Materi praktikum e commerce vi

download Materi praktikum e commerce vi

If you can't read please download the document

  • date post

    16-Apr-2017
  • Category

    Internet

  • view

    32
  • download

    4

Embed Size (px)

Transcript of Materi praktikum e commerce vi

MATERI PRAKTIKUM E-COMMERCEMEMBUAT TOKO ONLINE DENGAN BLOGGER PERTEMUAN 6MEMBUAT HALAMAN PEMESANAN PRODUKHalaman pemesanan produk akan digunakan oleh pengunjung toko online melakukan order pembelian. Dengan adanya halaman ini, pengunjung dapat mudah melakukan pemesanan dan kita sebagai penjual juga dapat dengan mudah mengetahui jika ada pemesanan yang masuk.MEMBUAT FORM PEMESANAN DI EmailMeForm.Pada tahap ini kita akan membuat form pemesanan produk. Form pemesanan yang akan buat menggunakan layanan dari EmailMeForm.1. Kunjungi www.emailmeform.com dan klik tombol Login.

2. Setelah itu masukan alamat email yang kita gunakan untuk mendaftar di emailmeform dan masukkan passwordnya kemudian klik tombol Login.

3. Setelah kita sampai di halaman awal email me form, kemudian klik tombol Add form.

4. Kemudian pilih pada opsi kedua. Itu artinya kita akan membuat form sesuai dengan keinginan kita sendiri.

5. Kita akan sampai pada halaman untuk membuat form.

6. Lalu Anda akan dibawa ke halaman pembuatan form. Silakan lihat ke sebelah kiri, maka akan ditemukan beberapa tools. Tools inilah yang nanti akan kita gunakan untuk membuat form pemesanan. Berikut keterangan dan fungsi dari tools tersebut.

Keterangan : Add Field untuk menambahkan elemen pada form. Field Settings untuk memodifikasi elemen yang sudah dimasukkan pada form. Form Settings untuk mengatur pengaturan dasar pada form. Single Line Text untuk menambahkan elemen biasa. Number untuk menambahkan kotak masukan angka. Paragaph untuk menambahkan paragraf pada form. Checkbox untuk menambahkan checkbox (pilihan centang) pada form. Multiple Choice untuk menambahkan beberapa pilihan pada form. Dropdown untuk menambahkan menu dropdown pada form. Name untuk menambahkan kotak masukan nama. Email untuk menambahkan kotak masukan email. Adrress untuk menambahkan kotak masukan alamat pada form. Phone untuk menambahkan kota masukan nomor telepon pada form. Date Time untuk menambahkan tanggal pada form. Web Site untuk menambahkan kotak masukan website pada form.

7. Klik tombol Form Settings untuk mengatur beberapa hal dasar mengenai form. Ganti tulisan Form Title dengan nama dari form Anda, misalnhya Form Pemesanan Produk. Ganti juga deskripsi form dengan keterangan yang Anda inginkan. Jangan lupa untuk mengganti Time Zone sesuai zona waktu Anda.

8. Arahkan juga perhatian Anda ke bagian bawah, maka akan ditemukan beberapa kolom, atur sesuai keinginan Anda, misalnya ubahlah kolom Send Button Name dengan tulisan Kirim.

9. Klik lagi pada bagian Add Field.

10. Klik tombol Single Line Text.

11. Setelah Anda klik tombol tersebut, klik pada kolom yang baru saja ditambahkan

12. Isi kolom Field Label dengan nama kolom yang Anda inginkan, misalnya Nama. Jangan lupa beri tanda centang pada checkbox Required. Tujuannya supaya kolom ini menjadi kolom yang wajib diisi oleh pengisi formulir

13. Demikian seterusnya, kita dapat menambahkan field sesuai dengan kebutuhan kita. Kita sebagai penjual membutuhkan beberapa informasi dari calon pelanggan kita misalnya alamat rumah, alamat pengirman barang, nomer HP dan tentunya jenis barang dan jumlah yang dipesan. Silahkan dibuat filed-field yang kita butuhkan tersebut.14. Setelah selesai maka bisa melihat hasil formulir pemesanan yang kita buat.

MENGAMBIL KODE FORMULIR PEMESANAN DARI EMAILMEFORM

Setelah formulir pemesanan sudah jadi, maka pada tahap selanjutnya adalah mengambil kode pemesanan supaya bisa digunakan di Toko Online yang sudah kita buat. Caranya sebagai berikut:1. Pada halaman awal emailmeform, klik menu code

2. Akan muncul halaman baru yang berisikan berbagai macam kode. Kemudia klik pada Full Code.

3. Kemudian perhatian pada menu HTML Only dan blok semua script yang ada pada kotak tersebut. Kemudian klik kanan pada mouse dan salin.

4. Kode pemesanan telah tercopy dan siap digunakan di blog toko online kita.

MEMASANG FORM PEMESANAN DI TOKO ONLINESetelah berhasil mencopy script kode pemesanan, maka tahap selanjutnya adalah menggunakannya untuk membuat form pemesanan di toko Online yang terkoneksi dengan Emailmeform.

1. Dari dashboard blog kita, pilih tombol Entri Baru kemudian klik tombol HTML

2. Pada halaman isian artikel kemudian kita klik kanan pada mouse dan klik paste/ tempel.

3. Setelah itu maka akan muncul scirpt HTML dari emailmeform. Jangan lupa diberi Judul dan Label pada artikel formulir pemesanan tersebut. Kemudia klik tombol publikasikan.

4. Hasil akan terlihat seperti berikut ini.