MAKALAH KECAP -ESQ-

download MAKALAH KECAP -ESQ-

of 27

  • date post

    20-Jun-2015
  • Category

    Documents

  • view

    1.484
  • download

    6

Embed Size (px)

Transcript of MAKALAH KECAP -ESQ-

2010

Komunikasi InterpersonalKecakapan Antar PersonalDi susun oleh :y y y y y y y y y y y y

Agus Tri Setiawan Arif Hatori Asniati Dimas Widi Wicaksono Eka Irnawati Fitrian Maulana Irwansyah Listya Puspita Sari M. Djufriyandi Riza Pahlevi Wilbert Syaifullah

(08211029) (08211023) (08111018) (08210007) (08101001) (08111060) (08210011) (08111023) (08111030) (08211010) ( (08211012)

Dosen : Pak Amirudin Kurdi STMIK SWADHARMA 6/23/2010

KATA PENGANTARPuji syukur penyusun panjatkan kepada Allah SWT, karen a atas Rahmat dan Hidayah-Nya penulisan makalah yang berjudul KOMUNIKASI

INERPERSONAL dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini bertujuan agar mahasiswa dapat lebih mengerti dan memahami tentang komunikasi Interpersonal. Dal am pembuatan makalah ini penyusun menemukan banyak kesulitan, karena kurangnya pengetahuan. Namun atas bantuan dari berbagai pihak akhirnya makalah ini selesai pada waktu nya. Maka sepantasnyalah penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu baik secara langsung maupun tidak l angsung yang tidak dapat penyusun sebutkan satu persatu. Dalam penulisan makalah ini penyusun menyadari masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, penyusun mengharapkan kritik dan saran guna perbaikan makalah ini. Harapan penyusun adalah semoga makalah ini berguna untuk penyusun khususnya dan untuk pembaca umumnya. Jakarta, Juni 2010

Penyusun

Makalah Kecakapan Antar Personal KOMUNIKASI INTERPERSONAL

Page 2

DAFTAR ISIKata Pengantar Daftar Isi Bab I 1.1 1.2 1.3 Bab II Pendahuluan Latar Belakang Tujuan Manfaat Isi

Hubungan Interpersonal 2.1 2.2 2.3 2.4 2.5 2.6 2.7 Pengertian Komunikasi Jenis Komunikasi Persiapan Komunikasi Etika Berkomunikasi Peran Komunikasi Manfaat Komunikasi Fungsi Komunikasi

Menjalin Hubungan Antar Manusia (Interpersonal) Bab III Penutup 3.1 Kesimpulan

DAFTAR PUSTAKA

Makalah Kecakapan Antar Personal KOMUNIKASI INTERPERSONAL

Page 3

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang

Komunikasi adalah inti semua hubungan sosial apabila orang telah mengadakan hubungan tetap, maka system komunikasi yang mereka lakukan akan menentukan apakah sistem tersebut mempererat atau mempersatukan mereka mengurangi ketegangan atau melenyapkan persengketaan apabila muncul. Komunikasi interpersonal atau komunikasi antar pribadi adalah proses pertukaran informasi serta pemindahan pengertian antara 2 orang atau lebih di dalam suatu kelompok manusia kecil dengan berbagai efek dan umpan balik (feed back )

Berkomunikasi merupakan keharusan bagi manusia. Manusia membutuhkan dan senantiasa berusaha membuka serta menjalin komunikasi atau hubungan dengan sesamanya. Selain itu ada sejumlah kebutuhan manusia di dalam diri manusia yang hanya dapat dipuaskan dengan lewat komunikasi dengan sesamanya.

Komunikasi antarpribadi juga sangat penting bagi kebahagiaan hidup kita. Johnson (1981) menunjukkan beberapa peranan yang disumbangkan oleh komunikasi antarpribadi dalam rangka menciptakan kebahagiaan hidup manusia.

Makalah Kecakapan Antar Personal KOMUNIKASI INTERPERSONAL

Page 4

Pertama, komunikasi antarpribadi membentuk perkembangan intelektual dan sosial kita. Perkembangan kita sejak masa bayi sampai masa dewasa mengikuti pola semakin meluasnya ketergantungan kita pada orang lain. Di awali dengan ketergantungan atau komunikasi yang intensif dengan ib u pada masa bayi, lingkaran ketergantungan atau komunikasi itu menjadi semakin luas dengan bertambahnya usia kita. Bersamaan proses itu, perkembangan intelektual dan sosial kita sangat ditentukan oleh kualitas komunikasi kita dengan orang lain itu. Kedua, identitas atau jati-diri kita terbentuk dalam dan lewat komunikasi dengan orang lain. Selama berkomunikasi dengan orang lain secara sadar maupun tidak sadar kita mengamati, memperhatikan dan mencatat dalam hati semua tanggapan yang diberikan oleh orang lai n terhadap diri kita. Berkat pertolongan komunikasi dengan orang lain kita dapat menemukan diri, yaitu mengetahui siapa diri kita sebenarnya. Ketiga, dalam rangka memahami realitas di sekeliling kita serta menguji kebenaran kesan-kesan dan pengertian yang kita miliki tentang dunia di sekitar kita, kita perlu membandingkannya dengan kesan -kesan dan kepercayaan orang lain tentang realitas yang sama. Tentu saja perbandingan sosial (social comparison) semacam itu hanya dapat kita lakukan lewat komunikasi dengan orang lain. Keempat, kesehatan mental kita sebagian besar juga ditentukan oleh kualitas komunikasi atau hubungan kita dengan orang lain, lebih -lebih orang yang merupakan tokoh-tokoh signifikan (significant figures) dalam hidup kita. Bila hubungan kita orang lain diliputi berbagai masalah, maka tentu kita akan merasa menderita, merasa sedih,cemas, frustrasi. Bila kemudian kita menarik diri dan menghindar orang lain maka rasa sedih dan terasi yang mungkin kita alamipun tentu akan menimbulkan penderitaan, buk an penderitaan emosional atau batin, bahkan mungkin penderitaan fisik.

Makalah Kecakapan Antar Personal KOMUNIKASI INTERPERSONAL

Page 5

Agar merasa bahagia kita membutuhkan konfirmasi dari orang lain, yakni pengakuan berupa tanggapan dari orang lain bahwa diri kita normal, sehat dan berharga. Lawan dari konfirmasi adala h diskonfirmasi, yakni penolakan dari orang lain berupa tanggapan yang menunjukkan bahwa diri kita abnormal tidak sehat dan tidak berharga. Semuanya itu hanya kita peroleh lewat komunikasi antarpribadi, komunikasi dengan orang lain.

Adapun fungsi dari komunikasi interpersonal atau komunikasi antar pribadi adalah: 1. Mengenal diri sendiri dan orang lain. 2. Komunikasi antar pribadi memungkinkan k ita untuk mengetahui lingkungan kita secara baik. 3. Menciptakan dan memelihara hubungan baik antar personal.

4. Mengubah sikap dan perilaku. 5. Bermain dan mencari hiburan dengan berbagi kesenangan pribadi. 6. Membantu orang lain dalam menyelesaikan persoalan.

Makalah Kecakapan Antar Personal KOMUNIKASI INTERPERSONAL

Page 6

1.2 Tujuan

Di dalam penelitian ini juga terdapat tujuan penelitian, yang mana tujuan penelitian ini adalah rumusan kalimat yang menunjukkan adanya sesuatu hal yang diperoleh setelah penelitian selesai. Berdasarkan pokok permasalahan yang dikemukakan di atas maka, tujuan penelitian kali ini adalah : 1. Untuk memahami komunikasi interpersonal. 2. Untuk mengetahui penerapan komunikasi interpersonal yang benar 3. Untuk mendapatkan pengetahua n didalam komunikasi baik dalam kehidupan sehari-hari, maupun dengan kemajuan IPTEK 4. Mengetahui cara memecahka n pemasalahan dengan komunikasi interpersonal

1.3 Manfaat

Hasil dari penelitian ini memiliki kegunaan baik dari segi teoritis maupun dari segi praktis, sehingga dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat dalam penelitian : 1. Dari segi teoritis penelitian ini memiliki manfaat sebagai berikut: Khususnya bagi program studi komunikasi adalah merupakan sumbangan teoritis dalam bidang komunikasi interpersonal. 2. Sedangkan bila dilihat dari segi prakti s dari penelitian ini mempunyai manfaat terciptanya komunikasi yang efektif.

Makalah Kecakapan Antar Personal KOMUNIKASI INTERPERSONAL

Page 7

BAB II ISI Hubungan Interpersonal

Komunikasi yang efektif ditandai dengan hubungan interpersonal yang baik. Kegagalan komunikasi sekunder terjadi, bila isi pesan kita dipahami, tetapi hubungan di antara komunikan menjadi rusak. Anita Taylor mengatakan Komunikasi interpersonal yang efektif meliputi banyak unsur, tetapi hubungan interpersonal barangkali yang paling penting . Untuk menumbuhkan dan meningkatkan hubungan interpersonal, kita perlu meningkatkan kualitas komunikasi. Beberapa faktor yang mempengaruhi komunikasi interpersonal adalah:1. Percaya (trust)

Bila seseorang punya perasaan bahwa dirinya tidak akan dirugikan, tidak akan dikhianati, maka orang itu pasti akan lebih mudah membuka dirinya. Percaya pada orang lain akan tumbuh bila ada faktor -faktor sebagai berikut: a. Karakteristik dan maksud orang lain, artinya orang tersebut memiliki kemampuan, keterampilan, pengalaman dalam bidang tertentu. Orang itu memiliki sifat-sifat bisa diduga, diandalkan, jujur dan konsisten. b. Hubungan kekuasaan, artinya apabila seseorang me mpunyai kekuasaan terhadap orang lain, maka orang itu patuh dan tunduk. c. Kualitas komunikasi dan sifatnya mengambarkan adanya keterbukaan. Bila maksud dan tujuan sudah jelas, harapan sudah dinyatakan, maka sikap percaya akan muncul.

Makalah Kecakapan Antar Personal KOMUNIKASI INTERPERSONAL

Page 8

2. Perilaku suportif akan meningkatkan kua litas komunikasi. Beberapa ciri

perilaku suportif yaitu: a. Evaluasi dan deskripsi: maksudnya, kita tidak perlu memberikan kecaman atas kelemahan dan kekurangannya. b. Orientasi maslah: mengkomunikasikan keinginan untuk kerja sama, me ncari pemecahan masalah. Mengajak orang lain bersama -sama menetapkan tujuan dan menetukan cra mencapai tujuan. c. Spontanitas: sikap jujur dan dianggap tidak menyelimuti motif yang pendendam. d. Empati: menganggap orang lain sebagai persona. e. Persamaan: tidak mempertegas perbedaan, komunikasi tidak melihat perbedaan walaupun status berbeda, penghargaan dan rasa hormat terhadap perbedaan-perbedaan pandangan dan keyakinan. f. Profesionalisme: kesediaan untuk meninjau kembali pendapat sendiri.

3. Sikap

terbuka,

kemampuan menilai

secara

obyektif,

kemampuan

membedakan dengan mudah, kemampuan melihat nuansa, orientasi ke isi, pencarian informasi dari berbagai sumber, kesediaan mengubah

keyakinannya, profesional dll. Komunikasi ini dapat dihalangi oleh gangguan komunikasi dan oleh kesombongan, sifat malu dll.

Makalah Kecakapan Antar Personal KOMUNIKASI INTERPERSONAL

Page 9

2.1

Pengertian