Manajemen Ruang Kosong Grouping

download Manajemen Ruang Kosong Grouping

of 7

  • date post

    06-Aug-2015
  • Category

    Documents

  • view

    311
  • download

    32

Embed Size (px)

Transcript of Manajemen Ruang Kosong Grouping

MANAJEMEN RUANG KOSONGPenyimpanan yang tidak berkesinambungan dan adanya penghapusan data menyebabkan adanya ruang-ruang bebas di disk. oleh karena itu diperlukan manajemen ruang bebas. Caranya, dengan membuat daftar ruang-ruang kosong.Informasi ruang kosong umumnya turut disimpan didalam media penyimpanan.Ruang-ruang kosong pada media penyimpanan perlu dicatat sehingga memudahkan pengalokasian berkas yang akan disimpan.

Teknik-teknik yang dapat digunakan untuk pencatatan ruang kosong media penyimpanan adalah : 1. Teknik Bit Vektor

2. Teknik Link List3. Teknik Grouping 4. Teknik Counting

TEKNIK GROUPINGSebuah modifikasi dari pendekatan daftar-kosong adalah menyimpan alamat-alamat dari n blok-blok kosong di blok kosong yang pertama. n-1 pertama dari blok-blok ini sebenarnya kosong. Blok terakhir mengandung alamat-alamat dari n blok kosong lainnya, dan seterusnya. Pentingnya implementasi ini adalah alamatalamat dari blok-blok kosong yang banyak dapat ditemukan secara cepat, tidak seperti di pendekatan linked-list yang standard.

blok-blok kosong adalah dengan menggunakan satu blok untuk menyimpan alamat blok-blok kosong didekatnya. Di dalam blok tempat alamat tersebut, terdapat pula satu penghubung atau data alamat dari blok semacam ini yang selanjutnya. Dengan cara iniberarti antar blok berisi alamat blok-blok kosong terdapat penghubung linked list

Blok yang berisi data berkas digambarkan dengan kotak yang berwarna abu-abu, blok yang menunjuk ke blok kosong digambarkan dengan kotak dengan sisi dan angka yang ditebalkan, dan blok kosong digambarkan dengan kotak berwarna putih. Keuntungan dari mekanisme dengan pengelompokan adalah sekumpulan besar dari blok-blok kosong dapat dengan cepat diketahui, tidak seperti pendekatan standar linked-list

KESIMPULANAda 3 metode untuk menentukan bagaimana sistem operasi menyimpan informasi ke disk yakni manajemen ruang kosong (mengetahui seberapa luang kapasitas disk yang tersedia), efisiensi dan kinerja, dan recovery. Ada beberapa metode untuk memanajemen ruang yang kosong yaitu : menggunakan bit vector, linked list, grouping dan counting. Keuntungan Teknik Grouping dari implementasi seperti ini adalah alamat dari blok kosong yang besar sekali dapat ditemukan dengan cepat, tidak seperti pendekatan standar linked-list.