Materi 8 Pertemuan 10 Politik Dan Pemerintahan Vietnam

download Materi 8 Pertemuan 10 Politik Dan Pemerintahan Vietnam

of 15

  • date post

    07-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    212
  • download

    0

Embed Size (px)

description

politik dan pemerintahan Asia tenggara

Transcript of Materi 8 Pertemuan 10 Politik Dan Pemerintahan Vietnam

  • Politik dan Pemerintahan VietnamHafid Adim Pradana, MA

  • Masuknya Perancis ke VietnamSebelum diambil alih Perancis pada akhir abad ke-19, wilayah Indochina terdiri dari tiga kesatuan: Vietnam, Kamboja, Laos.Vietnam pada saat itu dipimpin oleh dinasti Nguyen yang cukup dekat dengan China.Masuknya Perancis di Vietnam dimulai pada akhir abad ke-18 melalui bantuan militer yang diberikan kpd Pangeran Nguyen Anh yang membuat Pangeran tsb naik tahta pada 1802.

  • Sebagai imbalan, Nguyen Anh memberikan hak-hak istimewa terhadap para pedagang Perancis di Vietnam dan kemudahan bagi para misionaris Katolik dari Perancis.Akan tetapi hal tsb kemudian berubah ketika pengganti Nguyen Anh (1802-1820), yaitu Minh Mang (1820-1841) mengambil kebijakan yang bertolak belakang: memutuskan hubungan perdagangan Vietnam dgn Perancis dan mengusisr para misionaris Katolik.Hal tsb disebabkan karena orientasi pemerintahan Minh Mang yang anti terhadap Barat.

  • Para pengganti Minh Mang selanjutnya tetap melanjutkan kebijakan yang telah dijalankan oleh Minh Mang. Hal inilah yang kemudian membuat Perancis melakukan penyerangan ke Vietnam pada 1858 dengan alasan untuk menyelamatkan para misionaris mereka.Tahun-tahun selanjutnya, Vietnam secara perlahan jatuh dalam kekuasaan Perancis.

  • Perjuangan KemerdekaanPerjuangan kemerdekaan melawan Perancis banyak bermunculan pada awal abad ke-20. Antara 1900-1918, perlawanan terhadap Perancis banyak dilakukan oleh kaum intelektual dari Vietnam yang telah memperoleh pendidikan dari negara2 Barat.Pada tahun2 selanjutnya sampai dengan 1945, muncul berbagai gerakan revolusioner yang berhasil ditumpas oleh Perancis.

  • Proses kemerdekaan Vietnam berawal dari kesepakan Perancis dengan Jepang pada 1941, yang berisi tentang berlanjutnya penguasaan Perancis di Vietnam.Akan tetapi, Jepang kemudian mengambilalih Vietnam sebelah selatan dari Perancis. Sedangkan sebelah utara dikuasai oleh Ho Chi Minh melalui Liga Kemerdekaan-nya dengan bantuan dari China.Setelah kekalahan Jepang pada PD II< Perancis kembali mengambilalih Vietnam.

  • Tahun 1946, Perancis mengusulkan Vietnam untu menjadi bagian dari negara Perancis.Ho Chi Minh menola usulan pPerancis tersebut. Pada 1949, secara sepihak Perancis menunjuk Bao Dai untuk menjadi Kepala Dominion (semacam Gubernur) Perancis di Vietnam. Meskipun demikian, pada 1950, China dan Uni Soviet mengakui kekuasaan Ho Chi Minh atas Vietnam. Selanjutnya di tauhn yg sama AS secara resmi mengakui kekuasaan Bao Dai.Vietnam terpecah menjadi dua: Vietnam Utara dan Vietnam Selatan, yang ditegaskan dalam perjanjian Jenewa 1954.

  • Meskipun telah terbagi, pada perkembangannya, dari tahun 1957-1975, terjadi Perang antara Vietnam Utara melawan Vietnam Selatan.Di tengah peperangan tsb, pada 1960, terbentuk Front Pembebasan untuk Vietnam Selatan.Hingga kemudain, secara perlahan rezim Vietnam Selatan melemah seiring dengan serangkaian kekalahan yang diterima AS dan Perancis. Tahun 1975, AS menarik seluruh pasukannya dari Vietnam.Vietnam bersatu pada 1976.

  • Konstitusi VietnamBerdasarkan amandemen tahun 1992, konstitusi Vietnam terdiri dari 12 bagian dan 147 pasal.Pada bagian pembukaan dijelaskan secara singkat tentang sejarah Vietnam beserta riwayat amandemen konstitusi Vietnam.Sebagaimana konstitusi di negara-negara lain, konstitusi Vitenma juga memuat tentang sistem pemerintahan hingga ketentuan amandemen konstitusi Vietnam.

  • ChapterContent1THE SOCIALIST REPUBLIC OF VIETNAM: THE POLITICAL SYSTEM2THE ECONOMIC SYSTEM3CULTURE, EDUCATION, SCIENCE AND TECHNOLOGY4DEFENCE OF THE VIETNAMESE SOCIALIST HOMELAND5BASIC RIGHTS AND OBLIGATIONS OF CITIZENS6THE NATIONAL ASSEMBLY7THE PRESIDENT OF THE STATE8THE GOVERNMENT9PEOPLE'S COUNCILS AND PEOPLE'S COMMITTEES10PEOPLE'S COURT AND PEOPLE'S INSPECTORATE11THE NATIONAL FLAG, NATIONAL EMBLEM, NATIONAL ANTHEM, NATIONAL CAPITAL AND NATIONAL DAY12LEGAL FORCE OF THE CONSTITUTION AND PROCEDURE FOR AMENDING THE CONSTITUTION

  • Sistem Pemerintahan VietnamMeskipun mengklaim sebagai negara Sosialis dengan sistem satu partai , Vietnam menjalankan sistem pemerintahnya dengan menganut paham Trias Politika, yaitu membagi kekuasaannya dalam lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif.Lembaga eksekutif dipimpin oleh Perdana Menteri sebagai kepala Pemerintahan. Lembaga legislatif diwakili oleh Majelis Nasional Vietnam yang terdiri dari 498 anggota unikameral. Lembaga Yudikatif terwakili oleh Mahkamah Agung Rakyat.Adapun Presiden berfungsi sebagai kepala negara dan kepala angkatan bersenjata.

  • Kepartaian dan Pemilu VietnamSistem satu/mono partai Partai Komunis Vietnam.Vietnam yaitu menggelar pemilu setiap 5 tahun sekali yang di awali dengan pelaksanaan kongres partai pada Januari.Pemilu Vietnam berfungsi untuk memilih Presiden dan anggota legislatif dalam Majelis Nasional. Selanjutnya anggota legislatif dalam Majelis Nasional menentukan Perdana Menteri Vietnam.

  • Pertemuan 10: Politik dan Pemerintahan MyanmarPertanyaan diskusi kelompok 6:Jelaskan penyebab dan efek perselisihan Inggris dan Myanmar abad ke-19!Jelaskan proses perjuangan kemerdekaan Myanmar!Jelaskan pokok dasar Konstitusi Myanmar!Jelaskan sistem politik dan pemerintahan Myanmar!Jelaskan sistem kepartaian dan Pemilu Myanmar!Jelaskan sejarah kudeta di Myanmar!

  • Terima Kasih