Membandingkan teks negosiasi

download Membandingkan teks negosiasi

of 6

  • date post

    20-Jul-2015
  • Category

    Education

  • view

    186
  • download

    6

Embed Size (px)

Transcript of Membandingkan teks negosiasi

TUGAS BAHASA INDONESIA

TUGAS BAHASA INDONESIAMembandingkan Teks NegosiasiAnggota1.2.3.4. 5. Yudha faturakhman hakim (36)

PENGERTIAN NEGOSIASINegosiasi adalah bentuk interaksi sosial yang berfungsi untuk mencapai kesepakatan di antara pihak- pihak yang mempunyai kepentingan yang berbeda.

TUJUAN NEGOSIASI Untuk mendapatkan atau mencapai kata sepakat yang mengandung kesamaan persepsi, saling pengertian dan persetujuanUntuk mendapatkan atau mencapai kondisi penyelesaian atau jalan keluar dari masalah yang dihadapi bersamaUntuk mendapatkan atau mencapai kondisi saling menguntungkan dimana masing-masing pihak merasa menang (win-win solution).STRUKTUR TEKS NEGOSIASI1. Pengantar : berupa pernyataan atau pertanyaa tentang topik yang dinegosiasikan

2. Argumen : berupa serangkaian paragraf yang memuat alasan atau bukti untuk mendukung opini

3. Simpulan : kata akhir atau pernyataan kesepakatan atau ketidak sepakatan.

CIRI BAHASA TEKS NEGOSIASI1. Tuturan Santun Dalam negosiasi, harus menghasilkan kesepakatan yang menguntungkan, oleh karena itu, kedua belah pihak harus bersikap santun. Misal, dalam berkata menggunakan bahasa yang santun seperti Terima kasih, Pak Tidak apa-apa, Pak. Kami hanya ingin memperbaiki nasib dan hidup layak dan kata kata lainnya. Dan kesantunan tersebut merupakan strategi untuk mencapai tujuannya.

2. Tuturan Persuasif Tuturan persuasif merupakan tuturan yang digunakan untuk membujuk. Tujuannya adalah agar lawan negosiasi bersedia mengikuti usulan negosiator.