MANUSIA SEBAGAI MAHLUK BUDAYA

download MANUSIA SEBAGAI MAHLUK BUDAYA

If you can't read please download the document

  • date post

    21-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    142
  • download

    0

Embed Size (px)

description

MANUSIA SEBAGAI MAHLUK BUDAYA. Oleh: ANTON BUDIARTO, S.H., M.H. Ada empat macam makhluk tuhan di dunia/alam fana: Alam memiliki sifat wujud; Tumbuhan memiliki sifat wujud dan hidup; 3. Binatang memiliki sifat wujud, hidup dan dibekali nafsu; - PowerPoint PPT Presentation

Transcript of MANUSIA SEBAGAI MAHLUK BUDAYA

MANUSIA SEBAGAI MAHLUK BUDAYA

MANUSIA SEBAGAI MAHLUK BUDAYAOleh:ANTON BUDIARTO, S.H., M.H.

Ada empat macam makhluk tuhan di dunia/alam fana: Alam memiliki sifat wujud; Tumbuhan memiliki sifat wujud dan hidup;3. Binatang memiliki sifat wujud, hidup dan dibekali nafsu; 4. Manusia memiliki sifat wujud, hidup, dibekali nafsu, serta akal budi.

Manusiamanu (Sansekerta) , mens (Latin) yang artinya berfikir, berakal budi atau homo, yang Berarti manusia. Apa Yang Membedakan Manusia dengan Mahluk lain?

Mahluk gaibHAKEKAT MANUSIA

hewanmanusia

Perbedaan Manusia dengan makhluk lainnya adalah : manusia mempunyai akal budi yang merupakan kemampuan berpikir manusia sebagai kodrat alami Budi erasal dari bahasa sanskerta Budh artinya akal,tabiat, perangai, dan akhlak. Menurut Sutan Takdir Alisyahbana Budi yang mnyebabkan manusia mengembangkan suatu hubungan bermakna dengan alam sekitarnya dengan jalan memberikan penilaian objektif terhadap objek dan kejadian. Manusia dengan akal budinya mampu memperbaruhi dan mengembangkan sesuatu untuk kepentingan hidup dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup,

4Fungsi akal dan budi bagi manusia Dua kekayaan manusia yang paling utama adalah akal dan budi Muncul tuntutan hidup yang lebih daripada makhluk lain Dengan akal budinya manusia mampu mencipta, berkarsa dan berasa Mampu mencipta benda-benda baru untuk memenuhi hajat hidupnya; Baik yang bersifat jasmani Maupun rohani

Manusia sebagai makhluk yang berbudaya tidak lain adalah makhluk yang senantiasa mendayagunakan akal budinya untuk menciptakan kebahagiaan, karena yang membahagiakan hidup manusia itu hakikatnya sesuatu yang baik, benar dan adil, maka hanya manusia yang selalu berusaha menciptakan kebaikan, kebenaran dan keadilan sajalah yang berhak menyandang gelar manusia berbudaya.Kepentingan Hidup Manusia Kebutuhan yang bersifat kebendaan (sarana-prasarana) atau badani/ragawi atau jasmani/biologis.Kebutuhan yang bersifat rohani atau mental atau psikologi.

Abraham MaslowKebutuhan fisiologis (physiological needs) Kebutuhan primer,dasar dan vital, menyangkut fungsi-fungsi biologis dasar dari manusia : makanan,pakaian, tempat tinggal, kesembuhan ,seks dll.Kebutuhan akan rasa aman dan perlindungan (safety dan security needs) : bebas dari rasa takut, perlakuan tidak adil, terlindung dari ancaman penyakit, dll. Kebutuhan Sosial (Social needs) : Kebutuhan akan dicintai, diakui sebagai anggota kelompok, rasa setia kawan,kerjasama, interaksi, dll.

Kebutuhan akan penghargaan (esteem needs), kebutuhan dihargai kemampuan, kedudukan, jabatan, status, pangkat,dll.Kebutuhan akan aktualisasi diri (self actualization) Kebutuhan untuk memaksimalkan penggunaan potensi-potensi, kemampuan, bakat, kreativitas,ekspresi diri, prestasi, dll.

Manusia dan KemanusiaanManusia = HomoKemanusiaan = HumanKemanusiaan berarti hakikat dan sifat-sifat khas manusia sebagai makhluk yang tinggi harkat martabatnya.Kemanusiaan menggambarkan ungkapan akan hakikat dan sifat yang seharusnya dimiliki oleh makhluk yang bernama manusia.Kemanusiaan merupakan prinsip atau nilai yang berisi keharusan/ tuntutan untuk berkesusaian dengan hakikat dari manusia.

Hakikat manusia berdasarkan Pancasila disebut hakikat kodrat monopluralis, yang terdiri atas : Monodualis susunan kodrat manusia :aspek keragaan, mel;iputi wujud materi anorganis benda mati, vegetatif, dan animalisaspek kejiwaan ,meliputi : cipta, rasa dan karsa. Monodualis sifat kodrat manusia yg terdiri segi individu segi sosialModualis kedudukan kodrat Manusia sbg makhluk yang berkepribadian merdeka (berdiri sendiri) sekaligus menunjukkan keterbatasan sebagai makhluk Tuhan.

11

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Budaya berasal dari bahasa sanskerta yaitu buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari Buddhi diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal. Secara umum Budaya merupakan hasil budi dan daya dari manusia.

Pengertian Budaya dan Kebudayaan Budaya = Daya dari budi yang berupa cipta, karsa dan rasa.Kebudayaan = Hasil dari cipta, rasa dan karsaKebudayaan Berasal Dari Kata Sansekerta BUDDHAYAH , yang merupakan bentuk jamak dari kata BUDDHI yang berarti budi atau akal. Dengan demikian kebudayaan dapat diartikan sebagai hal-hal yang bersangkutan dengan budhi atau akalCulture, merupakan istilah bahasa asing yang sama artinya dengan kebudayaan, berasal dari kata latin colere yang berarti mengolah atau mengerjakan (Mengolah tanah atau bertani). Dari asal arti tersebut yaitu colere kemudian culture diartikan sebagai segala daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan merubah alam.

Menurut E.B. Tylor (Primitive Culture) Kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan lain kemampuan-kemampuan serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

Menurut Melville J. Herskovits Kebudayaan adalah Man made part of the environment (bagian dari lingkungan manusia)

Menurut R. Linton (The Cultural Background of Personality) Kebudayaan adalah konfigurasi dari tingkah laku dan hasil laku, yang unsur-unsur pembentukannya didukung serta diteruskan oleh anggota masyarakat tertentu.

Menurut Dawson (Age of The Gods) Kebudayaan adalah cara hidup bersama (culture is common way of life)Menurut J.V.H. Deryvendak Kebudayaan adalah kumpulan dari cetusan jiwa manusia sebagai yang beraneka ragam berlaku dalam suatu masyarakat tertentu

Menurut Prof Dr. Koentjaraningrat Kebudayaan adalah keseluruhan sistem, gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan cara belajar.

Menurut Menurut Ki Hajar DewantaraKebudayaan adalah buah budi manusia dalam hidup bermasyarakat

Menurut Sultan Takdir Alisyahbana Kebudayaan adalah manifestasi dari cara berfikir

Menurut Dr. Moh. Hatta Kebudayaan adalah ciptaan hidup dari suatu bangsa Menurut Mangunsarkoro Kebudayaan adalah segala yang bersifat hasil kerja jiwa manusia dalam arti yang seluas-luasnya

Menurut Drs. Sidi Gazalba Kebudayaan adalah cara berfikir dan merasa yang menyatakan diri dalam seluruh segi kehidupan dari segolongan manusia yang membentuk kesatuan sosial dengan suatu ruang dan suatu waktu

Selo Soemarjan dan Soelaeman Soemardi: Kebudayaan adalah semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat.Dari uraian di atas dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut: kebudayaan itu hanya dimiliki oleh masyarakat manusia;kebudayaan itu tidak diturunkan secara biologis melainkan diperoleh melalui proses belajar; dankebudayaan itu didapat, didukung dan diteruskan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.Wujud Kebudayaan Wujud gagasanWujud perilaku (aktivitas)Wujud benda hasil budayaWujud Gagasan Budaya dalam wujud gagasan/ide ini bersifat abstrak dan tempatnya ada dalam alam pikiran tiap warga pendukung budaya yang bersangkutan sehingga tidak dapat diraba atau difoto. Sistem gagasan yang telah dipelajari oleh setiap warga pendukung budaya sejak dini sangat menentukan sifat dan cara berpikir serta tingkah laku warga pendukung budaya tersebut. Gagasan-gagasan inilah yang akhirnya menghasilkan berbagai hasil karya manusia berdasarkan sistem nilai, cara berfikir dan pola tingkah laku. Wujud budaya dalam bentuk sistem gagasan ini biasa juga disebut sistem nilai budaya. Wujud Perilaku (Aktivitas) Budaya dalam wujud perilaku berpola menurut ide/gagasan yang ada. Wujud perilaku ini bersifat konkrit dapat dilihat dan didokumentasikan (difoto dan difilm). Contoh: Petani sedang bekerja di sawah, orang sedang menari dengan lemah gemulai, orang sedang berbicara dan lain-lain. Masing-masing aktivitas tersebut berada dalam satu sistem tindakan dan tingkah laku.

Wujud Benda Hasil Budaya Semua benda hasil karya manusia tersebut bersifat konkrit, dapat diraba dan difoto. Kebudayaan dalam wujud konkrit ini disebut kebudayaan fisik. Contoh: bangunan-bangunan megah seperti piramida, tembok cina, alat rumah tangga seperti kapak perunggu, gerabah dan lain-lain.JJ. Hoeningman membagi kebudyaan dalam 3 wujud : Gagasan Kebudayaan yang berbentuk kumpulan, ide, gagasan, nilai, norma, peraturan yang sifatnya abstrak. Aktivitas (tindakan) Wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat., sering disebut sebagai system sosial, yaitu aktivitas-aktivitas manusia yang saling berinteraksi, mengadakan kontak, bergaul dengan manusia lainnya menurut pola-pola tertentu.sifatnya konkret dapat diamati.Artefak ( karya) Wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda yang dapat diraba dan dilihat.

Fungsi Kebudayaan Melindungi diri terhadap alam, mengatur hubungan antar manusia dan sebagai wadah dari segenap perasaan manusiaSifat Hakekat kebudayaan Kebudayaan terwujud dan tersalurkan dari perikelakuan manusiaKebudayaan telah ada terlebih dahulu daripada lahirnya suatu generasi tertentu, dan tidak akan mati dengan habisnya usia generasi yang bersangkutanKebudayaan diperlukan oleh manusia dan diwujudkan dalam tingkah lakunyaKebudayaan mencakup aturan-aturan yang berisikan kewajiban-kewajiban , tindakan-tindakan yang diterima dan ditolak, tindakan-tindakan yang dilarang dan tindakan-tindakan yang diizinkanUnsur-unsur Kebudayaan (Menurut Koentjaraningrat) Sistem religi yang meliputi:- sistem kepercayaan- sistem nilai dan pandangan hidup- komunikasi keagamaan- upacara keagamaan2. Sistem kemasyarakatan atau organisasi sosial yang meliputi:- kekerabatan- asosiasi dan perkumpulan- sistem kenegaraan- sistem kesatuan hidup- perkumpulan3. Sistem pengetahuan meliputi pengetahuan tentang:- flora dan fauna- waktu, ruang dan bilangan- tubuh manusia dan perilaku antar sesama manusia4. Bahasa yaitu alat untuk berkomunikasi berbentuk:- lisan- tulisan5. Kesenian y