Membuat Hiasan Pada Busana

download Membuat Hiasan Pada Busana

of 18

  • date post

    24-Feb-2016
  • Category

    Documents

  • view

    578
  • download

    2

Embed Size (px)

description

Membuat Hiasan Pada Busana. BY HJ. FATTY RUSMILLY NIP. 195703271977032005. Pengertian Desain Hiasan. Desain hiasan ialah suatu rancangan gambar yang diciptakan untuk diterapkan sebagai hiasan pada benda pakai atau benda lainnya yang bersifat dekoratif. Macam-macam Desain. - PowerPoint PPT Presentation

Transcript of Membuat Hiasan Pada Busana

Membuat Hiasan Pada Busana

Membuat Hiasan Pada BusanaBYHJ. FATTY RUSMILLYNIP. 195703271977032005Pengertian Desain HiasanDesain hiasan ialah suatu rancangan gambar yang diciptakan untukditerapkan sebagai hiasan padabenda pakai atau benda lainnya yangbersifat dekoratif.Macam-macam DesainDesain Struktural (structural design) ialah susunan garis, bentuk, warna, tekstur dan ukuran dari suatu rancangan benda, contoh : desain busana, desain meubel.Desain Hiasan (decorative design) ialah susunan garis, bentuk, warna, tekstur, dan ukuran yang berfungsi untuk memperindah penampilan suatu benda, contohnya : desain hiasan busana, desain hiasan lenan rumah tangga.

Unsur-unsur Desain Hiasan

GarisBidangTeksturBentukWarnaPrinsip-prinsip Desain Hiasan

1. Harmoni a. Harmoni dalam garis dan bentuk b. Harmoni dalam ukuran c. Harmoni dalam ide d. Harmoni dalam warna2. Proporsi a. Memperhatikan proporsi ukuran suatu bidang atau obyek b. Membuat perubahan untuk menghasilkan ukuran atau bentuk yang lebih enak di pandang. c. Dalam membagi suatu bidang menjadi dua bagian yang sama.

3. Keseimbangana.Keseimbangan formal (bisimetri), penempatan obyek pada bagian kiri dan kanan, jaraknya sama dari titik pusat.b.Keseimbangan informal (occult), obyek pada bagian kiri dan kanan beratnya/perhatiannya tidak sama dan jarak penempatannya dari titik pusat tidak sama.c.Keseimbangan obvicus, obyek pada bagian kiri dan bagian kanan tidak serupa, tetapi keduanya mempunyai daya tarik yang sama.

4. Irama a. Pengulangan bentuk, dengan proporsi dan jarak yang baik, akan memberikan kesan menyenangkan. Banyak digunakan untuk menghias suatu pinggiran. b. Peralihan ukuran, dapat berupa peralihan motif hias dan dapat berupa peralihan ukuran yang monoton dan peralihan yang bervariasi c. Pergerakan berirama, pada teknik menghias kain pergerakan berirama banyak digunakan untuk teknik melekatkan benang, pita, biku-biku, renda.

5. Aksen, ialah suatu desain hias dikenal dengan istilah pusat perhatian, emphasis atau centre of interest. Penggunaan hiasan berupa garis yang diletakkan ditepi kerah atau penggunaan biku-biku ditepi rok anak akan membentuk suatu aksen yang menarik.

Ragam Hias (Ornament)

Ornament Structural yaitu ornament atau ragam hias yang terjadi atau ada pada kain itu sendiri, misalnya tekstur yang ada pada kain strimin, belacu, beludru, korduroy, dsb.

Ornament Applied yaitu ornament atau ragam hias yang diciptakan untuk digunakan atau diterapkan pada bahan atau benda yang akan dihias dan berfungsi untuk memperindah penampilan benda hias tersebut.

4 macam ornament applied Ornament geometris

Ornament organis

Ornament Stilasi

Ornament gabungan

Contoh Letak Hiasan Pada Busana dan Lenan Rumah Tangga dengan Hiasan Serak

Contoh Letak Hiasan Pada Busana dan Lenan Rumah Tangga dengan Hiasan Arah Istimewa

Contoh Letak Hiasan Pada Busana dan Lenan Rumah Tangga dengan Hiasan Tengah Sisi

Contoh Letak Hiasan Pada Busana dan Lenan Rumah Tangga dengan Hiasan Pusat

Contoh Letak Desain Hiasan Busana dan Lenan Rumah Tangga dengan Hiasan Sisi

Alat dan BahanAlat Jarum Bordir

Pemidangan

Pensil

Gunting bordir

Kertas karbon

Bahan Blacu

Satin

Katun

Teknik Menghias Kain

Sulaman putih adalah jenis teknik hias, dimana bahan dasar (kain yang akan dihias) dengan benang hiasnya menggunakan warna yang sama atau senada.sulaman berwarna adalah jenis teknik menghias kain dimana warna kain dasar dengan warna benang sulam yang digunakan untuk menghias dapat bervariasi sesuai dengan selera atau keinginan masing-masing.

Langkah-langkah Mengutip Desain Hiasan Pada Kain atau Busana

Siapkan pensil dan karbon terlebih dahuluKertas desain hiasan disimpan diatas kain dan karbon diletakkan di atas kertasnyaKemudian jiplak desain tersebutKain siap di sulam