Meciho Maret 2015

download Meciho Maret 2015

of 16

  • date post

    08-Apr-2016
  • Category

    Documents

  • view

    218
  • download

    1

Embed Size (px)

description

Eat to Live or Live to Eat? Segera balik halamannya dan temukan jawabannya. Happy reading,nake!

Transcript of Meciho Maret 2015

  • Permatas Mini MagazineEdisi Maret 2015

    Model: Revina Tarigan

    Bible Talk: Hidup Sehat Ala Tokoh AlkitabBy Erika Sebayang

    Karonese : TasakTelu by Helda Purba

    Whats New : Giggle Box by Martha Surbakti

  • C O N T R I B U T O R S CONTENTSBidang KonsolidasiHelda Purba

    Editor/Chief:Monalisa Siburian

    Bible TalkErika Sebayang

    DU-DUMathias Surbakti

    KaroneseHelda Purba

    Jokes/MemeDwi Ginting

    She Says So & KalenderTito Sembiring

    Whats NewMartha Surbakti

    Do You KnowMeldina Sembiring

    EditorMonalisa Siburian

    4 Dear Readers from Dwi G5 She Says So: Astrid Maya6 Bible Talk: Hidup Sehat

    Ala Tokoh Alkitab9 Karonese: Tasak Telu12 Whats New: Giggle Box14 DU-DU: Dari Untuk

    Dengan Uapan

    Special Thanks toRevina Sara Tarigan

    Astrid MayaSemua Pembaca MECIHO

    Tuhan Yesus Memberkati

    Healthy Food,

    Healthy You.

  • Sebab hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada

    pakaian .

    Lukas 12 : 23

  • Dear Readers

    Kirimkan Kritik Saran,Karya keEmail:mecihopermata@yahoo.comCP: 08196041006 (Helda)087818801525 (Mona)

    Find online MECIHOat Facebook:Permata JatinangorIssuu.com/mecho

    Meciho | 4

    [ Dwi Okta Ginting ]

    Syalom ras mejuah-juah Permata!Ngga kerasa kita sudah memasuki

    semester baru lagi. Liburan telah lama usai dan kini saatnya kita mulai mengisi kembali tangki semangat dan sukacita kita dalam menapaki semester genap ini. Semoga semester ini bisa lebih baik lagi dari semester yang lalu ya.

    Puji Tuhan! Meciho bulan Maret bisa terbit dan sampai ke tangan teman-teman semua. Meciho bulan ini mengusung thema Eat to Live or Live to Eat. Yap! Isi Meciho kali ini ngga akan jauh-jauh dari yang namanya makanan. Selain itu, bakal ada info-info tentang makanan khas Karo, tempat makan yang lagi hits di Jatinangor, tips and trick memilih makanan sehat dan masih banyak lagi.

    Untuk info lebih lengkapnya, yuk langsung dibalik aja halamannya. Selamat membaca,nake. Tuhan Yesus memberkati!

  • 1. Hello Maya, gimana kabarndu?Puji Tuhan, baik Tito.

    2. Mau nanya nih, apa sih arti tubuh yang sehat buat kam, gak hanya sehat jasmani tapi rohani juga?Ketika kita mempunyai tubuh yang sehat maka kitadapat melakukan aktivitas kita dengan baik.Menurutku juga, tubuh yang sehat itu adalah tubuhyang memuliakan Tuhan

    3. Kam tau gak istilah Alkitab yang berbunyi, tubuhmu adalah bait Allah? Apa sih artinya May menurutndu?Artinya adalah Allah ada di dalam diri kita. Jadi, ya, kita harus selalu menjaganya. Tubuh kita bukan kepunyaan kita, karena di tubuh ini jiwa kita bisa hidup, dimana Tuhan mengijinkan kita untuk hidup

    4. Super sekali May! Bagaimana kam menyikapinya? Apakah kam sudah memperlakukan tubuhndu sebagai bait Allah? Kalau tubuh kita adalah bait Allah, kita mempunyai tanggung jawab untuk menjaganya baik secara jasmani maupun rohani, baik dengan selalu menjaga kesehatan, makanan dan perilaku. Misalnya tidak merusak tubuh kita dengan merokok. Belum euy, aku masih sering makan dan jajan sembarangan yang tidak sehat, dan kalau rohani aku kadang lupa untuk mengisinya misalnya saat teduh.

    She Says so

    Astrid MayaPeternakan 2012

    6. Eh May, menurutndu makan itu perlu ga sih? HehehePerlu, untuk kelangsungan hidup, yah, kalau gak makan, bagaimana kita bisa beraktivitas.

    7. Closing statement nih, Eat to Live or Live to Eat? Eat to live.

    5. Bagaimana pandanganndu terhadap orang-orang yang gak perduli dan bahkan memperlakukan tubuhnya dengan tidak baik? Aku sih menyayangkannya, karena dia telah merusak pemberian bahkan kepunyaan Tuhan.

    Meciho | 5

  • Makanan merupakan hal pokok yang direncanakan sejak awal oleh Tuhan Allah. Makanan sebagai esensi dari kehidupan juga salah satu hak bagi manusia. Di jaman yang sudah modern ini sudah sangat berbeda dengan jaman pada masa Alkitab. Saat ini, dunia lebih diperkenalkan dengan segala sesuatu yang serba instan dimana manusia begitu dimanjakan dengan berbagai jenis makanan yang siap saji, sehingga setiap orang bisa memilih makanan sesuai seleranya. Tanpa disadari makanan-makanan ini memiliki resiko yang tinggi terhadap kesehatan manusia. Makanan cepat saji akan mengakibatkan kolestrol semakin tinggi dan juga bisa berakibat pada jantung serta penyakit lainnya.

    Kejadian 1:29 Berfirmanlah Allah: Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.

    Ayat tersebut menunjukkan bahwa Allah menciptakan tumbuh-tumbuhan berbiji (kacang-kacangan) dan buah-buahan sebagai bahan makanan bagi manusia sedangkan daun dan rumput akan menjadi makanan binatang. Selain itu, pada Kejadian 9:3 Segala yang bergerak, yang hidup, akan menjadi makananmu. Aku telah memberikan semuanya itu kepadamu seperti juga tumbuh-tumbuhan hijau. Hanya daging yang masih ada nyawanya, yakin darahnya, janganlah kamu makan.Perintah ini diberikan Allah kepada Nuh ketika musibah air bah datang yang mungkin pada saat itu tumbuhan hijau sudah rusak akibat bencana tersebut sehingga Allah mengizinkan Nuh untuk memakan daging. Adapun makanan atau minuman lainnya yang baik menurut Alkitab adalah anggur. Alkitab mengatakan kalau anggur baik untuk kesehatan karena sifatnya yang dapat menghangatkan tubuh. Salah satu tokoh yang menganjurkan untuk meminum anggur adalah Paulus yang menyarankan agar Timotius memium sedikit anggur yang baik untuk lambungnya (1 Timotius 5;23; Lukas 10:34).

    Meciho | 6

    Kayaknya makan indomie enak deh hujan-hujan gini.

    Beli fried chicken aja ah lebih praktisMakan burger aja yuk biar gak ribet

    Bible TalkBible TalkHidup Sehat Ala Tokoh Alkitab Kejadian 1:29

    Bila dibandingkan dengan umur manusia pada jaman Adam, umur manusia terbilang cukup panjang karena manusia pada jaman itu bisa berumur hingga 969 tahun. Jika dibandingkan dengan umur manusia jaman sekarang, akan sangat jauh berbeda karena semakin banyak orang-orang yang mungkin sudah terlalu sibuk dengan pekerjaan ataupun profesinya yang mengakibatkan mereka tidak bisa menjaga pola makannya dengan baik sehingga dapat mengakibatkan penyakit dan bahkan kematian di usia yang muda.

  • Alkitab mungkin tidak secara real menjelaskan mengenai makanan dan pola hidup yang sehat tetapi didalam Alkitab tertulis makanan dan minuman apa saja yang baik untuk manusia konsumsi. Alkitab juga menunjukkan proses urutan yang sesuai piramida makanan yaitu bagian bawah adalah karbohidrat yang diambil dari biji-bijian kemudian buah dan sayuran sebagai sumber vitamin dan berikutnya daging sebagai sumber protein dan lemak bagi tubuh manusia. Semakin kebawah menunjukkan penggunaan yang lebih banyak dari yang diatasnya.

    Daniel dan ketiga kawannya sebagai pemakan sayuran membuktikan tingkat kecerdasan dan perawakannya yang lebih baik sehingga ia dapat menarik perhatian Raja Nebukadnezar (Daniel 1). Oleh karena itu, kita Permata Jatinangor sebagai generasi muda sebaiknya lebih memperhatikan pola makan dan makanan apa saja yang kita konsumsi. Baiklah kita mengkonsumsi makanan dan minuman yang sudah Allah tetapkan sebagai makanan kita yang sehat agar tubuh kita yang adalah bait Allah juga dapat kita jaga dengan baik sehingga Allah pun tidak kecewa dan selalu memberikan kesehatan bagi tubuh kita. Amin.

    Meciho | 7

    Bible TalkBible TalkKejadian 1:29

    (Sumber: fgbmfi.web.id ; Makanan dalam Persperktif Alkitab)

    Berikanlah kami setiap hari

    makanan kami yang

    secukupnya...

    Lukas 11:3

    Hidup Sehat Ala Tokoh Alkitab

  • Meciho | 18Meciho | 8

    Do You Know?

    Manfaat Buah Rambutan

  • Karonenese

    Berbicara mengenai suatudaerah, pasti tidak akan lepas darimasakan khas. Begitu juga denganKaro. Salah satu identitas suku Karoyang belum hilang sampai saat ini danmemang tidak boleh hilang sampaikapanpun adalah bidang kuliner. Tasaktelu merupakan salah satu masakankhas dari suku karo dan memilikibanyak peminat.

    Makanan Khas KaroTasak Telu

    Tasak Telu jika diartikan ke dalam bahasa Indonesiamemiliki arti masak 3 atau tiga masakan yangterdiri dari ayam buras (kampung) , daun singkongdan kelapa. Ayam diletakkan di bagian atas, di atassayuran daun singkong. Daun singkong yang menjadibagian dari tasak telu dimasak dengan campurankelapa parut. Daun ini dipotong-potong kasar dandicampur dengan bumbu-bumbu khas Karo. Getahadalah sambal berbentuk pasta berwarna coklat.Getah ini berasal dari darah ayam. Getah ini menjadisemacam sambalnya. Ayam dan sayur dicocolkan digetah dulu sebelum dimakan. Ketiga masakan inidisajikan dalam satu piring. Karena cara memasaknyayang sedikit ribet, Tasak Telu biasanya disajikan diacara besar atau di acara yang spesial misalnya padasaat Kerja Tahun Kuta, Acara Mukul (memberi makanpengantin baru setelah selesai pesta adatnya ) danulang tahun.

    Meciho | 9

  • Karonenese

    Resep ala Bik Loli

    Tasak Telu

    1 ekor ayam kampung, diambil dagingnya, hati dan rempela

    Jahe ( 1 ruas jari ) di keprek

    Daun Singkong ( 2 ikat / sesuai selera )

    Kelapa muda ( butir di parut )

    Cabe rawit ( ons )

    Lengkuas ( 1 ibu jari ) dikeprek

    Daun jeruk ( 5 helai )

    Sereh ( 2 batang ) di keprek

    Asam pati kala (7 buah)

    Bawang putih ( 5 siung )

    Jeruk nipis ( 2 buah/ sesuai selera )

    Bawang merah (7 siung)

    Kencong (1 buah)

    Darah ayam

    Cara Membuat1. Rebus ayam tambahkan garam, sereh, jahe, lengkuas, daun jeruk sampai matang.2. Sesudah matang ayam diambil dagingnya, hati, rempela dan usus di cincang.3. Daun ubi di rebus sampai matang lalu di cincang halus.4. Cabe rawit diulek sampai halus sama bawangputih,dimasak dengan darahnya lalu diberi garamdan asam patikala.5. Kela