MAKALAH ISBD (Manusia dan peradabannya)

of 12 /12
MANUSIA DAN PERADABANNYA ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN OLEH : KHOIRUN NISAA

Transcript of MAKALAH ISBD (Manusia dan peradabannya)

Page 1: MAKALAH ISBD (Manusia dan peradabannya)

MANUSIA DAN PERADABANNYA

I L M U S O S I A L B U D AYA D A S A RM A N A J E M E N S U M B E R D AYA P E R A I R A N

O L E H : K H O I R U N N I S A A

Page 2: MAKALAH ISBD (Manusia dan peradabannya)

PENGERTIAN MANUSIASecara bahasa manusia berasal dari kata “manu” (Sansekerta), “mens” (Latin), yang berarti berpikir, berakal budi atau makhluk yang berakal budi (mampu menguasai makhluk lain). Secara istilah manusia dapat diartikan sebuah konsep atau sebuah fakta, sebuah gagasan atau realitas, sebuah kelompok (genus) atau sebuah individu.

Page 3: MAKALAH ISBD (Manusia dan peradabannya)

Manusia seutuhnya adalah sebuah matriks, yang mempunyai akal, jasmani, dan rohani. Melalui akalnya manusia dapat menciptakan dan mengembangkan teknologi, melalui jasmaninya manusia dapat menerapkan dan merasakan kemudahan yang diperolehnya dari teknologi tersebut, sedangkan melalui rohani terciptalah perdaban.

Page 4: MAKALAH ISBD (Manusia dan peradabannya)

MANUSIA DALAM KEHIDUPANNYA MEMPUNYAI TIGA FUNGSI, ANTARA LAIN :

Sebagai Makhluk

Tuhan

Sebagai Makhluk Individu

Sebagai Makhluk Sosial

Budaya

Page 5: MAKALAH ISBD (Manusia dan peradabannya)

MAKNA ADAB DAN PERADABANIstilah peradaban dalam bahasa Inggris disebut Civilization. Istilah peradaban sering dipakai untuk menunjukkan pendapat dan penilaian kita terhadap perkembangan kebudayaan.Definisi peradaban menurut Koentjaraningrat menyatakan bahwa “peradaban merupakan bagian dan unsur kebudayaan yang halus, maju, dan indah, seperti misalnya kesenian, ilmu pengetahuan, adat sopan santun pergaulan, kepandaian menulis, organisasi kenegaraan, kebudayaan yang mempunyai sistem teknologi, dan masyarakat kota yang maju dan kompleks”.

Page 6: MAKALAH ISBD (Manusia dan peradabannya)

TINGGI RENDAHNYA SUATU PERADABAN DIPENGARUHI OLEH:

PENDIDIKAN KEMAJUAN TEKNOLOGI

ILMU PENGETAHUAN

Page 7: MAKALAH ISBD (Manusia dan peradabannya)

WUJUD DARI PERADABAN DAPAT BERUPA :

Moral : nilai-nilai dalam masyarakat yang hubungannya dengan kesusilaan.Norma : aturan, ukuran, atau pedoman yang dipergunakan dalam menentukan sesuatu yang benar atau salah, baik atau buruk.Etika : nilai-nilai dan norma moral tentang apa yang baik dan buruk, yang menjadi pegangan dalam mengatur tingkah laku manusia.Estetika : berhubungan dengan segala sesuatu yang tercakup dalam keindahan, mencakup kesatuan (unity), keselarasan (balance), dan kebalikan (contrast).

Page 8: MAKALAH ISBD (Manusia dan peradabannya)

EVOLUSI BUDAYA DAN TAHAPAN PERADABAN

Gelombang pertama sebagai peradaban pertanian, dimana dimulai kehidupan baru dari budaya meramu ke bercocok tanam (revolusi agraris)Gelombang kedua sebagai peradaban penemuan industri mesin uap, energi listrik, mesin untuk mobil, dan pesawat terbang (revolusi industri)Gelombang ketiga sebagai peradaban informasi, penemuan TI dan komunikasi dengan komputer atau alat komunikasi digital.

Page 9: MAKALAH ISBD (Manusia dan peradabannya)

FAKTOR-FAKTOR TERJADINYA PERUBAHAN :

Faktor Intern : a. bertambah dan berkurangnya penduduk b. adanya penemuan-penemuan baru c. konflik dalam masyarakat d. pemberontakan dalam masyarakatFaktor Ekstern : a. faktor alam yang berubah b. pengaruh kebudayaan lain

Page 10: MAKALAH ISBD (Manusia dan peradabannya)

PROBLEMATIKA PERADABAN DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT.

1. Kemajuan IPTEK Bagi Peradaban Manusia.

Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan akan berjalan sesuai kemajuan ilmu pengetahuan. Memberikan banyak kemudahan,serta sebagai cara baru dalam melalukan aktifitas manusia. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat, disisi lain juga memungkinkan digunakan untuk melakukan hal negatif.

2. Dampak Globalisasi Bagi Perabadan Manusia.

Arus globalisasi saat ini telah menimbulkan pengaruh terhadap perkembangan budaya bangsa Indonesia. Derasnya arus informasi dan telekomunikasi ternyata menimbulkan sebuah kecenderungan yang mengarah terhadap memudarnya nilai-nilai pelestarian budaya.

Page 11: MAKALAH ISBD (Manusia dan peradabannya)

KESIMPULANManusia merupakan makhluk Tuhan yang mempunyai akal, jasmani,

dan rohani. Dengan ketiganya, manusia dapat menciptakan sebuah peradaban. peradaban merupakan bagian dan unsur kebudayaan yang halus, maju, dan indah. Masyarakat yang beradab dapat didefinisikan sebagai masyarakat yang mempunyai sopan santun dan budi pekerti.

Peradaban manusia juga terus berkembang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi didunia yang semakin berkembang. Faktor yang mendukung terjadinya perubahan peradaban dibedakan menjadi dua, yaitu internal dan eksternal. Oleh karena itu diperlukan langkah-langkah yang tepat agar perkembangan peradaban tidak mempengaruhi perubahan kebudayaan secara signifikan.

Page 12: MAKALAH ISBD (Manusia dan peradabannya)