: Komputer personal (PC) GSM modem Kartu SIM GSM modem adalah sebuah perangkat elektronik yang berfungsi sebagai alat pengirim dan penerima pesan SMS. Tergantung dari tipenya, tapi umumnya alat ini berukuran cukup kecil hampir seukuran pesawat telepon seluler GSM.

VB-FD-06001 MEMPROGRAM GSM MODEM

1

www.tobuku.com

GSM modem dengan tipe Wavecom Fastrack M1206B. Sebuah GSM modem terdiri dari beberapa bagian, di antaranya adalah lampu indikator, terminal daya, terminal kabel ke komputer, antena dan laci untuk meletakkan kartu SIM.

Terminal daya. Sebuah GSM modem biasanya mengkonsumsi daya yang cukup kecil, sekitar 6 sampai dengan 12 volt arus DC. Dengan demikian, terminal dayanya harus dihubungkan dengan sebuah adaptor.

Terminal konektor 15-pin ke komputer. Untuk terhubung dengan sebuah komputer, sebuah GSM modem umumnya menggunakan terminal serial komputer, atau USB. Oleh karena itu pastikan komputer anda memiliki terminal yang sesuai dengan konektor yang digunakan oleh modem ini.

VB-FD-06001 MEMPROGRAM GSM MODEM

2

www.tobuku.com

Antena dan laci kartu SIM. Seperti yang anda lihat fungsi sebuah GSM modem adalah menggantikan sebuah telepon seluler dalam hal perti modem pengiriman/penerimaan pesan SMS. Namun demikian, sebuah GSM modem tidak akan bisa berjalan tanpa dikontrol oleh sebuah program. Dengan serangkaian perintah yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman, instruksi-instruksi khusus dikirimkan dari komputer kepada alat ini melalui kabel yang instruksi dihubungkan ke terminal datanya. Sama halnya dengan sebuah telepon seluler, sebuah GSM modem juga membutuhkan sebuah kartu SIM. Dalam hal ini kartu SIM yang digunakan adalah tipe GSM. Anda bisa menggunakan kartu SIM GSM yang adalah biasa anda gunakan baik kartu pra pra-bayar atau paska-bayar seperti Simpati, Halo, Pro XL, Mentari atau bayar Matrix. Setiap pengiriman pesan yang dilakukan lewat GSM modem juga akan mengurangi deposit pada kartu pra-bayar anda, atau jika menggunakan kartu paska bayar biayanya akan ditambahkan pada tagihan bayar paska-bayar bulanan anda. Jadi kartu SIM ini tidak akan ada bedanya baik digunakan pada telepon seluler atau pada GSM modem. Sesungguhnya anda mempunyai alternatif lain. Disamping menggunakan sebuah GSM modem, anda juga bisa menggunakan telepon seluler yang anda pakai sekarang untuk beroperasi dengan aplikasi SMS Client. Syaratnya anda harus memiliki kabel data yang menghubungkan perangkat itu dengan komputer anda. Saya tidak akan menjelaskan lebih lanjut mengenai penggunaan telepon seluler sebagai pengirim SMS karena kita dak akan berkonsentrasi pada penggunaan GSM modem. Uraian-uraian yang dijelaskan di dalam buku ini Uraian uraian berdasarkan asumsi tersebut. GSM modem yang digunakan pada projek ini memiliki merk Wavecom Fastrack dengan tipe M1206B. Semua kode program, instalasi dan uji coba telah dilakukan dan bekerja baik . dengan tipe modem ini, namun saya belum mengujikannya pada merk dan tipe yang lain. Saya pikir aplikasi dan instalasinya akan bekerja dengan baik pula, kalaupun ada masalah pasti bisa ditangani dengan nya memodifikasi beberapa bagian kecil dari kode program tersebut. Pada gambar di bawah ini diperlihatkan a arsitektur dari GSM modem Wavecom Fastrack M1206B. Di situ M1206B tampak bahwa koneksi antara modem dan komputer dilakukan melalui kabel RS232. Oleh karena itu, a RS232 pastikan komputer anda memiliki sebuah serial port. Catu daya modem ini disuplai oleh tegangan DC 9 volt . dengan arus 500 mA. Pada saat anda mendapatkan modem ini, pastikan ia disertai dengan sebuah adaptor. Yang terakhir, anda membutuhkan sebuah kartu SIM GSM.

VB-FD-06001 MEMPROGRAM GSM MODEM

3

www.tobuku.com

Arsitektur GSM modem Wavecom Fastrack M1206B.

VB-FD-06001 MEMPROGRAM GSM MODEM

4

www.tobuku.com

2. Instalasi Modem2.1. Instalasi HardwareTahap pertama dari proses instalasi adalah pemasangan kabel antara modem dan komputer. dan 1. Hubungkan kabel RS232 antara GSM modem dan serial port dari komputer. 2. Hubungkan kabel adaptor ke terminal listrik AC. 3. Hubungkan kabel daya dari adaptor ke GSM modem. Pastikan lampu indikator pada modem menyala terus-menerus (tanpa berkedip) untuk memastikan terus menerus u perangkat tersebut telah siap bekerja. Pada tahap ini anda belum memerlukan kartu SIM.

2.2. Instalasi DriverTahap berikutnya adalah instalasi driver modem pada komputer. 1. Pada Windows, jalankan menu Start Control Panel.

2. Klik dua kali pada ikon Add Hardware. Add Hardware

3. Pada layar akan tampil sebuah window wizard. Silakan melanjutkan dengan menekan tombol Next. . Untuk beberapa saat wizard akan mencari hardware yang baru terpasang pada komputer. Biasanya Windows tidak akan mendeteksi kehadiran GSM modem, oleh karena itu driver modem harus modem, ditentukan secara manual.

VB-FD-06001 MEMPROGRAM GSM MODEM

5

www.tobuku.com

Pada opsi yang tersedia, pilihlah Yes, I have already connected to the hardware Lanjutkan Yes, hardware. dengan menekan tombol Next. 4. Pada layar berikutnya, pilih Add a new hardware device.

Lanjutkan dengan menekan tombol Next. kan 5. Pada layar berikutnya, pilih Install the hardware that I manually select from the list. Install list

Lanjutkan dengan menekan tombol Next.

VB-FD-06001 MEMPROGRAM GSM MODEM

6

www.tobuku.com

6. Pada layar berikutnya, pilih Modems.

Lanjutkan dengan menekan tombol Next. 7. Pada layar akan tampak window wizard untuk menginstal modem. Beri tanda pada opsi n Dont detect my modem; I will select it from a list. list

Lanjutkan dengan menekan tombol Next.

VB-FD-06001 MEMPROGRAM GSM MODEM

7

www.tobuku.com

8. Pada kolom Manufacturer pilihlah [Standard Modem Types]. Sementara itu pada kolom Models, Manufacturer, ]. pilihlah 9600 bps Modem. Angka 9600 menandakan bit rate dari sebuah modem, atau kecepatan Modem transfer bit-bit data melalui modem tersebut. bit

Umumnya sebuah GSM modem di-set dengan bit rate 9600. Jika anda memilih bit rate yang di . lebih besar misalnya 14400 atau 19200, besar kemungkinan modem tidak akan bekerja normal. Akan tetapi hal ini diperoleh berdasarkan pengalaman, aturan ini tidak berlaku baku. Setting ini mungkin akan berbeda pada modem-modem yang lain. Jika anda telah berhasil dengan instalasi modem em modem, silakan anda bereksperimen sendiri dengan mengganti mengganti-ganti besar bit rate-nya. Lanjutkan dengan menekan tombol Next.

VB-FD-06001 MEMPROGRAM GSM MODEM

8

www.tobuku.com9. Pada layar selanjutnya, silakan anda pilih port komputer yang dihubungkan dengan modem tersebut.

Lanjutkan dengan menekan tombol Next. 10. Tunggu beberapa saat sampai wizard selesai menginstal modem.

Jika instalasi berhasil, wizard akan menampilkan pesan sukses. Akhiri dengan menekan tombol Finish.

VB-FD-06001 MEMPROGRAM GSM MODEM

9

www.tobuku.com

2.3. Uji Coba ModemSetelah GSM modem selesai diinstal pada komputer, anda harus mengujinya apakah modem ini bisa bekerja dengan baik bersama komputer tersebut. 1. Pada Windows, jalankan menu Start Control Panel.

2. Klik dua kali pad