Makalah Search Engine

of 19/19
BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Dalam mencari informasi melalui internet dewasa ini sering digunakan suatu sistem perangkat lunak yang sering disebut sebagai mesin pencari (search engine). Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk membantu menemukan file-file yang disimpan dalam komputer. Search engine memungkinkan untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Perkembangan teknologi internet selain dari teknik pencarian dengan menggunakan mesin pencari adalah email dan mailing list. Email atau mailing list juga merupakan salah satu bagian dari teknologi internet, Email adalah fasilitas yang dapat memudahkan kita menerima dan mengirim surat elektronik melalui aplikasi secara online maupun berada dalam komputer, email adalah sarana komunikasi yang mudah diakses dan sangat hemat serta cepat hanya dalam hitungan detik seseorang sudah dapat menerima dan mengirim email ke mana pun di dunia ini. 1.2 Tujuan Makalah yang berjudul “Search Engine E-mail” ini memiliki tujuan umum dan tujuan khusus yaitu : Tujuan umum : Untuk memenuhi tugas mata kuliah Teknologi Informasi 1
  • date post

    19-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    612
  • download

    76

Embed Size (px)

Transcript of Makalah Search Engine

BAB 1PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Dalam mencari informasi melalui internet dewasa ini sering digunakan suatu sistem perangkat lunak yang sering disebut sebagai mesin pencari (search engine). Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk membantu menemukan file-file yang disimpan dalam komputer. Search engine memungkinkan untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut.

Perkembangan teknologi internet selain dari teknik pencarian dengan menggunakan mesin pencari adalah email dan mailing list. Email atau mailing list juga merupakan salah satu bagian dari teknologi internet, Email adalah fasilitas yang dapat memudahkan kita menerima dan mengirim surat elektronik melalui aplikasi secara online maupun berada dalam komputer, email adalah sarana komunikasi yang mudah diakses dan sangat hemat serta cepat hanya dalam hitungan detik seseorang sudah dapat menerima dan mengirim email ke mana pun di dunia ini.

1.2 Tujuan

Makalah yang berjudul Search Engine E-mail ini memiliki tujuan umum dan tujuan khusus yaitu :

Tujuan umum :

Untuk memenuhi tugas mata kuliah Teknologi Informasi

Tujuan khusus :

Dapat mengetahui dan memahami tentang search engine e-mail

Dapat mengetahui cara mengoperasikan search engine e-mail BAB IIPEMBAHASAN

2.1 Pengertian Search EngineMesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (WWW) atau dalam komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa yang kita tentukan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan database tertutup - yang paling populer adalah Google (www.google.com), MSN Search (www.msn.com) dan Yahoo! (www.yahoo.com).

2.2 Macam-macam Search Engine

Setiap kali meggunakan internet dalam kegiatan sehari hari kita pasti tidak akan lepas dari search engine. Fungsi dari search engine adalah untuk memudahkan kita untuk mencari data / informasi yang spesifik karena ada jutaan lebih WEB di dunia ini.

Berikut adalah contoh search engine yang umumya banyak di pakai para pengguna internet :

1. CUIL.COM

Sepasang suami istri, professor dari Stanford, Tom Costello, dan istrinya, Anna Patterson, seorang arsitektur yang dulunya bekerja di Google Search, keduanya telah menciptakan search engine yang tercepat, terbesar dan lebih baik daripada Google search engine, Cuil atau dibaca Cool. Cuil telah hadir sejak Senin (28/07) lalu tanpa embel-embel beta.

Perbedaan yang terpenting antara Cuil dan Google adalah system rangking di dalamnya. Google melakukan system rangking halaman web dengan prioritas link dalam PageRank, sedangkan Cuil melakukan analisis dari content per halaman web. Cuil melakukannya agar dapat memutuskan apakah content dalam web tersebut memiliki relevansi atau keterkaitan dengan query pencarian. Costello mengungkapkan, bahwa search engine Cuil buatannya ini berbeda dari search engine yang bernama PowerSet yang kini menjadi milik Microsoft. Costello menjelaskan, Cuil ini bersifat konstekstual dan search engine tersebut dimaksudkan untuk mengerti tentang dunia nyata dalam dunia maya, bukan tentang web.

2. ASK.COM

SAN FRANSISCO - Mesin pencarian terbesar nomor empat di dunia, Ask.com telah berhasil menyelesaikan proses akuisisi yang melibatkan Lexico Publishing.

Ask.com, yang merupakan anak perusahaan dari InterActive Corp telah menyepakati pembelian tersebut pada pertengahan bulan Mei lalu. Sayangnya pihak Ask.com tidak memberikan penjelasan detil mengenai jumlah financial yang dikeluarkan dalam akuisisi tersebut.

Lexico Publishing Group telah berdiri sejak tahun 1995. Sejak itu kinerjanya terus meningkat hingga mampu mengembangkan beberapa situs pencarian. Di antaranya adalah Dictionary.com, Thesaurus.com, dam Reference.com. Tiga buah situs pencarian tersebut mampu menghasilkan total unique visitors lebih dari 28 juta pengunjung..

3. DOGPILE.COM

Dogpile terkenal sebagai sebuah meta search engine yang menggunakan beberapa search engine sekaligus. Yang menyebalkan, jika Anda menggunakannya, Anda akan sadar bahwa Anda harus men-scroll melewati satu halaman penuh hanya untuk melewati semua sponsored link.4. ALTAVISTA.COM

Kita dapat menggunakan Altavista sesuka kita. Keunikan Altavista adalah fitur international specified search, tetapi tetap saja tidak seakurat Google. Selain itu, apa yang tidak dipublikasikan Altavista adalah: mereka menggunakan engine Yahoo!. Pada dasarnya, ini hanya bagi pengguna yang menolak merk Yahoo.

5. AOL.COM

AOL, Selasa (09/09) lalu, telah membuka home page ke penyedia layanan email lainnya, termasuk Google mail, Gmail. Agregrasi fitur AOL memudahkan user untuk mengakses account dari Yahoo, Gmail, dan Hotmail, dan sebagai tambahan AIM Mail. Terlebih lagi, panel preview mail pada home page AOL, dapat memberikan user status account AOL, Gmail, dan Yahoo Mail, sehingga user dapat melihat pesan baru yang mereka terima. User juga dapat menavigasikan secara langsung ke pesan baru dengan meng-click pada link pesan. User juga dapat meng-click sebuah link untuk membuat jendela baru guna mengirim pesan.

2.3 Cara mengoperasikan Search EngineAnda tentu sudah mengenal dengan sangat baik sekali dengan yang namanya Google (http://www.google.com/). Google adalah salah satu search engine/mesin pencari terbaik yang ada saat ini di internet. Perusahaan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini terbukti menjadi salah satu search engine yang sangat diminati oleh pengunjung bukan hanya karena hasil pencariannya yang baik tetapi juga menawarkan layout web yang sederhana dengan meminimalkan penggunaan image/gambar dan juga meniadakan iklan berbentuk banner image. Hal ini membuat Google menjadi salah satu search engine yang cepat dalam memberikan hasil pencarian.Melakukan pencarian materi/artikel menggunakan Google diawali dengan membuka halaman website Google, kemudian pada bagian Searching Box ketikkan keywordnya. Contoh: kita akan mencari artikel tentang asuhan kebidanan silahkan lihat gambar di bawah ini.

Perhatikan bagian Penelusuran lanjutan silahkan diklik link tersebut maka hasilnya dapat dilihat seperti gambar di bawah ini.

Kita bisa menentukan format artikel yang akan kita cari juga dalam bahasa apa saja dengan merubah Bahasa dan Jenis berkas. Kemudian langkah terakhir adalah dengan mengklik tombol Penelusuran Lanjutan.

Maka hasil pencarian dapat dilihat seperti gambar di bawah ini.

Silahkan klik kanan pada bagian judulnya kemudian pilih Save Link As Maka akan tampil seperti gambar di bawah ini.

Klik tombol Save untuk mendownload artikel tersebut.

Gambar di atas merupakan hasil akhir dari pencarian artikel kita menggunakan Google. Silahkan klik 2x untuk membuka artikel tersebut. Karena artikel yang kita download berformat Ms. Word Document maka yang terbuka adalah program Microsoft Word. Silahkan coba download artikel lainnya dengan format yang berbeda.

Melakukan pencarian gambar/photo dengan menggunakan Google diawali dengan membuka halaman website Google, kemudian di bagian pojok kiri atas memilih menu Gambar. Ketikkan keywordnya pada searching box, kemudian tekan tombol Enter pada keyboard.

Hasilnya..

Klik salah satu gambar yang disukai, kemudian klik kanan gambar tersebut dan pilih Save Image As.. Kemudian tekan tombol Save untuk mendownload gambar tersebut.

Hasilnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Klik 2x untuk membuka gambar tersebut.

2.4 Pengertian E-mailSurat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris "e-mail atau email" (juga: posel atau pos elektronik, dan imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan internet. Contoh: [email protected]

Format e mail [email protected] Username = (nama pengguna) adalah nama dari kotak surat elektronik milik pengguna.(username dan nama dari pengguna bisa sama atau berbeda).

@ = at adalah pemisah antara username dan domain name.

Domain name = (nama domain) Alamat internet yang berisi kotak surat elektronik pemilik email tersebut. 2.5 Cara Membuat E-mail

kita akan membuat email di Yahoo!, karena merupakan salah satu penyedia layanan email terbesar dan terbaik di dunia, serta sangat mudah digunakan.

Langkah awal kita buka website Yahoo! terlebih dahulu dengan mengetik www.yahoo.com, sehingga muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:

Kemudian klik Free mail: Sign Up untuk membuat email baru.

Akan muncul halaman website yang isinya formulir pendaftaran email dalam Bahasa Inggris, seperti gambar di bawah ini.

Jika anda ingin membuat email berbahasa Indonesia, pada baris *Preferred content: Pilih Yahoo! Indonesia dan perhatikan perubahannya

Selain perubahan Bahasa, identitas email dari .com berubah menjadi .co.id sebagai tanda wilayah Indonesia.

Isilah formulir dengan benar sesuai dengan data pribadi anda.

ID Yahoo!: tidak boleh memakai spasi, pemisahan kata harus memakai garis bawah ( _ ) atau tanda titik ( . ) Usahakan ID anda mudah diingat dan unik karena besar kemungkinan ID yang akan anda pakai sudah dipakai pihak lain. Contoh: [email protected] atau [email protected] Sandi: Harus 6 karakter atau lebih, disarankan pakai huruf kecil saja, atau angka, atau kombinasi huruf dan angka. Sandi harus berbeda dengan ID Yahoo!

Pada baris Penawaran khusus sebaiknya dihilangkan tanda rumputnya, agar email anda nanti tidak dipenuhi iklan/penawaran. Pada baris Verifikasi Pendaftaran Anda, ketik kombinasi yang menyerupai huruf dan angka dengan benar.

Setelah semua selesai, klik Saya Setuju dan tunggu beberapa saat.

Jika terjadi kesalahan Yahoo! Akan meminta anda untuk mengulangi pengisian formulir hingga benar. Ingat catat ID Yahoo! anda dan Sandi/Passwordnya secara manual pada buku catatan anda, karena akan anda butuhkan jika ingin membuka email Anda.

Setelah proses selesai akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini. Sebaiknya simpan halaman website ini atau dicatat keterangannya secara manual.

Kemudian klik Lanjutkan ke Surat Yahoo! Tunggu beberapa saat sampai muncul halaman web tentang Yahoo! Mail Beta, klik Cobalah Sekarang.

Kemudian akan muncul Tips singkat, ikuti saja sampai selesai.

Setelah tips selesai, anda akan masuk untuk pertama kalinya ke email anda sendiri. Tampilannya seperti gambar di bawah ini: Klik Kotak Masuk untuk membaca pesan pertama dari Yahoo!

Selanjutnya klik Selamat datang di Yahoo! dan suratnya muncul pada bagian bawah.

Jika anda ingin keluar dari email Yahoo! dengan aman, anda harus menekan Sign Out (pojok kiri atas), kemudian tunggu beberapa saat hingga muncul gambar sepeti di bawah ini.

Jika ingin masuk kembali cukup memasukkan sandi email anda pada texbox, kalau ingin keluar dari email secara tuntas, klik Keluar Sepenuhnya. Selanjutnya akan muncul gambar seperti di bawah ini dan Anda bisa menutup halaman website dengan aman

Untuk masuk kembali ke email anda, ketik www.yahoo.com, setelah muncul halaman seperti gambar pada point 3, klik my mail. Selanjutnya akan muncul halaman email seperti gambar di bawah ini. Masukkan Yahoo! ID dan Password anda, lalu klik Sign In. 2.6 Cara Mengirim File via E-mail Mengirim attachment/lampiran file via email terlebih dahulu kita harus membuka email kita. Contohnya, http://mail.yahoo.com/ Setelah mengisi field Yahoo! ID dan Password Klik tombol Sign In untuk masuk ke email kita.

Pada tampilan email kita, Klik tombol Compose Message/Tulis Surat. Silahkan lengkapi field-field: To/Kepada; Subject/Topik; dan isi Email. Kemudian tekan tombol Attachments/Lampirkan File dan pilih Attach Files. Pilih file yang akan dikirim, kemudian tekan tombol Open.

Option ini menandakan kita sudah sukses melampirkan file ke dalam email. Langkah selanjutnya adalah mengklik tombol Send.

Gambar di atas menampilkan konfirmasi kalau kita sudah sukses mengirim email yang berisi lampiran fileBAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Setiap kali meggunakan internet dalam kegiatan sehari hari kita pasti tidak akan lepas dari search engine. Fungsi dari search engine adalah untuk memudahkan kita untuk mencari data / informasi yang spesifik karena ada jutaan lebih WEB di dunia ini. Dan juga email sangatlah penting untuk mengirim suatu data dan bisa jadikan akun untuk komunikasi.

3.2 Saran

Sebaiknya kita menggunakan teknologi informasi dengan sebaik-baiknya, dan tidak menyalahgunakan fasilitas yang tersedia. Sehingga kemajuan teknologi informasi dapat seirimg dengan kemajuan sumber daya manusia.14