Media Pembelajaran dan TIK. 10 media pembelajaran

download Media Pembelajaran dan TIK. 10 media pembelajaran

If you can't read please download the document

Embed Size (px)

Transcript of Media Pembelajaran dan TIK. 10 media pembelajaran

Slide 1

Media PembelajaranTIKDosen pengampu : Eka Pandu Cyntia

Kelompok 6 : Helen Isserna Suci Annissak H. Titik Umi Susanti Yuni Erawati Zulfarita

Gambar / fotoSketsaDiagramBagan / ChartposterGrafikKartunPeta / GlobeFilm videoPermainan / slimulasi

Materi

1. Gambar/Foto

Gambar adalah sesuatu yang dapat mewakilkan suatu objek nyatanya serta memiliki karakter warna maupun bentuk yang sesuai dengan aslinya.

bagian-bagian mata

Gambar/foto dapat dijadikan sebagai media pembelajaran, karena :

Media gambar/foto dapat mengatasi keterbatasan pengamatan kita. Sel atau bagian-bagian mata yang tak mungkin kita lihat dengan mata telanjang dapat disajikan dengan jelas dalam bentuk gambar/foto.Dapat memperjelas suatu masalah, dalam bidang apa saja dan untuk tingkat usia berapa saja, sehingga dapat mencegah dan mebetulkan kesalahafahaman. Murah harganya dan gampang didapat serta digunakan, tanpa memerlukan peralatan khusus.

2. SKETSA

Sketsa merupakan lukisan awal yang kasar dan ringan yang umumnya digunakan sebagai kerangka dalam menghasilkan karya lukis yang utuh atau sebagai langkah awal untuk mengemukakan gagasan tentang sesuatu.

Pertumbuhan manusia berdasarkan umurnya

Sketsa dapat dijadikan sebagai media pembelajaran, karena :

Sifatnya kongkrit Dapat mengatasi ruang dan waktu Dapat mengatasi pengamatan mata Dapat menjelaskan masalah Murah dan mudah.Contoh dalam biologi yakni Sketsa perkembangan janin didalam perut ibu hamil.Manfaat Sketsa diantaranya adalah menarik perhatian pembelajaran menghindari banyak verbalisme memperjelas sajian pesan kepada pembelajar, dll.Penggunaan sketsa dalam aktivitas pembelajaran, pengajar dapat menjelaskan sesuatu secara lisan atau verbal.

3. DIAGRAM

Diagram adalah gambar atau grafik yag berisi keterangan da menjelaskan sarana, prosedur, atau kegiatan yang biasa dijalankan suatu sistem. Diagram juga dapat berarti gambaran (sketsa, buram) yang menggunakan garis atau simbol untuk menerangkan atau memperlihat sesuatu.

Diagram fotosintesis

Diagram dapat dijadikan sebagai media pembelajaran, karena :Bermanfaat untuk mempelajari data-data kuantitatif dan hubungan-hubungannya Grafis memungkinkan kita dengan cepat mengadakan analisis interprestasi dan perbandingan antara data-data yang disajikan baik dalam hal ukuran, jumlah pertumbuhan dan arah Penyajian dari data grafik: jelas,cepat, menarik, ringkas dan logis.

4. BAGAN/CHART

Bagan adalah gambar suatu rancangan/skema atau gambaran secara analisis yang digunakan untuk membantu memperjelas proses kerja.

Bagan sistem saraf

Bagan/chart dapat dijadikan sebagai media pembelajaran, karena :

Bagan sering kali digunakan oleh guru dalam suatu proses pembelajaran sebagai media dalam penyampaian pesan yang akan disampaikan kepada siswa, bagan seperti halnya peta konsep yang telah di buat guru dalam menyampaikan materi. Mudah dalam menggunakannya Dapat digunakan pada semua jenis dan jenjang pendidikanMenghemat waktu dan tenaga serta mampu menarik perhatian siswa. Harga relative lebih terjangkau dibandingkan dengan media yang lainnya. Dapat mengatasi keterbatasan ruang dan waktu

5. GRAFIK

Grafik adalah lukisan pasag surut suatu keadaan dengan garis atau gambar, visualisasi dari matriks atau tabel dalam bentuk gambar atau garis, atau penjelasan suatu keadaan yang divisualisasikan melalui garis pasang surut. Grafik biasa digunakan untuk menggambarkan suatu kejadian.

grafik jumlah penduduk

Grafik dapat dijadikan sebagai media pembelajaran, karena :

Bermanfaat untuk mempelajari data-data kuantitatif dan hubungan-hubungannyaGrafik memungkinkan kita dengan cepat mengadakan analisis interprestasi dan perbandingan antara data-data yang disajikan baik dalam hal ukuran, jumlah pertumbuhan dan arahPenyajian dari data grafik: jelas,cepat, menarik, ringkas dan logis.

6. KARTUN

Kartun adalah gambar dengan penampilan lucu/penggambaran dalam bentuk lukisan atau karikatur tentang orang, gagasan, atau situasi yang di desain untuk mempengaruhi opini masyarakat yang berfungsi sebagai alat bantu dan mempunyai manfaat penting dalam pengajaran terutama dalam menjelaskan rangkaian isi bahan dalam satu urutan logis atau mengandung makna.

Makanan gizi seimbang

Kartun dapat dijadikan media pembelajaran, karena :

Kartun dapat menarik perhatian siswa sehingga materi yang diajarkan dapat tersampaikan dengan baik.Kartun dijadikan abstraksi dalam pembelajaran matematika. Siswa dapat memahami materi lebih baik karena imajinasi siswa terpancing saat melihat kartun yang berisi materi matematika.Kartun memberikan dampak pengiring positif pada siswa berupa ingatan tentang materi yang diajarkan pada proses pembelajaran. Kartun dapat menghilangkan kejenuhan dalam belajar matematika.

7. POSTER

poster secara umum adalah suatu pesan tertulis baik itu berupa gambar maupun tulisan yang ditujukan untuk menarik perhatian banyak orang sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima orang lain dengan mudah.

Poster

Poster dapat dijadikan sebagai media pembelajaran karena memiliki keunggula, sebagai berikut :

Dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman siswa terhadap pesan yang disajikan.Dapat dilengkapi dengan warna-warna sehingga lebih menarik perhatian siswa.Bentuknya sederhana tanpa memerlukan peralatan khusus dan mudah penempatannya, sedikit memerlukan informasi tambahan.

8. PETA/GLOBE

Peta merupakan hasil potretan dari berbagai peristiwa / kejadian, obyek yang dituangkan dalam bentuk gambar, garis, simbol-simbol maupungambaran dari obyek tertentu. Peta dalam pembelajaran pengatahuan sosial berfunsi untuk penyamapaian materi agar lebih mudah diterima siswa sehigga dapat membantu kelancaran efektivitas dan efesiensi dalam mancapai tujuan materi pembelajaran.

Peta persebaran flora dan fauna

Dapat memberikan informasi tentang permukaan bumi.Dapat memberikan pengetahuan relatif dan tetap tentang posisi suatu wilayah. Dapat melengkapi pengetahuan dan informasi tentang arah, jarak, bentuk dan ukuran suatu wilayah.Dapat mendemontrasikan gerakan rotasi bumi dari barat ke timur dan menunjukan suatu lokasi walaupun tidak sedetail peta.Media peta dan globe memiliki fungsi dan tujuan sebagai salah satu inovasi media pembelajaran sebagai contoh adalah dalam pembahasan tetang persebaran flora dann fauna.

Peta/globe dapat dijadikan media pembelajaran , karena :

9. FILM

Cepi & Rudi Susilana (2008:19), menyatakan film disebut juga gambar hidup (motion pictures), yaitu serangkaian gambar diam (still pictures) yang meluncur secara cepat dan diproyeksikan sehingga menimbulkan kesan hidup dan bergerak. Film merupakan media yang menyajikan audiovisual dan gerak.

Film dapat dijadikan media pembelajaran karena memiliki beberapa keunggulan, sebagai berikut:

Film merupakan suatu denominator yang umum. Baik anak yang cerdas maupun lamban akan memperoleh sesuatu dari film yang sama. Keterampilan membaca atau penguasaan membaca atau penguasaan bahasa yang kurang bisa diatasi dengan menggunakan film.Film sangat bagus untuk menerangkan suatu proses, dengan gerakan lambat, pengulangan akan memperjelas uraian dan ilustrasi.Film dapat kembali menampilkan masa lalu dan menyajikannya kembaliFilm dapat mengembara dengan lincahnya dari suatu negara ke negara lainFilm dapat menyajikan baik teori maupun praktikFilm memikat perhatian anak

10. VIDEO

Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentrasmisikan dan menata ulang gambar. Video merupakan media komuikasi yang sangat cepat di tangkap informasinya oleh media.

Video sistem pencernaan

Video dapat dijadikan sebagai media pembelajaran, karena :

Selain memberikan informasi dan hiburan juga dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. Tujuannya adalah agar proses pembelajaran akan lebih cepat ditangkap dan dipahami oleh peserta didik. Selain itu juga para pengajar atau guru akan lebih mudah menyampaikan materi melalui media vidio. Tentunya hal tersebut harus didukung oleh ilmu pengetauan dan pengusaan teknologi terhadap materi yang diajarkan. Dengan penayangan video, pelajar dapat merasa seolah-olah mereka berada atau turut serta dalam suasana yang digambarkan.

11. PERMAINAN/SIMULASI

Simulasi berasal dari kata Simulate artinya pura-pura atau berbuat seolah-olah. Simulation juga berarti tiruan atau perbuatan yang pura-pura saja. Simulasi sebagai metode penyajian adalah suatu usaha untuk memperoleh pemahaman akan hakikat suatu prinsip atau keterampilan tertentu melalui proses kegiatan atau latihan dalam situasi tiruan (tidak sesungguhnya).

Teka-teki silang

Permainan/simulasi dapat dijadikan sebagai media pembelajaran, karena :

Dapat Melatih keterampilan tertentu, baik yang bersifat keahlian (profesional) maupun keterampilan dalam hidup sehari-hariMemperoleh pemahaman tentang suatu pengertian (konsep) atau prinsipLatihan memecahkan masalah.Meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan melibatkan diri dalam mempelajari situasi yang hampir serupa dengan kejadian yang sebenarnya.Memberikan motivasi untuk bekerja sama dalam kelompok.