Membuat Hotspot Dengan Mikrotik

of 12/12
Membuat Hotspot dengan Mikrotik Langsung saja kali ini admin ingin membuat Hotspot dengan Mikrotik melalui simulasi (virtualbox) . 1. Buka virtual box lalu pilih NEW dan buat apa saja namanya terserah anda minimal spekulasi adalah kita pasang aja 256 MB dan pasang aja ukuran untuk harddisk minimal 500 MB dan apabila telah selesai pilih setting seperti di bawah ini :
  • date post

    30-Dec-2014
  • Category

    Documents

  • view

    107
  • download

    11

Embed Size (px)

Transcript of Membuat Hotspot Dengan Mikrotik

Membuat Hotspot dengan Mikrotik

Langsung saja kali ini admin ingin membuat Hotspot dengan Mikrotik melalui simulasi (virtualbox) .

1. Buka virtual box lalu pilih NEW dan buat apa saja namanya terserah anda minimal spekulasi adalah kita pasang aja 256 MB dan pasang aja ukuran untuk harddisk minimal 500 MB dan apabila telah selesai pilih setting seperti di bawah ini :

2. Buka tab jaringan

3. Lalu buka LANcard buatan virtual box itu sendiri dan pasang IP address nya sesuai kalian .ex : 192.168.1.13

4. Lalu buka tab virtual box yang tadi dan TAMPILKAN dan tunggu hingga penginstallan selesai dengan kode klik a untuk memilih semua selanjutnya klik i dan i dan y lalu tunggu hingga installasi selesai. Lalu tekan enter untuk restart.

5. Lalu ubah settingan boot pertama yang tadinya mikrotik.iso menjadi empty dan lalu mulai kembali mikrotiknya .

6. Tunggu hingga muncul tampilan seperti ini : Login : admin Password : (kosongin aja, langsung Enter)

7. Kode : ip address add > 192.168.1.1/24 (/24 itu adalah IP nya menggunakan kelas IP C, apabila B gunakan /16 dan sebagainya) lalu karena tadi pada setting pada virtual box nya menggunakan jaringan ke 1 tulis dengan ether1

8. Jika sudah tulis kode system shutdown untuk merestart konfigurasi tersebut

9. Lalu buka command promt untuk melihat koneksi nanti apabila mikrotik ip yang anda setting tadi telah terkoneksi dengan sempurna masukan IP address yang tadi anda masukan ke dalam mikrotik .di bawah ini adalah tampilan command promt di saat kita belum masuk ke mikrotik tersebut karena tadi kita system shutdown

10. Lalu jalankan kembali mikrotik tersebut hingga masuk Login dan terlihat pada command promt telah terkoneksi dengan baik .tidak request time out .

11. Lalu selanjutnya buka browser kesayangan anda misalnya modzilla firefox lalu masukan IP address yang tadi anda masukan di mikrotik .lalu klik winbox nya .

12. Apabila sudah di download winboxnya ikutin command di bawah ini .lalu klik Connect

13. Klik IP > Hotspot

14. Klik Hotspot dan klik next terus hingga finish (tanpa ada yg di rubah)

15. Lalu buka tab user untuk Login pada saat Login ke Hotspot tersebut .gunakan server yang tadi kita buat yang bernama hotspot1 masukan name dan password sesuai dengan anda lalu apply dan OK .dan selebihnya terserah anda ingin membuat berapa user .

16. Masuk ke server profil dan hapus cookies agar dapat Login dan Logoff dengan baik

17. Buka web browser terserah anda lalu masukan IP address yang tadi anda masukan ke mikrotik tersebut . Untuk Login : masukan data yang tadi anda masukan pada tab Users di winbox beserta passwordnya

18. Finnish telah dapat koneksi ke internet

Biografi Penulis

Danang Aditya, lahir di bekasi pada tanggal 5 januari 1996. Sekolah dasar di SDN Wanasari 12, SMP di SMP Negeri 1 Cikarang Barat, dan kini(16-11-2011) sedang menginjak duduk dikelas 11 di SMK TELEKOMUNIKASI TELESANDI BEKASI (SMK TELKOM) . Add My Facebook : http://www.facebook.com/danangID Follow My Twitter : http://www.twitter.com/danangID Email : [email protected]