Material Selection Guidelines

download Material Selection Guidelines

of 14

  • date post

    08-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    230
  • download

    0

Embed Size (px)

description

FGNVV

Transcript of Material Selection Guidelines

PowerPoint Presentation

Anggota Kelompok :1. Ibnu Fajar2. Maro Hagabean D3. M. Rizky Agung4. Yusra Aini

Material Selection GuidelinesPENDAHULUANLebih dari 50.000 Material tersedia untuk proses desain dan manufaktur dari suatu produk, namun tidak semuanya menjadi pilihan yang tepat dalam pengaplikasiannya.Pemilihan material menjadi sangat vital karena hampir 50% dari biaya produk berasal dari material.PENTINGNYA PEMILIHAN MATERIALMeningkatnya permintaan konsumen pada performa dan kualitas menyebabkan kompetisi diantara perusahaan juga mengalami peningkatan. perusahaan perusahaan berupaya untuk mengembangkan material baru untuk meningkatkan performa.Untuk menjaga lingkungan hidup, pemerintah mendorong produsen kendaraan untuk mengembangkan kendaraan dengan efesiensi yang tinggi, maka para produsen kendaraan harus memilih material yang ringanReasons for Material SelectionAda dua alasan utama mengapa seorang engineer menjadi terlibat dalam proses pemilihan material.1. Untuk mendesain ulang produk yang sudah ada untuk kinerja yang lebih baik, biaya lebih rendah, peningkatan kehandalan, penurunan berat.2. Untuk memilih material untuk produk baru atau aplikasi.Material Property InformationMaterial Property Information diperlukan pada tahap proses desain, Material Property Information dapat membantu dalam penilaian awal dari material yang akan digunakan untuk desain.

Mulai dari siko bagian yg punyo cuik masuak bk yo 3.6 Material Selection MethodsTerdapat beberapa metode untuk memilih material untuk evaluasi bahan yang cocok :Cost vs Property AnalysisBiaya bahan merupakan factor penting dalam pemilihan material. Metode ini membandingkan antara biaya dengan kebutuhan property. Property dapat mencakup kekuatan Tarik, kekuatan tekan, kelelahan, fatigue, kekuatan impact, dan lain lain yang dibutuhkan. Metode ini membutuhkan berat sebagai pembanding, dari berat menentukan biaya material. Sebagai contoh, besi memiliki berat 3 sampai 4 kali berat komposit dengan volume yang sama, dengan demikian komposit dapat menawarkan berat yang lebih hemat dibandingkan besi apabila dirancang dan diproduksi dengan baik.

3.6.2 Weighted Property Comparison MethodDalam banyak kondisi, terdapat beberapa faktor, misalnya massa, kinerja, biaya, service, yang mungkin penting untuk aplikasi. Tingkat kepentingan setiap factor untuk aplikasi berbeda beda. Contohnya untuk pesawat komersil, penghematan massa 1 pounds diterjemahkan dalam $100 hingga $1000 penghematan biaya. Pada satellite penghematan 1 pounds berat diterjemahkan dalam $10.000 penghematan biaya. Metode ini cocok digunakan untuk aplikasi yang memiliki banyak factor pertimbagan. Menurut metode ini, masing-masing properti ditugaskan berat tertentu, tergantung pada pentingnya selama layanan. Karena sifat yang diukur dalam satuan yang berbeda, masing-masing properti dinormalkan untuk mendapatkan rentang numerik yang sama. Hal ini dilakukan dengan metode skala dengan cara berikut, tergantung pada jenis kebutuhan properti.

3.6.2.1 caling for Maximum Property RequirementAda sifat material, seperti kekuatan, kekakuan, dan persentase perpanjangan, yang diinginkan dalam struktur untuk menjadi nilai maksimum. Sifat tersebut ditingkatkan di kisaran 0 hingga 100 dengan cara berikut:

3.6.2.2 Scaling for Minimum Property RequirementAda sifat, seperti biaya, kepadatan, dan gesekan, yang diperlukan sebagai nilai yang rendah dalam desain. Sifat tersebut skala sebagai berikut:

3.6.2.3 Scaling for Nonquantitative PropertyAda sifat, seperti ketahanan aus, ketahanan korosi, kemampuan diperbaiki, machinability, daur ulang, yang tidak dapat diukur sebagai nilai numerik. Sifat tersebut diberikan penilaian subjektif . Setelah sifat material yang ditingkatkan, indeks kinerja material ditentukan sebagai berikut:

dimana w adalah bobot faktor, Alfa adalah properti skala, dan I adalah penjumlahan dari semua sifat-sifat di bawah pertimbangan.

3.6.3 Expert System for Material Selection

Ribuan pilihan bahan yang tersedia untuk seorang engineer untuk membantu dalam pemilihan bahan yang tepat. Ini mengungkapkan perlunya sistem expert untuk pemilihan bahan alternatif untuk aplikasi tertentu. Beberapa sistem expert sedang dikembangkan untuk pemilihan bahan komposit. Dalam sistem expert, pengguna feed dalam persyaratan kondisi layanan (misalnya, rentang suhu operasi, ketahanan kimia, paparan cairan, persen elongasi, ketangguhan retak, kekuatan, dll) dan berdasarkan database materi yang tersedia, sistem expert memberikan materi sistem yang cocok untuk aplikasi. Tidak seperti logam, database besar untuk kinerja bahan komposit untuk berbagai kondisi tidak tersedia. Pemasok bahan baku memberikan desainer dan perakit dengan daftar sifat material dasar