makalah golongan VII A dan kegunaannya

download makalah golongan VII A dan kegunaannya

of 15

  • date post

    22-Apr-2015
  • Category

    Science

  • view

    4.742
  • download

    5

Embed Size (px)

description

lebih mengenal unsur golongan VII A (halogen) dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari

Transcript of makalah golongan VII A dan kegunaannya

  • 1. 1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Di sadari ataupun tidak ilmu kimia memilki peranan yang sangat penting dalam kehidupan kita. Dimulai dari penyusun kromosom, pakaian kita, lingkungan kita, bahkan diri kita merupakan materi kimia. Salah satu materi kimia yang sering kali di gunakan dalam kehidupan manusia adalah unsur-unsur halogen. Baik di bidang industri, pengobatan, dan lain sebagainya. Golongan halogen atau golongan 7 (VII A) adalah unsur-unsur yang memiliki tujuh elektron valensi dengan konfigurasi electron terluar ns2 ns5 . Unsur-unsur tersebut adalah fluorin (F), klorin (Cl), bromin (Br), Iodin (I), dan astatin (At). Golongan halogen ini (F, Cl, Br, I dan At) adalah kelompok unsur-unsur yang sangat kontras terhadap golongan alkali (golongan 1A). Unsur-unsur halogen secara alamiah berbentuk molekul diatomik. Merekamembutuhkan satu tambahan elektron untuk mengisi orbit elektron terluarnya,sehingga cenderung membentuk ion negatif bermuatan satu. Ion negatif ini disebution halida, dan garam yang terbentuk oleh ion ini disebut halida. Golongan halogen ditemukan dialam hanya dalam bentuk kombinasi ( senyawa ) dengan unsur lain atau berada dalam keadaan diatomic, F2, Cl2, Br2, I2. Unsur-unsur initidak ditemukan di alam dalam keadaan bebas, melainkan dalam bentuk garamnya. Halogen menandakan unsur-unsur yang menghasilkan garam jika bereaksi dengan logam. B. Rumusan Masalah 1. Apa yang dimaksud dengan halogen? 2. Bagaimana sifat fisik dan sifat kimia dari unsur-unsur halogen? 3. Bagaimana keberadaan unsure halogen di alam ? 4. Bagaimana persenyawaan halogen dengan unsure lain ?
  • 2. 2 BAB II PEMBAHASAN A.Halogen Halogen adalah kelompok unsur kimia yang berada pada golongan VII A (17 pada sistem lama) di tabel periodik. Kelompok ini terdiri dari: fluor (F), klor (Cl), brom (Br), yodium (I), dan astatin (At). Struktur electron masing-masing unsur tersebut adalah sebagai berikut : 9F (He) 2S^2 2P^5 17Cl (Ne) 3S^2 3P^5 35Br (Ar) 4 S^2 4P^5 53I (Kr) 5 S^2 5P^5 85At (Xe) 6 S^2 6 P^5 Halogen menandakan unsur-unsur yang menghasilkan garam jika bereaksi dengan logam. Istilah halogen ini berasal dari istilah ilmiah bahasa Perancis dari abad ke-18 yang diadaptasi dari bahasa Yunani yaitu halo genes yang artinya pembentuk garam. Halogen juga merupakan golongan dengan keelektronegatifan tertinggi, jadi ia juga merupakan golongan paling non-logam. Ahli kimia Swedia Baron Jns Jakob Berzelius mengistilahkan "halogen" yang dibentuk dari kata-kata Yunani (hls), "garam" atau "laut", dan - (gen-), dari (ggnomai), "membentuk" sehingga berarti "unsur yang membentuk garam". Halogen akan membentuk garam jika direaksikan dengan logam. Unsur-unsur halogen secara alamiah berbentuk molekul dwiatom (misalnya Cl2). Mereka membutuhkan satu tambahan elektron untuk mengisi orbit elektron terluarnya, sehingga cenderung membentuk ion negatif bermuatan satu. Ion negatif ini disebut ion halida, dan garam yang terbentuk oleh ion ini disebut halida.
  • 3. 3 1. Fluorin (F) Fluorin pertama kali ditemukan pada tahun 1670 oleh Schwandhard dan diisolasikan untuk pertama kali pada tahun 1886 oleh Maisson. Keberadaan fluorin biasanya dalam fase gas, berbau pedas, berwarna kuning muda, dan bersifat sangat korosif 2. Klorin (Cl) Klorin pertama kali ditemukan oleh Scheele pada tahun 1774 dan selanjutnya pada tahun 1810, nama klorin diberikan oleh Davy. Keberadaan klorin berupa fase gas, berwarna kuning kehijauan, dapat larut dalam air, dan mudah bereaksi dengan unsur lain. 3. Bromin (Br) Penemu bromin adalah Balard pada tahun 1826. Bromin ditemukan dalam wujud cait berwarna coklat kemerahan, agak mudah menguap, uapnya berwarna merah, berbau tidak enak, dan dapat mengiritasi mata dan kerongkongan. Selain itu, bromin juga mudah larut dalam air dan CS2 membentuk larutan kemerahan dengan sifat lebih aktif daripada iodium. 4. Iodin (I) Iodin pertama kali ditemukan oleh Courtois pada tahun 1811. Iodin merupakan senyawa non-logam dengan fase padatan berwarna hitam kebiruan. Sifat iodine sendiri antara lain dapat menguap dalam temperatur biasa dan membentuk gas keunguan berbau tidak enak. 5. Astatin (At) Astatin merupakan unsur non-logam radioaktif pertama yang dibuat oleh Dale R. Corson, Kenneth Ross Mackenzie, dan Emillio Segre pada tahun 1940. Sifat senyawa astatin dapat membentuk senyawa antar halogen seperti AtI, AtBr, dan AtCl. Selain itu, astatin juga memiliki waktu hidup tersendiri di dunia karena dapat meluruh dalam hitungan menit dan di antara unsur halogen lainnya, astatinlah yang paling tidak reaktif.
  • 4. 4 1.Flour (F) Flour berasal dari bahasa latin yakni fluere yang artinya mengalir. Fluorin pertama kali ditemukan pada tahun 1670 oleh Schwandhard dan diisolasikan untuk pertama kali pada tahun 1886 oleh Maisson. Keberadaan fluorin biasanya dalam fase gas, berbau pedas, berwarna kuning muda, dan bersifat sangat korosif Sifat fisika flour Sifat F Nomor atom 9 Konfigurasi elektron [He] 2s2 2p5 Jari-jari kovalen (Ao ) 0,71 Jari-jari ion X- (Ao ) 1,36 Energi ionosasi tingkat I (kJ/mol) 1.680 Afinitas elektron -335 Potensial reduksi standar, Eo (volt) 3,01 Energi ikatan X-X (kJ/mol) 158 Energi ikatan H-X (kJ/mol) 562 Keelektronegatifan 4,0 Titik didih (o C) -188 Titik leleh (o C) -220 Sifat kimia flour Flour merupakan unsur nonlogam yang paling elektronegatif dan paling reaktif.Flour bereaksi sempurna dalam air.F2 merupakan oksidator terkuat dari unsure-unsur halogen lainnya.Flour dapat mengoksidasi air dengan cepat dan eksotermis.
  • 5. 5 Keberadaan flour di alam Fluor ditemukan dalam mineral-mineral fluorspar, CaF2 ; kriolit, dan fluoroapatit. Dalam gigi manusia dan hewan juga terdapat sedikit fluor. Adanya komponen fluorin dalam air minum melebihi 2 ppm dapat menimbulkan lapisan kehitaman pada gigi. Senyawa-senyawa dan kegunaan fluor *Flouspar (CaF2), digunakan sebagai mineral dalam pasta gigi *Freon-12 (CCl2F2), digunakan sebagai gas pendingin pada kulkas dan AC serta sebagai zat pendorong pada semprot aerosol (spray) *Asam flourida (HF), digunakan untuk mengukir (mengetra) gelas *Natrium heksa flourosilikat (Na2SiF6), digunakan sebagai bahan yang dicampurkan pada pasta gigi agar gigi menjadi kuat *Tetrafloroetilen (C2F4), digunakan sebagai suatu jenis plastik tahan panas yang banyak digunakan pada peralatan mesin *Natrium fluorida (NaF), digunakan untuk mengawetkan kayu dari gangguan serangga *Freon 22 (CHClF2), digunakan sebagai zat pendingin rendah bahan makanan * Belerang heksafluorida (SF6), digunakan sebagai isolator *Klor pentaklorida (CIF5), digunakan sebagai bahan oksidator roket *Kriolit (Na3AlF6), digunakan sebagai pelarut dalam pengolahan logam Al *Fluorapatit (Ca5(PO4)3F), digunakan sebagai pupuk
  • 6. 6 2.KLORIN (Cl) Klor berasal dari bahasa yunani yaitu chloros yang berarti hijau pucat. Klorin pertama kali ditemukan oleh Scheele pada tahun 1774 dan selanjutnya pada tahun 1810, nama klorin diberikan oleh Davy. Sifat fisika klor Sifat Cl Nomor atom 17 Konfigurasi elektron [Ne] 3s2 3p5 Jari-jari kovalen (Ao ) 0,99 Jari-jari ion X- (Ao ) 1,81 Energi ionosasi tingkat I (kJ/mol) 1.251 Afinitas elektron -355 Potensial reduksi standar, Eo (volt) 1,36 Energi ikatan X-X (kJ/mol) 242 Energi ikatan H-X (kJ/mol) 431 Keelektronegatifan 3,0 Titik didih (o C) -34 Titik leleh (o C) -101 Sifat kimia klor Keberadaan klorin berupa fase gas, berwarna kuning kehijauan, dapat larut dalam air, mudah bereaksi dengan unsur lain, memilik bau yang menyengat, dan sangat beracun memicu iritasi pada mata dan paru-paru serta memicu korosi pada jaringan, Cl2 tidak terlarut sempurna dalam air dan reaksinya lambat.
  • 7. 7 Keberadaan klor di alam Klor ditemukan dalam kerak bumi sebagai mineral ion-ion klorida seperti batu garam NaCl, karnalit KCl.MgCl2.6H2O, dan kloroargirit AgCl, juga terdapat pada air laut dalam bentuk garam-garam halide (X- ). Ion klorida merupakan anion terbanyak yang dikandung oleh plasma darah dan cairan tubuh, serta berfungsi berfungsi untuk menjaga kesetimbangan osmotik antara cairan didalam maupun diluar sel, juga getah lambung mengandung 0,3%HCl. Senyawa-senyaawa dan kegunaan klor *diklorida (Cl2), digunakan untuk menarik timah dari kaleng bekas, membentuk SnCl4 kemudian direduksi menjadi timah murni *diklorida (Cl2), digunakan untuk membunuh bakteri pada air bersih (PDAM,kolam renang, pemutih) *Natrium klorida (NaCl), digunakan sebagai garam dapur dan pengawet *Kalium klorida (KCl), digunakan sebagai pupuk tanaman *Natrium hipoklorit (NaClO), digunakan sebagai pemutih *Kalsium hipoklorit (Ca(ClO2), digunakan sebagai klorinasi/penghasil Cl2 dalam air *Kalium klorat (KClO3), digunakan sebagai oksidator, bahan peledak dan korek api *Ammonium klorida (NH4Cl), digunakan sebagai pengisi batu batrai *Seng klorida (ZnCl2), digunakan sebagai bahan pematri atau solder *Untuk pembuatan etil klorida (C2H5Cl) yang digunakan pada pembuatan TEL (tetra etillead) yaitu bahan adaptif pada bensin * Klorin dapat dijadikan bahan baku pembuatan plastik PVC (CH2CHCL) *Karbon tetra klorida (CCl4), digunakan untuk pelarut senyawa org