Makalah ms. word 2007

of 48/48
1 Tugas Tik Makalah Tentang Ms Word 2007 By : Agus Mawardy.D 2010
  • date post

    14-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    5.845
  • download

    18

Embed Size (px)

Transcript of Makalah ms. word 2007

Tugas Tik

Tugas TikMakalah Tentang Ms Word 2007By : Agus Mawardy.D2010

Agus Mawardy.DKelas : X.g5/25/2010

1

ii

Daftar Isi :Kata PengantariiPengenalan dan tampilan Microsoft word 20071Menu Ofice Button2Quick Access Toolbar3Ribbon dan Group5Scrool bar, Zoom Control, dan cara mengaktifkan Ms.word 20076Menyimpan dokumen dengan Save dan Save as7Membuka dokumen yang telah tersimpan10Memulai berkas dengan Ms.word 200711Mengatur ukuran Margin13Mengedit tulisan14Menghapus teks16Mengcopy teks17Mengganti kata18Mencari kalimat19Mengatur format dokumen20Mengatur jarak karakter huruf23Mengatur paragraph24Mengatur indentitas27Menu yang terdapat dalam menu ribbon insert32Penyisipan Ilustrasi39Menu view45KATA PENGANTARMIcros icrosoft office Word 2007 merupakan aplikasi pengolah kata yang dirilis oleh perusahaan software terbesar di dunia, yaitu Microsoft. Tentunya anda sudah sering mendengar bahkan menggunakan aplikasi ini dalam membantu pekerjaan sehari-hari. Namun dengan office word versi sebelumnya. Dengan munculnya versi terbarunya, banyak orang yang menganggap sulit dalam penggunaannya. Sebenarnya, anggapan demikian tidaklah benar. Sebab, office word 2007 sudah dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru. Contohnya pada tampilan menu yang berkelompok, tab-tab menu yang disebut juga dengan ribbon ( sehingga lebih mudah dikenali dan digunakan ), otomatisasi dalam penyimpanan file, backup dokumen, dan sebagainya.Disamping keunggulan fitur-fitur , office word 2007 juga lebih terstruktur. Jadi, saat anda bekerja dengan aplikasi ini tidak sulit untuk menemukan tool-tool pembantu yang dapat digunakan dalam mempercepat pekerjaan.Misalnya untuk pekerjaan yang berhubungan dengan gambar, anda dapat langsung mengakses ribbon insert yang di dalamnya terdapat menu-menu yang berkaitan dengan penyisipan gambar, table, grafik, dan sebagainya. Ini semua bertujuan untuk memudahkan anda dalam menggunakan aplikasi ini.Palopo, 21 Mei 2010

P e n u l i s

1. Pengenalan Microsoft Word 2007Microsoft Word adalah salah satu program pengolah kata yang dikeluarkan oleh Microsoft saat ini, Microsoft telah mengeluarkan versi terbarunya yaitu Ms. Word 2007. Aplikasi ini merupakan pengembangan dari Ms.office sebelumnya, tentunya dengan tampilan yang berbeda dan fitur yang lebih maju dari sebelumnya. Microsoft word memudahkan kita membuat artikel, membuat grafik, membut kolom, dan lain sebagainya.

Tampilan Ms Word 2007

Menu office button terletak di pojok kiri atas pada lembar kerja, bentuk iconnya seperti ini Jika icon ini di klik maka akan muncul submenu lainnya.

Menu Office ButtonBerikut ini adalah keterangan dari masing-masing submenu Office Button.

a. New digunakan untuk membuat lembar kerja baru.b. Open digunakan untuk membuka kembali dokumen yang pernah anda simpan.c. Save digunakan untuk menyimpan file dokumen yang telah anda buat.d. Save As digunakan dengan format yang lain. Contohnya, jika anda ingin menyimpan dokumen dengan format rtf,xml dan html.e. Print digunakan untuk mencetak hasil pengetikan yang telah anda buat.f. Prepare digunakan untuk mempersiapkan dokumen dalam proses distribusi ke dalam betuik lain.g. Send digunakan untuk mengirimkan dokumen melalui email atau fax.h. Publish digunakan untuk mempublikasikan kepada orang lain.i. Close digunakan untuk menutup lembar kerja.Quick Accses Toolbar

Quick accses toolbar digunakan untuk mempercepat prose dalam pekerjaan. Misalnya, untuk menyimpan, membuka dokumen baru, dan sebagainya.Quick Access Toolbar berisi tombol-tombol yang berfungsi sebagai alternatifpenggunaan perintah yang sering digunakan. Sebagai contoh, tool Openmerupakan shortcut dari Office Button>Open, atau tool Save merupakanshortcut dari Office Button>Save.Menu Bar berisi serangkaian perintah yang didalamnya terdapat sub-sub perintahsesuai kategorinya. Sebagai contoh, pada menu Home terdapat submenuClipboard, Font, Paragraph, Styles, dan Editing yang didalamnya berisiperintah-perintah sesuai kategorinya.Ribbon berisi perintah-perintah khusus yang merupakan submenu dari Menu Bar.Ruler merupakan kotak pengukuran yang diletakkan secara horizontal, yaitu diatas dokumen, dan secara vertikal, yaitu di sebelah kiri dokumen. Ruler berfungsiuntuk mempermudah melakukan pengaturan letak halaman.Status Bar adalah baris horizontal yang menampilkan informasi jendela dokumenyang sedang ditampilkan, antara lain (Gambar 3):

Page: menampilkan informasi halaman (Gambar 3.1).

Words: Menampilkan jumlah halaman, kata, huruf (tanpa spasi), huruf(dengan spasi), paragraf, dan baris (Gambar 3.2).

View Toolbar berisi pengaturan jenis tampilan dokumen, antara lain: Print Layout: memberikan tampilan sesuai hasil yang akan diterima padasaat dicetak (default). Full Screen Reading: memberikan tampilan halaman penuh. Web Layout: memberikan tampilan sesuai hasil yang ditampilkan didalam jendela browser. Outline: memberikan tampilan sesuai heading di dalam dokumen dantingkatan di dalam struktur dokumen. Draft: memberikan tampilan yang berkelanjutan (menggabungkan seluruhhalaman seperti dalam satu gulungan). Tiap halaman dipisahkan oleh garistitik-titik.

RibbonJika sebelumnya disebut menu file maka pada Ms.word 2007 disebut Ribbon. Contoh ribbon di antaranya adalah Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, View dan Add Ins. Lihat gambar dibawah ini.

GroupGroup adalah bagian-bagian yang terdapat pada masing-masing Ribbon dan merupakan tombol-tombol pintas untuk melakukan suatu pekerjaan. Sebagai contoh ketika anda menekan Ribbon Home maka akan tampil grup yang terdapat pada ribbo home seperti Clipboard, Font, Paragraph.

Scrool BarScrool Bar, berfungsi untuk menggulung lembar kerja ke atas atau ke bawah. Letak scrool bar berada di sebelah kanan lembar kerja. Lihat pada gambar berikut ini.

Zoom ControlZoom control, terletak di pojok kanan bawah lembar kerja. Zoom control berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembar kerja. Lihat pada gambar di bawah ini.

2. Cara menjalankan Word 2007Cara mengaktifkan Ms.Word 2007 Adapun Langkah-langkah untuk mengaktifkan Ms.word 2007 adalah sebagai berikut:1.Klik Star Menu2.Klik All Program3.Klik Microsoft Office4.Klik Microsoft Office Word 2007

Membuka Lembar Kerja BaruPada saat anda mengaktifkan Ms.word 2007 pertama kali, sebenarnya lembar kerja baru telah disediakan dan siap digunakan. Namun, apabila anda ingin membuat lembar kerja baru, langkahnya sebagai berikut:

1. Klik tombol Office Button.

2. Saat tombol New anda klik, akan muncul kotak dialog New Document3. Kemudian, anda klik Blank Document.4. Akhiri dengan mengklik tombol Create.

Menyimpan DokumenTerdapat dua cara untuk menyimpan dokumen atau lembat kerja, yaitu Save dan Save As:1.Menyimpan dokumen Menggunakan SaveUntuk menyimpan dokumen menggunakan tombol Save langkahnya sebagai berikut:

1.Klik tombol Office Button.2.Klik Save (Ctrl+S) maka akan muncul kotak dialog Save As.

Save In, direktori tempat dokumen anda, akan disimpan.Contoh : untuk saat ini biarkan secara default. File Name, untuk mmberikan nama pada dokumen anda. Contoh: isi saja dengan nama coba. Save As Type, untuk memilih format penyimpanan. Contoh: biarkan secara default, yaitu docx.3.Di dalam kotak File Name, isi dengan nama Coba.4.Klik tombol Save maka dokumen anda telah tersimpan.2. Menyimpan dokumen menggunakan Save AsCara menyimpan dokumen menggunakan Save As:1.Klik tombol Office Button 2.Arahkan kursor pada Save As, disebelahnya akan muncul lihat format anda inginkan.3.Klik tombol Word 97-2003 Document (lihat gambar sebelumnya) akan muncul kotak dialog save as seperti di bawah ini.4.Pada kotak File Name, ketikkan nama untuk dokumen anda.5.Pilih jenis format dokumen yang diinginkan jika anda tidak melakukan langkah no. 26.Klik Save untuk menyimpan.Menutup DokumenUntuk keluar dari aplikasi Ms.Word 2007 langkah-langkahnya sebagai berikut:1.Klik menu Office Button 2.Klik Close atau klik Exit Word atau klik tanda (X). lihat pada gambar di bawah ini.

Membuka dokumen yang telah tersimpanLangkah-langkah membuka dokumen yang telah tersimpan:1.Jalankan aplikasi Ms.word 2007 terlebih dahulu.2.Klik tombol Office Button

3.Klik tombol Open (Ctrl + O) sehingga muncul kotak dialog Open.

4.Ketikan nama file yang sebelumnya telah disimpan (sebelumnya kita telah menyimpan dengan nama coba). Isikan pada kotak file name.5.Bisa juga dengan cara mengklik kotak Look In. Kemudian, cari direktori tempat anda menyimpan file.6.Klik tombol Open.3. Memulai Berkas dengan Ms.Word 2007Sebelum anda memulai mengetik, sebaiknya anda tentukan jenis, ukuran, dan margin kertas.Cara Memilih Jenis kertasAdapun langkah-langkah untuk memilih jenis kertas adalah sebagai berikut:1.Klik ribbon Page Layout.2.Kemudian pilih Size, selanjutnya akan muncul jenis kertas beserta ukurannya yang dapat anda gunakan3.Anda juga dapat memilih kertas sesuai kebutuhan dengan cara memilih More Paper Sizes, setelah itu akan muncul kotak dialog Page Setup. Paper Size, untuk memilih jenis kertas sesuai dengan kebutuhan. Width, untuk menentukan lebar lembar kerja. Height, untuk memberikan tinggi atau panjang lembar kertas. Apply to, terdapat 2 pilihan, yaitu: Whole document, pengaturan yang telah dilakukan akan diterapkan pada seluruh lembar kerja. This point forward, pengaturan akan diterapkan pada lembar kerja berikutnya, bukan untuk lembar kerja pertama.

4.Silahkan anda pilih Paper Size dengan cara mengklik tanda , biasanya berada di urutan paling bawah.5.Isikan Width dan Height sesuai kebutuhan dengan cara mengklik tanda atau dengan cara mengetikkan angka emalui keyboard.6.Jika selesai, klik OK.Cara Memilih Orientasi KertasOrientasi kertas memiliki 2 pilihan, yaitu secara Potrait atau Landscape, Langkah-langkahnya sebagai berikut:1.Aktifkan tab Page Layout2.Klik tombol Orientation, akan muncul dua buah orientasi kertas Potrait dan Landscape3.Klik salah satu orientasi kertas tersebut. Secara otomatis bentuk tampilan lembar kerja anda akan berubah.

Mengatur Ukuran MarginMargin adalah garis batas yang diberikan pada lembar kerja . Di antaranya adalah batas kiri, kanan, atas, bawah. Fungsinya digunakan untuk mengatur tulisan agar tertata dengan rapid an terlihat lebih professional. Langkah-langkahnya sebagai berikut:1.Klik ribbon Page Layout2.Klik Margin, akan muncul beberapa jenis margin yang sudah di setting secara default pada Ms.Word 2007.3.Anda juga dapat memilih Margin sesuai dengan kebutuhan, yaitu dengan cara memilih Custom Margin. Saat mengklik Custom Margin, akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini.

Top, digunakan untuk memberikan batas atas pada lembar kerja. Bottom, digunakan untuk memberikan batas bawah pada lembar kerja. Left, digunakan untuk memberikan batas kiri pada lembar kerja. Right, digunakan untuk memberikan batas kanan pada lembar kerja. Apply to, terdapat tiga pilihan yaitu: Whole document, settingan ditujukan untuk semua lembar kerja. This point forward, settingan ini ditujukan pada lembar kerja berikutnya. This section, settingan ini akan ditujukan pada lembar kerja yang dipilih attau diseleksi saja.4.Klik tombol Default jika menginginkan yang telah anda buat menjadi default. Artinya ketika menjalankan Ms.word 2007 anda tidak perlu lagi menyetting ulang batas margin lembar kerja.5.Klik OK.

3. Mengedit TulisanMenyeleksi atau Memblok TeksLangkah-langkah menyelesaikan atau memblok teks :1.Menyelesaikan atau Memblok Teks menggunakan MouseMenyeleksi atau memblok teks menggunakan mouse langkah-lngkahnya seperti sebagai berikut:1.Letakkan kursor anda pada awal kalimat.2.klik tombol sebelah kiri pada mouse dan tahan (drag). Mulailah menggeser mouse secara perlahan hingga terlihat pada gambar di bawah ini.

2.Menyeleksi atau Memblok Teks Menggunakan KeyboardLangkah-langkah untuk menyeleksi atau memblok teks menggunakan keyboard:1.Letakkan kursor pada awal kalimat.2.Kemudian tekan tombol Shift pada keyboard dan tahan.3.Mulailah menyeleksi teks dengan cara menekan tombol anak panah kanan (Gambar 1.) sehingga hasilnya akan tampak seperti Gambar 2. Di bawah ini.

Beberapa cara yang lain untuk menyeleksi teks pada naskah atau artikel anda:TombolFungsi

Shift+EndMenyeleksi teks sebanyak mungkin

Shift+Page downMenyeleksi teks satu lembar saja

Ctrl+AMenyeleksi teks secara keseluruhan

Ctrl+Shift+Menyeleksi teks per kalimat

Menghapus TeksAda beberapa cara dilakukan untuk menghapus teks, yaitu:1.Dengan Menggunakan Tombol BackspaceTombol Backspace fungsinya untuk menghapus huruf per karakter dari belakang ke awal teks atau dari kanan ke kiri. Sebagai contoh, sekarang anda ketikkan kalimat Wotrd 2007. Untuk menghapusnya, letakkan kursor di depan huruf t, kemudian tekan tombol Backspace.2.Dengan Menggunakan Tombol DeleteTombol Delete berfungsi untuk menghapus huruf per karakter dari awal ke belakang teks atau dari kiri ke kanan. Sebagai contoh, sekarang anda ketik kalimat Komputerd. Untuk menghapusnya, letakkan kursor di belakang huuf d. Kemudian tekan tombol Delete.3.Dengan Menggunakan Tombol CutSebelum menggunakan tombol Cut, kita harus menyeleksi teks terlebih dahulu, seperti yang sudah anda pelajari sebelumnya. Dengan fungsi Cut ini, anda dapat menghapus kalimat ataupun paragraph sekaligus. Langkah-langkahnya sebagai berikut:1.Aktifkan tab/ribbon Home.

2.Seleksi teks yang ingin anda hapus, seperti pada gambar di bawah ini.3.Kemudian tekan tombol Cut (Ctrl+X). lihat gambar berikut ini dengan demikian, tulisan yang anda seleksi tadi akan tehapus.Mengcopy TeksLangkah-langkah untuk mengcopy teks:1.Aktifkn tab Home2.Seleksi tulisan terlebih dahulu.3.Klik tombol Copy (Ctrl+C), Lihat pada gambar di bawah ini.

4.Letakkan kursor di area yang kosong pada lembar kerja yang sedang aktif atau dengan membuka lembar kerja baru.5.Klik tombol Paste, sehingga hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Mengganti KataLangkah-langkah untuk mengganti kata:1.Aktifkan tab/ribbon Home.2.Klik tombol Replace, lihat pada gambar di bawah ini.

Ketika anda mengklik tombol Replace, akan muncul kotak dialog Find and Replace, seperti pada gambar di bawah ini.

Find What, tempat untuk mengisi kalimat yang akan dicari. Replace With, tempat untuk mengisi kalimat yang akan diganti. Replace, untuk mengganti kalimat satu per satu.

Replace all, untuk mengganti kalimat pada sebuah naskah atau artikel secara keeluruhan. Find Next, untuk melanjutkan pencarian.3.Ketikkan kata Agustus pada kotak Find what.4.Ketikkan kata April pada kotak Replace with.5.Klik tombol Replace untuk mnggantinya. Dengan ini kata Agustus telah terganti menjadi kata April.

Mencari KalimatLangkah-langkah untuk mencari kalimat:1.Aktifkan ribbon Home2.Klik tombol Find

Ketik tombol Find ini anda klik muncul kotak dialog Find and Replace. Find what, kotak untuk mengisikan kalimatyang akan dicari. Reading Highlight, ketika tombol ini ditekan, akan muncul dua pilihan seperti berikut ini. Highlight, untuk memberikan latar background pada kata yang dicari secara keseluruhan, biasanya ditandai dengan warna kuning. Clear Highlighting, untuk menghilangkan latar background pada kalimat. Find In, untuk memblok pada kalimat yang ingin dicari secara keseluruhan. Ini hamper sama dengan Highlight All. Find Next, untuk mencari kalimat selanjutnya.3.Isikan pada kotak Find What kata yang akan dicari, misalnya Microsoft.4.Selanjutnya klik Reading Highlight5.Kemudian, klik tombol Highlight All.Membatalkan pekerjaan.Langkah-langkah untuk membatalkan pekerjaan:1.Tombol Undo (Ctrl+Z) berfungsi untuk membatalkan perintah yang baru saja diberikan pada Microsoft Word. Caranya dengan menekan tombol Undo (Ctrl+Z) pada Quick Accses toolbar.2.Tombol Repeat berfungsi untuk mengulang perintah yang baru saja diberikan pada Microsoft word. Caranya dengan menekan tombol Repeat pada Quick accses toolbar.3.Tombol Redo berfungsi untuk membatalkan perintah undo .5. Mengatur format dokumenMengatur Teks dokumenUntuk mengatur teks dokumen pada naskah atau artikel anda, ada 2 cara yakni:1.Mengatur teks menggunakan group font, lihat pada gambar di bawah ini.

Penjelasan gambar.NoMenuFungsi

1.

Untuk mengubah jenis huruf yang akan digunakan

2.

Untuk mengubah ukuran huruf

3.

Untuk memperbesar atau memperkecil huruf

4.

Untuk membersihkan format menjadi seperti semula

5.

Untuk membuat huruf cetak tebal

6.

Untuk membuat huruf cetak miring

7.

Untuk membuat huruf cetak garis bawah

8.

Untuk membuat huruf dicoret

9.

Untuk membuat huruf pangkat. Contoh: dan

10.

Untuk membuat case huruf.Contoh:1. Uppercase: membuat huruf kapital (COBA INI)2. lowercase: membuat huruf kecil (coba ini)3. Capitalize Each Word: Membuat huruf capital pada setiap awal kata(Contoh ini)4. tOGGLE cASE: membuat huruf kecil pada awal kata dan huruf besar pada huruf berikutnya (cONTOH iNI).5. sentence case: membut huruf capital pada setiap awal kalimat (Ini adalah meja)

11.

Untuk member warna latar/background huruf

12.

Untuk mengubah warna pada huruf

Setelah memahami penjelasan table diatas, sekarang kita lanjutkan dengan langkah-langkah untuk menggunakannya:1.Aktifkan tombol tab/ribbon Home.

2.Seleksi teks yang ingin diatur terlebih dahulu.3.Kemudian anda coba satu per satu pada gambar sebelumnya dar no.1 s/d 12. Hasilnya dapat terlihat pada lembar kerja anda.2.Mengatur Teks dengan menggunakan Kotak dialog FontLangkah-langkah untuk mengatur teks menggunakan kotak dialogn font:1.Seleksi teks terlebih dahulu.2.Klik tab Home, kemudian klik tombol anak panah group Font.

Ketika tombol anak panah ini diklik akan muncul kotak dialog Font seperti pada gambar.

Kotak Font, berfungsi untuk memilih jenis tulisan. Kotak Font Colour, berfungsi untuk mengubah warna huruf. Kotak Effect, berfungsi untuk memberikan effect pada huruf. Kotak Preview, berfungsi untuk melihat hasil perubahan sementara. Kotak Font Style, berfungsi untuk mengubah gaya huruf. Kotak size, berfungsi untuk mengubah ukuran huruf. Kotak underline style, berfungsi untuk mencetak huruf garis bawah.3.Silahkan anda coba pilih Font, Font Style, Size, Font Colour, underline style, dan effect yang terdapat pada kotak dialog Font. Hasilnya akan ditampilakan pada kotak Preview.4.Klik OK.Mengatur Jarak Karakter HurufLangkah-langkah untuk mengatur jarak karakter huruf:1.ketikkan kata Microsoft pada lembar kerja.2.Kemudian, seleksi kata Microsoft tersebut.3.Klik tombol anak panah pada group Font yang berada pada ribbon/tab Home.4.Klik tab Character Spacing pada kotak dialog font. Lihat pada gambar di bawah ini. Scale, untuk mengatur skala huruf. Spacing, memiliki tiga pengaturan. Normal, untuk mengubah jarak karakter huruf seperti semula. Expended, untuk merenggangkan jarak karakter huruf dengan menekan tombol anak panah. Condensed, untuk merapatkan jarak karakter huruf, dengan menekan tombol, anak panah ke bawah. Position, memiliki tiga pengaturan. Normal, untuk mengubah posisi karakter huruf seperti semula. Raised, untuk mengubah posisi huruf naik ke atas dengan menekan tombol anak panah ke atas. Lowered, untuk mengubah posisi huruf turun ke bawah dengan menekan tombol anak panah ke bawah. Preview, untuk melihat hasil sementara.5.Klik OK.Mengatur ParagrafUntuk dapat mengatur paragraf, kita dapat menggunakan grup Paragraph yang terdapat pada tab/rribbon Home. Adapun bentuk tampilan grup paragraph terlihat pada gambar di bawah ini.

Langkah-langkah dalam mengatur paragraph:1.Aktifkan tab Home terlebih dahulu.

2.Seleksi paragraph yang akan diatur.

3.Klik salah satu perataannya misalnya rata kiri (Ctrl+L), rata kanan (Ctrl+R), rata tengah (Ctrl+E), dan justify (Ctrl+J). Lihat pada gambar di bawah ini.Mengatur jarak spasi antara barisAda dua langkah untuk mengatur jarak spasi antara baris:1.Mengatur jarak spasi antara baris menggunakan paragraph.Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:1.Aktifkan tab Home terlebih dahulu.2.Kemudian, seleksi paragraph. Lihat pada gambar di bawah ini.

3.Klik icon Line Spacing pada grup Paragraph.

Ketika Icon Line Spacing diklik maka akan muncul beberapa jarak antara baris seperti pada gambar di bawah ini.

1.0, untuk mengubah jarak antara baris menjadi 1.0. 1.15, untuk mengubah jarak antara baris menjadi 1.15 2.0, untuk mengubah jarak antara baris menjadi 2.0 2.5, untuk mengubah jarak antara baris menjadi 2.5 3..0, untuk mengubah jarak antara baris menjadi 3.0. Line Spacing Option, untuk membuka kotak dialog paragraph. Add Space Before Paragraph, untuk menambahkan jarak spasi antara baris sebelum paragraph. Add Space After Paragraph, untuk menambahkan jarak spasi antara baris sesudah paragraph.4.Klik 2.0 pada Line Spacing, hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini. 2.Mengatur jarak spasi antara baris menggunakan Kotak dialog ParagraphLangkah-langkahnya, yakni:1. Aktifkan tab Home.

2.Klik tombol anak panah pada grup Paragraph. Perhatiakn gambar berikut ini.

Klik tombol anak panah ini diklik akan muncul kotak dialog Paragraph. Before, untuk memberikan spasi antara baris sebelum paragraph. After, untuk memberikan spasi antara baris sesudah paragraph. Single, untuk memberikan spasi antara baris sebanyak 1. 1,5 lines, untuk memberikan spasi antara bais sebanyak 1.5 Double, untuk memberikan spasi antara baris sebanyak 2.0 Preview,untuk menampilkan hasil sementara3.Pilih line spacing sesuai kebutuhan. Lihat pada gambar sebelumnya. Sebelum anda menekan tombol Ok , sebaiknya anda lihat hasilnya pada kotak preview.4.Klik OK.Mengatur IndentasiUntuk memberikan indentasi pada sebuah paragraph dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu melalui Ruler, Group Paragraph pada ribbon home, kotak dialog paragraph pada ribbon home, dan Group paragraph, pada ribbon Page Layout. Sebagai langkah awal memberikan indentasi pada sebuah paragraph dengan menggunakan Ruler.1.Menampilkan ruler pada lembar kerja.Langkah-langkahnya:1.Aktifkan tab/ribbon View.2.Pada grup Show/Hide, berikan tanda centang pada ruler.3.Setelah, anda memberi centang ruler akan tampil pada lembar kerja.2.Mengatur Indentasi menggunakan RulerKeterangan. First Line Indent, berfungsi untuk menentukan indentasi pada alinea pertama pada paragraph. Hanging Indent, berfungsi untuk membuat indentasi gantung pada alinea berikutnya selain alinea pertama. Left Indent, berfungsi untuk menentukan letak indentasi dari margin kiri. Right Indent, berfungsi untuk menentukan letak indentasi dari margin kanan.3.Mengatur Indentasi melalui group paragraph pada ribbon Home.Cara untuk mengatur indentasi melalui grup paragraph pada tab/ribbon Home, yaitu dengan menekan tombol Decrease Indent dan Increase Indent. Lihat pada gambar di bawah ini.

Decrease Indent, untuk mengembalikanletak indentasi dari margin kiri. Increase Indent, fungsinya sama seperti Left Indent pada ruler, yakni untuk menentukan letak indentasi dari margin kiri.Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:1.seleksi paragraph terlebih dahulu.2.Klik tombol Increase Indent atau Decrease Indent untuk membrikan indentasi. Hasilnya dapat dilihat pada lembar kerja anda.4.Mengatur Indentasi melalui kotak dialog paragraph pada ribbon HomeLangkah-langkahnya seperti berikut:1.Seleksi paragraph terlebih dahulu.2.Aktifkan tab/ribbon Home.3.Klik tombol anak panah ke bawah.Ketika tombol anak panah ini ditekan, akan muncul kotak dialog paragraph, seperti pada gambar di bawah ini.

4.Berikan nilai pada Indentation Left, Right dengan menekan tombol anak panah ke atas atau ke bawah.5.Berikan Indentasi Special First Line atau Hanging bila diperlukan, dengan menekan tombol anak panah ke bawah . Ubah lainnya dengan menekan tombol anak panah ke atas atau ke bawah . Untuk melihat hasil sementara, anda dapat melihat pada kotak preview.6.Klik tombol OK.5.Mengatur Indentasi Melalui group Paragraph pada Ribbon Page LayoutLangkah-langkah untuk mengaturnya:1.Seleksi paragraph terlebih dahulu.2.Aktifkan tab Page Layout.3.Berikan nilai indentasi pada Left Indent atau Right Indent sesuai kebutuhan.

Mengatur Tab Stop atau TabulasiTujuan mengatur tabulasi adalah untuk mengatur letak kursor akan berhenti pada saat kita menekan tombol Tab pada keyboard.

Langkah-langkah mengatur Tab Stop atau Tabulasi:1.Buka lembar kerja baru terlebih dahulu.2.Aktifkan ribbon Home.3.Klik tombol anak panah pada grup Paragraph.Ketika tombol anak panah ditekan, akan muncul kotak dialog Paragraph.4.Klik tombol Tabs yang terdapat pada kotak dialog Paragraph akan tampil kotak dialog Tabs, seperti pada gambar di bawah ini.

Tab Stop Option, untuk memberikan nilai tabulasi yng anda inginkan. Aligment, untuk memberikan garis daftar isi di mulai dari mana. Leader, untuk memberikan bentuk garis yang diinginkan.

MENU YANG TERDAPAT DALAM MENU RIBBON INSERT

Menu pages Cover pages digunakan untuk menyisipkan bentuk sampul yang diinginkan. Dalam cover pages dapat di tambahkan tahun,judul, dan kapan sampul tersebut dibuat.Salah satu bentuk cover yang ada di cover page :

Blank page dapat digunakan untuk menyisipkan halaman baru. Halaman baru yang akan muncul tepat dimana kursos itu berada. Page break digunakan untuk menambahkan halaman baru. Tetapi page break berbeda dengan blank page, halaman baru yang akan muncul pada halaman selanjutnya.MENU TABLES

Pada umumnya, penyisipan tabel ke dalam dokumen berfungsi untuk mendukungpenjelasan/uraian dokumen. Untuk membuat tabel, pilih Insert, pada ribbon pilihTable, kemudian pilih ukurannya. Dapat juga dengan cara, pilih Insert > Table >Insert Table, kemudian akan muncul dialog box seperti berikut : Number of columns : untuk menentukan jumlah kolom, sebagai contoh isikan 2. Number of rows : Untuk menentukan jumlah baris, sebagai contoh isikan 3. Autofit behavior : untuk pengaturan lebar kolom.Menyisipkan objek Menyisipkan gambarGambar dapat disisipkan ke dalam dokumen. Gambar yang disisipkan dapat berupa file gambar atau kumpulan gambar (clip art) yang telah disediakan program MS Word. Untuk menyisipkannya, klik tab menu Insert > Clip Art. Pada bagian Search for: dapat diisi dengan kata petunjuk yang berhubungan, misalnya animals. Maka akan di dapat hasil seperti berikut :

Untuk menyisipkan gambar dari file, pilih tab menu Insert > Picture sehingga muncul dialog box seperti berikut :

Menyisipkan objek AutoShapeAutoShape adalah objek-objek dengan bentuk tertentu yang dapat disisipkan ke dalam dokumen. Objek-objek tersebut antara lain bentuk garis, lingkaran, persegiempat, dan lainnya. Untuk menyisipkannya, pilih tab menu Insert > shapes kemudian pilih bentuk objek yang diinginkan. Objek objek tersebut juga dapat disisipi text, seperti contoh

Menyisipkan simbolDi dalam dokumen sering kita jumpai beberapa simbol seperti , , , dan lain sebagainya. Cara untuk menyisipkan simol simbol tersebut, pilih tab menu Insert > Simbol kemudian pilih more simbols.

Menyisipkan diagram Untuk membuat diagram struktur organisasi seperti Contoh di bawah, pilih tab menu Insert > smart art kemudian pilih organization hart

Untuk membuat diagram seperti contoh dibawah, pilih tab menu Insert > chart, kemudian ganti nilai sesuai dengan yang dikehendaki.

MenyisipkanWordArtTeks yang dibuat dengan WordArt akan tampak lebih bervariasi. Salah satu contoh penggunaan WordArt adalah di bawah ini:

Menyisipkan nomor halamanPenomoran halaman dapat dilakukan secara praktis. Caranya dengan memilih tab menu Insert > page number, kemudian pilih letak nomor halaman sesuai dengan keinginan, sebagai contoh pilih Bottom of page, maka akan muncul pilihan tipe.

Menyisipkan Header and FooterFasilitas Header and Footer digunakan untuk membuat catatan kaki, penomoran halaman, dan yang lainnya. Untuk masuk ke bagian ini, pilih Insert kemudian tinggal pilih header atau footer. selanjutnya masukkan text untuk header dan footer. Pada saat mengisi text untuk header atau footer, bagian text utama akan disable, atau berwarna redup dan tidak dapat di edit. Untuk mengedit main text, pilih close header and footer pada ribbon. Menyisipkan background atau watermarkJika di kehendaki dalam membuat suatu dokumen diperlukan background atau cap redup transparan pada hasil dokumen dapat dilakukan dengan cara, klik Page layouts > watermarks > custom watermarks . selanjutnya akan muncul dialog box, jika ingin background dengan tulisan maka pilih text watermarks kemudian atur sesuai keinginan. Jika ingin menggunakan background gambar pilih picture watermarks kemudian pilih gambar mana yang akan digunakan sebagai background. Cek juga pada checkbox washout untuk mendapatkan gambar background yang redup sehingga text pada dokumen mudah dibaca. Borders, Shading, dan Drop CapBeberapa tambahan dalam membuat dokumen tampak lebih menarik seperti contohdibawah ini:

Microsoft Word merupakan program pengolah kata. Program ini dapat menulis kan seperti diskripsi,makalah.

untuk bagian MICROSOFT OFFICE 2007 yang berwarna orange serta memiliki garis bawah, dapat dilakukan dengan memblok text tersebut, pilih page layout > page borders, kemudian pilih tab Border, pilih box namun hanya pada bagian bawah text saja, kemudian pilih warnanya. Selanjutnya pilih tab shading kemudian pilih warnanya. Untuk huruf pertama (M) yang berukuran besar dibuat dengan cara , pilih Insert > Drop Cap kemudian pilih jenis yang dikehendaki. Membuat KolomUntuk membuat kolom seperti contoh di bwah ini,pilih page layouts > columns kemudian tentukan banyaknya kolom yang ingin dibuat.

Penyisipan Ilustrasi (Illustrations)

Ada lima penyisipan ilustrasi, yaitu Picture, Clip Art, Shapes, SmartArt dan Chart (Gb. 16).Penyisipan Picture, dapat diambil dari file gambar yang tersimpan di dalam harddisk ataupun flashdisk.Penyisipan ClipArt, dapat diambil secara online (file dicari dengan bantuan koneksi internet), cukup dengan mengetikkan keyword pada Search For kemudian klik Go. Atau clipart yang sudah ada di dalam harddisk, cukup klik Organize Clips.

Penyisipan potongan bentuk (Shapes), ada beberapa pilihan, terlihat pada Gbr. 17.

Penyisipan SmartArt, fungsi baru yang tersedia di MS-Word 2007. Terdapat beberapa pilihan SmartArt, seperti terlihat pada Gambar di bawah ini.

SmartArt - List SmartArt - Process

. SmartArt - Hierarchy SmartArt - Cycle

SmartArt Matrix SmartArt Relationship

SmartArt Pyramid Penyisipan Grafik (Chart)Terdapat beberapa pilihan Grafik (Chart) yaitu Column, Line, Pie, Bar, Area, XY (Scatter), Stock, Surface, Doughnut, Bubble, Radar. Seperti terlihat pada Gb. 23.

PenyisipanGrafik (Chart)

Penyisipan LinksPenyisipan Links biasanya digunakan untuk menyisipkan suatu link terhadap kalimat tertentu yang akan menuju ke kalimat lain atau terkoneksi ke internet, tergantung dengan keperluan penulisan. Penyisipan Header & FooterPenyisipan Header & Footer biasanya digunakan untuk menyisipkan format penulisan pada awal atau akhir di setiap halaman dengan kalimat yang sama atau juga untuk penyisipan penomoran halaman (Page Number). Penyisipan TextTerdapat beberapa pilihan penyisipan Text, yaitu Text Box, Quick Parts, Word Art, Drop Cap, Signature Lines, Date & Time, Object.

Penyisipan SymbolsAda dua pilihan dalam penyisipan symbols, yaitu Equation (yang biasa digunakan dalam penulisan perumusan) dan Symbol. Perumusan Equation

Equation selengkapnya terdiri dari Tools, Symbols dan Structures. Digunakan sesuai dengan keperluan penulisan.

5. Menu ReferencesMenu References digunakan apabila dalam penulisan ada mengambil kutipan dari beberapa referensi misalnya dari buku, yang biasanya terdapat keterangan Judul Buku, Pengarang Buku, Tahun Penerbitan Buku, Kalimat dalam halaman berapa yang dikutip, dll.

6. Menu MailingsMenu Mailings berfungsi misalnya untuk pembuatan penamaan pada amplop atau label (Mailings Create), pembuatan Mail Merge (Start Mail Merge), dll.

7. Menu ReviewMenu Review berfungsi misalnya untuk pengecekan Spelling Grammar, pemberian Comment pada halaman penulisan, dll.

SymbolAda dua cara dalam memilih symbol, seperti yang terlihat pada Gb. 26. Setelah symbol yang diperlukan dipilih, cukup klik Insert, maka symbol dimaksud akan tampil halaman penulisan.

8. Menu ViewMenu View untuk membantu pengecekan secara keseluruhan atau draft penulisan apakah sudah sesuai seperti yang di-ingin-kan dengan bantuan fungsi menu Document Views; Format pengaturan dengan bantuan Show/Hide (ada pilihan Ruler, Gridlines, Document map, Thumbnails, dan Message Bar); pembesaran atau pengecilan dengan fungsi menu Zoom; Pengaturan penampilan secara Window dengan bantuan menu Window (Arrange All, untuk menampilkan seluruh dokumen Ms-Word yang sedang aktif dalam satu layar, agar tampilan kembali normal maka cukup klik Maximize) atau (Split, memotong layar penulisan yang sedang aktif kemudian di bawah layar tersebut akan tampil layar seluruh penulisan dari judul penulisan yang sama, biasanya berguna untuk pengecekan supaya tidak bolak-balik mencari-cari penulisan yang hendak dibandingkan). Ada juga menu Macros apabila penulisan menggunakannya.

Menu View

Untuk pengaturan gambar (Picture Tools), biasanya memerlukan fungsi Crop (memotong bagian yang tidak diperlukan) dan Text Wrapping (letak posisi gambar, apakah di atas tulisan, mengikuti tulisan, di belakang tulisan, dll). Pengaturan gambar akan tampil pada menu kanan atas setelah mouse di-klik pada gambar yang akan diatur. Menu Picture Tools