Materi Sejarah Kelas XII IPS - cahyanihistoria ? Web viewNelson Mandela . dilahirkan di ......

download Materi Sejarah Kelas XII IPS - cahyanihistoria ? Web viewNelson Mandela . dilahirkan di ... Afghanistan

of 31

  • date post

    12-Feb-2019
  • Category

    Documents

  • view

    273
  • download

    7

Embed Size (px)

Transcript of Materi Sejarah Kelas XII IPS - cahyanihistoria ? Web viewNelson Mandela . dilahirkan di ......

Materi Sejarah Kelas XII IPS

Materi Sejarah Kelas XII IPS

BAB viii

Peristiwa Perkembangan Mutakhir Dunia

Pengantar

etelah perang dingin berakhir, banyak terjadi peristiwa penting di berbagai belahan dunia. Beberapa peristiwa mencerminkan fenomena globalisasi, seperti keterbukaan, ketergantungan , dan integrasi. Tetapi beberapa diantaranya mencerminkan pemaksaan dan penindasan negara kuat terhadap negara lemah. Berikut akan dijelaskan

beberapa peristiwa yang terjadi di berbagai belahan dunia pasca perang dingin.

Bab VIII

Peristiwa

Dunia

Globalisasi

Reunifikasi Jerman

Homogenisasi

Konflik Yugoslavia

Ketergantungan

Runtuhnya Rasialisme

Afrika Selatan

Keterbukaan dan Integrasi

Perang Teluk

Konflik Palestina-Israel

Perang Afghanistan

Lorosae Lahirnya Timor

Materi Sejarah Kelas XII IPS

Reunifikasi Jerman

enjelang tahun 1990-an, Jerman Timur dilanda isu tentang keterbukaan dan restrukturisasi ekonomi. Terjadi karena kemerosotan ekonomi Jerman

Timur yang berbanding terbalik dengan pesatnya perkembangan

perekonomian Jerman Barat. Hal ini memunculkan gerakan yang bertujuan untuk menyatukan kedua Jerman tersebut. Reunifikasi ini sebenarnya tampak saat 4 November 1989 lebih dari

500.000 orang Jerman Timur berdemonstrasi di Berlin Timur. Peristiwa ini disusul dengan bubarnya Kabinet Jerman Timur dan Politbiro Partai Komunis sebagai lembaga tertinggi di Jerman Timur.

Namun ide untuk penyatuan Jerman secara resmi pertama kali muncul pada pertemuan

Ottawa yang diikuti pejabat tinggi Jerman Barat dan Jerman Timur serta empat negara pemenang perang dunia II ( Amerika Serikat, Uni Soviet, Inggris, dan Prancis ) yang dikenal dengan sebutan rumusan Dua Plus empat . Pada 14 Februari 1990 kanselir Helmut Kohl dan rekannya di Jerman Timur Hans Modrow setuju untuk mempersiapkan disatukannya mata uang dan ekonomi kedua negara. Akhirnya pada 24 Februari 1990 ditetapkan penyatuan ekonomi dan moneter yang ditindaklanjuti dengan menetapkan Deutsche Mark sebagai mata uang jerman.

Selain bidang ekonomi, bidang militer pun menjadi sasaran penyatuan Jerman

selanjutnya. Pada 16 Juli 1990 Moscow menyetujui Jerman bersatu bergabung bersama NATO. Seiring dengan berbagai kesepakatan, pada 13 Agustus 1990 parlemen Jerman menetapkan 23 Oktober 1990 sebagai hari yang tepat untuk penggabungan dua Jerman. Usulan ini didukung 294 suara, 62 suara menolak, 7 suara abstain. Setelah mengalami perjuangan panjang akhirnya pada 3 Oktober 1990, kedua Jerman resmi bersatu ( Unifikasi ). Dan enam hari kemudian tembok Berlin yang memisahkan kedua negara dirobohkan.

Konfik Yugoslavia

Yugoslavia adalah negara federasi yang terdiri atas 6 negara republik pendukung, yaitu

SERBIA,KROASIA,SLOVENIA,BOSNIA-HERZEGOVINA,MACEDONIA,dan

MONTENEGRO. Mayoritas Yugoslavia didiami etnis Slavia Selatan. Negara seperti Kroasia dan Slovenia berambisi menjadi negara merdeka. Hal ini sangat bertentangan dengan ambisi Serbia yang ingin mewujudkan Republik Yugoslavia di bawah pimpinan bangsa Serbia. Slobodan Milosevic ingin membentuk Serbia Raya sebagai pengganti Republik Federasi Yugoslavia. Sehingga terjadi perang antara negara-negara penggagas kemerdekaan tersebut.

Ekspansi Militer Serbia berlanjut sampai ke Bosnia yang baru saja mendapat

pengakuan kemerdekaan dari Amerika Serikat dan Masyarakat Eropa. Agresi ini mendapat tentangan dari berbagai bangsa dunia. PBB melakukan embargo senjata terhadap Serbia dan

22

Materi Sejarah Kelas XII IPS

mengirim pasukan United Nation Protection Forces ( Unprofor) untuk menangani masalah

Bosnia.

Berbagai upaya perdamaian diupayakan, diantaranya perdamaian Vance-Owen yang isinya Bosnia dibagi dalam 10 provinsi otonomi dan secara de Facto wilayah bosnia menjadi bagian wilayah Serbia. Rencana perdamaian lainnya adalah Rencana perdamaian kelompok penghubung, yaitu Amerika Serikat, Jerman, Prancis, Inggris, dan Rusia. Isinya adalah pemberian 51 % wilayah Bosnia kepada Federasi muslim Bosnia-Kroasia dan 49 % wilayah Bosnia kepada Serbia. Rencana ini gagal karena serbia menolak dengan alasan akan kehilangan sepertiga wilayahnya dari 70 % yang sedang mereka kuasai. Sehubungan dengan penolakan Serbia, mendorong dewan keamanan PBB mempertegas sanksi ekonomi terhadap Serbia-Montenegro. Sanksi ini berjalan efektif sehingga banyak timbul kesulitan sangat parah terhadap perekonomian dalam negeri Serbia.

Pada 21 November 1995 semua pihak yang terlibat perang di Bosnia menyetujui cara

damai untuk mengakhiri perang. Perundingan berlangsung di Dayton, Ohio, Amerika Serikat selama 3 pekan. Yang ditandatangani oleh pemimpin Bosnia Alija Izetbegovic, pemimpin Kroasia Franco Tudjman, dan pemimpin bekas Yugoslavia/Serbia Slobodan

Milosevic.

14 Desember 1995 dilakukan penandatanganan resmi di Paris, Prancis yang isinya :

Bosnia sebagai negara tunggal terdiri dari 2 republik, yaitu Federasi Muslim-Kroasia dengan wilayah 51 % dan Serbia-Bosnia dengan wilayah 49 %.

Sarajevo bagian dari Federasi Muslim-Kroasia, berarti tentara Serbia harus meninggalkan Sarajevo.

Pemerintahan sentral Bosnia harus efektif dengan presiden terpilih dan parlemen.

Pemulanagan pengungsi ke rumah mereka.

Gerakan yang bebas di seluruh negara tersebut.

Larangan terhadap penjahat perang untuk menduduki jabatan pemerintah.

Perjanjian perdamaian ini berlangsung diruang khusus presiden Prancis Jacques

Chirac di Istana Elysee. Pemimpin lainnya yang hadir sebagai saksi adalah Bill Clinton ( presiden AS ), John Major (PM Inggris), Helmut Kohl (Kanselir Jerman), Victor Chernomyrdin (PM Rusia), Abdulatif (PM Maroko), Boutros Ghali ( Sekjen PBB), Felipe Gonzales (Presiden Uni Eropa), Javier Solona (calon sekjen NATO).

Runtuhnya Rasialisme di Afrika Selatan

olitik Apartheid telah berlangsung selama 40 tahun di Afrika Selatan, dimulai sekitar tahun 1950 dan berakhir dalam dekade 90-an. Politik ini telah dilaksanakan sejak masa pemerintahan Daniel Francois Malan (1948-1954).

Sehubungan dengan adanya reformasi dimana-mana, presiden Afrika Selatan De Klerk pada

Februari 1991 mengusulkan 3 UU yang diskriminatif dan rasial dihapus. Diantaranya :

33

Materi Sejarah Kelas XII IPS

Land Act (1913), undang-undang yang melarang warga kulit hitam memiliki tanah di

wilayah yang ditentukan.

Urban Areas Act (1923), undang-undang yang mengatur pemisahan tempat tinggal warga kulit hitam dan kulit putih.

Regristation Act (1950), undang-undang yang mengharuskan setiap warga memiliki surat keterangan pengelompokan atas dasar ciri-ciri fisik.

Keputusan ini dilatarbelakangi oleh kondisi Afrika Selatan yang memburuk akibat

embargo Amerika Serikat, masyarakat Eropa, dan negara pesemakmuran Inggris. Wujud embargo tersebut antara lain

: Pembatalan penanaman modal di Afrika Selatan,

: Pembatalan kerja sama, dan

: Pembatasan pemasaran ekspor.

Pada Maret 1992, diadakan referendum. Lebih dari setengah pemberi suara setuju menghapus politik apartheid. Golongan warga kulit putih sadar bahwa tanpa menghapus politik ini, pertumbuhan negara akan statis dan sektor ekonomi bisa hancur. Penghapusan apartheid juga didukung oleh Uskup yang berpendapat Afrika selatan bisa tersisih dari peradaban dunia jika tidak menghapus politik apartheid.

Hasil Referendum baru berjalan dua tahun sesudahnya dengan adanya pemilu yang berlangsung 27 April 2 Mei 1994 yang untuk pertama kali mengikutsertakan warga kulit hitam. Dan untuk pertama kalinya, presiden terpilih berasal dari warga kulit hitam!.

Sekilas Tokoh Afrika Selatan

Nelson Mandela dilahirkan di Transkey, Afrika Selatan pada 1918. ia dilahirkan dari keluarga bangsawan Thembu dengan nama lengkap Rolihlahla Nelson Dalibhunga Mandela. Setelah lulus dari fakultas hukum Universitas Wit Watersrand 1942, pada 1944 ia bergabung dengan ANC atau kongres nasional Afrika. Ia kemudian membentik liga pemuda di bawah ANC. Ia sempat memprakarsai aksi mogok, boikot, dan ketidakpatutan sipil selama tiga tahun. Menjelang1960iadiangkatmenjadipemimpinANC.Setelahterjadi pembantaian Shapesville yang menewaskan 69 warga kulit hitam, ia membentuk pasukan gerilya Tombak Bangsa yang lebih militan. Ia berualangkali lolos dari penangkapan sampai akhirnya ia tertangkap dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Akan tetapi karena desakan internasional, setelah 27 tahun dipenjara, ia dibebaskan.

Perang teluk

Minyak merupakan sumber terjadinya perang di kawasan teluk. Dipicu oleh tuduhan Iraq pada Kuwait dan Uni Emirat Arab. Tuduhan itu antara lain :

Menlu Iraq Tariq Azis menuduh ada konspirasi antara Kuwait danUEA

dengan pihak Amerika Serikat untuk menurunkan harga minyak.

44

Materi Sejarah Kelas XII IPS

Iraq menuduh Kuwait maupun UEA melanggar kesepakatan kuota produksi

minyak yang ditetapkan OPEC.

Iraq menuduh Kuwait mencuri minyak dari ladang Rumailia milik Iraq dengan bantuan teknologi negara barat.

31 Juli 1 Agustus 1990 diadakan pe