Manajemen Strategi (PT ACSET Indonusa Tbk.)

download Manajemen Strategi (PT ACSET Indonusa Tbk.)

of 104

Embed Size (px)

Transcript of Manajemen Strategi (PT ACSET Indonusa Tbk.)

  1. 1. Deri Andriyana Dinny Apriliani Felix Jose Galang Nusa M Hanni Viona Maharani Helga Meizhura Herfajry Cahyo Herga Gustrian (MB-37-06)
  2. 2. ACSET adalah perusahaan konstruksi spesialis beragam yang menyediakan layanan teknis dan konstruksi di gedung, pekerjaan sipil dan kelautan. Sebagai perusahaan jasa konstruksi gedung-gedung bertingkat yang berkualitas dan prestisius, Acset berkomitmen untuk kepuasan pelanggan dengan menghasilkan kualitas kerja serta pelayanan yang prima. Acset senantiasa berkompetisi secara efektif di berbagai proyek bergengsi di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan portofolio proyek-proyek yang telah digarap yang terdiri dari proyek-proyek bangunan tinggi, berkualitas dan prestisius.
  3. 3. Visi dan Misi Visi Menjadi Perusahaan konstruksi integrasi terbaik yang memberikan solusi bagi para pemangku kepentingan. Misi 1. Hasrat kami adalah untuk memberi kontribusi, memberi nilai tambah dan memberikan kesuksesan yang signifikan bagi Anda (klien dan karyawan kami). 2. Menjadi mitra utama dalam bisnis konstruksi. 3. Berkontribusi pada pembangunan bangsa.
  4. 4. Identifikasi Misi Perusahaan
  5. 5. Customers Dapat dilihat pada misi PT ACSET Indonusa Tbk dijelaskan bahwa keinginan perusahaan tersebut adalah melayani klien dengan sangat baik dan dengan membentuk kemitraan yang kuat. Markets Komponen market pada misi PT ACSET Indonusa Tbk terlihat pada poin kedua di mana dijelaskan bahwa PT ACSET Indonusa Tbk ingin menjadi mitra utama yang bergerak dalam bisnis konstruksi di mana beberapa segmen usahanya yaitu pembangunan sarana dan prasarana, serta penyewaan dan perdagangan alat-alat konstruksi. Identifikasi Misi Perusahaan
  6. 6. Identifikasi Misi Perusahaan Philosophy Komponen filosofi yang menjadi aspirasi, prioritas etis, dan komitmen utama para pengambil keputusan strategik dalam manajemen perusahaan digambarkan pada poin pertama misi yaitu perusahaan senantiasa memiliki hasrat untuk memberikan kontribusi, nilai tambah, dan kesuksesan yang signifikan. Concern for Public Image Poin ini digambarkan pada misi PT ACSET Indonusa Tbk dalam poin tiga di mana dijelaskan bahwa perusahaan berkontribusi untuk membangun bangsa. ACSET berkontribusi dalam upaya membangun masyarakat melalui pemberian bantuan serta donasi terhadap apa yang menjadi kebutuhan vital dalam suatu komunitas masyarakat, terutama pada komunitas masyarakat di sekitar area proyek yang menjadi sasaran utama dengan jenis kegiatan seperti program beasiswa, donor darah, renovasi pos polisi, dan lain-lain.
  7. 7. Concern for Employees Fokus pada karyawan yakni bagaimana perusahaan memandang karyawannya sebagai aset berharga. Komponen misi ini tergambar dalam poin satu misi ACSET di mana dijelaskan bahwa perusahaan senantiasa memberikan nilai tambah dan kesuksesan yang signifikan bagi karyawannya. Identifikasi Misi Perusahaan
  8. 8. Politik Di Indonesia, pergantian pemimpin memberikan dampak terhadap politik, yang akan mengubah kebijakan politik di mana hal tersebut dapat berpengaruh kepada bisnis. Baik memberi peluang maupun ancaman baru dalam suatu bisnis. Ekonomi Nilai tukar Rupiah yang terdepresiasi cukup dalam terhadap mata uang US Dollar. Inflasi masih tinggi akibat pengaruh dari kenaikan BBM bersubsidi sehingga mendorong harga bahan baku mengalami kenaikan. Selanjutnya, upah buruh dan tarif listrik pun menunjukkan tren peningkatan. Terkait urbanisasi, Indonesia juga dinilai mengalami tingkat urbanisasi yang pesat sehingga menciptakan peluang permintaan yang tinggi untuk ruang ritel, kantor, dan tempat tinggal.
  9. 9. Sosial Adanya peningkatan perubahan gaya hidup di kota-kota besar yang membutuhkan properti yang berkualitas. Tidak hanya sebatas tempat tinggal, namun hunian yang mendukung gaya hidup kaum urban yang saat ini dikenal dengan Integrated Living Concept. Teknologi Dunia teknologi semakin berkembang dan mengalami pergerakan yang cepat sehingga membantu dalam menunjang pasar konstruksi/properti, sebagai contoh Office Robots, drones, atau 3D Printing.
  10. 10. Rivalry Among Competitor Pada jasa konstruksi, ACSET memiliki beberapa pesaing yang cukup kuat seperti PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Barriers to Entry Prospek bisnis pada jasa kontruksi semakin memperlihatkan hasil yang baik pada dunia bisnis di Indonesia. Ditambah lagi permintaan pasar akan produk perumahan, perkantoran, pusat perbelanjaan, dan kawasan komersial modern semakin meningkat. Hal ini membuat banyak pelaku bisnis tertarik untuk masuk dalam bisnis ini.
  11. 11. Availability of Substitutes Ancaman adanya jasa/produk pengganti PT ACSET cukup banyak melihat kompetitor yang juga cukup kreatif dan inovatif dalam bisnisnya baik dari segi pembangunan desaim atau tata letak, serta penawaran harga yang terkadang lebih rendah memungkinkan adanya ancaman produk oleh pesaing. Power of Buyer Melihat dari kekuatan para buyer relatif tinggi dikarenakan pembeli biasanya lebih terkonsentrasi daripada perusahaan/produsen. Dimana: 1. Buyer dapat dikatakan cukup well-educated 2. Penjualan (sales) perusahaan sebagian besar berasal dari pembelian yang dilakukan pelanggan Power of Supplier Supplier merupakan bagian penting dari perusahaan. Banyaknya pemasok yang tersedia menguntungkan perusahaan untuk mendapatkan bahan baku sehingga ACSET selama ini tidak memiliki ketergantungan terhadap pemasok tertentu.
  12. 12. External Factor Evaluation (EFE) Matrix NO KEY EXTERNAL FACTORS WEIGHT RATING WEIGHTED SCORE OPPORTUNITY 1 Tingginya permintaan pemerintah akan pemerataan pembangunan dalam negeri 0,09 1 0,09 2 Pemberian modal investasi asing pada sektor properti di Indonesia dikarenakan MEA 0,11 2 0,22 3 Semakin meningkatnya pembangunan-pembangunan infrastruktur karena pengaruh dari paket kebijakan ekonomi jilid XII oleh Presiden Jokowi 0,13 3 0,39 4 Demand pasar yang besar akan jasa konstruksi 0,07 4 0,28 5 Pertumbuhan ekonomi nasional dan peningkatan pendapatan serta daya beli masyarakat 0,10 3 0,30 THREAT 6 Harga bahan bakar diesel yang cukup fluktuatif sepanjang tahun 2015 juga memiliki andil yang cukup besar dalam kinerja operasional ACSET 0,08 3 0,24 7 Semakin meningkatnya pertumbuhan laba kompetitor yaitu dari kontraktor BUMN yaitu PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk 0,09 2 0,18 8 Melemahnya mata uang Rupiah terhadap dolar Amerika 0,10 3 0,30 9 Kebutuhan masyarakat terhadap properti diperkirakan turun karena adanya ketidakpastian ekonomi global 0,09 1 0,09 10 Meningkatnya harga bahan bangunan sebesar 34,43% berdasarkan riset Bank Indonesia 2016 0,14 4 0,56 TOTAL 1,00 2,65
  13. 13. Dari total weighted score pada EFE Matrix sebesar 2,65 maka dapat dikatakan bahwa PT ACSET Indonusa Tbk memiliki strategi yang efektif dalam merespon peluang dan ancaman yang ada di industrinya. Salah satunya terlihat pada perusahaan dapat meminimalisir dampak dari meningkatnya harga bahan bangunan sebesar 34,43%.
  14. 14. The Competitive Profile Matrix (CPM) NO CRITICAL SUCCESS FACTORS WEIGHT PT ACSET Indonusa Tbk PT Waskita Karya (Persero) Tbk PT Adhi Karya (Persero) Tbk RATING SCORE RATING SCORE RATING SCORE 1 Market Share 0,15 4 0,6 4 0,6 4 0,6 2 Product Quality 0,15 3 0,45 4 0,6 4 0,6 3 Consumer Loyalty 0,05 3 0,15 4 0,2 4 0,2 4 Customer Service 0,15 3 0,45 3 0,45 3 0,45 5 Price Competitive 0,1 3 0,3 4 0,4 4 0,4 6 Good Corporate Governance 0,05 3 0,15 3 0,15 3 0,15 7 Advertising 0,05 2 0,1 2 0,1 3 0,15 8 Marketing Sales 0,1 3 0,3 3 0,3 3 0,3 9 Location 0,2 3 0,6 4 0,8 3 0,6 TOTAL 1 3,1 3,6 3,45
  15. 15. Dari total score ketiga perusahaan, yang memiliki nilai paling tinggi yaitu PT Waskita Karya (Persero) Tbk. PT ACSET memiliki keunggulan yang sama dalam market share sebagaimana kedua perusahaan lainnya. Namun lemah dalam hal advertising. PT Waskita Karya memiliki keunggulan dalam hal lokasi pembangunan konstruksi yang tersebar di banyak daerah di Indonesia dibandingkan ACSET dan Adhi Karya.
  16. 16. A. Primary Activities Inbound Logistics : Bahan baku yang digunakan oleh perusahaan sebagian besar dari materi lokal (antara 70%-75%), sisanya impor khususnya peralatan mekanikal, elektrikal, dan plumbing). Banyaknya pemasok yang tersedia menguntungkan Perusahaan untuk mendapatkan bahan baku sehingga perusahaan selama ini tidak memiliki ketergantungan terhadap pemasok tertentu. Outbound Logistics : Jasa dan material pondasi dan konstruksi bangunan oleh Acset Indonusa Co. Ltd Vietnam, material, formwork dan bekisting (cetakan beton) oleh Innocetch System, alat berat oleh Sacindo Machinery, tower crane dan passenger hoise (alat angkut vertikal) oleh Aneka Raya Konstruksi, concrete pump (pompa beton) oleh ATMC Pump Service, mekanik konstruksi listrik dan pipa oleh Bintai Kindenko Engineering Indonesia.
  17. 17. Operations : General Building Works, Civil Engineering Works , Bored Piling (BP), Diaphragm Wall (DW), Driven Piling, Geotechnical Works, Marine Works, Slip Forming/ Formwork System, Waterproofing, Pre-Stressing/Post- Tensioning, Construction Equipment Sales and Rental (Tower Crane/ Concrete Pump/ Crane), Mechanical,Electrical, and Plumbing. Marketing and Sales : Sistem informasi Perusahaan telah menggunakan teknologi elektronik, baik secara visual, audio, maupun audio visual, salah satunya untuk membuat promosi Perusahaan melalui website resmi Perusahaan, sehingga mitra kerja dari Luar Negeri dapat mengenal Perusahaan. Memanfaatkan fasilitas internet dengan membuat website Perusahaan (www.acset.co) sebagai media promosi, agar dapat diakses oleh pelanggan secara global. Rekomendasi yang diperoleh dari pelanggan yang telah menggunakan jasa Perusahaan sebelumnya, konsultan, arsitek, dan pihak-pihak yang pernah terlibat dalam proyek-proyek sebelumnya.
  18. 18. Contoh proyek : Slipforming semen Gresik- Rembang, Millennium Centennial Tower, Gedung Perpustakaan Nasio