Materi Sejarah Kelas XII IPA - cahyanihistoria | ?· Web viewMateri Sejarah Kelas XII IPA Begitu...

download Materi Sejarah Kelas XII IPA - cahyanihistoria | ?· Web viewMateri Sejarah Kelas XII IPA Begitu juga…
  • date post

    09-Mar-2019
  • Category

    Documents

  • view

    237
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Materi Sejarah Kelas XII IPA - cahyanihistoria | ?· Web viewMateri Sejarah Kelas XII IPA Begitu...

Materi Sejarah Kelas XII IPA

Materi Sejarah Kelas XII IPA

novasi iptek diimpletasikan dalam wujud kepentingan perang. Penggunaan tank pada konflik perang dunia I dan bom atom pada perang dunia II menunjukkan tanda-tanda

yang sama sebagai tanggapan dari rangsangan kebutuhan militer yang mendesak.

Perang udara menjadi salah satu ciri dari inovasi teknologi yang telah mengubah pola perang konvensional di darat dan laut. Salah satu teknologi yang dikembangkan selama perang dunia II adalah roket. Prinsip daya dorong roket sebagai alat untuk mencapai kecepatan melepaskan diri dari gravitasi bumi telah ditunjukkan oleh Konstantin Rusia, Tsiolkovsky dan pakar Amerika, Robert H.Goddard.

Namun temuan spektakuler yang terjadi pada masa itu adalah penggunaan atom. Atom pertama kali ditemukan oleh filsuf Yunani bernama Democritos yang kemudian disetujui oleh John Dalton, Gay Lussac dan Avogadro.

Padatahun1898,J.J.Thompsom

berpendapat bahwa inti atom tersusun atas proton dan neutron. Sedangkan para pakar seperti Lise, Meitner, Otto Halm, dan Frits Strassman menyimpulkan bahwa bagian uraniumyanghilangdalamproses penghitungan massa atom tentulah telah berubah menjadi tenaga / energi.

LalumenurutNielsBohr,seorangpeloporilmufisika berkebangsaan Denmark menyebarluaskan informasi hasil riset kepada media melalui majalah Tinjauan Fisika. Yang akhirnya memunculkan kekuatan fasisme versus demokrasi. Kekuatan tersebut ditakuti oleh George B Pegram, pimpinan Universitas Colombia Amerika selatan menulis surat kepada Laksamana Hooper bahwa uranium akan digunakan sebagai bahan peledak yang berdaya ledak dahsyat.

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si44

HISTORY EDUCATION http ://ariesgoblog.wordpress.com/

Materi Sejarah Kelas XII IPA

Begitu juga Adolf Hitler yang menuliskan surat kepada

presiden tentang bahayanya penggunaan uranium apabila Jerman menggunakannya sebagai senjata. Pada tanggal 12 Oktober 1939, presiden membentuk komite uranium yang bertugas menyelidiki potensi atom uranium dengan diketuai oleh Vannever Bush dan anggotanya Lyman Briggs, Letnan Kolonel Gilbert Hoover, dan Kolonel Keith Adamson. Dengan berkedudukan di Kantor Penelitian dan pengembangan Sains.

Orang-orang yang duduk sebagai anggota kantor tersebut adalah :

1. James B Conant, President Universitas harvard

2. Ernest Lawrence, pemimpin Laboratorium Sains Universitas California

3. Enrico Fermi,ahli fisika Italia

4. Leo Szilard, ahli fisika Hongaria

5. Kenneth Bainbridge, profesor Universitas Harvard

6. Arthur Comtoton, ketua departemen fisika Universitas Chicago

7. Karl Compton

Pada bulan maret 1941, para peneliti di Laboratorium Berkeley

menemukan unsur-unsur kimia ke-94 yaitu plutonium. Pada tanggal 7 desember 1941 pangkalan Amerika di Pearl harbour diserang Jepang. Akhirnya Roosevelt membentuk badan dengan nama The Manhattan Enginer District.

Namun pada tanggal 12 april 1945, presiden roosevelt meinggal dunia akibat tekanan darah tinggi dan penyakit jantung yang dideritanya. Sebagai penggantinya adalah Harry S. Truman (1945-1953) yang meneruskan proyek tersebut dengan menguji coba bom atom.

Koordinator program tersebut adalah Leslie Groves di Oak Ridge, Hanford, dan Los alomos dengan pengawasan Julius Robert Oppenheimer. Yang kemudian menciptakan bom atom yang diberi nama Fat Man yang berarti ikon perdana menteri inggris Winston Churchill yang berttubuh gemuk dan Thin Man yang dipendekkan namanya menjadi Little Boy. Setelah itu Jenderal Leslie Groves melanjutkan untuk operasi silver dan plate dengan membentuk angkatan udara rahasia di gurun Utah, dilengkapi oasis terpencil yang disebut Lapangan Wendover atau Kingman/ W.47. Program ini melibatkan para ilmuwan dan militer dengan komandannya Kolonel Paul Tibbets. Kolonel Paul Tibbets membentuk Skuadron 393 untuk uji coba bom atom dengan anggota :

1. Mayor Thomas Ferebee

2. Dutch Van Kirk

3. Mayor Chuck Sweeney

Namun kemudian Kolonel Paul tibbets digantikan oleh Mayor Chuck Sweeney. Pada tanggal

16 Juli 1945 para ilmuwan berhasil melakukan uji coba bom plutonium di gurun pasir new mexico dengan daya ledak yang dasyat. Langkah selanjutnya yaitu menggunakan bom atom untuk kepentingan perang yang mengutamakan pulau-pulau Jepang. Tujuannya adalah memaksa jepang menyerah tanpa syarat.

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si45

HISTORY EDUCATION http ://ariesgoblog.wordpress.com/

Materi Sejarah Kelas XII IPA

Akhirnya, Presiden Harry S.Truman memerintahkan supaya bom atom dijatuhkan

di dua kota, yaitu Hirosima dan Kokuro, serta Nagasaki sebagai cadangannya.

Hiroshima dipilih sebagai kota pertama untuk kelinci percobaan bom atom berdasarkan pertimbangan :

1. Hiroshima adalah basis militer dan pusat logistik

2. Hiroshimamerupakanpusatpengendalian perekonomian dan pemerintahan di distrik Chugoku

3. LetakgeografisHiroshimastrategis,sehingga ilmuwan Amerika dapat dengan mudah mengukur daya kekuatan bom atom

Bom atom di Hiroshima dijatuhkan pada tanggal 6 Agustus

1945, pukul 08.15 waktu Asia ( 5 agustus malam waktu Washington). Misi pengeboman menggunakan 3 pesawat yaitu jenis B-29. Pesawat pertama dengan pilot George Marquardt bertugas membawa kamera. Pesawat kedua yang diberi nama The Great Asteste dengan pilot Mayor Chuck Sweeney yang bertugas mendeteksi proses peledakan bom. Pesawat ketiga yang diberi nama Anola Gay dengan pilot Paul Tibbets bertugas menjatuhkan bom atom U-235 yang diberi nama Little boy. Paul dibantu oleh Kapten Robert Lewis sebagai copilot dan sebagai pembidik bomnya Mayor Thomas Ferebee serta Kapten W. Persons sebagai penjaga little boy.

Bom atom di Nagasaki dijatuhkan pada tanggal 9 Agustus 1945. Sebenarnya kota Nagasaki adalah kota cadangan sasaran bom, sesungguhnya kota kedua setelah Hiroshima adalah Kokuro yang merupakan gudang persenjataan jepang. Akibat banyak asap pabrik yang tercampur kabut di kota Kokuro, maka sasaran dialihkan di Nagasaki. Misi pengeboman ini dipimpin oleh Letkol Ashworth dan Mayor Chuck Sweeney dari skuadron 393 dengan menggunakan 3 pesawat.

Pesawat pertama adalah Myron Faryna dengan pilot Mayor Jim Hopkins yang bertugas membawa kamera. Pesawat kedua adalah the great arteste dengan pilotFredBockyangbertugas membawa peralatan penelitian ilmiah. Pesawat ketiga adalah bock's car dengan Mayor

ChuckSweeney

sebagai pilotnya yang bertugas membawa bom atom plutonium yang diberi nama fat man.

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si46

HISTORY EDUCATION http ://ariesgoblog.wordpress.com/

Materi Sejarah Kelas XII IPA

Kondisi kota Nagasaki pasca pemboman oleh Amerika

Banyak korban yang berjatuhkan bukan karena dasyatnya ledakan bom atom, tetapi karena terkena radiasi yang ditimbulkan pasca pengeboman tersebut. Korban peledakan bom hiroshima Nagasaki sekitar 214.000 jiwa. Pada tanggal 14 agustus 1945, Jepang menyerah tanpa syarat.

1. Kronologi Perang Dingin

Pasca perang dunia II pada bulan agustus

1945 ditandai oleh tegannya hubungan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Uni Soviet harus berpacu dengan sekutu agar memperoleh daerah pengaruh apabila Perang Dunia II berakhir. Uni soviet menduduki negara Baltik seperti Latvia, Estonia, dan Lithuania, yang merupakan wilayah Polandia. Konflik antara Blok Barat yang dipelopori Amerika Serikat dengan blok timur Uni Soviet dalam perang ini menekankan pada aspek ideologi, ekonomi, dan politik.

Sebagian sejarahwan berpendapat bahwa pertemuan para pemimpin sekutu dan Uni Soviet pada bulan Febuari 1945 di Konferensi Yalta adalah awal dari perang dingin.

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si47

HISTORY EDUCATION http ://ariesgoblog.wordpress.com/

Materi Sejarah Kelas XII IPA

Konferensi Yalta

Dalam konferensi tersebut, Joshep Stalin (pemimpin soviet), secara terang-terangan menyebarkan ideologi komunis ke wilayah Eropa Timur. Perang dingin adalah istilah yang merujuk kepada persaingan antara kelompok komunis dan nonkomunis. Komunis seperti Uni Soviet dan nonkomunis adalah Amerika Serikat. Namun, dalam hal ini perang dapat dilihat pula dalam bentuk perlombaan teknologi senjata yang meliputi :

a. pengembangan nuklir dan senjata konvensional, b. jaringan aliansi militer,

c. perang ekonomi dan embargo perdagangan, d. propaganda,

e. spionase (memata-matai, pengintaian,dan penyadapan)

f.perang tanding jarak jauh (proxy wars).

PerangDinginditandai

olehsikap ketidakpercayaan, dan kesalahpahaman antara Blok Barat dan Blok Timur. Keadaan tersebut mendorong

ketegangankianbertambah

dan dikhawatirkan akan menjurus pada terjadinya perang dunia ketiga. Amerika Serikat dituduh

menjalankan

politik

imperialisme

untuk

mempengaruhi

dunia,

sementara Uni

Soviet

dianggap melakukan perluasan atas Negara- negara demokrasi melalui ideologi komunisnya.

Meskipunmasihbanyakdiperdebatkan,