Makalah SO Final.docx

download Makalah SO Final.docx

of 13

  • date post

    28-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    36
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Makalah SO Final.docx

BAB IPENDAHULUAN

1.1. Latar BelakangMakalah ini di susun sebagai tugas pembelajaran penilaian mata kuliah Sistem Operasi. Melalui makalah ini kami mencoba untuk memberikan beberapa solusi yaitu tentang Open Souce seperti Linux Ubuntu dapat ditampilkan atau dikolaborasikan dengan Open Souce seperti Windows.Alasan kami memilih Ubuntu, yaitu Linux Ubuntu dapat dijalankan secara live maupun dapat diinstall pada hardisk atau beragam penyimpanan lainnya, Linux Ubuntu memiliki kemampuan loading yang cepat serta tampilan grafis yang menarik, Linux Ubuntu tidak memerlukan spesifikasi hardware yang khusus, dan Linux Ubuntu tidak memerlukan banyak tempat penyimpanan. Ubuntu merupakan Distro Linux yang pasti. Sistem Operasi berbasiskan dari slackware.Ubuntu adalah system operasi berbasis Linux yang modern, portabel, kecil dan cepat dengan pendekatan desain modular dan desain yang luar biasa.Mengesampingkan ukuran sistemnya yang kecil, Ubuntu menyediakan sangat banyak koleksi software yang telah terinstall, termasuk GUI yang terorganisasi baik juga perangkat recovery untuk sistem administrator.Pendekatan modular memberikan anda kemampuan untuk menambahkan software-software lain kedalam Ubuntu secara mudah. Jika Anda kehilangan editor favorit Anda, tool jaringan, atau game, download saja modulnya beserta software tersebut, dan salin kedalam Ubuntu, tanpa butuh instalasi, tanpa butuh konfigurasi

1.2. TujuanAdapun tujuan dari penulisan makalah ini diantara adalah sebagai berikut :a. Memenuhi tugas pembelajaran penilaian mata kuliah SistemOperasi.b. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembaca pada umumnya dan penulis khususnya tentang berbagai sistem operasi komputer khususnya sistem operasi Ubuntu.c. Praktek remastering linux Ubuntu.

1.3. Rumusan MasalahBerdasarkan latar belakang di atas penulis dapat merumuskan beberapa masalah, diantaranya adalah sebagai berikut :a. Bagaimanakah Sejarah Sistem Operasi Ubuntu? b. Apakah pengertian Remastering?c. Bagaimana mempersiapkan Remastering dengan Remastersys?d. Bagaimana cara menggunakan Remastersys?

BAB IIPEMBAHASAN

1. 2. 2.1. Sejarah UbuntuUbuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas nama. Ubuntu berasal dari filosofi Afrika Selatan yang berarti kemanusiaan kepada sesama. Sasaran awal Ubuntu adalah menciptakansystem operasidesktop Linux yang mudah dipakai.Ubuntu pertama kali dirilis pada 20 Oktober 2004, versi-versi ubuntu akan dirilis setiap 6 bulan sekali agar dapat memperbaharui system keamanan dan update program. LTS (Long Term Support) rilis, yang terjadi setiap dua tahun, didukung untuk tiga tahun pada desktop dan server untuk lima tahun. Andy Fitzsimon merupakan pencipta logo dari ubuntu yang sampai pada saat ini tidak ada perubahan dalam logo tersebut. Default User Interface nya menggunakan GNOME ( varian berbeda ). Ubuntu didasarkan pada paket-paket dari Debian yang tidak stabil keduanya menggunakan distro Debians deb format dan alat manajemen paket, APT dan Synaptic walaupun Debian dan Ubuntu merupakan paket-paket yang belum tentu ( biner kompatibel ) satu sama lain, dan mungkin perlu dibangun ulang dari sumber. Ubuntu dapatdigunakan baik untuk desktop maupun server. Ubuntu saat ini mendukung berbagai arsitektur computer seperti PC (Intel x86), PC 64-bita (AMD64), PowerPC (Apple iBook dan Powerbook, G4 dan G5), Sun Ultra SPARC dan T1 (Sun Fire T1000 dan T2000), Playstation 3.Minimum system untuk instalasi desktop adalah 300 MHz prosesor x86, 64 MB RAM, 4 GB dari ruang hard drive, dan video yang mendukung kartu VGA pada resolusi 640480. Disarankan system untuk instalasi desktop adalah 700 MHz prosesor x86, 384 MB RAM, 8 GB dari ruang hard drive, dan video yang mendukung kartu VGA di resolusi 1024 768. Server memerlukan instalasi x86 prosesor 300 MHz, 64 MB RAM, [61] dan video yang mendukung kartu VGA di 640 480. Komputer yang tidak memenuhi persyaratan minimum yang disarankan sistem disarankan untuk mencoba Xubuntu, berdasarkan Xfce.

2.2. Definisi RemasteringRemastering (khususnya pada linux) merupakan proses untuk menciptakan sebuah distro linux baru hasil pengembangan dari linux yang sudah ada. Linux baru tersebut tidak jauh berbeda dari distro induknya, hanya saja linux hasil remastering mengalami penambahan atau pengurangan, baik dari segi aplikasi tema (theme), background, font dll. Remastering sangat berguna dalam hal pengembangan sebuah distro, terutama saat kita menemukan beberapa kekurangan pada distro induknya, pada linux, ada beberapa metode untuk melakukan remastering, diantaranya dengan metode UCK, Remastersys, atau dengan reconstruktur. Pada makalah ini kita akan membahas remastering dengan metode Remastersys, dengan menggunakan linux UBUNTU 12.04. Jika ada yang menggunakan distro Ubuntu versi lain, konsepnya tetap sama, alasannya tentu saja karena masih sama- sama Ubuntu.

2.3. Persiapan Remastering Dengan RemastersysRemastering dengan metode Remastersys merupakan proses memback up linux yang sudah anda modifikasi sebelumnya. Jadi, sebelum membuat file ISO linux yang baru, induk linux yang anda install sebelumnya wajib untuk ditambah fasilitas, seperti instalasi aplikasi baru, mengganti tema, background, dll .Setelah semua di setting sedemikian rupa, baru kita mulai remastering.Dengan menggunakan metode remastersys, langkah pertama tentu saja dengan menginstall dahulu system operasi linux Ubuntu (kami memakai Ubuntu versi 12.04)Hal kedua sangat penting, untuk melakukan remastering, sisakan kapasitas harddisk pada home minimal 5GB, jangan kurang atau lebih, serta koneksi internet yang menjanjikan, karna untuk menginstall dan melakukan berbagai macam modifikasi yang dibutuhkan, koneksi internet sangat penting.

2.4. Cara Instalasi1. Tambahkan repository remastersys ke source list anda dengan mengetikkan perintah berikut di terminal :

2. Setelah muncul text editor, tambahkan link di bawah ini keakhir baris source.lista. Deb http://www.remastersys.com/ubuntu precise mainb. lalu save keluar text editor

c. Update repositoryMaksudnya adalah kumpulan dari berbagai macam aplikasi yang berasa di internet dikumpulkan menjadi satu dan dikemas didalam system linux.

d. Install remastersys, dengan mengetikan ini di terminal.

e. Setelah selesai terinstall maka di dash home akan muncul Remastersys seperti di bawah ini.

2.5. Cara Menggunakan Remastersys & Keterangannya.Setelah diinstall kita bisa membuka aplikasi Remastersys maka akan muncul pilihan berikut :

1. BACKUP

Pilihan ini digunakan untuk membackup semua yang ada di Ubuntu termasuk file yang berada di directory home.

2. DISTRIBUTION

Pilihan ini berfungsi untuk membackup semua aplikasi /paket /package yang terinstall di Ubuntu,tanpa membackup file yang berada di home menu anda.

3. CUSTOMIZE

Pada menu ini akan disuguhkan untuk men-setting remastering Ubuntu, seperti playmounth, background,dll seperti gambar di bawah ini :

4. CLEAR WORKING FOLDER

Menu ini berfungsi untuk menghapus file sisa kerja remastering sebelumnya yang sudah dipindahkan.

5. CHECK LOG

Ini berfungsi pada saat terjadi eror saat melakukan remastering, jika terjadi eror membuka pilihan ini agar tahu eror yang terjadi seperti apa.Jika berhasil maka akan muncul file ISO yang berada pada directory /home/remastersys/remastersys/. Setelah itu copy file tersebut menggunakan terminal. Dengan mengetikkan perintah berikut ini.#ls /home/remastersys/remastersys/Cari file yang berakhiran ISO lalu pindahkan file tersebut ke home user.#cp r/home/remastersys/remastersys/nama file/home/user/Ubah nama file sesuai nama file yang muncul pada ls tadi tanpa tanda kutip. Ubah nama user sesuai nama user ubuntu tanpa tanda kutip. Maka file .iso tersebut akan muncul di directory home user.Setelah di copy ke folder yang diinginkan, hapus sisa kerja remastering dengan cara mengklik CLEAR WORKING FOLDER di aplikasi Remastersys.

2.6. Cara Melihat Hasil RemasteringGunakan VirtualBox untuk melihat hasil remastering Ubuntu. Pada prinsipnya, VirtualBox merupakan program yang digunakan untuk membuat OS didalam OS seperti Vmware dll.Tapi jika dilihat dari sisi keuntungan, maka VirtualBox lebih menguntungkan disbanding program-program lainnya. Karena program ini lebih ringan,sehingga kerja RAM tidak begitubesar. Tidak hanya itu, VirtualBox pun merupakan program free tanpa berbayar sehingga tidak ada proses crack ataupun memasukan kode instalasi.Dan berikut kami paparkan cara instalasi VirtualBox.1. Double klik pada file installernya, maka akan muncul Welcome to the.. kemudian klik Next>2. Setelah itu maka akan muncul Custom Setup, kemudian klik Next>3. Selanjutnya akan muncul menu shotcut, centang keduanya dan klik Next>4. Kemudian akan mucul perintah instalasi, maka pilih yes5. Pada menu Ready to Install pilih install6. Maka akan muncul proses instalasinya tunggu beberapa saat7. Ketika proses instalasi maka akan muncul dialog perijinan, maka pilih yes8. Pada menuWindows Security pilih install9. Instalasipun selesai, centang start oracle.. dan klik finish

Setelah VirtualBox berhasil diinstall, maka langkah selanjutnya adalah menjalankan hasil remastering pada VirtualBox yang telah diinstall. Untuk mengetahui cara menjalankan hasil remastering di VirtualBox dapat dilihat dalam video yang terdapat di makalah ini.

BAB IIIPENUTUP

3. 3.1. KesimpulanDari uraian singkat penulis diatas dapat kami simpulkan, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori computer pada saat computer dinyalakan.Ubuntu adalah system operasi Linux yang modern, bebas virus,free dan user friendly.Di Multimedia kita bisa mainkan mp3 dengan Rythmbox Music Player, memainkan dvd film di movie player ,pitivi editor untuk mengedit film.Untuk jejaring social bisa memakai IM messeger sepe