Makalah Pengelolaan Instalasi Kom

download Makalah Pengelolaan Instalasi Kom

of 14

  • date post

    09-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    864
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Makalah Pengelolaan Instalasi Kom

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Telah menjadi suatau keharusan bagi mahasiswa STMIK Multicom Kotamobagu. khususnya pembuatan Makalah pada Mata Kuliah Pengelolaan Instalasi Komputer dengan begitu, para mahasiswa dapat memperoleh nilai yang cukup dalam proses pembelajaran.

1.2 Maksud Dan Tujuan Adapun maksud dari penulisan Makalah ini adalah untuk melatih diri dalam mempelajari dan menganalisis suatu pelajaran lebih jauh lagi. Dan kemudian dapat melaksanakan kewajiban yang diberikan oleh dosen yang bersangkutan.

BAB II ISI/PENJELASAN Spesifikasi Komputer terbaru 2011 1. Procesor

Zambezi generasi terbaru prosesor AMD yang dibuat berdasarkan arsitektur Bulldozer (32nm) akan menantang head-to-head dengan prosesor Intel Core i7 (seri 9000). AMD Zambezi menyertakan teknologi TurboCore 2.0 dan akan bernaung dibawah jajaran merek FX SeriesSampai saat ini AMD tidak bisa menyaingi performa Intel Core i7 Sandy Bridge tapi berniat untuk bertarung kembali dengan cara merilis prosesor Zambezi seri Buldozer. Dari laporan dari X-bit Labs, AMD Zambezi menawarkan kemampuan yang nyaris sama dengan Intel Core i7.Laporan tersebut juga memaparkan beberapa fitur AMD Zambezi, seperti lebih banyak core yang dioverclocked, dual graphics, OpenCL dan disertai kemampuan GPU. Hal ini membuat Zambezi lebih bertenaga dibandingkan kartu grafis internal yang biasanya terdapat di komputer desktop. Prosesor AMD Zambezi ini memiliki 8 core prosesor yang terintegrasi dalam 4 modules. Arsitektur Buldozer memiliki 2 integer unit yang terintegrasi, disertai 1 floating point dan 2 threads di integer unit yang terpisah. Dengan adanya kesalahan manufaktur dan recall pada chipset Sandy bridge buatan Intel, AMD berharap dapat mengisi pangsa pasar yang ditinggalkan Intel dengan menawarkan prosesor Zambezi.Berdasarkan laporan terkini dari IDC, Intel saat ini memegang 80.8 % pangsa pasar Prosesor PC pada akhir kwartal ke-4 naik 0,4% dari kuartal sebelumnya sedangkan AMD hanya meraih 19,9% (minus 0.5 %). Salah seorang wakil AMD mengatakan seri prosesor Zambezi FX direncanakan akan dirilis kwartal ke-2 tahun 2011.

2.

Mainboard / Motherboard

motherboard AMD seri 9 dari ASRock, yaitu ASRock 990FX Extreme 4 dan 970 Extreme 4. Motherboard ASRock AMD seri 9 dirancang untuk mendukung generasi terbaru prosesor AM3+ meskipun masih mempertahankan backward kompatibel dengan prosesor AM3 dan teknologi SLI. Motherboard AMD dari ASRock ini memiliki fitur-fitur yang inovatif seperti ASRock signature Xfast USB, On/Off Play Technology, Graphical UEFI, program All in One AXTU dan masih banyak lagi. Motherboard ASRock 990FX Extreme 4 didukung oleh AMD 990FX dan chipset SB950. Motherboard ini juga memiliki beberapa fitur lain, antara lain Premium Gold Caps, advanced V8 + 2 Power Phase Design dan pilihan multi GPU. Motherboard ASRock AMD seri 9 memungkinkan Anda untuk melepaskan kinerja sistem hidden USB dengan mudah menggunakan teknologi inovatif dari ASRock yaitu XFast USB. Meskipun dirancang untuk komputasi generasi berikutnya, motherboard ini masih mendukung soket AM3+ dan masih kompatibel dengan prosesor seri 8 core. Apakah Anda ingin membuat teknologi SLI berjalan pada motherboar AMD? Nah, ASRock 990FX Extreme 4 memungkinkan Anda untuk menggunakan kedua teknologi CrossFirex dan SLI.

3. Power Supply

PSU Silent Gold Pro 1200W

Power Supply Unit (PSU) hasil karya Cooler Master yakni Silent Gold Pro 1200W. Cooler Master mengklaim produknya ini mempunyai efisiensi daya 90% sehingga berhak mengantongi sertifikat 80Plus Gold dan nVidia SLI. PSU Silent Gold Pro 1200W mampu mengeluarkan daya listrik sebesar 1200 Watt dari input tegangan 90 - 246 Volt AC dan input arus listrik 12.5 - 6 Ampere. Untuk mendinginkan komponen dilengkapi kipas tunggal 135 mm Ultra Silent Fan sehingga tidak menimbulkan suara bising dan mampu menjaga suhu PSU sampai 40C.

Silent Gold Pro 1200W didesain oleh Cooler Master dengan mempergunakan gabungan 3 paten yang visioner, yaitu :

Hibryd Transformer : gabungan antara Transformator - Heat Sink sehingga ukurannya terpangkas 25% dan panas tersalurkan dengan baik. Heat Transfer Technology : desain heat sink berbentuk L sebagai rute aliran udara sehingga dapat mengurangi panas lebih besar dan menghasilkan daya yang optimal Hyper Path : penempatan komponen IC (Integrated Circuit) dekat dengan Transformator untuk memperpendek jalur sehingga bisa mengurangi daya/energi yang terbuang

Fitur :

Single 12 V Power Rail Double-Layer EMI Filter Intel Compliant

Intelligent Fan Speed Control Active PFC + PWM Combo Controller Multiple Protection Design Konektor untuk semua jenis interface (PCIe dan SATA) Manajemen kabel modular yang sederhana untuk meningkatkan aliran udara Reliabilitas tinggi dengan MBTF minimal 100.000 jam penggunaan Siap digunakan pada teknologi nVidia SLI Menggunakan Solid Capasitor buatan Jepang Garansi 5 tahun

Spesifikasi :

Model : RS-C00-80GA-D3 Type : Intel Form Factor ATX 12V V2.3; SSI Form Factor EPS 12V V2.92 Dimension : 150mm x 180mm x 86mm Input Voltage : 90-264Vac (Auto Range) Input Current : 12.5 - 6A Input Frequency Range : 47-63Hz PFC : Active PFC (0.99) Power Good Signal : 100~500ms Hold Up Time : >17ms Efficiency : 90% typical MTBF : >100.000 hours Protection : OVP/UVP/OCP/OPP/OTP/SCP Output Capacity : 1200W Max. Output Capacity : 1440W Operation Temperature : 0~40C (Nominal Input Voltage) Regulatory : CE/FCC/UL/TUV/C-Tick/GOST/BSMI/CCC/KCC Fan : 135mm Ultra Silent Fan Certifications : SLI / CrossFire / 80 Plus Gold Connector : M/B 20 + 4 pins x 1, CPU 4 + 4 pins x 2, PCI-e 6+2 pins x 4 / PCI-e 6 pins x 4 (One PCI-e 6+2 pins connector extends to one PCI-e 6 pins connector), SATA x 9 / Peripheral 4 pins x 4, Floppy 4 pins x 1

4. RAM (Random Acces Memory)

Memori Corsair Cerulean Blue Vengeance DDR3 RAM Terbaru. Corsair mengumumkan ketersediaan Vengeance memori DDR3 terbaru 2011 versi biru. Corsair Cerulean Blue Vengeance DDR3 RAM dioptimalkan untuk overclocking dan kompatibilitas, pada titik harga yang menarik. Memori DDR3 RAM terbaru 2011 ini memiliki Cerulean Blue penyebar panas anodized dengan 2 generasi terbaru motherboard Intel Core dari ASUS, MSI, dan Gigabyte. Warna biru mencolok adalah berbagi dengan pasokan Seri Gaming Corsair daya, memungkinkan pengguna untuk mempertahankan skema warna yang konsisten di seluruh sistem mereka. Corsair Cerulean Blue memori DDR3 tersedia dalam model 4GB, 8GB dan 16GB.

5. VGA Card (Video Graphic Adapter) VGA ATI Radeon HD 6870

Spesifikasi: a) GPU/Interface:

Bus Interface : PCIe 2.1 x16, Core(s): Dual, Core Clock: 900 MHz, Max Single Display Resolution: 2560 x 1600. b) Video Memory: Memory Clock Speed: 1050 MHz, Memory Size: 1 GB, Memory Type: GDDR5, Memory Bandwidth: 134.4 Gbps c) Display Interface: Dual Channel DVI: 2 Connectors, HDMI 1.4a: 1 Connector, MiniDisplayPort: 1.2 Connector, VGA: Supported. d) Supported API: Directx: 11, OpenGL: 4.1, OpenCL: v1.1 e) Rendering Technologies Paralell Computing: Dual-Stream, Video Processing: EyeSpeed

Technology, Multi Display: Eyefinity, Display Quantity: 6 Screens, SLI/CrossFireX: 6 GPUs, Cooler: Fan, Power Connector: 4 pin.

6. Hard Drive / Hard Disk

Western Digital (WD) resmi merilis hard drive terbaru mereka yang bekapasitas 3TeraByte (TB) di Indonesia. Konon, produk tersebut merupakan hardisk dengan kapasitas terbesar yang ada di pasaran. WD memang terbilang cukup cepat dalam merilis varian harddisk di kalangan pengguna komputer. Vendor yang bermarkas di Amerika Serikat

itu pun memiliki serangkaian produk baru yang membidik berbagai kalangan, seperti yang terbaru WD Caviar Green 3TB. Hardisk internal komputer dengan kapasitas 3TB memang belum banyak dijumpai di pasaran, bahkan WD mengklaim bahwa merekalah vendor pertama yang memiliki produk tersebut. "WD selalu jadi yang pertama, dan kini kami jadi pertama di dunia yang merilis hardisk internal komputer berkapasitas 3TB," klaim, Albert Chang, Mobile Business Development Manager Asia Pacific, di Grand Hyatt Hotel, Rabu (22/12/2010).

WD Caviar Green 3TB selain memiliki kapasitas terbesar di kelasnya, produk ini juga memiliki teknologi yang lumayan canggih, misalnya penggunaan (Serial Advanced Technology Attachment) SATA versi 3.0. Versi tersebut diklaim bisa mentransfer data hingga 6Gigabit (Gb) tiap detik. Ini berarti dua kali lipat dari versi sebelumnya (versi 2.0) yang hanya bisa menyemburkan data sebanyak 3Gb/detik. "Kami sempat membandingkan dengan hardisk lain yang masih menggunakan SATA 2.0. Dan hasilnya, WD Caviar Green 3TB memiliki performa hingga 17 persen lebih cepat," ujar Chang.

Pun demikian ada faktor lain yang perlu diperhatikan ketika pengguna berniat meminang produk ini. Pasalnya WD Caviar Green 3TB tidak didukung oleh seluruh sistem operasi.

"WD Caviar Green 3TB tidak kompatibel dengan Windows XP, Vista atau 7 versi 32 bit, jadi saya sarankan untuk menggunakan Windows 7 64bit. Sedangkan untuk pengguna Macatau Linux produk ini bisa digunakan seperti biasa," tambah Chang. WD Caviar Green 3TB secara resmi telah tersedia di Indonesia. Hardisk dengan cache memory sebesar 64MB ini dijual pada kisaran harga Rp 3,5 juta.

7. Monitor Monitor Komputer Hp 2509m

Kelebihan, sebuah layar dengan lebar 23-inci dilengkapi dengan resolusi full HD 1920 x 1080 membuat gambar pada monitor ini menonjol terlihat lebih jelas dan nyata Kekurangan, berat monitor tidak selayak monitor ini sebagai yang terberat

8. Keyboard Chill KB-1BT Wireless Bluetooth Micro Keyboard Terbaru

Chill KB-1BT Wireless Keyboard Mikro kompak dan ramping tidak memakan banyak ruang namun menawarkan kemampuan mengetik sangat nyaman dan fitur unik.

Fitur Chill KB-1BT Wireless Micro Keyboard dilengkapi dengan Touchpad terintegrasi untuk kontrol mouse