Manual Divisi 3 2013

download Manual Divisi 3 2013

of 52

  • date post

    20-Oct-2015
  • Category

    Documents

  • view

    51
  • download

    5

Embed Size (px)

description

s

Transcript of Manual Divisi 3 2013

  • _________________________________________________________________________________________ BLAI - Manual Liga Kompetisi Divisi Tiga Liga Indonesia XVIII Tahun 2013 1

    MANUAL LIGA KOMPETISI DIVISI TIGA LIGA INDONESIA XVIII

    TAHUN 2013

    A. BLAI dan KOMPETISI Dasar 1. Manual Liga Kompetisi Divisi Tiga Liga Indonesia XVIII Tahun 2013 ini berpedoman pada :

    1.1 Statuta PSSI.

    1.2 Peraturan Organisasi PSSI Nomor : 03/PO-PSSI/VIII/2009 tentang Pemain : Status, Alih Status dan Perpindahan - 31 Agustus 2009.

    1.3 Peraturan Organisasi PSSI Nomor : 07/PO-PSSI/IX/2009 tentang Kompetisi - 02 September 2009.

    1.4 Peraturan Organisasi PSSI Nomor : 05/PO-PSSI/IX/2009 tentang Badan Liga Sepakbola Amatir Indonesia - Oktober 2009.

    1.5 Peraturan Organisasi PSSI Nomor : 06/PO-PSSI/III/2008 tentang Kode Disiplin - 31 Maret 2008.

    1.6 Keputusan Pengurus Harian PSSI Nomor : KEP/01/I/2008 tentang Peraturan Umum Pertandingan PSSI - 02 Januari 2008.

  • _________________________________________________________________________________________ BLAI - Manual Liga Kompetisi Divisi Tiga Liga Indonesia XVIII Tahun 2013 2

    Maksud dan Tujuan 2. Manual Liga Kompetisi Divisi Tiga Liga Indonesia XVIII Tahun 2013 ini diterbitkan untuk

    mengatur penyelenggaraan pertandingan bagi seluruh Klub Peserta Kompetisi Divisi Tiga Liga Indonesia XVIII Tahun 2013 guna mewujudkan kelancaran jalannya pertandingan.

    Nama Kompetisi 3. Pada musim Kompetisi Tahun 2013, Badan Liga Sepakbola Amatir Indonesia (BLAI)

    menyelenggarakan pertandingan Kejuaraan Sepakbola Tingkat Nasional yang dinamakan KOMPETISI DIVISI TIGA LIGA INDONESIA XVIII TAHUN 2013.

    Penyelenggara Kompetisi 4. Seluruh rangkaian Pertandingan Kompetisi Divisi Tiga Liga Indonesia XVIII Tahun 2013

    diselenggarakan oleh BADAN LIGA SEPAKBOLA AMATIR INDONESIA (BLAI) yang diatur dalam Manual Liga Kompetisi Divisi Tiga Liga Indonesia XVIII Tahun 2013 ini.

    Peserta Kompetisi 5. Peserta Kompetisi Divisi Tiga Liga Indonesia XVIII Tahun 2013 adalah Klub yang terdaftar di

    PSSI sebagai Klub Anggota dan Calon Anggota yang telah mendaftarkan diri.

    6. Syarat Klub mengikuti Kompetisi Divisi Tiga Liga Indonesia XVIII Tahun 2013, adalah :

    6.1 Mengisi dan menyerahkan Formulir Pendaftaran Klub Peserta (Formulir A-1).

    6.2 Mengisi dan menyerahkan Formulir Data Klub Peserta (Formulir A-2).

    6.3 Mengisi dan menyerahkan Formulir Data Manajemen Tim & Panpel (Formulir A-3).

  • _________________________________________________________________________________________ BLAI - Manual Liga Kompetisi Divisi Tiga Liga Indonesia XVIII Tahun 2013 3

    6.4 Memiliki Pelatih Kepala berlisensi C untuk Putaran Kedua (Wilayah).

    Sistem Pertandingan 7. PUTARAN PERTAMA (PROVINSI)

    7.1 Diselenggarakan oleh PSSI Provinsi di masing-masing Provinsi.

    7.2 Pelaksanaan Pertandingan dibagi dalam beberapa Grup.

    7.3 Semua Klub Peserta dalam setiap Grup melakukan pertandingan dengan sistem Pertandingan Setengah Kompetisi Turnamen Kandang atau Home Tournament.

    7.4 Jumlah Klub yang berhak maju ke Putaran Kedua sesuai dengan kuota masing-masing PSSI Provinsi.

    7.5 Pelaksanaan Putaran Pertama dimulai pada tanggal 07 Oktober 2013 sampai dengan 07 November 2013, atau ditetapkan lain oleh BLAI.

    8. PUTARAN KEDUA (WILAYAH)

    8.1 Format Pelaksanaan Pertandingan ditentukan oleh BLAI di :

    - Wilayah Sumatera - Wilayah Jawa - Wilayah Bali/NTB/NTT - Wilayah Kalimantan - Wilayah Sulawesi - Wilayah Papua/Papua Barat/Maluku/Maluku Utara

    8.2 Pelaksanaan Pertandingan dibagi dalam beberapa Grup.

  • _________________________________________________________________________________________ BLAI - Manual Liga Kompetisi Divisi Tiga Liga Indonesia XVIII Tahun 2013 4

    8.3 Semua Klub Peserta dalam setiap Grup melakukan Pertandingan dengan Sistem Pertandingan Setengah Kompetisi Turnamen Kandang atau Home Tournament.

    8.4 Urutan I pada Klasemen Akhir Putaran Kedua di masing-masing Grup berhak maju ke Putaran Ketiga (Nasional), atau ditentukan lain oleh BLAI.

    8.5 Pelaksanaan Putaran Kedua dimulai pada tanggal 16 November 2013 sampai dengan 30 November 2013, atau ditentukan lain oleh BLAI.

    9. PUTARAN KETIGA (NASIONAL)

    9.1 Tempat dan Format Pelaksanaan Pertandingan ditentukan oleh BLAI.

    9.2 Pelaksanaan Pertandingan dibagi dalam beberapa Grup.

    9.3 Semua Klub Peserta dalam setiap Grup melakukan Pertandingan dengan Sistem Pertandingan Setengah Kompetisi Turnamen Kandang atau Home Tournament.

    9.4 Pelaksanaan Putaran Nasional ini diselenggarakan sampai dengan babak final.

    9.5 Pelaksanaan Putaran Kedua dimulai pada tanggal 07 Desember 2013 sampai dengan 15 Desember 2013, atau ditentukan lain oleh BLAI.

    Promosi dan Degradasi 10. 16 (enam belas) Klub teratas pada peringkat akhir Kompetisi Divisi Tiga Liga Indonesia XVIII

    Tahun 2013 berhak untuk Promosi ke Divisi Dua pada musim kompetisi berikutnya, atau ditentukan lain oleh PSSI.

  • _________________________________________________________________________________________ BLAI - Manual Liga Kompetisi Divisi Tiga Liga Indonesia XVIII Tahun 2013 5

    Urutan Juara dan Hadiah 11. Tanda Penghargaan/Hadiah sesuai urutan kedudukan/peringkat dalam Kejuaraan Kompetisi

    Divisi Tiga Liga Indonesia XVIII Tahun 2013 :

    PERINGKAT I (JUARA), memperoleh :

    Piala Tetap 30 Medali Emas Piagam Penghargaan

    PERINGKAT II (RUNNER-UP), memperoleh :

    Piala Tetap 30 Medali Perak Piagam Penghargaan

    PERINGKAT III (KETIGA), memperoleh :

    Piala Tetap 30 Medali Perunggu Piagam Penghargaan

  • _________________________________________________________________________________________ BLAI - Manual Liga Kompetisi Divisi Tiga Liga Indonesia XVIII Tahun 2013 6

    B. PERTANDINGAN Peraturan Pertandingan 12. Pertandingan Kompetisi Divisi Tiga Liga Indonesia XVIII Tahun 2013 berpedoman pada

    Peraturan Umum Pertandingan PSSI dan Peraturan Permainan FIFA serta Keputusan-keputusan yang diterbitkan oleh International Football Association Board.

    Jadwal dan Tempat Penyelenggaraan Pertandingan 13. Jadwal dan Tempat Penyelenggaraan Pertandingan Kompetisi Divisi Tiga Liga Indonesia XVIII

    Tahun 2013 ditetapkan oleh BLAI, disusun secara tersendiri yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Manual Liga Kompetisi Divisi Tiga Liga Indonesia XVIII Tahun 2013 ini.

    Perubahan dan Pembatalan Pertandingan 14. Permintaan untuk mengubah atau membatalkan suatu pertandingan yang telah dijadwalkan,

    pada prinsipnya tidak diperkenankan.

    15. BLAI dapat mengizinkan permintaan untuk melakukan perubahan atau pembatalan jadwal pertandingan karena suatu sebab yang mendesak dan tidak dapat diatasi, di luar kemampuan Klub Peserta yang bersangkutan misalnya :

    15.1 Force Majeur antara lain : bencana alam, larangan dari pihak berwajib, dan lain-lain.

    15.2 3 (tiga) orang atau lebih pemainnya berada dalam Tim Nasional.

    16. BLAI dapat mengubah atau membatalkan suatu jadwal pertandingan dalam waktu selambat-lambatnya 3 x 24 jam, sebelum pertandingan tersebut dilaksanakan.

  • _________________________________________________________________________________________ BLAI - Manual Liga Kompetisi Divisi Tiga Liga Indonesia XVIII Tahun 2013 7

    17. Perubahan dan/atau pembatalan jadwal kompetisi yang di maksud dalam angka (15) tersebut di atas akan menggunakan surat resmi yang disampaikan melalui jasa telekomunikasi (telepon dan faksimili), media cetak, media elektronika, atau media lainnya pada kesempatan pertama.

    Waktu Pertandingan 18. Waktu pertandingan adalah 2 x 45 menit dengan masa istirahat 15 menit.

    19. Waktu terkait jam dimulainya Pertandingan (kick off) ditetapkan oleh Tuan Rumah Pelaksana Pertandingan pada saat Pertemuan Teknik.

    20. Dalam hal yang khusus, BLAI dapat menetapkan waktu pertandingan di satu tempat atau di beberapa tempat penyelenggaraan pertandingan yang disesuaikan dengan kepentingan kompetisi atau kebutuhan lainnya misalnya tayangan langsung televisi.

    21. Perubahan atau pengunduran waktu pertandingan dapat diperkenankan tidak lebih dari 15 (lima belas) menit dari waktu permulaan pertandingan yang seharusnya dilaksanakan, kecuali ditetapkan lain dalam pertemuan teknik di tempat penyelenggaraan pertandingan dan/atau oleh BLAI.

    22. Dengan ketentuan seperti di maksud dalam angka (21) di atas, jika tim yang akan bertanding belum dapat menyiapkan sedikitnya 7 (tujuh) pemain setelah ditunda 15 menit dari waktu yang ditetapkan, maka tim tersebut dianggap Tidak Hadir di Tempat pertandingan dan dikenakan sanksi seperti yang dimaksud dalam Pasal 66 Peraturan Umum Pertandingan PSSI.

    23. Dalam pertandingan yang sedang berlangsung, jika diketahui Wasit, salah satu Tim atau kedua Tim yang sedang bertanding jumlah pemainnya menjadi kurang dari 7 (tujuh) pemain, maka Wasit dapat menghentikan pertandingan untuk sementara dan setelah diteliti benar keadaannya, pertandingan harus dihentikan oleh Wasit untuk seterusnya.

  • _________________________________________________________________________________________ BLAI - Manual Liga Kompetisi Divisi Tiga Liga Indonesia XVIII Tahun 2013 8

    24. Sebagai akibat dari angka (22) di atas, Tim atau Kedua Tim dianggap melakukan Pemogokan dan dikenakan sanksi seperti yang dimaksud dalam Pasal 64 Peraturan Umum Pertandingan PSSI.

    25. Selama pertandingan berlangsung, hanya 1 (satu) orang diantara Ofisial Tim diperkenankan untuk memberikan instruksi kepada pemainnya dan harus tetap berada pada daerah teknik (technical-area) dan setelah memberikan instruksi secukupnya segera kembali ke tempat Bangku Cadangan (bench).

    Perpanjang