Media Cerdas Untuk Membangun Masyarakat Madani · 2010. 5. 10. · Edisi : Maret 2010 Media Cerdas...

2
Alamat: Jl. Telex Raya No 23 Karang Sukun Mataram - NTB. Tlp :0370-637285 E-mail : [email protected] Home : www.transform-id.org Edisi : Maret 2010 Media Cerdas Untuk Membangun Masyarakat Madani Diterbitkan Atas Kerjasama : menanamkan pemahaman dan kepribadian siswa/generasi muda terhadap pentingnya melestarikan lingkungan dalam kehidupan. Pemerintah Kabupaten Lombok Timur berharap kegiatan pelatihan pendidikan lingkungan hidup tidak hanya sebatas pelatihan, namun lebih dari itu implementasinya dalam bentuk rill di sekolah-sekolah dengan melakukan upaya-upaya pengintegrasian ke dalam pelajaran siswa. REDAKSI TRANSFORM MEDIA: PENANGGUNG JAWAB : Markum PIMPINAN REDAKSI : Budhy Setiawan REDAKSI : Syahbudin, Andi C Ichsan, Mukhtar, KONTRIBUTOR : Witardi, Lalu Kertawan, Faturahman, M.Supriadi, DESAIN & LAYOUT : Widi S, DISTRIBUSI : Hidayat, KEUANGAN : Marwiyah Pelatihan Pendidikan Lingkungan Hidup telah dilaksanakan pada tanggal 15 20 Maret 2010. kegiatan ini diikuti oleh 90 orang peserta yang terdiri dari unsur guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah. Peserta pelatihan berasal dari 6 gugus se-Kecamatan Sikur. Gugus tersebut terdiri dari yaitu Gugus Sikur, Montong Baan dan Tete Batu, Kembang Kuning, Senaya, Loyok, dan Kotaraja. Kegiatan tersebut disambut baik oleh pemerintah daerah setempat. Melalui Asisten III Kabupaten Lombok Timur, Bapak Bupati menyampaikan apresiasi yang sangat besar terhadap upaya pelatihan pendidikan lingkungan hidup yang dilakukan. Dalam kesempatan tersebut Bupati berharap bahwa kegiatan Pelatihan Pendidikan Lingkungan tidak hanya dilakukan di 6 gugus ini saja, namun harus dikembangkan juga di gugus- gugus lainnya di Kabupaten Lombok Timur dalam rangka Pembaca yang budiman, memberi pilar pijakan bagi para pihak di lokasi program untuk memulai hidup seirama dengan alam bukanlah hal yang mudah, namun usaha yang terus-menerus dalam rangka mengusung kehidupan yang berkelanjutan adalah suatu keharusan karena bumi ini bukanlah menjadi milik kita melainkan titipan bagi anak cucu kita di masa yang akan datang. Untuk itu, melalui Pelatihan Pendidikan Lingkungan Hidup diharapkan dapat menjadi langkah awal terbangunnya kesadaran generasi muda akan pentingnya lingkungan bagi keharmonisan hidup antara manusia dengan alam sekitarnya. Dengan segala keterbatasan yang ada, edisi bulan Maret ini memuat: 1) Pelatihan Pendidikan Lingkungan Hidup 2) FGD Lanjutan tentang Pergub, dan 3) Assesment Pertanian Terpadu dan Kandang Kolektif.

Transcript of Media Cerdas Untuk Membangun Masyarakat Madani · 2010. 5. 10. · Edisi : Maret 2010 Media Cerdas...

  • Alamat: Jl. Telex Raya No 23 Karang SukunMataram - NTB. Tlp :0370-637285

    E-mail : [email protected]

    Home : www.transform-id.org

    Edisi : Maret 2010

    Media Cerdas Untuk Membangun Masyarakat Madani

    Diterbitkan Atas Kerjasama :

    menanamkan pemahaman dankepribadian siswa/generasi mudaterhadap pentingnya melestarikanlingkungan dalam kehidupan.

    Pemerintah Kabupaten Lombok Timurberharap kegiatan pelatihan pendidikanlingkungan hidup tidak hanya sebataspelatihan, namun lebih dari ituimplementasinya dalam bentuk rill disekolah-sekolah dengan melakukanupaya-upaya pengintegrasian ke dalampelajaran siswa.

    REDAKSI TRANSFORM MEDIA: PENANGGUNG JAWAB : Markum PIMPINAN REDAKSI : Budhy Setiawan REDAKSI : Syahbudin, Andi C Ichsan, Mukhtar, KONTRIBUTOR : Witardi, Lalu Kertawan, Faturahman, M.Supriadi, DESAIN & LAYOUT : Widi S, DISTRIBUSI : Hidayat, KEUANGAN : Marwiyah

    Pelatihan Pendidikan LingkunganHidup telah dilaksanakan padatanggal 15 – 20 Maret 2010.kegiatan ini diikuti oleh 90 orangpeserta yang terdiri dari unsur guru,kepala sekolah dan pengawassekolah.

    Peserta pelatihan berasal dari 6gugus se-Kecamatan Sikur. Gugustersebut terdiri dari yaitu GugusSikur, Montong Baan dan Tete Batu,Kembang Kuning, Senaya, Loyok, danKotaraja. Kegiatan tersebutdisambut baik oleh pemerintahdaerah setempat.

    Melalui Asisten III KabupatenLombok Timur, Bapak Bupatimenyampaikan apresiasi yang sangatbesar terhadap upaya pelatihanpendidikan lingkungan hidup yangdilakukan. Dalam kesempatantersebut Bupati berharap bahwakegiatan Pelatihan PendidikanLingkungan tidak hanya dilakukan di6 gugus ini saja, namun harusdikembangkan juga di gugus-gugus lainnya di KabupatenLombok Timur dalam rangka

    Pembaca yang budiman, memberipilar pijakan bagi para pihak di lokasiprogram untuk memulai hidupseirama dengan alam bukanlah halyang mudah, namun usaha yangterus-menerus dalam rangkamengusung kehidupan yangberkelanjutan adalah suatu keharusankarena bumi ini bukanlah menjadimilik kita melainkan titipan bagi anakcucu kita di masa yang akan datang.

    Untuk itu, melalui PelatihanPendidikan Lingkungan Hidupdiharapkan dapat menjadi langkahawal terbangunnya kesadarangenerasi muda akan pentingnyalingkungan bagi keharmonisan hidupantara manusia dengan alamsekitarnya.

    Dengan segala keterbatasan yang ada,edisi bulan Maret ini memuat: 1)Pelatihan Pendidikan LingkunganHidup 2) FGD Lanjutan tentangPergub, dan 3) Assesment PertanianTerpadu dan Kandang Kolektif.

  • Rencana Kegiatan Bulan April 2010

    No Kegiatan

    1 Diskusi tematik bersama masyarakat

    2 Penyusunan Modul Green School

    3 Pembekalan Guru Kelas untuk Implementasi Green School

    4 Penyuluhan Kesehatan

    Diterbitkan Atas Kerjasama :REDAKSI TRANSFORM MEDIA: PENANGGUNG JAWAB : Markum PIMPINAN REDAKSI : Budhy Setiawan REDAKSI : Syahbudin, Andi C Ichsan, Mukhtar, KONTRIBUTOR : Witardi, Lalu Kertawan, Faturahman, M.Supriadi, DESAIN & LAYOUT : Widi S, DISTRIBUSI : Hidayat, KEUANGAN : Marwiyah

    Pertemuan lebih lanjut pembahasanPergub tanggal 27 Maret 2010menghendaki bahwa arah regulasi yangdikeluarkan yaitu dalam bentuk Perda.Keberadaan pergub yang sedangdiinisiasi belum memiliki landasanhukum yang kuat sehingga diperlukannaskah akademik untuk memberiarahan atas dikeluarkannya pergubpemanfaatan kayu bakar. Besar harapanpeserta bahwa nantinya pergub yangdibangun tersebut dapat diusulkanmenjadi perda dimasa akan datang.

    Dalam pertemuan tersebut disepakati 2skenario yaitu dengan tetap melakukanpersiapan untuk rencana Pergub danrencana Perda. Namun pada tahap awaldiharapkan pada pihak Dinas KehutananProvinsi untuk melakukan lobby denganpemerintah provinsi. Pada saatbersamaan disepakati pula Tim Lobbyterdiri unsur dari Dishut, Transform danUnram dengan tujuan ke birokerjasama.

    Diskusi tersebut menyepakati untuksegera menentukan tim drafternya yangberasal dari multipihak. Peran timdrafter adalah mulai menyusun naskahakademik yang berisi tentang kajiansosiologis, yuridis dan memastikanadanya sumberdaya pendukung sepertijumlah omprongan tembakau sertainformasi penelitian tentang kayu bakar(turi) yang ada di Pulau Lombok.

    Assesment Pertanian Terpadu danKandang Kolektif telah dilakukan padatanggal 24 Maret 2010 bertempat diLombok Timur, kegiatan tersebutmendapat apresiasi yang tinggi darimasyarakat karena selama ini ternakyang mereka miliki dikandangkan dirumah dan pada saat musim kemaraudibiarkan liar yang rentan terhadappencurian dan berpotensi menggangguusaha pertanian dan perkebunanmasyarakat lainnya.

    Dari diskusi dengan masyarakatterdapat beberapa hal yang patutdicermati dalam implementasinyananti:1. bahwa penggunaan tempat sebagai

    kandang kolektif berjangka waktulama, apalagi jika disinergikandengan pengembangan Bio Gassehingga memerlukan kepastianstatus lahan.

    2. berdasarkan pengalaman ditempatlain, pada kasus sistem sewa lahanuntuk kandang kolektif sering

    memicu konflik antara peternakdan pemilik lahan terkait dengankepastian jangka waktu danpenggunaan lahan.

    Berdasarkan hasil diskusi tersebutmasyarakat menyarankan agarLembaga Transform menyediakanlahan permanen untuk lokasi kandangkolektif dan pertanian terpadu,sehingga kepastian keberlanjutanprogram dapat lebih terjamin.

    Menyikapi hal tersebut, Direktur UtamaLembaga Transform Ir. Markum, M.Sc.menyampaikan bahwa LembagaTransform akan menyediakan lahanbagi keperluan pembangunanpertanian terpadu yang akan dikelolaoleh masyarakat di lokasi program.

    Keberadaan lahan ini diharapkan dapatmemberi inspirasi bagi masyarakatuntuk senantiasa mengembangkanpertanian yang terintegrasi. Dengandemikian berbagai kebutuhan rumahtangga petani dilokasi program dapatterpenuhi dengan baik.

    Alamat: Jl. Telex Raya No 23 Karang SukunMataram - NTB. Tlp :0370-637285

    E-mail : [email protected]

    Home : www.transform-id.org

    Please visit :

    www.transform-id.org

    Assesment Pertanian

    Terpadu dan Kandang

    Kolektif