Materi SimNUPTK CLIENT-Server

of 24 /24
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL DIREKTORAT JENDERAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN MATERI PELATIHAN simNUPTK CLIENT-SERVER 2010

Embed Size (px)

Transcript of Materi SimNUPTK CLIENT-Server

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONALDIREKTORAT JENDERAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

MATERI PELATIHANsimNUPTK CLIENT-SERVER 2010

Client-ServerSISTEM INFORMASI MANAJEMEN NOMOR UNIK PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Index

No1 2 3 4 5

MateriStruktur Jaringan Simnuptk Client-Server Instalasi Dan Manajemen User Simnuptk Client-Server Membuat User Import Database Ms Access Simnuptk Ke Nuptk Databases Server V1.1b Transaksi Data A. B. C. D. E. F. G. H. Penambahan Data Baru Penambahan Individu Baru Penghapusan Data Individu Penambahan Propinsi, Kabupaten Dan Kecamatan Baru Edit Data Melihat Perbaikan Data Cara Mengosongkan Database Mutasi .. .. .. .. .

Halaman1 1 3 3 4 4 5 7 7 7 8 8 9 11 12 13 .. 14 16

6 7 8 9 10

Verifikasi Data Sinkronisasi Transaksi Data Generate/Penomeran Nuptk (LPMP) Fitur Laporan Di SimNUPTK Cs Manajemen User Di SimNUPTK Client-Server

1

SimNUPTK CLIENT-SERVER

I.

STRUKTUR JARINGAN simNUPTK CLIENT-SERVER SIM NUPTK CS terdiri dari 2 komponen pokok yaitu, aplikasi dan database. Aplikasi yang berbentuk .exe dapat di instal dengan cara meng kopi file tersebut dimana saja di komputer anda. Database yang digunakan adalah database mysql yaitu Db-Server NUPTK yang baiknya diinstal di satu komputer yang berfungsi sebagai server yang terkoneksi dengan jardiknas atau internet. DB-Server NUPTK memiliki kode aktifasi yang diberikan ke tiap-tiap operator LPMP dan Dinas Pendidikan kabupaten/kota. Setiap instansi hanya dapat bekerja pada satu DB-Server NUPTK. Kode aktifasi harus diaktifkan ketika anda pertama kali menjalankannya. Database tidak dapat digunakan jika anda tidak melakukan aktifasi. Apabila anda hendak memindahkan database ke komputer lain setelah mengaktifasikannya, anda harus kembali memasukkan kode aktifasi setelah menginstalnya. Anda tidak dapat mengaktifkan kode aktifasi untuk 2 komputer atau lebih yang dipakai secara bersamaan karena system akan mem blok salah satu kode aktifasi tersebut.

gambar 1.1II. INSTALASI DAN MANAJEMEN USER simNUPTK CLIENT-SERVER A. Cara melakukan instalasi aplikasi dan database sim NUPTK CS 1. Copy kan file SimNUPTK_ClientServer.exe dan folder NUPTK Databases Server v1.1b ke komputer anda. 2. Install database dengan menjalankan file SETUP.EXE di dalam folder NUPTK Databases Server v1.1b. Ikuti petunjuk instalasi hingga selesai. B. Jalankan aplikasi dengan cara menjalankan database terlebih dahulu. 1. Klik Start All Programs NUPTK DbServer NUPTK_DBServer. 2. Akan muncul tampilan seperti ini dibawah kanan layar dengan icon database berwarna merah dan hijau berkelap-kelip.

Icon database

Gambar 1.2 3. Klik kanan icon database tersebut dan pilih Start Database NUPTK (Gambar 1.3). akan tampil form aktifasi Db Server NUPTK Gambar 1.2b

2

Gambar 1.2b 4. Isi form dan masukan kode aktifasi yang tertera di CD. Klik tombol Aktifasi

Gambar 1.3

5. 6.

Icon database akan berwarna hijau yang menandakan database sudah aktif. short cut otomatis akan tercipta di desktop. Jalankan aplikasi SIM CS dengan klik ganda file SimNUPTK_ClientServer.exe yang sebelumnya dikopikan ke komputer anda. Akan muncul form depan tampilan aplikasi (gambar 1.4). Perhatikan! setiap anda menjalankan aplikasi, maka otomatis nuptk browser juga terbuka. Anda bisa langsung menutup browser jika tidak diperlukan.

Gambar bumi, hijau-hijau terang berarti komputer terkoneksi internet, jika berwarna hijau-abu-abu berarti koneksi internet terputus.

Gambar 1.5

Gambar 1.4 Tuliskan alamat IP dari komputer dimana database berada, apabila lokasi database dan aplikasi berada dalam satu komputer maka anda dapat menuliskan localhost. Klik tombol OK. 8. Jika anda baru pertama kali menjalankan aplikasi login dengan username: 0000-ADMIN dan Password: admin, klik OK.(gambar 1.5) 9. Jika berhasil login, Menu akan aktif, gambar bumi berwarna hijau terang jika komputer terkoneksi internet, dan berwarna hijau abu-abu jika koneksi internet tidak ada. (gambar 1.4) 10. Buat user baru dengan klik menu File Administrator User Manager. 11. Isi form dengan informasi sesuai dengan instansi anda dan level function yang terkuat yaitu Administrator, klik Simpan.(gambar 1.6). anda dapat membuat user lain denga n Level Function yang berbeda yaitu operator atau tamu. (dijelaskan lebih jauh dipembahasan tentang user) 7.

3

III.

MEMBUAT USER Setelah anda melakukan login sementara dengan username dan Password default, anda harus membuat user terlebih dahulu. Untuk membuat user dengan user level Administrator adalah sebagai berikut: 1. Klik menu File, pilih Administrator, User Manajemen 2. Klik tombol New 3. Isi semua informasi yang ada, sesuaikan dengan tempat anda. (gambar 1.5)

Daftar user

Gambar 1.5 4. Klik tombol Simpan. Pembuatan user baru berhasil jika di Daftar User tertera user yang baru anda buat. Username akan dimulai dengan kode propinsi/kabupaten/kota, contoh 0612-IMRON. 5. Coba user baru tersebut dengan logout kemudian login dengan username dan password yang baru dibuat.

IV.

IMPORT DATABASE MS ACCESS SIMNUPTK KE NUPTK Databases Server v1.1b a. Cara meng import database .mdb anda ke database se rver mysql 1. Pastikan anda sudah login terlebih dulu dengan user akses administrator. Klik menu File, pilih Import Data, form Migrasi Data SimNUPTK akan muncul, 2. kill tombol Buka File, pilih file database .mdb (MS Access) yang anda pakai dari SIMNUPTK, klik tombol Open, kemudian klik tombol View Data, lalu klik Migrasi Dari Awal. Proses migrasi membutuhkan waktu sesuai dengan besarnya file .mdb. 3. Migrasi berhasil jika anda melihat dialog konfirmasi seperti berikut: Klik OK, kemudian klik tombol Keluar

4. jika pada saat proses migrasi terpu tus ditengah-tengah, anda dapat tidak perlu memulai dari awal kembali akan tetapi dapat melanjutkan dengan meng klik tombol Lanjutkan setelah memilih database yang sama. 5. Anda dapat melihat data yang telah di migrasi dengan meng-klik short cut Sekolah & Madrasah di tampilan depan aplikasi.

Silakan eksplorasi semua fitur-fitur aplikasi yang menampilkan database yang baru di migrasi.

4

Pilih Propinsi dan Kabupaten/Kota sesuai dengan isi database.

Icon open

Gambar 1.6 6. Akan tampil form FInstansi_list, Pilih Propinsi, Kabupaten/Kota pada drop down menu sesuai dengan

database yang dimigrasikan sebelumnya, kemudian klik icon open

V. TRANSAKSI DATA Yang dimaksud dengan transaksi data di simNUPTK Client Server adalah semua kegiatan aplikasi yang merubah isi database yang diantaranya adalah: melakukan penambahan data baru, melakukan perubahan data, menghapus data individu atau instansi, mutasi individu dan lain-lain. Apabila anda terkoneksi dengan internet, semua transaksi data yang dilakukan di aplikasi ini akan langsung merubah database di pusat ketika anda meng klik tombol Simpan. Apabila anda tidak terkoneksi secara on-line maka perubahan yang anda lakukan berlaku untuk database lokal saja, yang berarti belum merubah database pusat, untuk merubah database pusat, harus dilakukan langkah selanjutnya yaitu sinkronisasi database. A. PENAMBAHAN DATA BARU a. Penambahan Instansi Baru Jika ada sekolah atau instansi yang belum terdaftar di database maka anda harus mengisi data -data sekolah/instansi tersebut. Cara menambahkan sekolah/instansi baru sebagai berikut: sebagai contoh kita akan menambahkan sekolah baru. 1. Klik Menu Data, pilih Sekolah/Instansi/Yayasan, lalu Daftar Sekolah. Akan muncul Form FInstansi_list 2. Klik tombol Buat Sekolah Baru yang terletak disebelah kiri bawah form. Akan tampil form baru yaitu Fsekolah. (gambar 1.7)

Gambar 1.7

5

3.

Klik tombol New, kemudian isi semua informasi tentang sekolah yang ingin ditambahkan. Klik Add untuk mengisi jumlah Rombel. Setelah lengkap terisi, klik Simpan. Data sekolah baru telah tersimpan dan siap diisi dengan data PTK nya.

4. B.

Penambahan Individu Baru Untuk penambahan individu baru, harus melalui sekolah/institusinya, sehingga tidak ada individu yang tidak mempunyai tempat tugas (lost link). Pada saat melakukan entri, juga harus dipastikan bahwa individu tersebut be lum ada didatabase dengan menggunakan fasilitas pencarian yang ada di aplikasi. Hal ini untuk memastikan kemungkinan individu terdaftar di sekolah /intansi lain. Langkah penambahan individu berikut dilakukan untuk penambahan PTK di sekolah. 1. Klik short cut Sekolah & Madrasah yang ada didepan aplikasi.

2. Pilih di drop down menu Propinsi, Kabupaten/Kota dari sekolah yang dicari. Klik icon open untuk menampilkan daftar sekolah. Akan tampil daftar sekolah di daerah tersebut. 3. Klik ganda sekolah yang ingin ditambahkan PTK nya. Akan tampir form Fptk_list 4. Klik tombol Buat PTK Baru. Akan tampil Form Biodata PTK. 5. Cari dahulu Individu yang ingin tambahkan untuk memastikan individu tersebut belum ada didatabase di sekolah/instansi yang berbeda. Tulis nama PTK kemudian klik tombol Cari. 6. Jika nama individu ada didaftar, select individu tersebut, kemudian klik tombol Pilih. Lakukan beberapa perbaikan atau pemutakhiran data individu sesuai keperluan, kemudian Klik icon Simpan, dialog konfirmasi akan muncul.

klik OK 7. Jika pada proses pencarian individu tidak ditemukan maka anda harus melakukan entri data individu tersebut. Klik tombol skip pada tampilan cari. 8. Isi data-data individu dengan lengkap. Klik pula icon Edit untuk memasukkan data-data tempat tugas PTK. Sama dengan sebelumnya, Klik icon Simpan, form konfirmasi akan muncul. Klik OK. Klik edit data untuk mengubah atau melengkapi data individu

Klik icon EDIT

Gambar 1.8 9. Proses tersebut akan membuat status individu dalam keadaan Diajukan (gambar 1.9)

6

Gambar 1.9 10. Jika anda ingin menambahkan tempat tugas lebih dari satu maka anda harus menambahkannya melalui sekolah kedua dahulu dengan cara yang sama seperti awal penambahan individu baru: y Dari menu depan aplikasi cari sekolah/instansi dimana individu/PTK bertugas, sama dengan yang dijelaskan diatas. y Klik shortcut Sekolah & Madrasah yang ada depan aplikasi. y Pilih di drop down menu Propinsi, Kabupaten/Kota dari sekolah yang dicari. Klik icon open untuk menampilkan daftar sekolah. Akan tampil daftar sekolah di daerah tersebut. y Klik ganda sekolah yang ingin ditambahkan PTK nya. Akan tampir form Fptk_list y Klik tombol Buat PTK Baru. Akan tampil Form Biodata PTK. y Cari Individu yang ingin ditambahkan tempat tugasnya. Tulis nama individu/PTK kemudian klik tombol Cari. y Pilih individu yang ada didaftar hasil pencarian kemudian klik tombol Pilih. y Klik tombol EDIT DATA. Detil data Individu akan tampil dengan informasi Tempat Tugas telah terisi. (gambar 1.10). Pastikan adalah Sekolah/ Instansi Induk tidak di tandai karena bukanlah sekolah induk. Pastikan pilihan kosong Icon EDIT untuk mengisi data detail tugas pokok PTK

y

Gambar 1.10 Klik icon EDIT yang ada di pengisian Tempat Tugas. Form Tugas PTK tampil. (gambar 1.11)

Gambar 1.11

y

Isi semua data,lalu klik tombol OK. Data sudah langsung tersimpan. Keluar dahulu untuk memeriksa bahwa individu tersebut bertugas lebih dari 1 Instansi (gambar 1.12)

7

Gambar 1.12 C. Penghapusan Data Individu Untuk kasus tertentu mungkin anda perlu untuk menghapus data individu yang terdapat di database anda. Penghapusan data individu yang anda lakukan jika perlu masih disimpan datanya di database pusat sehingga masih dapat dilakukan pencarian data apabila ternyata dikemudian hari diketahui telah terjadi kesalahan. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah: 1. Lakukan langkah-langkah sama dengan yang diatas pada no 10. Sampai form Biodata PTK tampil. 2. Klik tombol Delete, akan muncul dialog konfirmasi. 3. Klik tombol OK.

Dialog konfirmasi muncul setelah anda klik tombol Delete

Klik tombol Delete

Gambar 1.13

D.

Penambahan Propinsi, Kabupaten dan Kecamatan Baru karena banyaknya daerah yang dimekarkan sehingga Propinsi dan kabupaten bertambah tiap waktu, maka aplikasi mendukung hal tersebut. Untuk menambahkan Propinsi dan kabupaten adalah sebagai berikut: 1. Klik menu Master, pilih wilayah. Form Fwilayah akan tampil. 2. Pilih antara Propinsi atau Kabupaten/Kota yang anda ingin tambahkan. 3. Klik tombol New. 4. Untuk menambahkan Propinsi, Tulis Kode Propinsi dan Nama Propinsi. 5. Klik tombol Save, Menu konfirmasi akan muncul, klik OK. 6. Untuk penambahan Kabupaten/Kota langkah yang dilakukan hamper sama akan tetapi anda harus memilih dahulu Propinsi mana yang ingin ditambahkan Kabupaten/Kota nya pada Drop down menu.

E.

Edit Data Edit data dapat dilakukan untuk hampir semua database seperti perubahan individu, pemutakhiran data individu, individu pindah tempat tugas di Kabupaten/Kota yang sama, perubahan data sekolah/instansi/ yayasan. Adapun cara merubah individu lebih sederhana dibandingkan penambahan data baru. a. Perubahan Data Sekolah 1. Cari dahulu sekolah yang ingin diubah datanya dengan cara, klik short cut Sekolah & Madrasah, pilih Propinsi, Kabupaten, atau Kecamatan sehingga tampil daftar sekolah di daerah tersebut. 2. Doble klik sekolah terkait untuk membuka detail sekolah. 3. Klik tombol EDIT.

8

4. Lakukan perubahan yang diinginkan. 5. Klik tombol Simpan. b. Perubahan Data Individu 1. Sama seperti perubahan data sekolah, anda harus mencari dah ulu Sekolah induk Individu yang ingin dilakukan perubahan. 2. Doble klik sekolah terkait untuk membuka detail sekolah. Daftar individu akan tampil. 3. Klik ganda individu yang dingin di edit, form Biodata PTK akan tampil. 4. Klik tombol EDIT DATA. 5. Lakukan perubahan data individu sesuai yang diinginkan.

6. Klik tombol Simpan. 7. Klik tombol Sincron jika anda terkoneksi internet dan ingin merubah langsung database pusat. F. Melihat Perbaikan Data Jika pada saat melakukan transaksi data, anda dalam keadaan terhubung dengan k oneksi internet, anda dapat melihat PTK mana saja yang telah diperbaiki atau di ajukan melalui: 1. Klik Dari menu File, Sincronisasi Data, lalu pilih Database Server Lokal