Makalah Membuat Blog Bsi

download Makalah Membuat Blog Bsi

of 12

  • date post

    02-Oct-2015
  • Category

    Documents

  • view

    36
  • download

    19

Embed Size (px)

description

Setelah postingan blog saya yang lalu tentang belajar membuat website sederhana dengan photoshop dan dreamweaver. Sekarang mari kita mulai membuat project website kedua yaitu membuat website semantik tanpa tabel dan tentunya masih menggunakan photoshop dan dreamweaver

Transcript of Makalah Membuat Blog Bsi

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Terbuatnya makalah tugas pembuatan blog ini adalah karena ditempat saya bekerja banyak sekali ilmu yang saya dapat. Untuk media pengingat dan dokumentasi, dari itu saya mulai menggunakan blog untuk mem-backup semua ilmu yang saya dapat, agar tidak terlupakan dan sia-sia, untuk kemudian dapat saya buka kembali dan saya gunakan ketika saya butuhkan.

Tujuan

Dengan terbuatnya makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Penghantar Teknologi Dan Informasi (PTIK), makalah ini juga berisikan informasi tentang pebuatan blog online yang dimaksudkan agar pembaca dapat menerima informasi yang ada dalam makalah ini.

Tujuan dalam penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan dan diharapkan bermanfaat bagi kita semua

Metode Penulisan

1. Studi Pustaka

2. Browsing Google

3. Pengalaman pribadi secara otodidak dengan berlatih terus menerus untuk membuat blog

4. Berdasarkan referensi dari artikel dalam blog yang ada di Internet

5. Wawancara dengan pengguna Blog Wordpress

BAB II

PEMBAHASAN

Pengertian Wordpress

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman ketua pengembang (developer), Matt Mullenweg

WordPress menyediakan dua alamat yang berbeda, yaitu WordPress.com dan WordPress.org.

WordPress.com merupakan situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress, didirikan oleh perusahaan Automattic. Dengan mendaftar pada situs WordPress.com, pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit. Sayangnya, pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template standar yang sudah disediakan. Artinya, pengguna tidak dapat menambahkan asesori apa pun selain yang sudah disediakan. Meski demikian, fitur yang disediakan oleh WordPress.com sudah cukup bagus.

WordPress.org merupakan wilayah pengembang (developer). Di alamat ini, seseorang dapat mengunduh (download) aplikasi beserta seluruh berkas CMS WordPress. Selanjutnya, CMS ini dapat diubah ulang selama seseorang menguasai PHP, CSS dan skrip lain yang menyertainya. WordPress dengan Bahasa Indonesia (http://id.wordpress.org) ada berkat kerja para kontributor di Indonesia yang dipimpin oleh Huda Toriq, seorang Mahasiswa Kedokteran dari Universitas Diponegoro / UNDIP Semarang. Dengan memanfaatkan situs http://id.wordpress.org, seseorang yang tidak mengerti Bahasa Inggris masih dapat menggunakan WordPress dengan mudah.

Berikut ringkasan perbedaan dalam penggunaan WordPress.com dan WordPress.org:

WordPress.com -> Untuk pengguna yang ingin membuat blog sendiri secara cepat dan punya alamat website seperti http://namadomain.wordpress.com.

WordPress.org -> Untuk pengguna yang ingin memodifikasi WordPress menurut kebutuhan sendiri atau ingin membuat blog menggunakan alamat dan server sendiri seperti http://namadomain.com.

Keunggulan Wordpress

WordPress memiliki banyak keunggulan dan fitur untuk dunia blog, antara lain:

Gratis. Untuk mendapatkan perangkat lunak WordPress hanya perlu mengunduh dari situsnya (www.wordpress.org) tanpa dipungut biaya, bahkan untuk blog komersial sekalipun.

Berbasis kode sumber terbuka (Open Source). Pengguna dapat melihat dan memperoleh barisan kode-kode penyusun perangkat lunak WordPress tersebut secara bebas, sehingga pengguna tingkat lanjut yang memiliki kemampuan pemrograman dapat bebas melakukan modifikasi, bahkan dapat mengembangkan sendiri program WordPress tersebut lebih lanjut sesuai keinginan.

Template atau desain tampilannya mudah dimodifikasi sesuai keinginan pengguna. Sehingga apabila pengguna memiliki pengetahuan HTML yang memadai, maka pengguna tersebut dapat berkreasi membuat template sendiri. Pengguna yang tidak mengerti HTML, tentu saja masih dapat memilih ribuan template yang tersedia di internet secara bebas, yang tentu saja gratis (http://wordpress.org/extend/themes/).

Pengoperasiannya mudah. Bagi pemula, tentu hal ini amat membantu.

Satu blog WordPress, dapat digunakan untuk banyak pengguna (multi user). Sehingga WordPress juga sering digunakan untuk blog komunitas. Anggota komunitas tersebut dapat berperan sebagai kontributor.

Jika pengguna sebelumnya telah mempunyai blog tidak berbayar, misalnya di alamat Blogger / Blogspot, LiveJournal, TypePad, dan beberapa mesin blog lain, pengguna dapat mengimpor isi blog-blog tersebut ke alamat hosting blog pribadi yang menggunakan perangkat lunak WordPress. Dengan demikian pengguna tidak perlu khawatir isi blog yang lama akan menjadi sia-sia setelah menggunakan perangkat lunak WordPress.

Selain pengguna yang banyak, banyak pula dukungan komunitas (community support) untuk WordPress. Banyak forum yang mendukung pengembangan WordPress ini. Contohnya: http://wordpress.org/support/, http://id.forums.wordpress.com/, dan http://id.forums.wordpress.com/.

Tersedia banyak plugin yang selalu berkembang (http://wordpress.org/extend/plugins/), karena para pengembang web di Indonesia juga memberikan kontribusinya kepada WordPress. Plugin WordPress sendiri yaitu sebuah program tambahan yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar. Misalnya plugin anti-spam, plugin web counter, dan sebagainya.

Kemampuan untuk dapat memunculkan XML, XHTML, dan CSS standar.

Tersedianya struktur permalink yang memungkinkan mesin pencari mengenali struktur blog dengan baik.

Kemungkinan untuk meningkatkan performa blog dengan ekstensi (http://wordpress.org/extend/).

Mampu mendukung banyak kategori untuk satu artikel. Satu artikel dalam WordPress dapat dikatogorisasikan ke dalam beberapa kategori. Misalnya jika kita mempunyai artikel tentang DKI Jakarta kita dapat memasukkan artikel tersebut dalam kategori Tentang Indonesia, Propinsi di Indonesia, atau Wilayah di Pulau Jawa. Dengan multi kategorisasi ini pencarian dan pengaksesan informasi menjadi lebih mudah.

Fasilitas Trackback dan Pingback.

Fasilitas format teks dan gaya teks. WordPress menyediakan fitur pengelolaan teks yang cukup lengkap. Fitur fitur format dan gaya teks pada kebanyakan perangkat lunak pengolah kata seperti cetak tebal, cetak miring, rata kanan, rata kiri, tautan tersedia di WordPress.

Halaman statis (Halaman khusus yang terpisah dari kumpulan tulisan pada blog).

Mendukung LaTeX.

Setiap orang pasti mempunyai keinginan untuk dapat membuat Blog Gratis dengan tampilan yang cantik dan menawan saat dikunjungi oleh Blogger lainnya, melalui artikel ini saya akan berbagi tips and triks cara mengelola Blog mulai dari Registrasi di Wordpress sampai dengan pemeliharaannya secara detail

Langkah-langkah pembuatan wordpress

1. Tahapan Pembuatan Blog di WordpressKetik pada URL : www.wordpress.com

2. Sign Up dengan mengisikan semua form yang disediakan dengan data yang sesuai dan email yang valid

3. Klik tombol "Create Blog"

4. Masuk kealamat email yang kita daftarkan dalam form

5. Buka Inbox

6. Buka pesan email yang dikirimkan team wordpress

7. Klik tulisan "http://signup.wordpress.com/activate/.......

8. Sign In dengan menggunakan user dan password yang sudah kita daftarkan

9. Jangan lupa setting dengan bahasa indonesia, agar kita lebih cepat memahami perintah-perintah yang ada pada WordPress, caranya: Pilih Personal Setting lalu cari kaimat interface language kemudian pilih Bahasa Indonesia kemudian cari disudut kiri bawah kalimat save changes kemudian klik, setelah di save maka kita sudah bisa mengelola WordPress dengan mudah

Notes : Jika kita sudah benar-benar mahir dalam menggunakan WordPress dan sudah paham tata letak dan pengaturan secara detail, maka sebaiknya kita kembalikan menggunakan bahasa inggris, hal tersesebut agar nantinya saat kita membuka blog orang lain dengan menggunakan bahasa inggris kita sudah tidak kesulitan lagi, karena sudah paham artinya dari apa yang diperintahkan oleh blog berbahasa inggris tersebut

10. Tentukan Tema, dan Poskan tulisan anda

Klik Lihat tulisan maka tulisan anda akan termuat kedalam Blog. Maka sekarang anda sudah dapat memiliki website pribadi yang bagus dan indah

Tips dan mengelola WordPress agar terlihat rapih dan cantik

1. Cara agar dapat menambahkan halaman pada WordPress agar terlihat seperti website-website perusahaan seperti kolom Menu Profile Kontak dan lain-lain

1. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Klik tulisan akunku kemudian pilih edit profile

2. Pilih tombol halaman pada menu

3. Klik Tambahkan Baru

4. Masukkan Judul contoh: PROFILE

5. Kemudian isi kalimat pada kolom dibawahnya

6. Setelah selesai mengisi artikel pada kolom kemudian klik tombol perbaharui yang berwarna biru yang ada disebelah kanan layar

7. Jika ingin melihat hasil halaman yang telah kita buat maka klik lihat halaman yang ada pada atas kolom tulisan disebelah kiri

8. Selamat mencoba!

2. Cara agar dapat menambahkan kategori

1. Caranya adalah

1. Klik Menu Tulisan

2. Pilih tombol kategori/categories

3. Masukkan judul kategori

4. Isi Kolom Ketera