Master Station

of 24

  • date post

    15-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    112
  • download

    4

Embed Size (px)

Transcript of Master Station

PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pengatur Distribusi

Selamat Datang di PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pengatur Distribusi

PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pengatur Distribusi

SCADA Master StationOverview

Surabaya, 30 Maret 2009

Master StationMengumpulkan data dari semua RTU di lapangan dan menyediakan kepada operator/dispatcher tampilan dari informasi dan fungsi kontrol di lapangan.

Konfgiruasi Hardware Master Station SCADA Surabaya Metropolis

Acquisition serversBertugas : - Menerjemahkan protokol komunikasi sehingga Host Server dapat berkomunikasi dengan RTU - Sebagai konsentrator komunikasi dari berbagai saluran menjadi satu jalur telekomunikasi. - Melakukan manajemen komunikasi dengan RTU. Disebut juga FEP atau Communication servers. Acquisition servers terdiri 2 servers yaitu : - Acquisition master - Acquisition slave

Calculation serversBerfungsi sebagai : Server dimana terdapat aplikasi SCADA untuk pemrosesan data-data real time dan kemudian ditampilkan melalui Human Machine Interface (HMI). Disebut juga SCADA servers / host servers. Calculation servers terdiri 2 servers yaitu : - Calculation master - Calculation slave

SCS (Secure Console Server)Bertugas : Menghubungkan peralatan-peralatan yg menggunakan serial port (modem komunikasi, time/frequency display dll) dengan server SCADA. Disebut juga serial port server. SCS terdiri 2 unit yaitu : - SCS 1 - SCS 2 (backup unit)

GPS receiverBerfungsi sebagai : Penerima sinyal waktu dari satelit dan network time server untuk keperluan sinkronisasi waktu antara peralatan SCADA.

PO1 dan PO2Berfungsi sebagai : Workstation bagi dispatcher/operator untuk melakukan operasi pengaturan sistem distribusi tenaga listrik melalui HMI SCADA.

POSimuBerfungsi sebagai : Workstation tempat berjalannya aplikasi Dispatcher Training Simulator untuk melakukan simulasi operasi pengaturan peralatan distribusi tenaga listrik menggunakan SCADA.

POAdmBerfungsi sebagai : Workstation tempat menjalankan ekstraksi datadata dari database SCADA ke dalam format aplikasi office (Excel).

TASE2Berfungsi sebagai : Gateway untuk menghubungkan antar master station menggunakan protokol ICCP (Inter Control Centre Protocol).

LCD ProjectorBerfungsi sebagai : Sebagai pengganti mimic board untuk menampilkan display HMI SCADA ke dalam format layar lebar untuk keperluan operasi maupun presentasi.

POConfigBerfungsi sebagai : Workstation tempat pengelolaan database SCADA.

LoggerBerfungsi sebagai : Printer yang mencetak setiap kejadian / event yang muncul dalam SCADA event log.

Laser printerBerfungsi sebagai : Printer untuk mencetak gambar, grafik, alarm/event log maupun report.

Date/time & Frequency DisplayBerfungsi sebagai : Penampil tanggal, jam dan frekuensi sistem kelistrikan untuk keperluan operasi pengaturan sistem distribusi tenaga listrik.

KlaxonBerfungsi sebagai : Perangkat alarm dengan 3 kategori bunyi alarm yaitu : - Very urgent - Urgent - System

Peralatan LANBerfungsi sebagai : Penghubung antar hardware master station. Menggunakan dual network dengan dua buah ethernet switch.

Software master stationTerdiri dari : 1. Operating system (Linux dan windows) 2. Aplikasi SCADA (Seefox HMI) 3. Database (Postgre) 4. Communication protocol (IEC 870-5-101)

HMI Master StationTampilan Human Machine Interface (HMI)

Monitor 1

Monitor 2

Monitor 3

HMI Master StationHuman Machine Interface (HMI) adalah aplikasi antarmuka dimana dispatcher / operator berinteraksi dengan peralatan yang diawasi dan dioperasikannya.

HMI Master StationHMI merepresentasikan fungsi SCADA : Fungsi Data Acquisition : 1. Telesignalling (TS) yang diperoleh dari digital input RTU (status CB, keypoint, transformer taps, indikasi relay proteksi dll) 2. Telemetering (TM) yang diperoleh dari analog input maupun IED yang terhubung dengan RTU (arus, tegangan, real & reactive power, power factor dll) Fungsi Supervisory Control 1. Telecontrolling (TC) yang diteruskan melalui digital output RTU (open/close CB dll)

PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pengatur Distribusi