Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

of 40 /40
BAB 15 Metrik Pemasaran, Kinerja, dan Implementasi Strategi Oleh : Ni Luh Putu Margareta Maha Karmila (1332125015) UNIVERSITAS WARMADEWA MAGISTER MANAJEMEN 2013

Transcript of Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Page 1: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

BAB 15Metrik Pemasaran, Kinerja, dan

Implementasi Strategi

Oleh :

Ni Luh Putu Margareta Maha Karmila (1332125015)

UNIVERSITAS WARMADEWA

MAGISTER MANAJEMEN

2013

Page 2: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Perusahaan terobsesi dengan hasil keuangan karena memperlihatkan apa yang telah terjadi, tapi jarang melakukan usaha memahami semua alasan untuk hasil keuangan mereka.

Metrik Pemasaran dan Kinerja

Page 3: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Hambatan untuk memulai dalam menggunakan metrik

pemasaran

Page 4: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Ada lima hambatan untuk menggunakan metrik pemasaran yang paling sering disebutkan oleh perusahaan :

1. Metrik Marketing terlalu rumit dan terlalu sulit untuk digunakan

Page 5: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

2.Metrik marketing tidak memecahkan masalah bisnis pada perusahaan

Page 6: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

3. Ada terlalu banyak : Saya tidak tahu harus mulai dari mana

Page 7: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

4. Saya tidak memiliki data atau anggaran untuk mengumpulkan data

Page 8: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

5. Saya tidak punya waktu untuk melakukan pekerjaan ini

Page 9: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Telah kami luncurkan di pasar berbasis harga bahwa kita bisa

meningkatkan marjin kotor kami sebesar $14 juta. Blok instruksi ini

telah benar-benar menyoroti pentingnya melakukan analisis volume

harga sebelum meluncurkan produk baru.

Setelah menghadiri presentasi tentang cara menggunakan metrik harga untuk mengelola pertumbuhan yang menguntungkan, bukan hanya pertumbuhan penjualan, seorang manajer produk perusahaan memberikan komentar ini :

Page 10: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Memulai dengan Metrik Pemasaran

Page 11: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Tidak ada yang ajaib tentang memilih metrik pemasaran yang tepat untuk memulai. Hal yang penting, bahwa metrik pemasaran yang dipilih dapat diterima oleh semua orang dalam program pemasaran dan manajer senior. Perusahaan memiliki daftar metrik yang dianggap dapat dikendalikan dan relevan/berkaitan dengan operasinya.

Page 12: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Metrik Forward-Looking Versus Backward-Looking

Page 13: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Metrik Kinerja Pemasaran Forward-Lookingtujuan dari metrik pemasaran forward-looking untuk melacak persepsi pelanggan dan perilaku yang mendahului perubahan aktual dalam perilaku pelanggan dan kinerja keuangan bisnis. Kepuasan pelanggan adalah metrik penting yang mengukur beberapa tingkat kepuasan.

Page 14: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Metrik Kinerja Pemasaran Backward-LookingMetrik pemasaran backward-looking meliputi metrik yang mengukur pangsa pasar, loyalitas pelanggan, dan pendapatan per pelanggan. Metrik ini diterapkan bersamaan dengan metrik kinerja keuangan, biasanya pada akhir periode pelaporan, tapi mereka memberikan satu set yang berbeda dari pemahaman diagnostik ke dalam kinerja perusahaan.

Page 15: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Implementasi Strategi Yang Sukses

Page 16: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Rencana pemasaran harus berhasil dilaksanakan. Keberhasilan pelaksanaan secara langsung berkaitan dengan susunan upaya pemasaran bisnis.

Page 17: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran
Page 18: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Pada gambar 15-8, menggambarkan pentingnya penerapan strategi yang efektif. Di dua daerah (A dan B) dimana strategi pemasaran diterapkan, penjualan meningkat sebesar 18 dan 12 %, meskipun jumlah permintaan di pasar mengalami penurunan sebesar 15 %. Sebaliknya, wilayah (C) yang tidak menerapkan strategi pemasaran hanya memiliki 3 % keuntungan penjualan.

Page 19: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Mengelola Implementasi Strategi Yang SuksesSangat tidak mungkin untuk menerapkan rencana buruk yang memperoleh hasil yang baik, tetapi melaksanakan rencana yang luar biasa juga dapat gagal untuk memberikan kinerja yang diinginkan.

Page 20: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran
Page 21: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Gambar 15-9 menunjukkan kekuatan utama yang berkontribusi terhadap keberhasilan atau kegagalan dalam melaksanakan rencana pemasaran. Masing-masing kekuatan ini dipengaruhi oleh faktor-faktor dasar yang dapat menyebabkan kekuatan untuk memiliki dampak positif atau negatif terhadap keberhasilan pelaksanaan. Secara bersama, faktor-faktor ini akan membentuk perilaku dan struktur organisasi dengan cara yang, baik memfasilitasi atau menghambat keberhasilan pelaksanaan.

Page 22: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Rencana Kerja Rinci, Setiap aspek dari strategi pemasaran dan mendukung strategi bauran pemasaran yang didukung dengan rencana rinci yang menentukan tindakan yang harus terjadi selama pelaksanaan.

Page 23: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Juara atau Rasa Memiliki dalam Team, Meskipun tidak ada yang salah dengan memilih pemilik tunggal atau juara, pembentukan tim kepemilikan bisa memanfaatkan bakat unik dari banyak orang dan mengerahkan lebih maksimal daripada organisasi yang mungkin individual.

Page 24: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Kompensasi, Kompensasi dapat dikaitkan dengan keduanya, baik metrik pemasaran eksternal dan metrik keuangan internal. Tujuan mengaitkan kompensasi dengan hasil metrik pemasaran adalah untuk segera menciptakan motivasi dan tanggung jawab.

Page 25: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Keterlibatan Manajemen, manajer senior harus tetap berkomitmen dengan tinjauan yang berkelanjutan dari pengembangan rencana pemasaran dan kinerja.

Page 26: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Mendukung Rencana Pemasaran

Page 27: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Waktu untuk berhasil, bersama dengan metrik pemasaran yang mengukur kemajuan merupakan aspek penting dari rencana pemasaran dan pelaksanaan yang sukses.

Page 28: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Alokasi Sumber Daya, , rencana pemasaran akan memiliki sumber daya yang cukup berkaitan dengan personil dan pendanaan. Merupakan langkah penting dalam keberhasilan pelaksanaan rencana adalah untuk memastikan bahwa bisnis telah berkomitmen mengenai sumber daya yang diperlukan

Page 29: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Komunikasi, Untuk memfasilitasi komunikasi dan pemahaman, beberapa perusahaan membuat video yang menggambarkan tujuan kinerja dan strategi rencana pemasaran mereka dan kemudian memberikan karyawan mereka menghadiri sesi menonton. Komunikasi internal tentang rencana pemasaran, termasuk peran tertentu yang individu di dalam bisnis bermain sehubungan dengan pelaksanaan, sangatlah penting.

Page 30: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Keterampilan untuk Sukses, perlu melakukan beberapa pelatihan untuk meningkatkan pelanggan-sikap fokus antara karyawan. Agar strategi berhasil, sangat penting untuk melatih perwakilan produsen dan distributor sehubungan dengan fitur produk, kebutuhan layanan, bagaimana menjual produk, dan bagaimana menjelaskan hal itu memberikan nilai.

Page 31: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Mengadaptasi Rencana Pemasaran

Page 32: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Perbaikan terus menerus, rencana pemasaran yang tidak beradaptasi dengan kondisi pasar yang terus berubah akan gagal. Karena kondisi pasar yang kompleks dan hampir selalu di fluks, bisnis harus mengubah rencana pemasaran dalam respon terhadap perubahan kondisi. strategi baru mungkin diperlukan. Salah satu asset terbesar manajemen Jepang adalah kemampuan untuk beradaptasi ketika rencana pemasaran tidak bekerja dan tetap dengan rencana- untuk bertahan. Meskipun rencana pemasaran menetapkan arah dan memberikan peta jalan awal, setelah itu di posisi fleksibilitas dalam beradaptasi merupakan aspek penting tentang perbaikan terus-menerus.

Page 33: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Pengukuran Umpan Balik, sistem manajemen juga memerlukan pengukuran untuk menyediakan mekanisme untuk umpan balik. Metrik kinerja pemasaran forward-looking adalah sensor internal untuk sistem rencana pemasaran umpan balik. Pengukuran sinyal kemajuan rencana pemasaran untuk mencapai tujuan kinerjanya dalam penjualan, pangsa pasar, laba bersih, dan kontribusi pemasaran bersih. Kunci metrik pemasaran forward-looking yang memberikan sinyal utama keberhasilan rencana pemasaran meliputi, kesadaran pelanggan, minat, niat untuk membeli, percobaan, dan pembelian ulang; cakupan pasar saluran perantara, minat, dukungan, dan motivasi; respon bisnis untuk pertanyaan pelanggan dan masalah.

Page 34: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Ketekunan, perusahaan jepang memberikan wawasan tentang perlunya ketekunan. Mereka sering digunakan sebagai contoh sukses pemasaran. Tekad mereka untuk membuat rencana pemasaran mereka bekerja adalah salah satu rahasia keberhasilan pemasaran mereka

Page 35: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Peluncuran Adaptif, sebuah peluncuran adaptif merupakan implementasi bertahap dari rencana pemasaran yang memungkinkan untuk umpan balik dan penyesuaian korektif awal dalam proses pelaksanaan.

Beberapa keuntungan dari peluncuran adaptif, yaitu :

Page 36: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Pertama, sedikit sumber daya yang diperlukan untuk

implementasi daerah skala kecil dari rencana pemasaran

untuk upaya pasar luas.

Kedua, perusahaan dapat memperbaiki masalah dengan

distributor, komunikasi pemasaran, dan penempatan

produk yang lebih mudah pada skala kecil..

Page 37: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Ketiga, jika pemasaran lebih efektif dari yang

direncanakan, perusahaan dapat menambah

kapasitas produksi untuk menghindari kehabisan

persediaan (menipisnya persediaan yang disebabkan

oleh kenaikan permintaan) dan kehilangan

kesempatan untuk menangkap pelanggan ketika

mereka ingin membeli.

Page 38: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Keempat, bahkan jika rencana pemasaran pelacakan

seperti yang direncanakan secara regional,

peluncuran daerah memberikan informasi pemasaran

tambahan yang dapat menguntungkan yang

terintegrasi ke dalam rencana selama penerapan

penuh.

Page 39: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran

Kelima, pendapatan yang dihasilkan dari peluncuran

daerah yang berhasil dapat digunakan untuk

membantu mendanai yang lebih luas atau peluncuran

penuh

Page 40: Manajemen Pemasaran-metrik pemasaran