Mata Kuliah Gps

download Mata Kuliah Gps

of 24

  • date post

    13-Dec-2014
  • Category

    Documents

  • view

    254
  • download

    33

Embed Size (px)

Transcript of Mata Kuliah Gps

GPS(Global Positioning System)

Pengertian GPSGlobal Positioning System (GPS)adalah sistem untuk menentukan letak dipermukaan bumi dengan bantuan penyelarasan(synchronization) sinyal satelit.Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang micro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan, dan digunakan untuk menentukan letak, kecepatan, arah, dan waktu. Sistem yang serupa dengan GPS antara lain GLONNAS Rusia, Galileo Uni Eropa, IRNNS India.

Tipe alat (Receiver ) GPS1.GPS Navigasi (Handheld, Handy GPS). Gps ini mempunyai ketelitian posisi mencapai 3 sampai 6 meter.

2.GPS Geodetik dg Singel frekuensi Gps ini mempunyai ketelitian posisi mencapai centimeter sampai desimeter.3.GPS geodetik dg Dual frekuensi Gps ini mempunyai ketelitian posisi mencapai milimeter.

Metoda penentuan posisi dengan GPS Metoda penentuan posisi dengan GPS pertama-tama terbagi dua, yaitu metoda absolut, dan metoda diferensial. Masing - masing metoda kemudian dapat dilakukan dengan cara real time dan atau post-processing. Apabila obyek yang ditentukan posisinya diam maka metodenya disebut Statik. Sebaliknya apabila obyek yang ditentukan posisinya bergerak, maka metodenya disebut kinematik.

Aplikasi dari GPS NavigasiGPS banyak juga digunakan sebagai alat navigasi seperti kompas. Beberapa jenis kendaraan telah dilengkapi dengan GPS untuk alat bantu navigasi dengan menambahkan peta, sehingga dapat digunakan untuk memandu pengendara mengetahui jalur yang sebaiknya dipilih untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Aplikasi dari GPS Geodetik antara lain :1. Untuk penentuan batas wilayah misal : batas antar negara, batas antar wilayah. 2. Penentuan titik kontrol : untuk BPN, Bakosurtanan, Titik Kontrol Tambang. 3. Pemetaaan Topografi 4. Penentuan Volume 5. Stake out : mencari koordinat di lapangan

6. Penentuan titik-titik bor

PENGGUNAAN GPS NAVIGASI(HANDHELD)

Power Key

:Fungsi untuk On/Off, dan mencerahkan layar

IN/OUT Key :Fungsi untuk membesar dan mengecilkan peta. Find Key Quit Key Page Key :Fungsi untuk mencari lokasi,point,dll. :Fungsi untuk membatankan perintah :Tekan untuk menuju ke halaman berikutnya dan halaman utama :Fungsi untuk untuk melihat menu :Fungsi untuk menyutujui perintah

Menu Key Enter Key

Rocker Key :Fungsi untuk mengarahkan naik,turun, kanan, kiri

SETTING ALATUntuk seting dapat dibuka pada Menu SETUP. Hal ini penting dan harus dilakukan karena untuk menyesuaikan dengan datum, zona waktu dsb yang digunakan untuk negara Indonesia, supaya hasil output kompatibel dengan berbagai peta dasar yang sudah ada. Secara garis besar parameter yang perlu dan penting di setting adalah : Datum : WGS 84 (datum untuk Indonesia) Waktu : Jakarta (untuk WIB) Satuan : Meter (elevasi dan mdpl) Aktifkan Kompas : Untuk aktifkan kompas klik menu kalibrasi kemudian sambil membawa GPS kita putar badan kita searah jarum jam dengan pelan-pelan sampai kalibrasi sucses, maka otomatis kompas akan aktif.

MENGAWALI PEMAKAIAN GPS / MENCARI SATELITBawa GPS ke tempat terbuka (tidak di dalam ruang/gedung tertutup) dan nyalakan. Ucapan Welcome akan muncul disusul oleh halaman satelit. Tunggu sejenak sementara GPS mencari sinyal satelit. Dalam proses ini akan melihat tulisan Acquiring Satelite di layar. Begitu GPS telah mendapatkan sinyal dari satelit, koordinat lokasi akan muncul di atas layar.

MELIHAT HALAMAN UTAMAGPS akan menunjukkan semua informasi yang Anda perlukan untuk navigasi 6 halaman utama (pada layar) : Halaman Satelite, Perjalanan Komputer, Peta, Kompas, Altimeter, dan Halaman Utama. Tekan tombol PAGE untuk melihat masing-masing halaman yang diinginkan.

MEMASUKAN DATA

Untuk memasukkan atau mengganti data, tekan tombol ROCKER ke kiri, kanan, atas, dan bawah untuk menyorot sebuah data yang ingin Anda ubah. Tekan ENTER untuk memilihnya.Kemudian gunakan tombol ROCKER untuk memilih pilihan dari menu dan tekan ENTER

MENANDAI SEBUAH WAYPOINT Waypoint adalah beberapa titik pada peta yang Anda simpan. Anda dapat membuat / menandai sebuah waypoint pada posisi Anda saat ini dengan menulis waypoint, dan disimpan untuk digunakan dalam rute (lihat juga Membuat Rute).

Cara membuat Waypoint Dari halaman peta, tekan tombol ENTER dan tahan. Halaman mark waypoint akan muncul Untuk menamai waypoint adan, gunakan tombol ROCKER untuk menyorot area NAME dan tekan ENTER. Masukan sebuah nama untuk waypoint Anda. Pada keyboard dengan menggunakan tombol ROCKER dan ENTER (lihat cara memasukan data) Sorot OK dan tekan ENTER untuk menyimpan waypoint.

Membuat dan Melihat Lintasan(Tracks) Tekan tombol PAGE sampai Anda menemukan halaman peta. Bergeraklan dari posisi Anda sekurangkurangnya 4 menit. Tekan IN untuk memperbesar halaman peta samapai Anda dapat melihat Track Log Anda.

MENEMUKAN TEMPAT (Find) Tekan tombol FIND, halama Find Page akan tampil. Lihat waypoint dan tekan ENTER Tekan tombol ROCKER untuk memilih daftar dan lihat waypoint yang akan di temukan, tekan ENTER. Halaman Waypoint Information akan muncul Gunakan tombol ROCKER untuk melihat MAP dan tekan ENTER jika ingin melihat waypoint pd peta

MEMBUAT RUTE (Route) Sebuah rute memberikan penunjuk garis lurus dari satu titik ke titik lain, atau satu titik ke beberapa titik lain. Dan dapat membuat sebuah rute sederhana dengan menemukan sebuah waypoint dan memilih Go To (lihat juga cara menemukan tempat).dan membuat rute yang lebih komplek.

1.Tekan PAGE samapai terlihat halaman menu utama. Gunakan tombol ROCKER untuk melihat rute dan tekan ENTER. Kemudian tekan ENTER lagi untuk membuat rute baru. 2. Sorot dan tekan ENTER untuk menambahkan sebuah Titik pada rute, FIND PAGE akan muncul. 3. Temukan sebuah waypoint atau titik lain untuk menambah titik pada rute. Ketika menemukan sebuah titik, pilih USE dari halaman POINT INFORMATION untuk menambahkan titik ke dalam rute. 4. Ulangi langkah ke-2 dan ke-3 untuk menambah titik-titik dalam rute Anda. Ketika Anda telah selesai menambahkan titik, sorot NAVIGATE dan tekan ENTER utnuk memulai menggunakan rute.

Menghitung Luas Suatu Area Untuk menghitung luas suatu area, tekan tombol Menu dua kali dan akan muncul Halaman Utama, pilih Setup kemudian tekan tombol Enter. Pilih Menu Page Seq. Lalu tekan Enter Add Page Enter, kemudian pilih Area Calculation. Dengan begitu halaman GPS anda bertambah satu yaitu Halaman untuk mengukur luas area.

Pengolahan data GPS NavigasiPengolahan data gps navigasi (garmin 60,dan 76 csx) menggunakan software open source

SELESAI TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT