Materi topologi

download Materi topologi

If you can't read please download the document

  • date post

    14-Apr-2017
  • Category

    Internet

  • view

    173
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Materi topologi

RANCANG BANGUN JARINGAN

RANCANG BANGUN JARINGANTOPOLOGI FISIK & TOPOLOGI LOGIC

pada dasarnya Topologi adalah sebuah peta/tata letak dari sebuah jaringan komputer. topologi jaringan komputer terbagi atas 2 jenis yaitu: Topologi secara fisik (Physical Topology) dan yang satu lagi Topologi secara logika (Logical topology).topologi secara fisik menjelaskan bagaimana susunan dari kabel, komputer dan lokasi semua komponen jaringan.topologi secara logika bisa diartikan bagaimana informasi atau aliran data dalam jaringan.

TOPOLOGI FISIKTopologi Jaringan Fisik ada 7 jenis yaitu :TopologiBusTopologiStarTopologi RingTopologi Extended StarTopologi MeshTopologi HybridTopologi Hierarkikal

1. Topologi BusTopologi ini memiliki karakteristik sebagai berikut:-Merupakan satu kabel yang kedua ujung nya ditutup, dimana sepanjang kabel terdapat node-node-Umum digunakan karena sederhana dalam instalasi-Signal melewati kabel dalam dua arah(mengirim data bersamaan) mungkin terjadi collision(Tabrakan Data)

ContohPenggunaan:Acara pada meeting kantor

2. Topologi StarTopologi ini mempunyai karakteristik sebagai berikut:-Setiap node berkomunikasi langsung dengan central node, traffic data mengalir dari node ke central node dan kembali lagi.-Mudah dikembangkan, karena setiap node hanya memiliki kabel yang langsung terhubung ke central node keunggulan : jika satu kabel node terputus yang lainnya tidak terganggu, dapat digunakan kabel yang lower grade karena hanya menghandel satu traffic node, biasanya digunakan kabel UTP

Contoh Penerapan : digunakan pada Warnet, jika salah satu client bermasalah tidak menggangu client lain.

3. Topologi RingTopologi ini memiliki karakteristik sebagai berikut:-Lingkaran tertutup yang berisi node-node-Sederhana dalam layout-Signal mengalir dalam satu arah, sehingga dapat menghindarkan terjadinya collision (dua paket data bercampur), sehingga memungkinkan pergerakan data yang cepat dan collision detection yang lebih sederhana -Biasanya topologi ring tidak dibuat secara fisik melainkan direalisasikan dengan sebuah consentrator dan kelihatan seperti topologi star

Contohpenggunaan: Cocok digunakan pada kondisi di sebuah rapat yang dimana susunan jaringan anggotanya berbentuk melingkar.

4. Topologi Extended StarTopologi ini terdiri atas kumpulan topologi star yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai backbone. Komputer-komputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain di hubungkan sebagai jalur tulang punggung atau backbone.

Contoh : Digunakan oleh suatu jaringan di sekolah yan dalam kondisi memiliki sebuah server data utama yang dapat di akses di setiap Lab komputer di sekolah tersebut dan setiap lab memiliki host utama/server serta client-client lain yang dapat mengakses data utama dari server tetapi harus ijin/permision ke host/server diatasnya dahulu.

5. Topologi MeshTopologi Mesh adalah suatu topologi yang memang didesain untuk memiliki tingkat restorasi dengan berbagai alternatif rute atau penjaluran yang biasanya disiapkan dengan dukungan perangkat lunak atau software.

Contoh : cocok di gunakan dalam suatu jaringan yang tidak terputus. jadi satu sama lain harus selalu terhubung satu sama lain dan sangat membutuhkan kecepatan yang tinggi

6. Topologi HybridKombinasi dari dua atau lebih topologi yang berbeda untuk membuat topologi hybrid. Ketika topologi dasar yang berbeda yang terhubung ke satu sama lain, mereka tidak menampilkan karakteristik dari setiap topologi satu tertentu. Ini adalah ketika itu menjadi topologi hibrida.

Contoh : Biasa digunakan pada suatu kawasan yang memiliki Jaringan Wifi (Wireless)

7. Topologi HierarkikalBerbentuk seperti pohon bercabang yang terditi dari komputer induk (host) yang diswitchungkan dengan simpul atau node lain secara berjenjang, jenjang yang lebih tinggi berfungsi sebagai pengetur kerja jenjang dibawahnya, biasanya topologi ini digunakan oleh perusahaan besar atau lembaga besar yang mempunyai beberapa cabang daerah, sehingga data dari pusat bisa didistribusikan ke cabang atau sebaliknya.

Contoh : cocok digunakan pada sebuah perusahaan besar yang membutuhkan keefisiensian dan kecepatan dalam jaringannya.

Topologi LogikTopologi Logic berasal dari kata Logik yang berarti adalah suatu gambaran bagaimana hubungan yang terjadi antar masing-masing komputer dalam jaringan yang tidak dapat kita lihat, tetapi dapat kita mengalaminya ( merasakan ). Pengetian secara umum, Topologi Logik merupakan topologi yang menggambarkan hubungan secara logika yang terjadi pada masing-masing komputer dalam jaringan.Jenis Topologi Logik ada 5 :EthernetToken RingLocal TalkFDDI ( Fiber Distributed Data Interface)ATM (Asynchronous Transfer Mode )

1.EthernetEthernet menggunakan metode akses yang disebut CSMA/CD( Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection ). Ethernet dapat digunakan pada model jaringan Garis lurus , Bintang, atau Pohon. Data dapat ditransmisikan melewati kabel twisted pair, koaksial, ataupun kabel fiber optik pada kecepatan 10 Mbps - 100Mbps dan terus berkembang sampai 1Gbps.

2.Token RingHubungan komputer pada token berbentuk seperti cincin. Sebuah Sinyal token bergerak berputar seperti lingkaran pada sebuah jaringan dari satu komputer menuju ke komputer yang lain. Jika pada persinggahan disalah satu komputer ternyata ada data yang ingin ditransmisikan, token akan mengangkutnya ketempat dimana data itu ingin ditujukan, dan token bergerak terus untuk saling mengkoneksikan diantara masing-masing komputer

3.Local TalkLocal talkmerupakan jaringan yang dikembangkan pertama kali oleh Apple Computer Inc untuk komputer macintos. Metode yang digunakan oleh jaringan Local Talk disebut CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance). Lokal talk menggunakan kabel TP khusus yang digunakan untuk menghubungkan sederetan komputer melalui port serial dengan kecepatan yang bisa didapat hanya 230 Kbps.

4.FDDI ( Fiber Distributed Data Interface)Fiber Distributed Data Interface(FDDI)adalah sebuah jaringan yang menghubungkan antara dua atau lebih jaringan bahkan pada jarak yang jauh . Metode yang digunakan oleh FDDI adalah model token ring. FDDI menggunakan dua buah topologi ring secara fisik. Proses transmisi biasanya menggunakan satu buah ring, namun jika ada masalah ditemukan akan secara otomatis menggunakan ring yang kedua.

5.ATM (Asynchronous Transfer Mode )ATM bekerja pada model topologi Bintang dengan menggunakan kabel fiber optik ataupun kabel twisted pair . ATM pada umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih LAN . ATM juga banyak dipakai oleh Internet Service Providers (ISP) untuk meningkatkan kecepatan akses Internet untuk klien mereka.

SEMOGA BERMANFAAT